Artikel

Manfaatkan Pinjaman Modal Usaha Kopi Kekinian

2021-03-03 00:00:00 523

Usaha gerai kopi kekinian kini menjamur dimana-mana. Bahkan, menurut riset Toffin Indonesia, gerai kopi di Indonesia telah mencapai lebih dari 3000 gerai di tahun 2020. Adanya aplikasi ojek online turut berkontribusi pada kesuksesan usaha ini. Sehingga, semakin banyak orang-orang yang mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan bisnis kekinian ini. 

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo menyatakan bahwa es kopi merupakan minuman yang paling banyak dipesan melalui aplikasi ojek online. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 15 juta pemesanan di tahun 2020!

Bisnis es kopi susu yang menjamur ini memiliki prospek usaha yang cukup menjanjikan. Bahkan, sekarang Anda bisa menjalani bisnis ini dengan sistem franchise.

Tertarik untuk berbisnis kopi kekinian? Berikut kiat-kiat yang harus Anda perhatikan, termasuk modal yang dibutuhkan!

 

pinjaman modal usaha kecil

 

Perhatikan Lokasi dan Menu Gerai Kopi

Dalam menjalankan usaha gerai kopi kekinian, lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis Anda. Anda bisa memilih lokasi yang strategis dan berada di pusat keramaian. Seperti area perkantoran, kampus, atau pemukiman. Sehingga, orang-orang akan dengan mudah menemukan gerai kopi Anda. Selain itu, lokasi yang strategis akan memudahkan pemesanan bagi para konsumen. Pesanan bisa lebih cepat sampai dan ongkirnya pun lebih hemat. 

Menu yang Anda jual juga menentukan kesuksesan bisnis Anda. Usahakan bahwa produk yang Anda jual sesuai dengan target konsumen Anda. Namun, buatlah juga menu yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Misalnya, minuman non kopi seperti es coklat atau teh. Pertimbangkan juga untuk membuat menu yang biaya produksinya tidak terlalu besar. Misalnya, es kopi susu yang biaya produksinya relatif kecil. 

Promosi Secara Online

Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar, tentunya Anda harus melakukan promosi agar gerai kopi Anda bisa dikenal oleh orang banyak. Anda bisa melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial. Selain tidak membutuhkan biaya besar, Anda juga bisa menjangkau pembeli lebih banyak. 

Usahakan untuk menunjukan produk Anda se detail dan semenarik mungkin. Mulai dari foto yang jelas, hingga caption yang menarik dan informatif. Sehingga orang-orang akan tertarik membeli kopi kekinian dari Anda. 

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Untuk menjalankan gerai kopi kekinian, Anda membutuhkan kurang lebih Rp5 juta sebagai modal awal. Biaya ini dibutuhkan untuk mendirikan gerai, bahan baku, peralatan operasional, serta kebutuhan yang mendukung kegiatan promosi seperti banner. Modal yang dibutuhkan variatif, dan tentunya Anda butuh modal lebih besar apabila Anda memilih untuk menjalankan franchise bisnis yang sudah populer. 

Yuk, Manfaatkan Pinjaman Modal Usaha!

Tertarik untuk menjalankan usaha gerai kopi kekinian? Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda untuk menyusun strategi gerai kopi kekinian, ya! 

Anda bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan gerai kopi kekinian Anda. Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga ringan melalui BFI Finance Indonesia. 

Sumber: