Artikel

Berikut Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Bahan Seadanya

2022-06-15 00:00:00 1089
Berikut Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Bahan Seadanya

Berkendara menggunakan mobil dipilih sebagian orang karena dapat melindungi diri dari panas dan hujan. Berkendara dengan mobil juga terasa nyaman karena beberapa fitur dan kelebihan yang dimiliki. Namun, tidak bisa dihindari bahwa memiliki kendaraan mobil juga memerlukan dana lebih untuk perawatan dan pemeliharaan rutin yang tergolong cukup mahal. Belum lagi ada beberapa hal yang mengharuskan Anda pergi ke bengkel atau tempat reparasi mobil, salah satunya karena jamur yang hinggap di kaca mobil. 


Penyebab Jamur Kaca Mobil 

Jamur kaca mobil biasanya muncul karena saat setelah terkena hujan, mobil tidak langsung dibersihkan dan dikeringkan secara sempurna. Selain itu, kualitas air saat mencuci mobil juga bisa menjadi penyebab jamur kaca pada mobil. Pastikan untuk menghindari penggunaan air yang di dalamnya mengandung kapur dan garam yang tinggi. Anda bisa menggunakan air untuk membersihkan mobil yang berasal dari PDAM. Umumnya, jamur dapat tumbuh pada area yang lembab, hal tersebut juga berlaku untuk mobil Anda. Mobil yang terparkir lama di area atau tempat lembab dapat menyebabkan kotoran menumpuk pada kaca mobil dan memicu munculnya jamur. 

Bahaya Jamur Kaca Mobil 

Seperti yang telah diketahui bahwa kaca merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang dapat mempengaruhi visibilitas saat berkendara. Menempelnya kotoran atau jamur di kaca mobil dapat mengganggu pengendara dalam mengendarai mobil. Pengendara tidak dapat melihat pemandangan atau objek di depan, samping, atau belakang yang bisa memicu kecelakaan. 

Untuk melihat jamur pada kaca mobil, Anda hanya perlu melihat kaca mobil Anda dengan seksama. Jika terdapat noda bercak putih, kemungkinan kaca mobil Anda dihinggapi jamur. Jamur kaca mobil lebih sering muncul di bagian eksterior mobil karena pada bagian luar mobil sering terpapar matahari, kotoran, air hujan, dan lain sebagainya. 

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil 

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur kaca mobil? Berikut adalah tips dari BFI Finance untuk Sobat BFI yang ingin menghilangkan jamur kaca mobil. 

Menggunakan Minuman Soda 

Sebagai tips dan triknya, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan minuman soda. Anda cukup membersihkan kaca mobil hingga kering kemudian lap kaca mobil dengan kain yang sudah dibasahi minuman soda. Pastikan menggosoknya secara perlahan dan tidak terlalu kasar yang dapat membuat kaca mobil menjadi lecet. Hindari mencampur air soda dengan air biasa agar kandungan soda tidak berkurang dan maksimal mengikis jamur pada kaca mobil. 

Aplikasikan Pasta Gigi 

Selain berguna untuk membersihkan gigi dan mulut, pasta gigi juga dapat dijadikan bahan menghilangkan jamur kaca mobil. Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa mengoles pasta gigi pada kaca mobil yang terdapat jamur dan tunggu sampai pasta gigi mengering. Setelah kering, bilas dengan kain pembersih kaca mobil yang sudah dibasahi air dan keringkan setelahnya. Pastikan tidak ada sisa atau residu pasta gigi yang tersisa pada kaca mobil Anda. 

Memakai Cuka Apel 

Cara menghilangkan jamur kaca mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Campurkan 3 sendok cuka apel dengan air bersih sebanyak 1 liter. Kemudian basahi kain lembut dengan campuran cairan tadi dan gosokkan pada kaca mobil yang terkena jamur. Gosok dengan lembut kemudian keringkan menggunakan koran atau kain bersih yang kering. 

Menggunakan Alkohol 

Alkohol dengan kadar 50-90% bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil. Sama dengan cara sebelumnya, cukup basahi kain bersih dengan cairan alkohol dan gosok permukaan kaca secara lembut. Bukan hanya alkohol, Anda juga bisa menggunakan cairan disinfektan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil. 

Pemakaian Pemutih Pakaian 

Bukan hanya berfungsi menghilangkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga bisa dijadikan cara menghilangkan jamur kaca mobil. Gunakan cairan pemutih pakaian secukupnya agar lapisan kaca mobil tidak rusak. 

Menggunakan Pembersih Kaca Aquarium 

Jika Anda memiliki cairan pembersih kaca aquarium, Anda bisa menggunakan cairan ini sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil. Cairan pembersih aquarium memiliki tekstur yang lebih cair dibanding cairan pembersih kaca mobil. Namun, kandungan di dalamnya justru lebih keras dibanding cairan pembersih kaca mobil. Saat ingin menggunakan cairan kaca aquarium, gunakan sedikit cairan saja dan segera bilas setelah diaplikasikan. Jika tidak segera dibersihkan, maka cairan akan meninggalkan bercak pada kaca mobil. 

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan bahan yang ada di rumah. Namun, jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih jamur kaca mobil yang dapat dibeli di berbagai marketplace atau salon mobil. Anda juga bisa membawa mobil Anda ke salon mobil untuk dipoles dengan gerinda untuk mengikis lapisan jamur. 

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan jamur kaca mobil dari BFI Finance. Selain menghilangkan noda jamur, Anda juga bisa mencegah timbulnya jamur kaca mobil dengan merawatnya dengan baik. Cara paling mudah adalah dengan mencuci mobil dengan rutin dan benar. Hindari mencuci mobil di bawah terik matahari langsung, pastikan menggunakan kain microfiber atau spons khusus mencuci mobil, dan menggunakan air bersih untuk membilasnya. Anda juga disarankan segera mengeringkan mobil setelah terkena hujan dan tidak membiarkan air mengering sendirinya. Simpan atau parkir mobil di tempat yang bersih dan bebas lembap. 

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil - Pencegahan Muncul Jamur Kaca Mobil

Pinjaman Dana Jaminan BPKB Mobil 

Mobil yang terawat dengan baik memiliki harga jual yang tinggi ketika hendak dijual. Selain itu, Anda juga mendapatkan jumlah dana pencairan maksimal jika berniat menjaminkan BPKB mobil sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman. Dengan menjaminkan BPKB kendaraan, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dan masih bisa menggunakan kendaraan untuk keperluan sehari-hari atau produktif lainnya. 

Di BFI Finance, Anda bisa ajukan pinjaman dengan banyak keuntungan, BPKB belum balik nama dan pajak mati bisa dibantu, usia kendaraan maksimal 15 tahun atau mobil tahun 2007 masih bisa dijaminkan, dan kepemilikan tempat tinggal boleh sewa. Untuk pengajuan pinjaman dan informasi lebih lanjut, klik link berikut ini. 

Sumber: