Artikel

Cara Mudah Cek Nomor Rangka Motor Secara Manual dan Online

2022-11-16 00:00:00 947
Cara Mudah Cek Nomor Rangka Motor Secara Manual dan Online

Cara cek nomor rangka motor umumnya belum diketahui banyak orang. Padahal, nomor tersebut perlu kita ketahui untuk memudahkan dalam mengurus dokumen kendaraan bermotor dan melakukan pengecekan terkait sejarah kendaraan seperti kasus tabrakan dan tindak kriminalitas lainnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengecek nomor rangka dan mesin motor yang tepat, informasi berikut ini akan sangat membantu Anda. Tanpa perlu menunggu lama, yuk kita simak selengkapnya di uraian berikut.

 

Sekilas Mengenai Nomor Rangka dan Mesin Motor

Nomor rangka dan mesin motor adalah serangkaian nomor yang berfungsi sebagai identitas motor. Nomor ini sengaja dibuat oleh pabrik sebagai identitas kendaraan yang menyangkut tahun pembuatan, asal negara, dan informasi penting lainnya.

Lantaran nomor ini sangat krusial, nomor rangka dan mesin tidak hanya terletak pada rangka dan mesin motor saja, akan tetapi juga ada pada BPKB dan STNK.

Berdasarkan peraturan dan standar internasional, nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN) terdiri dari 17 digit yang merupakan kombinasi huruf dan angka. Di Indonesia sendiri kode VIN yang ada disesuaikan dengan ISO 3379 dan memiliki 3 ketentuan utama antara lain sebagai berikut.

1. 3 digit pertama pada nomor dan rangka mesin adalah World Manufacturer Identification (WMI) yang di dalamnya berisikan kode negara asal kendaraan tersebut dibuat.

2. 4 sampai 9 digit berikutnya adalah Vehicle Description Section (VDS).

3. Lalu, untuk 8 digit terakhir adalah Vehicle Identifier Section (VIS).

Lain halnya dengan nomor rangka, untuk nomor mesin motor hanya terdiri dari 9 angka yang dibagi ke dalam dua bagian yaitu 6 digit pertama dan 3 digit terakhir.

Bicara mengenai letaknya, Anda dapat melakukan cek nomor rangka motor pada bagian dalam jok atau bagian depan setang kemudi. Adapun letak yang ada bergantung pada tipe dan merek kendaraan.

Sedangkan untuk nomor mesin, umumnya bisa Anda temukan pada bagian kanan blok mesin atau silinder, blok kampas kopling, dan starter pada sebelah kanan motor. 

 

Baca Juga: Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Terbaru, Bisa Darimana Saja!

 

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Motor

Nomor rangka dan mesin motor dibuat bukan tanpa alasan atau sengaja untuk mempercantik kendaraan. Berikut ini beberapa fungsi adanya nomor rangka.

  • Sebagai identitas kendaraan motor,  seperti tahun pembuatan, asal negara, asal pabrik, identitas dealer, dan lainnya.

  • Sebagai salah satu referensi untuk memperpanjang STNK yang nantinya nomor rangka dan mesin akan disamakan. Bilamana nomor rangka dan mesin motor tidak sesuai, maka bisa dipastikan kendaraan tersebut bersifat ilegal (bodong).

  • Sebagai jaminan keaslian STNK dan BPKB.

  • Mampu mengecek sejarah suatu kendaraan seperti kasus tabrakan dan tindak kriminalitas.


 

Baca Juga: Baru Beli Motor Bekas? Begini Cara Mudah dan Syarat Balik Nama Motor


 

4 Cara Cek Nomor Rangka Motor

Ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk cek nomor rangka motor. Apa saja caranya? Berikut langkah-langkah melakukan pengecekan nomor rangka kendaraan. 

1. Melalui Dokumen Legal

Cara pertama cek nomor rangka motor sekaligus menjadi cara yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu dengan melakukan pengecekan melalui dokumen legal. Adapun prosedur pengecekannya sebagai berikut.

Cek Nomor Rangka di STNK

Pertama, Anda bisa mengecek secara langsung melalui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang ada. Di dalamnya dimuat nomor rangka motor serta informasi detail terkait kendaraan seperti merek motor, tahun pembuatan, dan lainnya.

Jika Anda membeli motor bekas, pastikan Anda mengecek STNK tersebut secara teliti. Sebab, tidak sedikit penjual nakal yang dengan sengaja memalsukan dokumen ini karena motor tersebut merupakan hasil curian.

Cek Nomor Rangka di BPKB

Kedua, Anda bisa cek nomor rangka motor yang tertera pada halaman cover Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). BPKB yang asli memiliki warna yang lebih mengkilap dan terang jika dibandingkan dengan BPKB palsu yang nampak buram dan kusam.

Selain warna, ciri lainnya dari BPKB asli dan palsu dapat Anda bedakan melalui hologram yang menempel pada BPKB. BPKB asli memiliki hologram yang bisa diterawang dan mampu berubah warna saat terkena sinar, sedangkan BPKB palsu umumnya berwarna abu-abu.

Terakhir, pada halaman 14 BPKB asli terdapat logo korlantas yang bisa terlihat jelas saat disinari sinar ultraviolet. Logo tersebut terasa kasar saat diraba dan cenderung timbul.

2. Secara Manual

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, cek nomor rangka motor dapat dengan mudah Anda lakukan secara manual, yakni dengan melihat langsung bagian tertentu pada  bodi motor Anda. Umumnya berada di bagian depan setang kemudi atau bagian bawah jok motor.

Perlu diingat, tidak semua nomor rangka motor berada di posisi yang sama. Jika Anda kebingungan untuk melakukan pengecekan nomor rangka ini, Anda dapat melakukan cek fisik ke Samsat terdekat.

Cek Nomor Rangka Motor

Image Source: Harapan Rakyat Online

3. Aplikasi Smartphone

Bagi Anda yang berdomisili di DKI Jakarta, kini Anda bisa melakukan cek nomor rangka motor lebih mudah melalui aplikasi bernama Cek Ranmor DKI Jakarta.

Langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta di Play Store

  • Selanjutnya, lakukan Login dengan akun Google Anda

  • Masukan plat nomor kendaraan (NOPOL) yang ingin Anda cari tahu nomor rangkanya serta NIK pemilik kendaraan sesuai BPKB

  • Lalu klik ‘Cari

  • Informasi yang Anda cari akan tampil di layar ponsel Anda

4. Secara Online 

Jika cek nomor rangka motor melalui aplikasi masih cukup terbatas dan hanya pada wilayah DKI Jakarta saja, kini Anda bisa melakukan pengecekan secara online untuk domisili di luar Jakarta. Khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Caranya yaitu dengan mengakses langsung website resmi dari masing-masing daerah. Berikut alamat websitenya.

  • Jawa Barat: https://bapenda.jabarprov.go.id/

  • Jawa Tengah: https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

  • Jawa Timur: https://esamsat.jatimprov.go.id/

  • Yogyakarta: http://infonjkbdiy.com/

Sebagai tips tambahan, pastikan untuk mengecek nomor rangka motor dan mesin secara teliti. Waspadai nomor rangka yang tidak rapih saat akan membeli kendaraan bekas. Jika Anda merasa khawatir dan curiga, segera lakukan pengecekan nomor rangka ke Samsat terdekat.

Butuh pinjaman dana cepat tapi kendaraan bermotor belum balik nama atau pajak mati? BFI Finance siap membantu Anda!

Prosesnya aman, mudah, dan sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa ajukan pinjaman dengan pilihan jaminan yang bisa disesuaikan. Antara lain sebagai berikut.

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Itulah informasi terkait cara cek nomor rangka terbaru, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di BFI Blog

Sumber: