Bisnis

15 Ide Usaha Gorengan Kekinian yang Bisa Anda Coba

Admin BFI
5 April 2022
24463
15 Ide Usaha Gorengan Kekinian yang Bisa Anda Coba

Di Indonesia, gorengan menjadi salah satu makanan pelengkap sekaligus camilan yang disukai dan diminati kebanyakan orang. Teksturnya yang garing dan aneka rasanya yang gurih, manis, pedas, membuat beberapa orang menjadikan gorengan sebagai menu makanan favorit. Dengan kesempatan ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. 

Agar tidak membosankan, Anda bisa membuka usaha gorengan kekinian dengan menjual gorengan yang lebih inovatif. Lalu, apa saja jenis gorengan kekinian yang banyak peminat? Simak informasinya di bawah ini, ya. 

 

1. Ide Usaha Gorengan Kekinian yang Bisa Anda Coba 

1.1. Tahu Krispy 

Siapa yang tidak tahu dengan gorengan kekinian satu ini? Gorengan yang berbahan dasar tahu ini, diolah menjadi hidangan yang garing dengan penambahan cairan tepung saat proses memasaknya. Hal inilah yang membuat tahu krispy menjadi sangat garing bahkan untuk waktu yang lama. Dikarenakan minat yang tinggi, sekarang Anda bisa memulai usaha tahu krispy ini dengan bergabung menjadi mitra waralaba atau frenchise. Ada banyak waralaba dengan berbagai merek dagang yang menyediakan usaha tahu krispy. Sebagai pelengkap, tahu krispy diberi aneka bumbu atau tambahan cabai rawit agar lebih nikmat. 

Jika Anda berniat membuka usaha secara mandiri, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan utamanya seperti tahu kotak putih, tepung terigu, tepung meizena, baking powder, penyedap, air dan minyak untuk menggoreng. Cukup satukan semua bahan tepung-tepungan dan air, masukan tahu ke dalam adonan, lalu goreng. Setelah tahu agak mengembang, masukan sisa adonan tepung basah ke dalam minyak dan aduk agar adonan menempel pada lapisan luar tahu. Mudah bukan?

1.2. Jamur Krispy 

Ide usaha gorengan kekinian yang selanjutnya adalah jamur krispy. Memang tidak semua orang menyukai jamur, namun, jika digoreng garing dan diberi beberapa bumbu, sebagian orang mungkin akan menyukainya. Bukan hanya sebagai camilan, jamur krispy juga dicari sebagai menu pendamping nasi atau lauk. 

1.3. Cireng Salju

Cireng memang menjadi salah satu gorengan yang sudah lama muncul. Namun, cireng salju bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka usaha gorengan kekinian. Hal yang membedakan cireng salju dan cireng biasa adalah teksturnya yang lebih garing di luar dan lembut di dalam. Biasanya cireng salju akan dilumuri dengan tepung tapioka kembali setelah adonannya dibuat. Cireng salju disajikan dengan bumbu rujak. Inilah yang membedakan tampilan cireng biasa dengan cireng salju. 

1.4. Tahu Bulat 

Tahu bulat, digoreng dadakan. 500an” kalimat tadi merupakan salah satu nada dari penjual tahu bulat untuk memikat para konsumennya. Tahu bulat biasanya dijual melalui mobil bak dan hanya mangkal atau singgah di bahu jalan yang besar atau sekitar perumahan. Anda bisa mengambil peluang ini dengan berjualan tahu bulat di sekitaran rumah atau instansi pendidikan maupun perkantoran. Anda bisa berjualan dengan modal gerobak. 

1.5. Kentang Bumbu 

usaha gorengan kekinian - kentang goreng

Usaha gorengan ini bisa jadi ide yang berpotensi menghasilkan keuntungan. Anda dapat berjualan kentang bumbu dengan berbagai varian rasa. Ada 2 cara untuk berjualan kentang bumbu. Yang pertama adalah dengan menggoreng kentang berukuran cukup besar hingga garing. Lalu, yang kedua adalah dengan mengkukus kentang terlebih dahulu. Setelah lunak, kentang dihaluskan dan dicampur dengan tepung meizena, keju, dan bumbu penyedap. Bentuk adonan seperti kentang memanjang dan goreng hingga garing. Agar lebih nikmat, kentang diberi bumbu manis, asin, dan pedas agar menggugah selera. 

1.6. Cimol

usaha gorengan kekinian - cimol

Sumber Gambar : Pinterest

Cimol menjadi salah satu camilan yang tidak lekang oleh waktu. Sejak zaman dahulu, makanan ini sudah menjadi camilan yang cukup diminati. Agar lebih berinovasi, Anda bisa menambahkan rasa dengan menambahkan bubuk pedas atau isian pada adonan cimol. Isian cimol dapat berupa keju, daging, sosis, cabai, dan lain sebagainya. 

1.7. Tempe Mendoan 

Usaha gorengan kekinian yang selanjutnya adalah tempe mendoan. Saat ini, beberapa kafe atau restoran menyediakan menu tempe mendoan sebagai camilan. Hal ini menunjukan bahwa generasi muda juga menyukai jenis gorengan satu ini. Anda bisa memanfaatkan kesempatan dengan berjualan tempe mendoan dengan tambahan kecap yang diberi irisan cabai rawit pedas. Untuk memulai usaha ini, Anda disarankan untuk menjual gorengan secara dadakan agar tempe mendoan yang disajikan terasa nikmat. 

1.8. Bola Ubi Kopong 

usaha gorengan kekinian - bola ubi kopong

Sumber Gambar : Pinterest

Berikutnya adalah bola ubi kopong. Camilan ini berbahan dasar ubi manis yang dibentuk bulat. Walaupun berbentuk bulat seperti bola besar, saat dimakan bola ubi tidak ada isiannya, hal itulah yang membuat bola ubi disebut dengan bola ubi kopong. 

1.9. Bakwan Aneka Topping 

Memakan bakwan isi sayuran sudah biasa. Pernahkah Anda memakan bakwan berisi sosis, daging, kaju, dan isian kekinian lainnya? Anda bisa membuka usaha gorengan kekinian dengan menyediakan bakwan dengan aneka topping. Berbeda dengan bakwan pada biasanya, bakwan aneka topping memerlukan alat untuk mencetak adonan agar bentuknya terlihat menarik. 

1.10. Donat Topping 

Selanjutnya adalah donat topping. Donat merupakan camilan berbahan manis yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Anda bisa membuat donat menjadi lebih inovatif dengan memberikan topping kekinian seperti ovomaltine, nutella, selai berry, dan lain sebagainya. 

1.11. Bola Keju 

Gorengan yang dapat dijadikan ide usaha adalah bola keju atau dikenal dengan nama Brulee. Brulee terbuat dari campuran daging dan keju mozarella yang dibalut tepung roti. Brulee digoreng sampai garing hingga isian keju meleleh. Dijamin bikin yang memakannya jadi ketagihan! 

1.12. Singkong Keju 

Walau berbahan dasar singkong, singkong keju bisa jadi ide usaha gorengan kekinian. Singkong yang akan dijual wajib digoreng sampai singkong meletak atau garing, kemudian tambahkan beberapa bumbu rasa dan juga saos serta mayonaise di atasnya. Hal ini akan menambah citra rasa singkong. 

1.13. Tahu Walik 

usaha gorengan kekinian - tahu walik

Sumber Gambar : Pinterest

Tahu walik termasuk gorengan yang baru booming akhir-akhir ini. Tahu walik sendiri adalah gorengan tahu dengan isian aci dan daging ayam/ikan/sapi. Sangat unik, penyajiannya dilakukan dengan cara membalik tahu cokelat dan mengisinya dengan adonan aci beserta daging dan bumbu lainnya. Setelah garing, tahu walik siap disajikan. Karena keunikan cara membuat dan rasanya yang enak, tahu ini banyak diminati. Untuk Anda yang tertarik menjualnya, Anda bisa membuat resep terbaik agar tahu walik buatan Anda banyak peminat. 

1.14. Piscok Rasa

usaha gorengan kekinian - piscok

Sumber Gambar : Pinterest

Piscok adalah camilan dengan kepanjangan pisang cokelat. Camilan ini dibuat dengan cara menggulung pisang yang telah dipipihkan menggunakan kulit lumpia. Sebelum digulung, pisang dibeli isian coklat meses atau cokelat batangan agar saat digoreng cokelat meleleh dan menjadi rasa tambahan selain rasa pisang. Sekarang ini, piscok sudah tidak hanya diisi dengan isian cokelat saja, pisok diisi banyak rasa seperti selai berry, keju, dan lain sebagainya. Ide usaha ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot membuka usaha makanan. 

1.15. Cakwe 

Ide usaha gorengan kekinian yang terakhir adalah cakwe. Cakwe sendiri sebenarnya adalah jajanan tradisional yang berasal dari Tinghoa. Namun, jajanan satu ini cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Cakwe disajikan dengan saus cair dengan rasa pedas dan sedikit asam. Karena pembuatannya yang mudah, Anda bisa menjadikan camilan ini menjadi ide usaha gorengan kekinian yang cukup menghasilkan mengingat minat pembeli yang besar. 

Itulah 15 ide usaha gorengan kekinian yang bisa Anda coba sebagai penghasilan sehari-hari. Dari ke-15 ide tersebut manakah yang paling menarik minat Anda? Walaupun telihat kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar jika usaha gorengan terus berkembang dan memiliki pelanggan loyal. 

2. Solusi Modal Usaha Gorengan Kekinian 

Untuk Anda yang membutuhkan tambahan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor di BFI Finance dengan proses 10 menit saja. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pencairan 75% untuk debitur baru dan 85% untuk debitur lama dengan tenor hingga 24 bulan. Simak syarat dan ketentuannya di bawah ini. 

Profil Debitur : 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 

  2. Berusia 21-60 tahun 

  3. Status tempat tinggal atas nama sendiri atau keluarga 

Profil Kendaraan : 

  1. BPKB motor wajib atas nama sendiri atau pasangan 

  2. Pajak STNK aktif dan atas nama sendiri

  3. Usia motor maksimal 10 tahun dan hanya berlaku untuk merek Jepang. 

 

Tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dengan jaminan BPKB Motor di BFI Finance. Spesial bulan April, Anda bisa berkesempatan mendapatkan CASHBACK uang tunai senilai Rp 400 ribu! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi link berikut.

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis