Artikel

11 Faktor Keberhasilan Usaha, Calon Entrepreneur Wajib Baca!

2022-07-05 00:00:00 1923
11 Faktor Keberhasilan Usaha, Calon Entrepreneur Wajib Baca!

Bicara mengenai faktor keberhasilan usaha, tentunya setiap entrepreneur atau wirausahawan memiliki definisi tersendiri yang mereka yakini. Ada orang yang berpikir bahwa sebuah usaha dinyatakan berhasil atau sukses bila mana keuntungan yang diperoleh sudah mencapai dua kali lipat dari jumlah modal yang dikeluarkan. Ada juga yang berpendapat usaha bisa dikatakan berhasil jika sudah melakukan ekspansi secara masal.

Apapun itu makna keberhasilan usaha yang diyakini, sejatinya setiap wirausahawan atau entrepreneur harus memiliki 2 faktor keberhasilan usaha yang utama, yaitu faktor skill dan sikap.

Selain 2 faktor utama, 10 faktor berikut ini wajib ada agar usaha Anda dapat terus bertahan!

 

11 Faktor Keberhasilan Usaha

Faktor Keberhasilan Usaha

Image Source: Pexels/Ketut Subiyanto

Apa saja faktor keberhasilan usaha yang perlu dipertimbangkan?

1. Pengetahuan Tentang Usaha

Faktor keberhasilan usaha yang pertama yaitu pengetahuan tentang usaha. Pengetahuan sangatlah penting, tak terkecuali saat ingin memulai usaha. Pastikan Anda memiliki landasan pengetahuan yang berkaitan dengan usaha yang hendak Anda jalankan. Misalnya, Anda ingin membuka usaha coffee shop. Maka ada baiknya Anda memahami cara membuat kopi, jenis-jenis kopi, serta teknik tertentu yang digunakan dalam seni meracik kopi.

Di samping itu, Anda juga perlu membekali diri sendiri dengan pengetahuan dasar dalam mengelola keuangan. Seperti yang kita tahu, uang merupakan ujung tombak suatu usaha. Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, usaha yang kita jalani dapat sewaktu-waktu terancam gulung tikar.

 

Baca Juga: 9 Tips Sukses Menjalankan Usaha CafĂ© (+ Rincian Modal yang Dibutuhkan)

 

2. Modal Usaha

Modal usaha adalah faktor keberhasilan usaha yang kedua. Hal ini dikarenakan modal memiliki peranan penting di awal pembukaan usaha. Tanpa adanya modal kita tidak dapat menyiapkan berbagai fasilitas usaha yang diperlukan, baik itu kebutuhan bahan pokok, alat, ataupun biaya operasional lainnya seperi promosi.

Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita menyiapkan modal yang cukup sebelum memulai usaha. Usaha apapun yang nantinya Anda jalani; skala kecil, menengah, maupun besar, tetap upayakan untuk memperoleh dan menggunakan modal seefektif mungkin. Jalan lupa untuk mencatat cashflow yang ada, ya!

3. Perencanaan yang Matang

Faktor keberhasilan usaha selanjutnya yaitu perencanaan yang matang. Beberapa orang berpikir bahwa sebuah usaha dapat berjalan asalkan ada modal dan tekad yang kuat. Hal tersebut tidaklah salah, hanya saja, tanpa adanya perencanaan yang matang Anda akan kesulitan untuk menghadapi berbagai kondisi yang datang silih berganti.

Beberapa hal penting yang dapat Anda jadikan acuan diantaranya yaitu:

  • Melakukan Analisa Bisnis, salah satunya yaitu dengan cara riset pemasaran

  • Menentukan Target Pasar dan Target Capaian Usaha

  • Mengikuti  Trend Terkini

  • Memahami Kompetitor

  • Memaksimalkan Sosial Media, diantaranya yaitu untuk menerapkan strategi berupa awareness, promosi, dan lain-lain

4. Percaya Diri

Faktor keberhasilan usaha yang ke empat yaitu percaya diri. Memiliki kepercayaan diri selaras dengan memiliki tekad yang kuat. Sikap optimisme ini perlu dibangun sejak awal Anda memutuskan untuk membuka usaha.

Bila Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup, bagaimana mungkin Anda dapat meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan produk Anda?

Selain itu, dengan adanya kepercayaan diri tentu akan lebih mudah bagi Anda dalam menghadapi berbagai rintangan yang ada.

5. Berani Mengambil Tindakan dan Resiko

Siapa saja boleh bermimpi dan memiliki ide cemerlang. Namun, berapa banyak orang yang mampu mengubah mimpinya menjadi nyata? Hanya segelintir orang yang mampu melakukannya. Sebab, untuk memperoleh sesuatu dibutuhkan keberanian dalam bertindak dan mengambil resiko. 

Begitu pun juga dengan memulai usaha. Untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan, Anda dituntut untuk berani dalam bertindak dan mengambil resiko. Jatuh bangun dalam usaha merupakan hal yang wajar sebab ini adalah salah satu faktor keberhasilan usaha.

6. Memiliki Kreativitas

Memiliki usaha sendiri tentu sangat mengasyikan. Anda dapat mengeskpresikan diri sendiri lebih baik, tidak terikat oleh aturan, fleksibilitas, dan berinovasi tanpa batas. 

Hal ini tentunya berkesinambungan dengan faktor keberhasilan usaha berikutnya, yaitu memiliki kreativitas. Kembangkan kreativitas Anda, ciptakan keunikan produk, dan bangun pasar sendiri. Jika Anda berhasil melakukannya, bukan tidak mungkin usaha Anda bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

7. Kerjasama Dalam Tim

Keberhasilan dalam merintis usaha tidak terjadi secara tunggal atau hanya dari 1 orang saja, akan tetapi,  adanya campur tangan dari pihak lain juga mendukung terjadinya hal ini. Melalui kerjasama tim yang baik, Anda akan dapat memperoleh sebuah kesuksesan yang diidamkan.

Misalnya bekerjasama dengan rekan bisnis Anda meningkatkan mutu produk dan pelayanan, bekerjasama dengan karyawan dalam memanage gerai, bekerjasama dengan supplier dalam memilih bahan baku yang berkualitas, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan pernah menyepelekan faktor keberhasilan usaha yang satu ini, ya!

8. Disiplin

Kesuksesan tidak diperoleh secara instan atau hanya dengan berleha-leha. Dibutuhkan kedisiplinan dalam mengatur banyak hal termasuk dalam membangun usaha. Pastikan Anda selalau disiplin agar tidak mudah terdistraksi dan mampu mencapai target yang dimiliki.

Kedisiplinan sebagai faktor keberhasilan usaha ini juga perlu diterapkan di segala aspek tanpa terkecuali SDM yang ada bila mana Anda bekerjasama dengan orang lain atau memiliki karyawan.

9. Networking

Relasi atau networking sangatlah krusial dalam menjalankan usaha dan menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha. Melalui jalinan relasi yang baik dan luas, usaha yang Anda miliki akan lebih dikenal oleh masyarakat serta memungkin usaha lebih berkembang.

Jadi, pastikan untuk merasa tidak sungkan atau malu untuk menjalin relasi dengan orang baru karena hal ini bisa sangat menguntungkan Anda!

10. Leadership

Sikap kepemimpinan atau leadership merupakan faktor keberhasilan usaha yang tidak kalah penting. Seorang wirausahawan atau pengusaha harus mampu memimpin dirinya sendiri, bisnisnya, serta timnya (bila ada).

11. Tahan Banting

Faktor keberhasilan usaha yang terakhir yaitu tahan banting. Dunia bisnis sangatlah dinamis. Setiap harinya akan selalu ada produk maupun kompetitor baru dengan inovasi yang beragam. Jadilah wirausahawan yang tahan banting dan mampu beradaptasi dalam segala kondisi. Jangan mudah menyerah dalam setiap rintangan yang menimpa.

 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Terbaik dalam 7 Langkah!

 

Solusi Mudah Memperoleh Modal Usaha

Setelah mengetahui apa saja faktor keberhasilan usaha. Setelahnya pasti Anda akan berpikir bagaimana caranya memperoleh modal usaha. Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk memperoleh modal. Salah satunya yaitu melalui pinjaman.

BFI Finance siap sedia membantu Anda untuk memperoleh modal usaha. Prosesnya cepat, aman, dan mudah karena BFI Finance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami juga menawarkan beragam pilihan pinjaman yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya yaitu:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Demikian penjelasan mengenai faktor keberhasilan usaha. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta menjadi penyemangat bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik!

Ikuti terus Artikel kami seputar keuangan, pinjaman, gaya hidup, dan informasi bermanfaat lainnya di BFI Blog. Update setiap minggu dengan beragam artikel menarik!

Sumber: