Gaya Hidup

10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia, Ada Kota Apa Saja?

Admin BFI
19 July 2022
28633
10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia, Ada Kota Apa Saja?

Biaya hidup merupakan salah satu pertimbangan penting sebelum kita memutuskan untuk singgah atau menetap di suatu kota. Hal ini berlaku bagi siapa saja. Terutama bagi para pelajar dan pekerja yang sengaja merantau ke kota lain demi masa depan yang lebih baik.

Mengacu pada hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ada beberapa kota yang termasuk ke dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Kota mana sajakah itu? Simak bahasan lengkapnya melalui artikel berikut ini.

 

1. 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

Image Source: Pemerintah Kota Surakarta/surakarta.go.id

1.1. Banyuwangi

Banyuwangi menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Hal ini mengacu pada hasil hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS). Di mana pada hasil survey tersebut didapati bahwa biaya hidup per bulan yang diperlukan untuk satu keluarga dengan 4 anggota sebesar Rp3,03 Juta.

Jumlah tersebut tentunya akan lebih murah lagi jika dihitung per-orangan atau individu. Meskipun biaya hidup di kota ini terbilang murah, pertumbuhan ekonomi yang ada cukup cepat. Sebagai referensi, UMK di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2022 sebesar Rp 2,328,899.

Di samping itu, kabupaten yang terletak di ujung Jawa Timur ini menawarkan sederet keindahan alam yang memukau. Diantaranya ada Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Teluk Hijau, Pantai Plengkung yang terkenal di kalangan pecinta surfing internasional, dan masih banyak lagi. Bagi para pecinta alam, Banyuwangi bisa menjadi salah satu kota yang cocok untuk tempat menetap.

 

Baca Juga: Staycation: Pengertian, Rekomendasi Tempat, dan Solusi Dana Liburan

 

1.2. Kudus

Kudus menempati urutan kedua kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kota yang terkenal akan pemuka agama bernama Sunan Kudus ini perbulannya hanya membutuhkan biaya sekitar Rp3.08 Juta untuk satu keluarga.

Sama halnya dengan Banyuwangi, Kudus juga dikelilingi keindahan alam yang sanggup membuat mata terpesona! UMK yang berlaku di Kabupaten Kudus sebesar Rp 2,293,058.

1.3. Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pelajar dan tujuan favorit para turis lokal maupun mancanegara, Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia! Hal ini tentunya sudah bukan lagi rahasia umum.

Setidaknya biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di kota ini berkisar antara Rp1-1.5 Juta per bulan. Hal ini cukup relevan mengingat harga satu porsi makanan di daerah ini masih bisa dijangkau dengan uang sebesar Rp5-10 Ribu per porsinya. Selaras dengan itu, UMK yang berlaku di Yogyakarta sebesar Rp 2.153.970.

Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, akses fasilitas publik maupun destinasi hiburan di sini sangat beragam. Orang Yogyakarta juga dikenal dengan orang yang ramah dan sopan.

1.4. Solo

Secara geografis, Kota Solo terletak dekat dengan Yogyakarta. Jarak yang dekat ini sekaligus menjadi sebuah fakta jika biaya hidup di Solo sama murahnya dengan Yogyakarta. Biaya hidup per bulannya sekitar Rp1-1.5 Juta untuk seorang dan Rp3-3.5 Juta untuk satu keluarga.  

Selain ramah di kantong untuk biaya hidup, Kota Solo juga dikenal baik sebagai kota ramah mahasiswa. Ada beberapa kampus ternam di kota ini, salah satunya yaitu Universitas Negeri Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan singkatan UNS.

Terkait UMK Kota Solo 2022, Kota ini memiliki UMK sebesar Rp 2.035.720,17 nominal yang ada tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Kota Solo termasuk ke dalam kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

1.5. Metro

Beberapa dari kita mungkin terasa asing dengan Kota Metro. Kota ini merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Lampung dan masuk ke dalam daftar biaya hidup termurah di Indonesia berikutnya.

Metro menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia dengan kisaran biaya perbulannya Rp3,12 Juta untuk satu keluarga. Meskipun terbilang murah dan berada di luar Pulau Jawa, kota ini cukuplah besar dan memiliki akses fasilitas publik yang memadai.

Destinasi yang ada di kota ini umumnya didominasi oleh wisata alam. Salah objek wisata alam speologi yang menarik yaitu Goa Warak. Sedangkan untuk UMK yang berlaku sebesar Rp2.459.317.

1.6. Cirebon

Kota Cirebon merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia yang terletak di Jawa Barat. Kota ini kerap dijuluki sebagai kota udang dan dikenal sebagai kota para wali melalui ajaran Agama Islam Yang dibawa oleh salah seorang Wali Songo bernama Sunan Gunung Jati.

Biaya hidup yang ada di kota ini berkiasar Rp1.5 - 2 Juta untuk satu orang. Dari rata-rata biaya ini hidup yang ada, dapat kita simpulkan bahwa harga makanan, transportasi, serta penunjang hidup lainnya masih sangat terjangkau.

Tidak hanya dikenal dengan ragam makanan khas laut seperti udang, Cirebon juga banyak dipilih sebagai kota untuk melanjutkan pendidikan.

1.7. Purwokerto 

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Banyumas, Purwokerto termasuk ke dalam kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Biaya hidup yang dikeluarkan di Kota ini berkisar Rp 2 Juta perbulan untuk satu orang. Adapun untuk wilayah di pinggiran kota, biaya hidup yang dikeluarkan berkisar antara Rp1-1,5 Juta.

Beberapa destinasi yang cukup terkenal di kota ini yaitu Baturaden, Gunung Slamet, dan masih banyak lagi. Di kota ini juga terdapat salah satu universitas negeri terbaik bernama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Adapun UMK yang berlaku di kota ini sebesar Rp1.983.261,84.

1.8. Sibolga

Sibolga adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara. Kota ini berada di bagian pantai barat yang menjadikannya terkenal akan keindahan pegunungan serta pantai yang mempesona.

Biaya hidup di kota ini berkisar antara Rp1-1.5 Juta perbulannya. Biaya tersebut sudah mencakup kebutuhan sehari-hari seperti makan, tempat tinggal, maupun transportasi.

Untuk destinasi wisata, Sibolga terkenal akan keindahan alamnya terutama pulau! Beberapa pulau yang terkenal di tempat ini yaitu Pulau Putri dan Pulau Poncan Gadang. Sedangkan untuk besaran UMK yang berlaku sebesar Rp 3.006.826,50.

 

Baca Juga: 4 Cara Menyiapkan Dana Liburan dengan Aman dan Nyaman

 

1.9. Probolinggo

Di Jawa Timur, selain Banyuwangi ada juga kabupaten/kota lain yang termasuk ke dalam kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kabupaten/kota tersebut adalah Probolinggo! Kabupaten ini berjarak 100KM dari Kota Surabaya dan terkenal akan makanan khas lautnya yang menggoda. 

Berdasarkan haasil survey yang ada, biaya hidup di kota sebesar Rp3,29 Juta untuk satu keluarga. Bila mana dihitung perorangan, biaya hidup yang ada tentunya bisa lebih murah lagi! Dan untuk besaran UMK yang berlaku sebesar Rp 2.553.265,95.

1.10. Singaraja

Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Bali adalah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alam sekaligus budaya yang ada. Popularitas ini tentunya sudah tersebar ke banyak tempat di seluruh dunia. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap Bali adalah tempat ideal untuk menetap.

Bagi Anda yang tertarik untuk menetap di Bali dengan biaya hidup yang murah, Singaraja yang merupakan ibu kota Kabupaten Buleleng dapat menjadi pilihan yang tepat! Biaya hidup di kota ini sebesar Rp3,11 Juta untuk satu keluarga.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang menentramkan mata, Singaraja merupakan kota terbesar kedua di Bali. Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir terkait kemudahan akses terhadap fasilitas umum.

Pinjaman Dana Mudah dan Aman

Butuh pinjaman dana cepat cair dan aman? BFI Finance hadir untuk Anda!

BFI Finance sudah terverifikasi OJK. Dengan mengajukan pinjaman di BFI Finance Anda akan memperoleh beragam keuntungan. Diantaranya sebagai berikut.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 7 tahun.

Informasi selengkapnya terkait pinjaman maupun pertanyaan lebih lanjut dapat Anda akses melalui laman berikut ini.

 

Sobat BFI, itulah daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Besaran biaya yang dikeluarkan bersifat relatif, tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing individu maupun keluarga. Terlepas dari itu, kota manakah yang menarik perhatian Anda?

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup