Artikel

Serba-Serbi Biaya Pernikahan Sederhana yang Perlu Disiapkan

2022-01-27 00:00:00 54863
Serba-Serbi Biaya Pernikahan Sederhana yang Perlu Disiapkan

Menikah merupakan salah satu momen yang dinantikan bagi banyak orang. Juga dapat dikatakan sebagai momen sekali dalam seumur hidup. Dalam merayakan dan sebagai bentuk rasa syukur atas momen tersebut, bagi banyak masyarakat Indonesia kerap mengadakan rangkaian acara pernikahan yang dihadiri sanak saudara maupun kerabat. Saat mempersiapkan rangkaian acara tersebut tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan salah satunya biaya pernikahan. Berbicara tentang biaya pernikahan, setiap pasangan memiliki kebutuhan yang berbeda dan hal tersebut bergantung pada besar atau kecilnya acara yang diadakan. Pada artikel kali ini, tim BFI Finance akan memberikan informasi terkait biaya apa saja yang muncul ketika mempersiapkan rangkaian acara pernikahan seperti akad maupun resepsi. Ada baiknya, Anda harus merundingkan dulu ya dengan pasangan dalam mengalokasikan biaya-biaya tersebut. Bijaklah dalam mengelola pos-pos pengeluaran untuk momen indah yang satu ini.

 

11 Macam Biaya Pernikahan

1. Biaya Persyaratan Nikah (KUA)

Biaya pernikahan pertama adalah biaya persyaratan nikah melalui KUA. Berdasarkan PP Nomor 48 tahun 2014, pernikahan atau rujuk apabila dilakukan dalam jam dan hari kerja, tidak akan dikenakan biaya nikah atau gratis. Namun, jika pernikahan atau rujuk dilakukan diluar kantor dan diluar jam dan hari kerja, akan dikenakan biaya sebesar Rp 600.000. Biaya tersebut juga berlaku untuk pasangan yang mengadakan akad nikah di rumah pribadi, masjid, maupun gedung pertemuan sekalipun pelaksanaannya dilakukan saat jam kerja KUA.

2. Mahar atau Maskawin

Biaya pernikahan selanjutnya adalah Mahar atau maskawin. Mahar atau maskawin merupakan pemberian wajib dari seorang calon suami kepada calon istrinya. Bentuk mahar dapat berupa barang atau jasa. Mahar berbentuk barang dapat berupa emas, perak, uang, perlengkapan ibadah/adat, dan lain sebagainya. Untuk keperluan mahar sejatinya tidak perlu sampai merogoh biaya yang besar. Estimasikan biaya mahar seperangkat alat ibadah lengkap adalah Rp 1.000.000. Atau, berbentuk emas batangan dengan harga per gram nya adalah Rp 800.000.

3. Cincin Pernikahan

Adapun cincin pernikahan dapat berasal dari emas murni atau perak. Jenis dan modelnya dapat dirundingkan terlebih dahulu dengan pasangan. Biaya cincin pernikahan emas dengan berat 3-5 gram berkisar dari Rp 5 juta untuk sepasang. Sedangkan, biaya cincin pernikahan berbahan perak berkisar dari Rp 2.000.000 untuk sepasang.

4. Hantaran atau Seserahan

Selain mahar atau maskawin yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita, terdapat juga tradisi pemberian hantaran atau seserahan. Meskipun, pemberian hantaran ini tidaklah wajib. Beberapa kalangan berpendapat pemberian seserahan diartikan sebagai simbol tanggung jawab suami terhadap istrinya kelak. Seserahan pernikahan biasanya berisi perlengkapan yang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh calon istri seperti tas, baju, peralatan make-up, sepatu, dan lain-lain.

Estimasi biaya untuk seserahan ini adalah Rp 3.000.000 sudah termasuk hiasan untuk mempercantik tampilan seserahan.

5. Tempat dan Dekorasi Pernikahan

Terkait tempat pelaksanaan rangkaian acara pernikahan, bagi beberapa orang ada yang memilih untuk menyewa gedung. Ada pula yang melakukannya dirumah sendiri. Tidak ada yang salah dari kedua pilihan tersebut. Memilih mengadakan acara pernikahan dirumah sendiri tentunya dapat memangkas biaya sewa gedung. Biaya sewa gedung untuk pernikahan bervariasi tergantung jenis gedung yang disewanya. Jika menyewa ruang pertemuan di hotel atau perkantoran dapat dikenakan biaya paling tidak Rp 15.000.000. Sementara, jika Anda memutuskan untuk menyewa balai pertemuan serbaguna atau aula sekolah tentunya akan dikenakan biaya yang lebih rendah lagi.

Untuk dekorasi, dekorasi pernikahan minimalis dipatok mulai dari harga Rp 3.000.000 hingga Rp 15.000.000. Semakin tinggi kompleksitas dekorasi yang dikerjakan akan memengaruhi kenaikan harga dekorasi tersebut.

Biaya Pernikahan Sederhana

6. Katering

Biaya katering  biasanya adalah biaya pernikahan yang paling besar diantara biaya-biaya lainnya. Karena harga katering dihitung berdasarkan tamu yang datang saat acara tiba. Kabar baiknya, pengusaha katering telah menetapkan harga per paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Paket yang ditawarkan biasanya mulai dari 100 pax hingga ribuan pax. Semakin banyak tamu diundang, memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan potongan biaya katering ini.

Estimasi harga katering per pax adalah Rp 40.000. Misalkan dalam acara pernikahan tersebut mengundang 300 tamu, sehingga total biaya katering adalah Rp 12.000.000.

7. Busana dan Tata Rias Pengantin

Untuk busana pengantin, Anda dapat memilih untuk menyewa atau membuatnya sendiri melalui jasa desainer. Jika Anda memutuskan untuk menyewa busana tentunya jauh akan memangkas biaya. Estimasi untuk menyewa baju pengantin adalah mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 untuk setiap gaunnya. Lain halnya jika Anda memutuskan untuk membuat busana pengantin sendiri, biaya untuk membuatnya berkisar dari Rp 3.000.000 hingga puluhan juta rupiah diluar harga kain.

Sedangkan, untuk biaya make up bervariasi antara Rp 700.000 hingga jutaan rupiah per orangnya.

8. Dokumentasi Pernikahan

Momen pernikahan adalah salah satu momen yang spesial dan dinantikan, sehingga ada baiknya momen tersebut dapat diabadikan melalui dokumentasi foto dan video. Biaya jasa foto dan video pernikahan berkisar dari Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000 untuk pilihan paket standar. Paket tersebut sudah termasuk foto saat acara pernikahan, satu video pernikahan, hardcopy hasil liputan foto dan video berbentuk DVD, dan album cetak. Anda juga dapat mempertimbangkan melakukan sesi foto pre-wedding jika memiliki dana yang lebih.

9. Undangan dan Souvenir Pernikahan

Saat ini, terlebih di masa pandemi, bentuk undangan pernikahan sudah tidak lagi mengharuskan hardcopy atau berbentuk fisik. Anda dapat mencoba undangan digital agar terlihat simpel dan berbeda namun tetap tidak meninggalkan esensinya. Biaya undangan digital berbentuk website berisikan foto dipatok dengan harga mulai dari Rp 200.000. Anda akan mendapatkan 1 link website yang dapat dibagikan ke ratusan tamu undangan pernikahan Anda. Jika Anda menggunakan undangan berbentuk hardcopy, harganya berkisar mulai dari Rp 1.000 per eksemplarnya.

Begitu pula macam-macam souvenir pernikahan juga sangat beragam pilihannya. Anda dapat memilih souvenir yang memiliki nilai kegunaan seperti kipas, peralatan tulis, handuk, payung, dan lain-lain. Estimasi untuk biaya souvenir adalah Rp 5.000 per itemnya. Dengan Rp 5.000 Anda sudah bisa mendapatkan souvernir berbentuk sapu tangan, pouch, alat tulis, buku catatan kecil, dan lain-lain.

10. Entertainment

Untuk memeriahkan acara pernikahan, tidak salahnya mengundang live music band dan MC. Harga sewa band wedding berkisar dari Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000, dengan durasi 3 jam dan belum termasuk sound system. Sedangkan, untuk biaya MC berkisar dari Rp 1.000.000.

11. Biaya Tidak Terduga

Alokasikan budget pernikahan untuk biaya-biaya tak terduga seperti kue pengantin, seragam bridesmaid/groomsmen, maupun sewa mobil pengantin. Estimasikan biaya tak terduga ini adalah Rp 2.000.000.

 

Berikut adalah total dari kisaran biaya pernikahan diatas:

No. Jenis Biaya Biaya
1. Biaya Persyaratan Nikah (KUA) Rp 600.000
2. Mahar atau Maskawin Rp 1.000.000
3. Cincin Pernikahan Rp 5.000.000
4. Hantaran Atau Seserahan Rp 3.000.000
5. Tempat dan Dekorasi Pernikahan Rp 8.000.000
6. Katering Rp 12.000.000
7. Busana dan Tata Rias Pengantin Rp 3.500.000
8. Dokumentasi Pernikahan Rp 3.000.000
9. Undangan dan Souvernir Pernikahan Rp 2.000.000
10. Entertainment Rp 4.000.000
11. Biaya Tidak Terduga Rp 2.000.000
  Total Rp 44.100.000

 

Perlu digarisbawahi, besarnya biaya pernikahan setiap pasangan pasti berbeda bergantung pada kemampuan masing-masing individu. Jika Anda ingin mendapatkan dana untuk mempersiapkan pernikahan, Anda dapat mengajukan pembiayaan multiguna melalui BFI Finance dengan jaminan BPKB Mobil atau Motor. BFI Finance telah menjadi perusahaan pembiayaan terpercaya sejak tahun 1982 dan telah melayani dan membantu ribuan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan seperti bunga pinjaman yang rendah dan proses approval yang cepat kurang dari 2 hari, Anda tidak perlu khawatir dalam mengajukan pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman untuk mempersiapkan pernikahan melalui tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Selalu Ada Jalan Bersama BFI Finance.

Sumber: