Artikel

Siap Berumah Tangga? Intip Estimasi Biaya Lamaran Sederhana Berikut

2022-06-08 00:00:00 578
Siap Berumah Tangga? Intip Estimasi Biaya Lamaran Sederhana Berikut

Setiap hubungan yang dijalani oleh sepasang kekasih tentunya memiliki tujuannya masing-masing. Tujuan utama dari suatu hubungan tentunya mengarah ke jenjang yang lebih serius atau memutuskan untuk mengikat tali cinta dengan pernikahan. Menjelang pernikahan, banyak diantaranya memilih untuk melakukan lamaran. Lamaran sendiri adalah cara mengungkapkan isi hati dengan tujuan meminang pasangan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang selanjutnya. Beberapa diantaranya memilih untuk menghadiri keluarga sebagai saksi agar proses lamaran terkesan formal dan sakral. 

 

Persiapan dan Perkiraan Biaya Keterlibatan

Biaya Lamaran - Estimasi Biaya Lamaran Sederhana

Biaya lamaran itu sendiri terbilang cukup merogok kocek jika tidak dipersiapkan matang-matang. Untuk Anda yang berniat melakukan acara lamaran, Anda bisa simak estimasi biaya lamaran sederhana berikut ini.

Perhatikan Jumlah Tamu Undangan

Jika berniat mengundang atau menghadiri pihak keluarga sebagai saksi dalam acara lamaran, Anda perlu menghitung jumlah sanak keluarga yang diundang. Pastikan juga keluarga yang diundang mengkonfirmasi bahwa mereka bisa hadir di acara tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memesan makanan tidak berlebihan yang dapat berujung para pemborosan dana. Untuk biaya konsumsi acara lamaran sendiri, sebaiknya pesan melalui katering dengan harga Rp 25 ribu per paxnya. Jika keluarga yang dihadirkan sebanyak 20 orang, maka biaya yang dihabiskan sekitar Rp 500 ribu.

Anda juga bisa menambahkan snack atau camilan kurang lebih sekitar Rp 300-400 ribu untuk 20 pax. Snack biasanya berisi kue, air mineral, agar-agar, buah, dan juga gorengan. Jika dihitung secara keselurahan, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 800-900 ribu. 

Persiapkan Hantaran

Biaya Lamaran - Biaya Hantaran Lamaran

Hantaran menjadi salah satu tradisi yang sering ditemui pada masyarakat yang tinggal di pulau Jawa sebagai bentuk menjalin silaturahmi antara calon dua keluarga. Hantaran biasanya berisikan camilan, makanan tradisional, buah, ataupun oleh-oleh daerah dari calon pengantin pria yang diberikan kepada calon pengantin wanita. Estimasi hantaran ini mulai dari Rp 500 -700 ribu. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa mengurangi jumlah hantaran atau membeli hantaran dalam ukuran yang tidak terlalu besar. 

Cincin Lamaran 

Biaya lamaran selanjutnya yang perlu disiapkan adalah membeli cincin lamaran. Cincin dijadikan sebagai simbol untuk mengajak pasangan membina bahtera rumah tangga bersama. Sebenarnya cincin lamaran tidak diwajibkan karena biasanya memberikan cincin pada pasangan dilakukan saat pernikahan sebagai mas kawin. Namun, sebagian memberikan cincin terlebih dahulu saat lamaran dan menjadikan cincin tersebut sebagai mas kawin nantinya. 

Jika mengikuti harga pasaran emas, harga emas per gram bisa mencapai Rp 900 irbu. Jika Anda berniat memberikan cincin emas seberat 4 gram, maka biaya yang perlu disiapkan sebanyak Rp 3,6 juta. Anda juga bisa memilih jenis perhiasan berbahan perak atau palladium untuk menekan budget. 

Seragam/Baju Lamaran 

Biaya lamaran yang satu ini hanya menjadi pilihan untuk Anda dan pasangan. Pasalnya, memakai baju dengan bahan atau warna senada saat lamaran bukan suatu kewajiban melainkan hanya untuk menampilkan kekompakan dan keserasian. Jika dana yang dimiliki terbatas, Anda tidak perlu membeli pakaian lamaran yang sama melainkan memakai kebaya untuk wanita dan batik untuk pria milik pribadi. 

MakeUp Mandiri 

Jasa make up artist saat ini berkisar mulai dari Rp 500 ribu hingga puluhan juta rupiah. Semakin profesional dan terkenal, MUA atau make up artist biasanya memasang tarif yang cukup tinggi. Untuk menekan dana lamaran, Anda bisa memilih kerabat yang terampil meriasi pengantin namun belum menjalani usaha MUA. MUA pemula memiliki tarif yang lebih rendah dibanding MUA profesional. Namun, jika pasangan wanita cukup mahir untuk berhias, Anda bisa mengaplikasikan make up secara mandiri. Dana MUA bisa dialokasikan untuk acara pernikahan yang akan datang. 

Dekorasi 1 Bidang 

Jika saat lamaran Anda ingin mengabadikan foto dengan suasana atau latar yang indah, sebaiknya gunakan dekorasi yang berisikan papper flower ataupun rangkaian bunga lainnya untuk menutupi 1 bidang yang telah dipilih. Mendekorasi satu bidang akan lebih hemat dibanding harus menghias 1 ruangan dengan dekorasi yang ada. 

Pemasangan dekor biasanya memakan biaya mulai dari Rp 300 ribu sampai dengan Rp 500 ribu. Lakukan negoisasi dengan pemberi sewa atau tukang hias dekorasi untuk diberikan beberapa tambahan seperti pigura atau pajangan yang berisikan foto Anda dan pasangan. 

Lakukan di Rumah 

Jika dijumlahkan secara keseluruhan, biaya lamaran yang Anda keluarkan sebagai berikut : 

Biaya Lamaran

QTY

Total

Konsumsi

20 pax

Rp 500.00

Snack

20 pax

Rp 400.000

Hantaran

 

Rp 500.000

Cincin Lamaran

1 buah

Rp 3.600.000

Dekorasi

 

Rp 300.000

Total 

 

Rp 5.300.000

 

Notes : Biaya akan semakin murah jika Anda memutuskan tidak membeli cincin lamaran.

 

Dari rincian di atas, Anda memerlukan sekitar Rp 3-5 juta untuk biaya lamaran. Untuk menekan biaya lamaran tersebut, pastikan untuk melakukannya di rumah agar terbebas dari biaya sewa tempat yang cukup menguras kocek. 

Tips Menghemat Biaya Lamaran 

Setelah mengetahui estimasi dan hal yang harus dipersiapkan menjelang lamaran di atas, Anda juga bisa menghemat dana dengan melakukan tips berikut. 

1. Hindari Menggunakan Tenda

Jika ingin menekan biaya lamaran, hindari menggunakan tenda di rumah calon pasangan Anda. Menggunakan jasa pemasangan tenda tentu akan menambah daftar biaya lamaran yang terbilang cukup mahal, terutama tenda yang dipasang merupakan tenda yang dilengkapi hiasan dengan tingkat pemasangan yang tidak mudah. 

2. Meminta Bantuan Keluarga

Bukan hanya sebagai saksi, Anda bisa meminta bantuan keluarga untuk menjadi pemandu acara atau MC dalam acara lamaran Anda. Anda juga juga meminta kerabat atau keluarga yang memiliki bakat atau keterampilan di dunia fotografi untuk menjadi videografer dan fotografer selama acara berlangsung. 

3. Negosiasi Jasa Pemandu Acara 

Jika tidak memiliki kerabat atau keluarga yang mahir dalam memandu acara atau mengabadikan foto, Anda bisa melakukan negosiasi kepada jasa WO atau Wedding Organization untuk memandu acara dan mengabadikan foto tersebut terlebih dahulu dengan uang setoran awal yang tidak terlalu besar. Sisa kekurangan akan dilakukan menjelang pernikahan sekaligus menjadikan WO tersebut sebagai pemandu dan pihak yang mengabadikan acara pernikahan nantinya. 

4. Lakukan Secara Tertutup

Tips yang terakhir adalah dengan tidak mengundang tamu undangan berlebihan. Cukup menghadirkan keluarga inti atau keluarga dekat untuk menjadi tamu dalam acara lamaran Anda. Semakin banyak tamu yang Anda datangkan, maka semakin besar dana konsumsi yang harus dikeluarkan. 


Itulah informasi mengenai estimasi biaya lamaran yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang berniat melanjutkan hubungan ke pelaminan. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda boleh menambah jumlah tamu, konsumsi, pemasangan dekor, dan lain sebagainya. Apabila biaya lamaran masih belum mencukupi, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB Motor di BFI Finance. Sedangkan, untuk biaya pernikahan yang lebih besar, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil dengan banyak keuntungan. Adapun keuntungan tersebut antara lain pajak mati dan BPKB belum balik nama bisa dibantu, pencairan mudah, dan usia kendaraan maksimal 15 tahun atau tahun kendaraan 2007. Untuk informasi pengajuan mobil, bisa cek informasinya pada tautan berikut ini.

Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor 

Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Sumber: