Gaya Hidup

Insomnia Adalah Gangguan Tidur, Ini Hal Penting yang Harus Diketahui

Admin BFI
27 June 2023
2603
Insomnia Adalah Gangguan Tidur, Ini Hal Penting yang Harus Diketahui

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan tidur yang berkepanjangan? Jika ya, boleh jadi Anda mengalami insomnia. Insomnia adalah sebuah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan dari kita, namun tahukah Anda apa sebenarnya insomnia itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut di artikel berikut ini!

 

1. Apa Itu Insomnia?

Insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan penderitanya sulit atau tidak cukup tidur. Hal ini mengakibatkan perubahan pada suasana hati, kesehatan tubuh, dan terganggunya aktivitas sehari-hari. Tak ayal, penderita insomnia sangat mudah merasa lelah, tak bertenaga, dan kurang fokus.

2. Macam-Macam Insomnia

Dikutip langsung dari situs resmi siloam hospital, insomnia adalah gangguan tidur yang terbagi ke dalam 2 jenis. Antara lain yaitu insomnia akut dan insomnia kronis.

2.1. Insomnia Akut

Insomnia Akut adalah jenis insomnia yang terjadi dalam rentan waktu yang singkat. Biasanya terjadi selama beberapa hari maupun minggu.

2.2. Insomnia Kronis

Di sisi lain, ada juga jenis insomnia lainnya yang disebut dengan Insomnia Kronis. Insomnia kronis dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama, membuat penderitanya kesulitan tidur hingga berbulan-bulan dan bersifat kambuhan.

 

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Mari Mengenal Lebih Dekat Toxic Positivity

 

3. Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti stres berlebihan, gangguan psikologis, atau kondisi medis tertentu. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi kafein berlebihan, juga dapat berkontribusi pada terjadinya insomnia.

Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya Insomnia yang diurutkan berdasarkan jenisnya.

3.1. Insomnia Akut

Insomnia akut adalah insomnia yang mampu membuat penderitanya kesulitan tidur atau tidak tidak nyenyak selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti berikut ini.

  • Stres karena pekerjaan atau tekanan lainnya.

  • Beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu.

  • Jet lag yang diakibatkan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan perbedaan zona waktu.

  • Konsumsi kafein, nikotin, alkohol secara berlebihan.

  • Makan sebelum tidur, sehingga mengakibatkan perut tidak nyaman khususnya saat Anda berbaring.

3.2. Insomnia Kronis

Insomnia kronis adalah insomnia yang mampu membuat seseorang mengalami gangguan tidur hingga berbulan-bulan dan bersifat kambuhan. Insomnia kronis disebabkan oleh berbagai faktor di bawah ini.

  • Gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), dan lain-lain.

  • Kondisi medis, seperti GERD, asma, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

  • Penggunaan ponsel sebelum tidur.

  • Kebiasaan menatap layar televisi, laptop, atau lainnya sebelum tidur.

 

Baca Juga: Tips Hidup Bahagia dengan Konsep Ikigai

 

4. Gejala Seseorang Mengalami Insomnia

Bagaimana kita tahu jika seseorang tengah mengalami insomnia?

Pada dasarnya, gejala insomnia adalah sesuatu yang cukup mudah untuk dikenali. Salah satunya yakni kesulitan untuk tidur dan terbangun di malam hari lalu sulit untuk tidur kembali.

Selain itu, mereka yang mengalami insomnia kerap kali merasakan letih dan mengantuk saat bangun tidur serta mudah merasa lelah dan kurang konsentrasi di siang hari.

5. Tips Mengatasi Insomnia

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia, khususnya bagi para penderita insomnia akut.

1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

2. Batasi konsumsi kafein, nikotin, maupun alkohol.

3. Rutin berolahraga, setidaknya 5 kali dalam seminggu atau sebanyak 150 menit.

4. Hindari konsumsi makanan berlebihan sebelum tidur.

5. Batasi penggunaan alat elektronik sebelum tidur.

6. Redupkan atau matikan lampu sebelum tidur.

7. Olah pikiran dengan melakukan kegiatan positif pereda stres seperti meditasi, menulis jurnal harian, maupun membaca buku.

Jika cara di atas tak kunjung membuat insomnia Anda sembuh, pastikan untuk segera berkonsultasi pada dokter dan ikuti arahan lebih lanjut.

 

Baca Juga: Metode Konmari: Seni Beres-Beres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

 

6. Tips Mencegah Terjadinya Insomnia

Jangan khawatir, Sobat BFI, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya insomnia. Simak tips berikut ini!

Insomnia Adalah

Image Source: Pexels/SHVETS production

6.1. Biasakan Untuk Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Pertama, jaga rutinitas tidur yang teratur dengan cara menjaga jam tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu jam biologis tubuh Anda agar tidak kebingungan sekaligus menghindari kemungkinan terjadinya insomnia.

6.2. Hindari Konsumsi Kafein, Nikotin, dan Alkohol Sebelum Tidur

Kedua, pastikan untuk membatasi konsumsi stimulan seperti kafein, nikotin, dan alkohol menjelang tidur. Ketiga zat tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga dalam waktu beberapa jam yang mengakibatkan Anda kesulitan untuk tidur.

6.3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman, Gelap, dan Tenang

Ketiga, atur ruangan tidur Anda senyaman mungkin seperti mematikan lampu pada saat tidur, membersihkan kasur sebelum tidur, dan hal lainnya yang mampu membuat Anda terlelap di malam hari.

6.4. Hindari Paparan Sinar Biru dari Perangkat Elektronik

Sinar biru yang dihasilkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu ritme tidur dengan cara menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hormon ini memiliki peranan penting dalam mengatur pola tidur dan menjadikan tidur lebih berkualitas.

6.5. Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Kondisi tubuh dan pikiran yang rileks dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu meditasi, mandi air hangat, dan membaca buku dengan isi yang ringan.

6.6. Berolahraga Secara Teratur

Selain kelima hal di atas, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur dan hindari tidur siang yang terlalu lama. Olahraga dapat membantu kualitas tidur Anda lebih baik sekaligus membantu menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Nah, itulah penjelasan mengenai Insomnia Adalah Gangguan Tidur, Ini Hal Penting yang Harus Diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat BFI yang sedang mengalami masalah tidur. Jaga kesehatan dan kualitas tidurmu dengan baik, ya!

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan kesehatan, pendidikan anak, dan lain sebagainya, BFI Finance adalah solusi yang tepat untuk semua urusan keuangan Anda.

Ada berbagai kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman di BFI Finance, seperti proses pengajuan yang cepat, persyaratan yang mudah, dan sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman dana ke BFI dan dapatkan dana yang kamu butuhkan sekarang!

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup