Artikel

Bisa Dicoba, 10 Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil 

2022-05-26 00:00:00 913
Bisa Dicoba, 10 Ide Jualan Makanan Online Modal Kecil 

Ada beberapa alasan mengapa Anda wajib mencoba membuka usaha makanan. Yang pertama karena makanan merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi setiap harinya. Selain itu, bisnis makanan menjadi salah satu bidang bisnis yang tidak goyah sekalipun di masa pandemi. Bisnis makanan yang bisa Anda coba adalah bisnis makanan online karena mampu menggapai pelanggan lebih banyak. Selain itu, memiliki bisnis makanan juga tergolong lebih murah karena tidak membutuhkan modal operasional berupa sewa lapak. 

Di kesempatan kali ini, BFI Finance akan merangkum 10 ide jualan makanan online yang bisa dicoba untuk mendapatkan uang sampingan. 

 

10 Ide Jualan Makanan Online 

Corndog 

Ide Jualan Makanan Online - Corn Dog

Ide jualan makanan online yang pertama adalah corndog. Selain rasanya yang nikmat, corndog menjadi makanan yang disukai karena tergolong camilan yang mengenyangkan. Makanan ini mulai populer pertama kali melalui tayangan drama korea yaitu Start Up. Corndog sendiri merupakan makanan asal Amerika Serikat yang terbuat dari daging sosis yang dilumuri oleh tepung jagung. Namun, kebanyakan pengusaha corndog di Korea menggantinya dengan lapisan tepung lengket dan dibalur kembali oleh mie atau kentang sebagai pelapisnya. 

Di Indonesia, penyajian corndog juga mengikuti penyajian yang ada di Korea karena lebih disukai dan diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Adapula penyajiannya yang dibalut dengan cairan tepung lengket dan dibalut tepung panir sehingga ketika digoreng akan membentuk lapisan seperti roti. Untuk menambah cita rasa, corndog diberi topping berupa saos sambal, saos tomat, mayonaise, mustrad, hingga gula halus. Sungguh menggiurkan dan bisa dicoba untuk penghasilan tambahan.  

Tahu Goreng 

Tahu goreng juga menjadi salah satu makanan camilan atau lauk yang cocok dimakan kapan pun. Ada banyak jenis tahu goreng yang bisa dijadikan ide jualan makanan online mulai dari tahu krispy, tahu walik, tahu isi, tahu sumedang, dan tahu bulat. 

Untuk memulai bisnis ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Anda juga bisa menjadi mitra atau daftar franchise dengan mnerek dagang yang sudah banyak dikenal. Namun, jika berniat membuka usaha secara mandiri, Anda bisa memulainya dengan modal investasi berupa wajan atau penggorengan, kompor, saringan, dan spatula untuk mengolah tahu menjadi makanan siap saji. Selain modal investasi, Anda bisa mengeluarkan modal berupa tahu, isian tahu, cabai, saus, paper lunch box atau bungkus kertas, minyak goreng, bumbu penyedap, dan bumbu rasa balado, pedas, keju, dan lainnya. 

Salmon Mentai 

Ide Jualan Makanan Online - Salmon Mentai

Sumber Gambar : Asian Food Network

Mentai merupakan salah satu topping saus yang sekarang ini sedang viral dan sifatnya tidak sesaat. Walaupun dikenal sebagai topping saus, mentai sendiri berasal dari Jepang yang artinya telur ikan pollock berwarna pink yang saling melekat dan berbentuk lonjong. Di Jepang, biasanya mentai disantap dengan onigiri. 

Dikarenakan sudah tercampur dengan budaya Baarat, mentai mulai dicampur dengan mayonaise. Di Indonesia, saus mentai biasanya terbuat dari campuran mayonaise dan saus. Agar lebih kaya rasa, saus mentai juga dibakar menggunakan kitchen torch. Saus ini biasanya disajikan menggunakan nasi hangat yang diberi lauk berupa daging ayam, sapi, dan ikan. Untuk daging ikan, sebagian besar menggunakan ikan salmon karena lebih gurih dan lembut untuk dimakan. 

Dimsum Mentai 

Ide Jualan Makanan Online - Dimsum Mentai

Sumber gambar : Beautynesia

Selain salmon mentai, Anda bisa mengkreasikan jenis makanan lain sebagai pengganti nasi dan lauk seperti dimsum. Dimsum juga menjadi salah satu camilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Dimsum merupakan makanan asal Tiongkok yang disajikan dengan cara dikukus. Tujuannya agar saat disatap agar tetap hangat dan lezat. Masyarakat Tiongkok menjadikan dimsum sebagai makanan pendamping teh. 

Di Indonesia, dimsum mentai bukan hanya dijadikan cemilan, melainkan makanan mewah yang disajikan di beberapa acara seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya. Mengingat permintaan yang datang dari berbagai kebutuhan, ide jualan makanan ini bisa jadi peluang mendapatkan penghasilan tambahan. 

Dessert Box 

Berikutnya adalah bisnis dessert box. Sesuai rasanya, bisnis kue manis ini menjadi salah satu makanan yang cukup laris di pasaran. Salah satu bisnis dessert box yang terbilang sukses adalah Bittersweet by Najla. Bukan hanya viral sesaat, ide bisnis ini bisa jadi peluang besar. 

Untuk Anda yang berniat membuka usaha jualan dessert box rumahan, berikut tips dan estimasi modal serta keuntungan yang bisa Anda dapat. 

Brownies

Ide Jualan Makanan Online - Brownies

Ide jualan yang selanjutnya adalah brownies. Salah satu makanan atau dessert yang bisa dijadikan peluang mendapat penghasilan tambahan adalah brownies. Brownies sendiri merupakan salah satu jenis kue yang memiliki beberapa jenis seperti berikut. 

Cakey Brownies

Brownies yang teksturnya mirip dengan cake cokelat. Secara tampilan cakey brownies ini mengembang karena dalam proses pembuatannya menggunakan pengembang kue. 

Fudgy Brownies 

Jenis brownies ini memiliki tekstur yang lembut, lengket, dan padat. Fudgy brownies memiliki komposisi butter dan cokelat leleh yang lebih banyak dibanding tepung sehingga menghasilkan tekstur sedemikian rupa. 

Chewy Brownies 

Brownies yang terakhir adalah chewy brownies yang memiliki tekstur kenyal karena diberi campuran gula merah dalam komposisinya. 

Perbedaan dari ketiga jenis brownies tadi terletak pada perbedaan bahan, rasio, dan metode mencampur bahan-bahannya. Jika Anda berniat berjualan makanan online, Anda bisa melakukan riset dengan memberikan tester kepada potensial konsumen untuk mengetahui jenis brownies yang paling disukai. Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menjual ketiganya. Selamat mencoba. 

Silky Pudding 

Ide Jualan Makanan Online - Silky Pudding

Ide jualan makanan online yang bisa dijual berikutnya adalah Silky Pudding. Sesuai dengan namanya, silky pudding merupakan pudding dengan tekstur yang sangat lembut dan jauh dari kata kenyal. Silky pudding biasanya dijual atau disediakan oleh beberapa merchant camilan di tempat makan atau mal. Namun, Anda juga bisa mencoba beberapa resep silky pudding rumahan untuk dijual kembali. 

Kopi Susu Literan

Selain menjadi minuman penghilang rasa kantuk, kopi, khusunya kopi susu telah menjadi salah satu gaya hidup untuk sebagian orang. Kurang rasanya jika tidak mengesap segelas kopi susu untuk mengawali dan menemani hari. Dengan adanya hal ini, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut menjadi peluang mendapatkan uang tambahan atau pendapatan sampingan. Pastikan Anda sudah menyiapkan kebutuhan branding dan resep yang enak dan dapat dinikmati semua orang. 

Risol Mayo 

Gorengan yang satu ini sering dijadikan sebagai gorengan kekinian yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya sekadar gorengan, risol mayo merupakan gorengan yang diberikan tambahan daging ham, potongan telur rebus, dan mayonaise. Diakarenakan rasanya yang creamy dan lezat, sebagian besar dewasa muda dan remaja sangat menyukai makanan satu ini. 

Anda bisa menjadikan risol mayo menjadi salah satu ide jualan makanan online yang bisa dilakukan dari rumah. Agar lebih awet, Anda juga bisa membuat resep risoles mayo frozen food. Selain ketahanannya, risol mayo frozen juga lebih memudahkan konsumen karena dapat dinikmati dalam keadaan hangat dengan cara dimasak di rumah. 

Pentol Mercon 

Ide jualan makanan online yang terakhir adalah penton mercon rumahan. Berbicara soal pentol, pentol sendiri adalah makanan sejenis bakso yang terbuat dari campuran tepung dan sedikit daging sapi. Pentol semakin diminati apalagi jika memiliki cita rasa pedas. 

Dilansir dari kontan, salah satu bisnis makanan bernama The Legend of Pentol Mercon bisa mengantongi omzet hingga belasan juta rupiah saat berjualan pentol. Jika tertarik mencobanya, Anda bisa mendaftar frenchaise. Namun, jika Anda memiliki resep yang enak dan memiliki banyak waktu luang, Anda bisa membuat secara mandiri dan menjualnya secara online. 

 

Demikian 10 ide jualan makanan online ala BFI Finance yang bisa Anda coba dari rumah. Pastikan memiliki jenis usaha yang sesuai dengan target sekitar dan manfaatkan media promosi seperti media sosial serta daftarkan usaha Anda di ojek online agar calon konsumen yang diraih semakin luas. 

Jika Anda membutuhkan dana tambahan, Anda juga bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor Anda di BFI Finance. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan mulai dari pencairan mulai dari 75%, proses 10 menit, dan banyak cashback yang bisa didapatkan setiap pengajuan. Tunggu apalagi? Untuk informasi produk dan pengajuan, klik link berikut ini. 

Sumber: