Informasi Umum

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Transportasi Umum

Admin BFI
11 October 2023
9244
Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Transportasi Umum

Transportasi umum dirancang sebagai alternatif perjalanan serta mengurangi waktu untuk bepergian. Adapun transportasi umum menghubungkan satu daerah ke daerah lain.

 

Di Indonesia, layanan transportasi umum semakin meningkat. Hal ini membuat penggunaan transportasi umum lebih diminati masyarakat. Walau begitu, banyak diantaranya yang juga merasa tidak butuh naik transportasi umum. Padahal, banyak sekali manfaat yang dapat Anda dan lingkungan Anda rasakan saat memakai transportasi umum.

 

Baca Juga: Hasilkan Cuan Tanpa Modal, Ini Serba-Serbi Keuntungan Jadi Affiliator

 

1. Manfaat Pakai Transportasi Umum

1.1 Meningkatkan Kesehatan

Transportasi umum dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Pertama, Anda harus berjalan dari pintu depan ke halte atau terminal terdekat, sehingga membantu meningkatkan aktivitas fisik. Selain itu, dengan transportasi umum, Anda mengurangi pemakaian transportasi pribadi yang membuat orang-orang sekitar Anda menghirup udara yang lebih segar.

 

1.2 Lebih Hemat

Meskipun biaya perjalanan harian dengan transportasi umum mungkin tampak kecil, penghematan dalam jangka panjang dapat signifikan. Anda tidak perlu membeli bensin, melakukan perawatan kendaraan, atau membayar biaya parkir yang mahal.

 

Dibandingkan kendaraan pribadi, transportasi cenderung lebih murah. Mulai dari Rp 3 ribu, Anda dapat melakukan perjalanan dan transit kemanapun dengan nyaman dan tidak panas-panasan. Hal ini tentu akan menekan biaya pengeluaran Anda. Selain biaya bensin dan parkir, Anda juga dapat menekan biaya servis rutin kendaraan pribadi Anda yang tidak murah.

 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan waktu perjalanan Anda untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif, seperti membaca, belajar, atau bekerja. Ini dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda dan menghasilkan uang lebih banyak dalam jangka panjang.

 

1.3 Efisiensi Bahan Bakar

Jika Anda  membandingkannya dengan kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar gas, transportasi umum lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Perbandingan rata-rata jarak tempuh per galon antara mobil pribadi dan bus atau kereta api menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar lebih sedikit ketika menggunakan transportasi umum.

 

1.4 Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Salah satu masalah lingkungan utama saat ini adalah perubahan iklim yang disebabkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca. Kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang utama emisi ini. Dengan menggunakan transportasi umum, Anda dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca ini.

 

Banyak sistem transportasi umum modern memiliki armada kendaraan yang lebih ramah lingkungan, seperti bus listrik atau kereta api berkecepatan tinggi yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dengan menggunakan transportasi umum, Anda membantu mengurangi jejak karbon Anda dan berkontribusi pada upaya global untuk mengatasi perubahan iklim.

 

1.5 Mengurangi Kemacetan

Salah satu masalah utama di banyak kota besar adalah kemacetan lalu lintas. Banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi berkontribusi pada masalah ini. Dengan beralih ke transportasi umum, Anda dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas ini.

 

Kemacetan lalu lintas tidak hanya membuat perjalanan menjadi lebih lambat tetapi juga meningkatkan polusi udara dan konsumsi bahan bakar. Dengan memilih transportasi umum, Anda membantu mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan dan mengurangi masalah kemacetan yang mengganggu.

 

1.6 Tidak Perlu Mencari Parkir

Saat menggunakan transportasi umum, Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir yang seringkali sulit ditemukan, terutama di pusat kota yang padat.

 

Mencari tempat parkir yang sesuai seringkali bisa menjadi tugas yang sulit dan memakan waktu. Dengan transportasi umum, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah parkir ini. Anda dapat naik transportasi umum tanpa perlu memikirkan tempat parkir yang aman dan nyaman.

 

2. Jenis Transportasi Umum di Indonesia

Indonesia memiliki beragam jenis transportasi umum yang dapat dipilih oleh warganya. Berikut adalah beberapa jenis transportasi umum yang umum digunakan di Indonesia:

 

2.1 Bus

Bus adalah salah satu jenis transportasi umum yang paling umum digunakan di Indonesia. Mereka membentuk tulang punggung sistem transportasi umum di banyak kota dan daerah di seluruh negeri. Bus menghubungkan berbagai kota, wilayah, dan desa, membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan antarkota.

 

Salah satu keuntungan menggunakan bus adalah beragam pilihan kelas. Ada bus ekonomi dengan tarif yang terjangkau dan fasilitas sederhana. Di sisi lain, ada juga bus mewah yang menawarkan kenyamanan ekstra, kursi yang lebih besar, AC yang baik, hiburan dalam perjalanan, dan bahkan layanan makanan. Oleh karena itu, bus dapat menjadi pilihan yang sesuai dengan berbagai anggaran dan preferensi perjalanan.

 

Selain itu, bus juga cocok untuk perjalanan jarak jauh di pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatra, dan Bali. Ini memungkinkan penumpang untuk menikmati perjalanan yang panjang sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

 

Baca Juga: Ini 5 Besar Zodiak yang Paling Setia, Zodiak Anda Termasuk?

 

2.2 Kereta Api

Kereta api adalah salah satu pilihan transportasi umum yang nyaman dan efisien di Indonesia. Indonesia memiliki jaringan kereta api yang luas yang menghubungkan berbagai kota besar dan kecil di seluruh pulau. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menghindari kemacetan lalu lintas dan menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan Anda.

 

Kereta api di Indonesia memiliki berbagai kelas, termasuk eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Kelas eksekutif seringkali dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, seperti kursi yang lebih besar, AC yang baik, dan makanan yang disajikan dalam perjalanan. Kelas bisnis juga menawarkan kenyamanan yang baik dengan kursi yang lapang. Kelas ekonomi adalah pilihan yang lebih terjangkau tetapi masih nyaman.

 

Kereta api adalah pilihan yang baik untuk perjalanan antarkota, terutama jika Anda ingin menghemat waktu dan tenaga. Kereta cepat juga mulai diperkenalkan di beberapa rute yang menghubungkan kota-kota besar, yang memungkinkan Anda mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat.

 

2.3 Ojek dan Taxi

Di perkotaan, ojek dan taxi adalah jenis transportasi umum yang sering digunakan. Ojek adalah sepeda motor yang dapat Anda sewa untuk perjalanan singkat, biasanya di dalam kota. Anda hanya perlu menunjukkan tujuan Anda kepada pengemudi ojek, dan mereka akan membawa Anda ke sana dengan cepat. Ojek sangat berguna untuk menghindari kemacetan lalu lintas di kota-kota besar.

 

Taxi, di sisi lain, adalah kendaraan yang lebih besar dengan sopir yang akan membawa Anda ke tujuan Anda. Taxi sering digunakan untuk perjalanan di dalam kota atau dari bandara ke hotel. Mereka sering dilengkapi dengan argometer, yang menghitung biaya perjalanan berdasarkan jarak dan waktu.

 

Seiring perkembangan teknologi, layanan ride-sharing seperti Grab dan Gojek juga semakin populer di Indonesia. Mereka menyediakan layanan transportasi yang nyaman dan terjangkau di berbagai kota di Indonesia.

 

Baca Juga: Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Kerja

 

Pilihan transportasi umum yang beragam di Indonesia memungkinkan warga negara untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan adanya berbagai jenis transportasi ini, perjalanan di seluruh negeri menjadi lebih mudah, nyaman, dan efisien. Selain itu, penggunaan transportasi umum juga membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi polusi udara, dan mendukung keberlanjutan lingkungan. Semua ini menjadikan transportasi umum sebagai pilihan yang baik untuk perjalanan di Indonesia.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum