Artikel

Wajib Tahu! Ini Dia 8 Contoh Mahar Pernikahan Paling Unik dan Berkesan

2022-12-01 00:00:00 6268
Wajib Tahu! Ini Dia 8 Contoh Mahar Pernikahan Paling Unik dan Berkesan

Salah satu syarat wajib pernikahan dalam islam yaitu pemberian mahar untuk mempelai wanita. Mahar yang diberikan ini dapat berupa barang berharga seperti uang tunai, emas, dan lain sebagainya.

Jika Anda dan pasangan saat ini sedang dilanda kebingungan dan ingin mencari contoh mahar pernikahan, informasi berikut ini akan sangat membantu Anda!

 

Apa itu Mahar Pernikahan?

Sebelum kita masuk ke contoh mahar pernikahan, ada baiknya kita memahami apa itu mahar pernikahan. Mahar atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai maskawin adalah pemberian yang diberikan oleh pihak lelaki kepada mempelai wanita pada saat pernikahan.

Selain menjadi syarat wajib, mahar juga merupakan sebuah bukti jika mempelai lelaki serius ingin menikahi wanita pilihannya dan bersatu dalam bahtera rumah tangga.

Hukum Mahar Menurut Agama Islam

Dalam agama islam ketentuan pemberian mahar diatur dalam firman Allah SWT yaitu pada Q.S An-Nisa Ayat 4 yang berbunyi:

“Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.”

Selain ayat tersebut, hukum mahar juga diatur dalam hadits-hadits, salah satu diantaranya yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad as-Sa’idi ra, Rasulullah bersabda:

“Carilah sesuatu (mahar) cincin sekalipun terbuat dari besi. Jika tidak mendapati, mahar berupa surat-surat al-Qur’an yang engkau hafal.” (HR Bukhari No.1587). 

Mahar yang diserahkan ke istri nantinya akan menjadi hak mutlak dan boleh dipergunakan tanpa seizin suami. Baik itu untuk digunakan dalam keseharian ataupun dibelanjakan. Jika mahar yang ada dibelanjakan, uang atau keuntungan yang didapat sepenuhnya milik istri, suami tidak memiliki hak sedikit pun untuk meminta kecuali sang istri memang berkenan untuk memberikan sebagian dari miliknya. 

 

Baca Juga: Siap Berumah Tangga? Intip Estimasi Biaya Lamaran Sederhana Berikut

 

8 Contoh Mahar Pernikahan Untuk Mempelai Wanita

Islam memperbolehkan seorang wanita untuk memilih mahar yang ia inginkan. Di sisi lain, islam juga menyarankan untuk tidak memberatkan pihak lelaki dan mempermudah mahar tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Perempuan yang baik hati adalah yang murah maharnya, memudahkan dalam urusan perkawinannya serta baik akhlaknya, sedangkan perempuan yang celaka yaitu yang mahal maharnya, sulit perkawinannya dan buruk akhlaknya.” (HR. Imam Ahmad)

Meskipun begitu, sudah sewajarnya mahar yang diberikan sesuai dan sesuatu yang bernilai harganya. Sebab, nilai mahar yang ada berkenaan dengan martabat seorang wanita.

Nah, bagi Anda yang merasa kebingungan untuk memilih mahar, beberapa contoh mahar berikut ini dapat dijadikan sebagai referensi. Dari yang paling umum sampai dengan yang anti-mainstream.

Contoh Mahar Pernikahan

Image Source: Okezone Lifestyle 

1. Emas

Contoh mahar pernikahan yang pertama yaitu emas. Emas adalah logam mulia yang banyak dipilih sebagai mahar. Ini dikarenakan emas memiliki nilai yang stabil dan seiring dengan waktu harga jualnya terus bertambah. 

Emas yang diberikan kepada mempelai wanita biasanya berbentuk perhiasan atau pun emas batangan. Emas batangan cenderung lebih disukai karena dilengkapi dengan sertifikat resmi sehingga mudah untuk dijual kembali dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama sebagai investasi.

2. Uang

Berikutnya yaitu uang. Contoh mahar pernikahan yang satu ini pastinya sudah sangat lumrah dan paling sering dipilih masyarakat Indonesia. Tidak ada nominal pasti berapa besaran yang harus diberikan jika memilih mahar jenis ini. Semuanya kembali ke kesepakatan antara dua belah pihak.

Namun, banyaknya masyarakat kita memilih nominal tertentu untuk memperingati tanggal pernikahan atau simbol unik lainnya. Tak jarang, untuk mempercantik bentuk mahar yang diserahkan, biasanya uang yang ada akan dihias se-estetik mungkin dengan balutan pigura ataupun dibentuk menyerupai hewan dan tumbuhan.

3. Perak

Selain emas, logam mulia lainnya yang bisa dijadikan alternatif contoh mahar pernikahan yaitu perak. Di Indonesia perak banyak dipilih karena harganya yang relatif terjangkau. Sehingga, dengan jumlah uang yang terbatas Anda tetap bisa mendapatkan perak dengan total berat lebih banyak ketimbang emas.

4. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah seperti seperangkat alat sholat, sajadah, tasbih, Al-Qur’an, dan lain sebagainya dapat dijadikan sebagai contoh mahar pernikahan sederhana.

Selain bermanfaat, perlengkapan ibadah juga banyak diyakini oleh orang-orang sebagai simbol bahwa pernikahan adalah pelengkap ibadah di dunia dan karenanya untuk menyempurnakan ibadah tersebut, pasangan yang ada diharapkan bisa selalu mengingat sang pencipta sampai akhir hayat. 

5. Perlengkapan Hobi

Seiring berkembangnya jaman, mahar yang ada semakin unik dan beragam. Salah satu diantaranya yaitu mahar berupa perlengkapan hobi. Mahar jenis ini dapat berwujud apa saja. Misalnya yaitu perlengkapan fangirling seperti album musik dari boy group favorit.

6. Surat Tanah

Surat tanah bisa dijadikan sebagai contoh mahar pernikahan karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bukti kepemilikan akan tanah ini bisa disimpan untuk waktu yang lama sekaligus menjadi kenangan manis semasa pernikahan.

7. Hewan Ternak

Hewan ternak adalah contoh mahar pernikahan berbentuk harta yang bisa Anda pilih. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang pernah memberikan hewan sebagai mahar saat menikahi istrinya Khadijah binti Khuwailid radhiullahuanha. Beberapa jenis hewan ternak yang bisa Anda pilih yaitu sapi, kambing, ayam, bebek, dan masih banyak lagi. 

8. Saham Perusahaan

Menghadiahkan saham perusahaan sebagai mahar adalah salah satu contoh mahar pernikahan yang anti mainstream. Meskipun begitu, nilai saham yang ada tentunya sangat bernilai sebagaimana mahar jenis lainnya.

Jika Anda berencana memilih saham untuk dijadikan mahar, pilihlah saham berkualitas seperti saham blue-chip yang berasal dari perusahaan nasional dan sudah IPO di pasar modal Indonesia.

 

Baca Juga: ​​​​​​​Serba-Serbi Biaya Pernikahan Sederhana yang Perlu Disiapkan

 

Mahar Pernikahan yang Dilarang

Contoh mahar pernikahan yang boleh diberikan dalam islam adalah sesuatu yang halal. Adapun jenis mahar pernikahan yang dilarang terbagi menjadi empat seperti berikut ini.

1. Barang yang Diperoleh Secara Tidak Baik

Misalnya dari hasil mencuri, merampok, menipu, dan segala bentuk tindakan kriminal lainnya yang dilarang dalam Islam.

2. Mahar yang Tidak Memiliki Nilai

Mahar yang baik adalah mahar yang memiliki nilai serta bermanfaat bagi mempelai wanita. Maka dari itu sudah seyogyanya pihak lelaki memberikan mahar yang pantas dan sesuai. Mahar yang tidak memiliki nilai adalah salah satu bentuk penghinaan karena bisa merendahkan martabat seorang wanita. 

3. Mahar yang Memberatkan Pihak Pria

Pihak perempuan memang dibebaskan untuk memilih mahar yang diinginkan kepada pihak mempelai pria. Meskipun demikian, hal tersebut tidak serta merta menjadi alasan untuk meminta sesuatu di luar batas kemampuan.

Misalnya meminta barang mahal seperti mobil atau rumah mewah karena gengsi atau ingin pamer ke tamu undangan atau kerabat terdekat.

4. Benda yang Tidak Diketahui Keberadaannya

Barang yang keberadaannya tidak dapat dipastikan dimana dan wujud aslinya seperti apa, tidak dapat dijadikan sebagai mahar pernikahan. Mahar pernikahan haruslah berwujud nyata serta dapat dimanfaatkan oleh sang istri.

Sobat BFI, demikian informasi terkait contoh mahar pernikahan. Sebelum menetapkan pilihan, sebaiknya lakukan diskusi terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Sehingga, mahar yang diberikan nantinya bisa bermanfaat dan senantiasa dikenang sampai akhir hayat.

Supaya pernikahan Anda bisa berjalan dengan baik dan khidmat, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana cepat ke BFI Finance.

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan terpercaya yang menawarkan pinjaman dana multiguna untuk berbagai keperluan Anda. Cukup dengan mengajukan BPKB Kendaraan Mobil, Motor, atau Sertifikat Rumah, pinjaman dana yang diajukan bisa diproses dengan cepat dan aman.

Dapatkan promo menarik dan kemudahan lainnya dalam mendapatkan pinjaman hanya di BFI Finance.

Selengkapnya terkait informasi pinjaman bisa Anda dapatkan melalui link di bawah ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

#SelaluAdaJalan Bersama BFI Finance.

Sumber: