Bisnis

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Usaha Kecil

Admin BFI
14 June 2021
2849
Tips Memulai Usaha Dengan Modal Usaha Kecil

Memulai usaha dengan modal usaha kecil, memangnya bisa ya? Mungkin itulah yang terlintas di kepala Anda ketika membaca judul ulasan ini. Terlihat mustahil, memang. Namun kabar baiknya, ya, Anda bisa memulai usaha dengan modal usaha minim, lho!

Faktanya, para pengusaha dan bisnis sukses diluar sana banyak yang memulai dengan modal kecil hingga berkembang menjadi besar seperti sekarang ini. Salah satu contohnya adalah gerai pizza terkenal, Domino‚Äôs Pizza. Pencetusnya, Mary Kay, memulai bisnis tersebut hanya dengan beberapa ratus dollar AS. Siapa sangka, bisnisnya berkembang besar bahkan hingga ke skala internasional. 

Menjalankan usaha dengan modal usaha minim memang cukup menantang, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Apabila Anda hendak memulai usaha namun modal yang dimiliki masih terbatas, jangan patah semangat dulu, ya! 

Berikut beberapa tips agar Anda bisa memulai usaha dengan modal yang terbatas. 

modal usaha laundry

Jangan Terburu-Buru

Yang pertama harus Anda ingat ketika memulai bisnis dengan modal minim adalah, jangan terburu-buru membuat keputusan. Seperti buru-buru membeli peralatan baru atau buru-buru membuka toko fisik. Ingatlah bahwa modal yang Anda miliki masih terbatas dan sebaiknya dialokasikan untuk hal lain. Cobalah untuk memulai usaha dengan memanfaatkan peralatan yang sudah Anda miliki. 

Selain itu, jangan juga terburu-buru ingin menerima pemasukan yang besar. Bersiaplah bahwa tahun pertama bisnis Anda mungkin pemasukan yang diterima akan minim. Apabila Anda berhasil mengembangkan bisnis Anda dan menekan pengeluaran di tahun pertama, barulah Anda bisa mulai menerima pemasukan yang besar. Bersabarlah dan nikmati segala prosesnya. 

Pelajari Ilmu Bisnis Dasar

Sebagai pengusaha pemula, mungkin ilmu mengenai bisnis yang Anda miliki masih sedikit. Namun, usahakan untuk mempelajari beberapa ilmu bisnis dasar agar Anda bisa memantau usaha Anda dengan baik. Seperti ilmu pemasaran, operasional, terutama prinsip akuntansi dasar mengenai cara melacak pendapatan dan pengeluaran usaha Anda. Sehingga, Anda bisa menjaga kondisi finansial dan operasional usaha Anda tetap terjaga. 

Selalu Buat Rencana 

Yang terakhir, pastikan bahwa segala pengeluaran yang Anda keluarkan teralokasi dengan cermat. Selalu buat rencana sebelum membuat keputusan mengeluarkan uang. Seperti yang telah disebutkan, ingatlah bahwa modal yang Anda miliki masih terbatas. Pastikan bahwa setiap pengeluaran yang ada dapat menumbuhkan usaha Anda. 

Ajukan Pinjaman Modal Usaha Di BFI Finance

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan usaha dengan modal usaha kecil. 

Sekarang ini, usaha bisa dijalankan dimana saja, termasuk di rumah. Mulailah dengan usaha skala kecil terlebih dahulu. Misalnya fotografi, content creator, reseller, dan lain sebagainya.

Apabila usaha Anda telah berkembang, baru Anda boleh mempertimbangkan untuk menambah pengeluaran seperti menambah stok barang, karyawan, dan lain sebagainya. Di saat inilah, pinjaman modal usaha biasanya dibutuhkan. 

Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan untuk berbagai kebutuhan finansial, termasuk untuk tambahan modal usaha. 

Semoga tips usaha ini dapat membantu Anda, ya! Selamat berbisnis!

Kategori : Bisnis