Artikel

Cara Pasang Aki Mobil di Rumah, Mudah dan Efisien

2022-12-02 00:00:00 943
Cara Pasang Aki Mobil di Rumah, Mudah dan Efisien

Cara pasang aki mobil sebetulnya tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Meskipun demikian, ada sederet prosedur yang perlu Anda lakukan agar pemasangan aki bisa berjalan dengan lancar.

Bagaimana cara pasang aki mobil yang tepat? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

Sekilas Mengenai Aki Mobil

Aki mobil adalah komponen penting yang ada pada bagian mesin. Adanya aki mobil ini berfungsi sebagai penyuplai tenaga listrik untuk menggerakan berbagai komponen yang ada di mesin mobil. 

Lantaran fungsinya yang sangat krusial, cara pasang aki mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mengikuti beberapa prosedur yang ada sesuai dengan jenis aki mobil Anda. Sehingga, mesin mobil bisa terhindar dari korslet yang berimbas pada tidak mau menyalanya mesin mobil.

Cara Pasang Aki Mobil Non-Injeksi

Berikut ini langkah-langkah cara pasang aki mobil yang menggunakan sistem non injeksi atau karburator. Pastikan Anda mengikuti prosedur ini dengan seksama tanpa melewatkan satu langkah pun.

1. Pastikan Mesin Mobil Telah Dimatikan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memastikan mesin mobil telah mati sempurna. Selanjutnya, Anda juga bisa mencabut kunci yang ada di lubang pengapian guna memastikan tidak ada aliran daya yang masuk ke aki. Sebab, kunci yang masih terpasang dapat menimbulkan percikan api dan mengancam keselamatan Anda.

2. Lepas Kabel Aki Negatif

Cara pasang aki mobil non-injeksi yang kedua yaitu dengan mencabut seluruh kabel pada terminal aki. Anda bisa memulainya dengan cara mencabut kabel negatif terlebih dahulu dengan menggunakan kunci. Kabel aki negatif ini umumnya berwarna hitam dan memiliki tanda (-).

3. Lepas Kabel Aki Positif

Berikutnya yaitu melepas kabel aki positif yang berwarna merah dengan tanda (+). Seperti halnya dengan mencabut kabel aki negatif, untuk mencabut kabel yang satu ini pastikan untuk menggunakan kunci juga. Setelahnya, taruh kabel aki di tempat yang aman dan pastikan tidak menyatu dengan kabel negatif atau logam untuk menghindari korsleting yang bisa merusak aki mobil.

4. Cabut Aki

Ketika semua kabel sudah terlepas dari bagian aki, selanjutnya Anda bisa mencabut aki yang terpasang di mobil. Namun, sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk melepas bracket atau bagian lainnya yang menempel pada aki. Ketika semua bracket terlepas, cabut aki secara vertikal dengan mengangkatnya tegak lurus dari mesin mobil. Ini dimaksudkan agar cairan yang ada pada aki tidak tumpah. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengangkat aki karena bobotnya yang lumayan, sebaiknya lakukan pengangkatan aki dengan bantuan orang lain.

5. Bersihkan Terminal Aki Mobil

Cara pasang aki mobil yang kelima yakni melakukan pembersihan aki dari kotoran yang menempel. Gunakan cairan khusus, ampelan berbahan halus, kain emery, sikat kawat atau sikat plastik. Langkah ini wajib Anda lakukan agar aki mobil Anda dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Perlu diingat, cairan yang ada pada aki bersifat korosif dan berbahaya jika terkena kulit. Jadi, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati. Sebagai tindakan preventif, Anda bisa menggunakan sarung tangan berbahan karet atau bahan lainnya yang tidak tembus terkena cairan.

Lakukan pembersihan aki mobil secara berkala untuk menjaga performa aki tetap maksimal dan menghindari hantaran listrik dari aki ke komponen lain terhambat.

6. Pasang Aki Baru

Setelah kelima proses di atas berhasil Anda lakukan, langkah berikutnya yaitu pemasangan aki baru. Caranya yaitu dengan meletakan aki pada nampan lalu pasang bracket. Untuk menghindari karat pada terminal, Anda bisa melumurinya dengan minyak lithium secukupnya.

7. Sambungkan Kabel Aki Positif Terlebih Dahulu

Lain halnya dengan proses melepaskan aki, pada tahap pemasangan, Anda perlu menyambungkan aki positif terlebih dahulu dan tidak lupa lakukan pengencangan menggunakan kunci inggris. Jika terdapat terminal positif, Anda juga bisa ikut memasangnya sebelum beralih ke pemasangan aki negatif.

Lakukan cara pasang aki mobil ini dengan hati-hati dan jangan panik bilamana ada percikan api yang keluar. Percikan ini nantinya akan berhenti dengan sendirinya jika kepala aki sudah terpasang dengan baik.

8. Sambungkan Kabel Aki Negatif

Setelah kabel aki positif terpasang, selanjutnya Anda dapat menyambungkan kabel negatif dengan cara serupa, yakni menggunakan kunci inggris. Untuk menghindari adanya percikan listrik, pastikan kabel negatif maupun kunci inggris tidak bersentuhan dengan logam.

9. Cek Kabel dan Klem

Hal krusial lainnya dalam cara pasang aki mobil yaitu memastikan kabel dan klem sudah terpasang dengan sempurna. Sebab, bilamana ada satu komponen yang tidak kencang, besar kemungkinan mobil Anda tidak mau menyala.

10. Tutup Kap Mobil dan Mulai Nyalakan Mesin

Terakhir, tutup kap mobil dengan rapat dan mulai nyalakan mesin. Bila semua prosedur sudah sesuai, mesin mobil Anda akan menyala dengan sempurna tanpa mengalami kendala. Nah, saat mesin sudah berjalan dengan sempurna, Anda dapat mengatur ulang sistem navigasi, jam, dan radio.

 

Baca Juga: Biaya Mutasi Mobil di Tahun 2022 dan Cara Mudah Mengurusnya

 

Cara Pasang Aki Mobil Injeksi

Selain sistem karburator, ada juga aki mobil dengan sistem injeksi yang menggunakan teknologi elektronik dan ECU (Electronic Control Unit). Umumnya, sistem ini digunakan mobil-mobil modern masa kini.

Berikut ini cara pasang aki mobil injeksi yang tepat agar mesin mobil dapat berjalan dengan lancar tanpa mengakibatkan kerusakan pada ECU, memori jam, audio, dan komponen penting lainnya.

Cara Pasang Aki Mobil

Image Source: Pexels/Sergey Meshkov

Cara Pasang Aki Mobil Injeksi dengan Bantuan Charger

Cara pertama yakni dengan menggunakan bantuan charger atau baterai. Tujuannya adalah agar mesin mobil tidak kehilangan daya listrik. Oleh karenanya, cara pasang aki mobil berikut ini wajib dilakukan dengan cermat.

1. Pastikan mesin mobil dalam keadaan hidup

2. Kaitkan charger atau baterai pada bagian kepala aki

3. Kendurkan baut yang da pada kedua kutub aki lalu lepas aki lama dari tempatnya

4. Pasang aki baru secara hati-hati

5. Hubungkan kembali baut yang tadi sempat dilepas

6. Lepaskan kabel charger yang menempel

7. Pemasangan aki selesai

Meskipun terlihat sederhana, pastikan untuk Anda melakukannya dengan cermat. Salah prosedur akan mengakibatkan blockout yang mengganggu sistem kelistrikan mobil Anda. 

Cara Pasang Aki Mobil Injeksi dengan Unit Baru

Cara pasang aki mobil injeksi yang kedua yaitu dengan cara mengganti unit aki dengan yang baru. Cara satu ini beresiko besar dan karenanya harus dilakukan dengan teliti.

1. Nyalakan mesin mobil Anda

2. Kendorkan baut pada kepala aki

3. Lepas aki lama dari tempatnya

4. Pasang aki baru dan kencangkan baut yang ada

5. Pemasangan aki selesai

Sobat BFI, itulah cara pasang aki mobil di rumah, mudah dan efisien. Cara tersebut bisa Anda terapkan di mobil jenis apapun sampai dengan truk. Yang terpenting, upayakan untuk mengganti aki di tempat dengan pencahayaan yang cukup agar gangguan pada sistem kelistrikan bisa diminimalisir.

Pastikan juga untuk rutin melakukan perawatan mobil seperti service mobil agar kendaraan Anda bisa melaju dengan baik, terhindar dari kecelakaan, baret mobil, dan jamur pada kaca mobil. Keuntungan lainnya, mobil yang terawat memiliki nilai jual yang tinggi dan memudahkan Anda dalam memperoleh pinjaman dana cepat jaminan BPKB dalam jumlah besar.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang menyediakan pinjaman jaminan BPKB mobil adalah BFI Finance. Di BFI Finance Anda bisa mengajukan pinjaman dana dengan pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi selengkapnya dapat Anda akses melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Temukan informasi menarik lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Kamis dengan beragam bahasan mulai dari mobil, motor, bisnis, pinjaman, dan masih banyak lagi.

#SelaluAdaJalan bersama BFI Finance

Sumber: