Artikel

Mengenal 11 Jenis Motor yang Ada di Indonesia, Mana Pilihan Anda?

2022-11-24 00:00:00 354
Mengenal 11 Jenis Motor yang Ada di Indonesia, Mana Pilihan Anda?

Ada banyak jenis motor yang beredar di pasaran Indonesia. Bukan rahasia umum lagi jika sepeda motor merupakan salah satu kendaraan dengan pengguna terbanyak.

Selain karena efektivitasnya yang bisa dibawa berkendara kemana saja dan compatible, harga motor juga umumnya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil.

Lantas, apa saja jenis-jenis motor apa saja yang ada di Indonesia? Yuk, kita cari tahu lewat informasi yang satu ini!

 

Jenis-Jenis Sepeda Motor di Indonesia

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini 11 jenis motor yang paling sering ditemui di tanah air.

1. Skuter (Scooter)

Jenis Motor

Image Source: Kompas Otomotif

Jenis motor yang pertama adalah motor skuter. Motor jenis ini umumnya memiliki bodi mungil dan menjadi salah satu motor paling banyak digunakan di asia. 

Dilengkapi dengan transmisi matic, membuat motor ini nyaman dikendarai dan lebih praktis. Beberapa merek kenamaan yang merilis motor ini di Indonesia antara lain Honda, Yamaha, dan Vespa.

Untuk harganya sendiri sangat bervariatif, namun umumnya motor jenis ini cenderung irit jika kita berbicara mengenai bbm.

2. Sport Bike

Jenis Motor

Image Source: MotoDeal

Sport bike adalah jenis motor yang lazim digunakan untuk balapan. Motor ini dirancang sedemikian rupa agar pengendara bisa dengan mudah menggerakan motornya serta merasa aman.

Sebagai contoh, jok yang terdapat pada motor ini sengaja dibuat menukik dan dilengkapi dengan fairing untuk melindungi badan pengendara. Selain itu, pada bagian footstep dibuat lebih tinggi agar memiliki aerodinamis yang baik sehingga memudahkan pengendara untuk memiringkan motor pada saat akan berbelok.

Untuk tingkat kecepatan, motor ini memang sengaja didesain untuk melaju kencang dengan varian mesin yang terdiri dari dua jenis yakni 1000 cc untuk jenis superbike dan 600 cc untuk supersport.

 

Baca Juga: Tips Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

 

3. Naked Bike

Jenis Motor

Image Source: Oto

Motor sport jenis lainnya yaitu naked bike. Jenis motor yang satu ini memiliki performa mesin yang tangguh dan umumnya banyak digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Walaupun motor ini termasuk dalam kategori sport, namun motor ini tidak memiliki pairing pada bagian bodi serta rangka mesin yang cenderung terbuka.

Meski begitu, motor yang satu ini banyak diminati karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sport bike. Motor ini juga mampu melaju cukup lincah dan tahan di segala medan.

4. Sport Touring

Jenis Motor

Image Source: Motofichas

Jenis motor sport selanjutnya yang tidak kalah bagus yaitu sport touring. Motor jenis ini memiliki ciri khas bodi yang besar serta kursi jok yang lebar.

Dirancang khusus untuk berkendara jauh, sport touring juga dilengkapi dengan suspensi, pairing, dan aksesoris motor lainnya seperti box tambahan pada belakang motor yang membuat nyaman berkendara dan bebas pegal.

5. Dirt Bike

Jenis Motor

Image Source: insight-egypt

Gemar dengan olahraga off-road? Pastinya Anda sudah tidak asing dengan jenis motor yang satu ini. Dirt bike atau yang memiliki nama lain motor trail adalah motor yang didesain untuk kegiatan off road.

Ciri khas dari motor ini yaitu bodinya yang ramping cenderung berukuran kecil dan menggunakan mesin jenis silinder satu yang bisa dilepas pasang. Dirt bike terdiri dari tiga jenis yaitu enduro, motocross, dan trail.

6. Dual Bike

Jenis Motor

Image Source: Oto

Mirip seperti dirt bike, jenis motor dual bike bisa digunakan untuk kegiatan off-road. Bedanya, motor ini bisa dengan nyaman dikendarai di aspal (on-road) dan tenaga mesin yang dihasilkan cenderung rendah. 

Meskipun dapat digunakan untuk off-road dan on-road, umumnya motor ini banyak dipakai untuk mobilitas sehari-hari.

7. Cruiser

Jenis Motor

Image Source: Webike Indonesia

Cruiser adalah jenis motor lainnya yang dibuat untuk berkendara jarak jauh. Memiliki tampilan yang gagah, lebar, dengan bobot tubuh yang berat, motor ini mampu menghasilkan tenaga besar dan sangat nyaman dibawa berkendara.

Lantara bodinya yang besar, motor ini akan lebih cocok untuk dikendarai di jalanan aspal dengan bahu jalan yang lebar.

 

Baca Juga: Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Terbaru, Bisa Darimana Saja!

 

8. Motocross

Jenis Motor

Image Source: Motor1

Motocross atau nama lainnya enduro adalah salah satu jenis motor kopling dirt bike yang biasa digunakan untuk melaju di jalanan berbatu dan berlumpur.

Motor ini juga dilengkapi dengan ketahanan mesin yang baik dan mampu menempuh jarak ratusan kilometer. Tak ayal, motor ini seringkali dipakai untuk ajang kompetisi balapan ekstrim ataupun di gurun.

9. Scrambler

Jenis Motor

Image Source: otoasia

Scrambler adalah salah satu jenis motor terlama yang sudah ada sejak tahun 1920-an. Meskipun sudah banyak perubahan dari segi kapasitas mesin dan lainnya, namun gaya metro klasik yang ada pada motor ini tetap dipertahankan.

Motor ini juga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan dual bike dimana pengendara bisa menggunakannya untuk off-road maupun on-road. Lumrahnya, motor ini dipakai oleh muda-mudi untuk berkendara di jalanan aspal.

10. ATV

Jenis Motor

Image Source: Donmogot

Jenis motor yang kesepuluh yaitu motor ATV. Dengan ciri khas bodi yang besar serta dilengkapi dengan 4 ban motor, motor ini diperuntukkan untuk berkendara di lintasan berbatu atau jalanan berlumpur.

Misalnya digunakan untuk membawa barang ke daerah pedalaman atau lokasi yang tidak dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan lain. Di samping itu, motor ini kini lebih banyak digunakan di tempat-tempat wisata yang menawarkan sensasi berpetualang di alam terbuka. 

11. Motor Adventure

Jenis Motor

Image Source: Chatnews

Gemar berpetualang dan melakukan perjalanan jauh? Sesuai namanya, motor adventure bisa jadi teman berpetualang di segala jenis jalan.

Jenis motor ini dilengkapi dengan ban dual sport untuk memudahkan Anda berkendara di jalan off-road dan on-road, crash protector, dan suspensi sehingga perjalanan Anda saat berkendara bisa lebih aman dan nyaman. Tak jarang, para pemilik motor ini juga kerap kali menambahkan aksesoris lainnya seperti box pada bagian belakang atau kiri kanan motor untuk menaruh barang bawaan selama perjalanan jauh.

 

Baca Juga: Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

 

Merek Motor Terlaris di Indonesia 2022

Bicara mengenai jenis-jenis motor, kurang afdol rasanya bilamana kita tidak sekalian membahas merek motor terlaris di tahun 2022. Nah, berikut ini merupakan daftar motor terlaris yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Motor mana yang jadi incaran Anda?

No. Merek dan Tipe Motor Estimasi Harga
1. Honda Beat CBS Rp17 juta-an
2. Honda Scoopy Stylish Rp22 juta-an
3. Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS Version Rp32 juta-an
4. Honda Revo X Rp17 juta-an
5. Yamaha Vivion R Rp32 juta-an
6. Yamaha R25 ABS Rp69 juta-an
7. Honda CRF150L Rp35 juta-an
8. Honda CB150 Verza CW Rp21 juta-an
9. Yamaha Fazzio Neo Rp21 juta-an
10. Yamaha Jupiter Z1 Rp19 juta-an

Itulah tadi informasi sekilas mengenai jenis-jenis motor. Semoga adanya penjelasan ini bisa membantu Anda dalam memahami maupun menentukan motor yang ingin Anda beli. Jika Anda membeli motor second atau bekas, pastikan untuk melakukan balik nama motor agar urusan pajak motor dan administrasi lainnya tidak repot.

Terakhir, jika Anda membutuhkan pinjaman dana cepat tanpa harus menjual kendaraan kesayangan, Anda bisa mengajukan pinjaman ke BFI Finance cukup dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

Beragam keperluan serta kebutuhan finansial Anda dapat kami bantu. Mulai dari modal usaha, biaya pendidikan, gaya hidup, dan lainnya.

Informasi selengkapnya dapat Anda akses melalui laman web di bawah ini.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan pinjaman di BFI Finance. Jangan sampai peluang yang ada terlewatkan begitu saja.

Sumber: