Bisnis

15 Ide Jualan Takjil Buka Puasa Lezat dan Bikin Untung

Admin BFI
5 April 2022
12885
15 Ide Jualan Takjil Buka Puasa Lezat dan Bikin Untung

Memasuki bulan Ramadhan, ada banyak momen yang selalu dinantikan. Salah satunya adalah dari para penjual takjil buka puasa yang banyak ditemui dipinggir jalan menjual aneka macam sajian. Takjil seperti sudah menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa sebelum menyantap hidangan utama. Sajian takjil ada yang memiliki rasa manis, gurih, dan menyegarkan. Takjil dengan rasa manis dan menyegarkan biasanya yang paling banyak dicari karena dapat melepas dahaga setelah berpuasa 13 jam lamanya. Berbicara mengenai takjil, adakah Sobat BFI disini yang merencanakan berjualan takjil selama bulan Ramadhan? Aktivitas berjualan selama bulan Ramadhan tentunya dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menjadi ladang pahala ya, Sobat BFI. Nah, bagi Sobat BFI yang ingin berjualan selama bulan Ramadhan, kali ini tim BFI Finance memberikan ide jualan takjil buka puasa menarik yang menyegarkan dan bikin untung! Yuk, simak 15 ide jualan takjil ala BFI Finance berikut ini!

 

15 Ide Jualan Takjil Buka Puasa ala BFI Finance

1. Jualan Gorengan

Ide jualan takjil yang pertama tentunya tidak lain adalah dengan berjualan gorengan. Gorengan adalah makanan pelengkap yang dapat ditemukan dimomen apapun, terlebih saat momen puasa ini. Hangatnya gorengan menambah kenikmatan berbuka puasa, apalagi jika disajikan dengan nasi dan cabai rawit. Anda dapat menjual aneka jenis gorengan seperti tempe mendoan, bakwan, tahu isi, tahu aci, pisang goreng, dan lain-lain. Umumnya harga jual per satu gorengan dapat mulai dari Rp 500 hingga Rp 2.000. Anda dapat mulai berjualan 2 hingga 3 jam sebelum waktu berbuka puasa, dan tutup hingga produk habis terjual. Jika Anda membutuhkan gerobak untuk berjualan, pilihlah gerobak dagang sederhana yang berkisar dari Rp 500.000 per satuannya. Usaha gorengan kekinian saat ini juga sedang naik daun lho, Anda mungkin dapat mencobanya!

2. Es Buah

Kesegaran es buah memang tidak bisa terhindarkan sebagai sajian wajib berbuka puasa. Berjualan es buah dapat menjadi ide jualan takjil buka puasa berikutnya untuk Anda. Satu porsi es buah dapat dihargai mulai dari Rp 5.000. Harga yang sangat terjangkau, bukan? Anda dapat mengkombinasikan aneka macam buah seperti potongan apel, anggur, alpukat, semangka, dan lain-lain dalam satu porsi es buah. Tidak lupa untuk menambahkan campuran sirup cocopandan dan susu kental manis agar terasa lebih nikmat. Satu porsi es buah dengan harga Rp 5.000 dapat meraup keuntungan kurang lebih Rp 3.000, lho. Sehingga, jika Anda menjual 30 porsi dalam sehari, keuntungan yang bisa didapatkan dalam satu hari adalah Rp 90.000.

Ide jualan takjil es buah

Ide Jualan Takjil Buka Puasa Es Buah. Source: Freepik/Dewi Ambarwati

3. Es Blewah

Ide jualan takjil buka puasa segar lainnya yaitu dengan menjual es blewah. Buah blewah merupakan buah yang berasal dari satu famili yang sama dengan buah melon. Selain menyegarkan, es buah blewah bermanfaat bagi kesehatan lho. Buah blewah dipercaya dapat memperlancar pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan memiliki kalori yang rendah sehingga cocok untuk diet. Anda dapat menjual aneka rasa es blewah seperti es blewah susu, es blewah biji selasih, es blewah cocopandan, es blewah cincau, dan lain-lain. Harga satu porsi es blewah ini dapat dihargai mulai dari Rp 10.000.

4. Kolak Pisang

Ide jualan takjil yang keempat adalah dengan berjualan kolak pisang. Kolak pisang juga merupakan salah satu menu yang paling banyak dicari saat Ramadhan. Rasanya yang manis dan bergizi menjadi alasan mengapa kolak pisang memiliki banyak penggemar. Untuk membuatnya pun tergolong sederhana. Cukup membutuhkan 4 bahan utama yaitu pisang, santan, gula, dan daun pandan.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat 10 porsi kolak pisang dapat berkisar mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Dengan rincian, 1 sisir pisang kapok dihargai Rp 17.000, harga 200 ml santan mulai dari Rp 7.000, 1 ikat daun pandan memiliki harga Rp 2.500, dan 1 kg gula pasir dihargai mulai dari Rp 14.400.

5. Aneka Bubur

Selain kolak pisang dan es buah, berjualan aneka bubur dapat menjadi ide jualan takjil selanjutnya yang tidak kalah lezat dan menguntungkan. Jualah ragam bubur seperti bubur kacang hijau, bubur mutiara, dan bubur sum-sum yang paling banyak dicari. Harga per satu porsi bubur berkisar dari Rp 5.000. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Contoh untuk membuat 30 porsi bubur kacang hijau diperlukan modal kurang lebih 52.500. Bahan utama yang diperlukan antara lain 1 kg kacang hijau mentah Rp 24.000, Santan Rp 7.000, 1 kg gula pasir Rp. 14.000, 1 ikat daun pandan Rp 2.500, dan ½ kg Jahe Rp 5.000. Selain rasanya yang lezat, sajian bubur kacang hijau memiliki kandungan gizi yang tinggi.

6. Olahan Kurma

Buah kurma merupakan buah yang identik dan selalu muncul di bulan Ramadhan. Alasannya yaitu karena kurma merupakan buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan merupakan amalan sunnah jika seseorang menyantapnya di bulan Ramadhan. Anda dapat menjual kurma dengan kuantitas yang lebih kecil misalnya per 100 gram dan telah terbungkus dengan plastik. Selain menjual buah kurma jadi, Anda dapat menjual aneka olahannya seperti susu kurma dan kue kurma. Susu kurma dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi atau kedelai. Aneka kue berbahan dasar kurma yang dapat dijual antara lain bolu kurma, pudding kurma, dan roti goreng kurma. Ide jualan takjil olahan kurma dapat dipastikan memiliki banyak peminat layaknya sajian takjil lainnya seperti aneka bubur dan kolak.

Ide jualan takjil olahan kurma

Olahan Kurma. Source: Freepik/rawpixel

7. Aneka Pudding

Berjualan aneka pudding adalah ide jualan takjil yang ketujuh yang dapat Anda jalankan. Pudding dengan rasanya yang manis dan tampilan yang menarik tentunya akan menggugah selera bagi siapa saja yang menyantapnya. Anda dapat menjual ragam sajian pudding seperti pudding buah, pudding coklat, pudding lumut, pudding susu, pudding regal, dan masih banyak lagi jenis pudding yang dapat Anda buat. Harga satu porsi pudding bervariasi tergantung dari jenis pudding yang dijualnya. Namun, ada diantaranya yang dijual dengan harga Rp 10.000 per porsinya (200 ml).

Ide jualan takjil buka puasa pudding

Ide Jualan Takjil Buka Puasa Pudding. Source: Freepik/schantalao

8. Es Pisang Ijo

Sajian takjil nusantara ini berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, es pisang ijo memiliki tampilan hijau yang terbuat dari tepung beras dan daun pandan untuk membalut pisang didalamnya. Es pisang ijo juga disajikan dengan sirup cocopandan dan susu kental manis agar terasa lebih segar. Harga 1 porsi es pisang ijo ini dapat berkisar dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Berjualan es pisang ijo merupakan ide jualan takjil puasa yang berbeda dan tentu saja menguntungkan.

9. Biji Salak

Ide jualan takjil Ramadhan dengan bahan dasar santan lainnya yaitu biji salak. Disebut biji salak karena tampilannya bulat dan berwarna coklat seperti tampilan biji salak pada umumnya. Biji salak terbuat dari ubi jalar kuning ataupun ungu yang dicampur dengan kuah santan, gula aren yang manis, dan wanginya daun pandan. Harga satu porsi kecil biji salak mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 10.000.

10. Buko Pandan

Buko pandan merupakan makanan penutup yang berasal dari negara Filipina. Komposisi buko pandan berisi potongan agar-agar, nangka, dan kelapa yang disajikan dengan kauh santan dan susu evaporasi. Berjualan buko pandan merupakan ide jualan takjil yang belum banyak orang jalankan. Dan tentunya, hal tersebut dapat menjadi peluang lebih bagi Anda yang ingin berjualan. Harga satu porsi kecil buko pandan berkisar mulai dari Rp 10.000. Dengan modal Rp 350.000, Anda sudah dapat menjalankan bisnis buko pandan ini termasuk perlengkapan memasaknya.

ide jualan takjil buka puasa buko pandan

Buko Pandan. Source: Freepik/Edgunn

11. Es Kelapa Muda

Ide jualan takjil yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Segarnya es kelapa muda dapat menjadi pelepas dahaga saat tiba waktunya berbuka puasa. Kelapa muda memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi mencegah masuknya radikal bebas masuk kedalam tubuh. Selain itu, air kelapa muda mengandung elektrolit seperti potassium dan magnesium yang berperan penting dalam mencegah dehidrasi. Sehingga, sajian es kelapa muda sangat cocok untuk dikonsumsi saat waktu buka puasa tiba. Satu porsi es kelapa muda dijual dengan harga mulai dari Rp 12.000 tergantung daerah tempat jual. Keuntungan yang didapat dapat mencapai Rp 9.000 per porsinya.

12. Jajanan Pasar

TIdak lengkap jika takjil hanya menyajikan minuman segar pelepas dahaga. Menyantap aneka jajanan pasar juga menambah kenikmatan momen berbuka puasa. Banyak sekali ragam jajajan pasar yang dapat Anda jual seperti kue cucur,  risol mayo, martabak mini, bolu mini, kue apem, dan lain-lain. Harga jual per satuan jajanan pasar juga tergolong murah. Mulai dari Rp 1.000 Anda sudah bisa mendapatkan risol mayo atau kue apem. Melihat peluang tersebut tentunya dapat menjadi ide jualan takjil Ramadhan yang menjanjikan ya, Sobat BFI.

13. Cappucino Cincau

Es Cappucino Cincau sudah lama menjadi minuman favorit untuk segala momen, terlebih dalam momen Ramadhan ini. Es Cappucino cincau terdiri dari potongan atau serutan agar-agar disajikan bersama es kopi cappuccino. Cappucino cincau memiliki harga yang bervariasi tiap satuannya. Jika Anda membelinya di kios pinggir jalan, dapat dihargai mulai dari Rp 7.000, jika membelinya di restaurant tentu harga yang ditawarkan lebih mahal ya Sobat BFI. Jika Anda memutuskan untuk menjual Cappucino cincau sebagai ide jualan takjil, Anda juga dapat menjual bersamaan dengan aneka es lainnya seperti es buah atau es blewah.

14. Es Cendol

Satu lagi jenis minuman yang dapat dijadikan ide jualan takjil buka puasa yaitu Es Cendol. Es Cendol adalah minuman yang terbuat dari air santan dan gula jawa dengan isian tepung beras yang dibentuk seperi jelly. Kadang, ada juga yang menambahkan buah nangka sebagai pelengkapnya. Harga satu porsi kecil es cendol dapat dihargai mulai dari Rp 10.000.

Ide jualan Takjil Buka Puasa Es Cendol

Ide Jualan Takjil Buka Puasa Es Cendol. Source: Freepik/ikarahma

15. Mangga Ketan (Mango Sticky Rice)

Ide jualan takjil yang terakhir yaitu dengan berjualan mangga ketan atau mango sticky rice. Makanan ini berasal dari Thailand dan sudah lama menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, hidangan mangga ketan meruapakan sajian penutup yang terdiri dari ketan yang dibalur dengan kuah santan kental dan disantap bersama potongan mangga yang segar. Rasanya cukup unik yaitu manis asam yang berasal dari mangga dan rasa asin yang berasal dari kuah santannya. Harga satu porsi mangga ketan ini berkisar dari Rp 15.000 saja.

 

Nah, seperti itulah kelimabelas ide jualan takjil buka puasa yang dapat Anda coba. Mana nih dari kelimabelas ide jualan tersebut yang akan Sobat BFI jalankan dalam waktu dekat? Jika Anda membutuhkan modal usaha untuk membeli perlengkapan memasak contohnya atau booth untuk berjualan, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance! Cukup dengan jaminan BPKB Mobil, Motor, ataupun Sertifikat Rumah, Anda berkesempatan mendapatkan pinjaman dana dengan bunga yang rendah dan plafond pinjaman yang beragam. Selain itu, kami usahakan proses approval pinjaman tidak membutuhkan waktu lebih dari 2 hari! BFI Finance telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan sudah melayani ribuan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan finansialnya. Jadi, selalu percayakan segala kebutuhan finansial Anda termasuk keperluan modal usaha kepada BFI Finance.

 

Klik untuk Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Klik untuk Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Klik untuk Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Selalu Ada Jalan Bersama BFI Finance.

 

Kategori : Bisnis