Artikel

9 Tips Sukses Menjalankan Usaha Café (+ Rincian Modal yang Dibutuhkan)

2022-06-09 00:00:00 4663
9 Tips Sukses Menjalankan Usaha Café (+ Rincian Modal yang Dibutuhkan)

Jika Anda perhatikan, selalu ada saja bermunculan café-café hits disekitar kita. Mulai dari yang berbentuk coffee shop hingga yang mengusung tema family friendly. Peluang usaha café memang selalu ada dan berkembang setiap tahunnya. Konsep café juga berubah seiring dengan perkembangan zaman. Jika 5 tahun lalu, konsep café industrial masih belum banyak kita temui. Namun, saat ini sudah banyak café menggunakan desain interior bertemakan industrial atau rustic yang banyak disukai oleh kalangan muda. Sehingga, untuk dapat bersaing didalam bisnis café ini, pelaku usaha tidak hanya mementingkan kualitas makanannya saja, melainkan kenyamanan dan pemilihan desain interior menarik yang dapat dijadikan aktivitas swafoto bersama.

Untuk Sobat BFI yang memiliki rencana menjalankan usaha café, artikel kali ini dapat Anda jadikan referensi untuk mengetahui langkah-langkah atau tips yang benar dalam memulai usahanya. Berikut tim BFI Finance berikan tips sukses dan kisaran modal usaha yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha café ini.

 

9 Tips Sukses Menjalankan Usaha Cafe

1. Tentukan Konsep Café yang Diusung

Langkah pertama dalam menjalankan usaha café adalah dengan menentukan tema atau konsep café yang Anda usung. Konsep café akan menentukan menu makanan dan minuman yang Anda sajikan, desain interior café, dan strategi marketing yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa konsep café yang dapat Anda jadikan inspirasi:

  • Urban/contemporary café
  • Coffee shop
  • Pet Café
  • Specialty café (Korean food, Japanese food, dan lain-lain)
  • Dan lain-lain.

Pemilihan konsep café ini harus didasari dari riset pasar terlebih dahulu ya Sobat BFI, seperti dari minat daya beli customer dan tren yang berkembang saat itu. Yang tidak kalah penting, Anda juga harus mempertimbangkan budget yang Anda miliki, apakah dapat dikembangkan untuk menjalankan konsep usaha café yang Anda pilih.

2. Pilih Lokasi Café yang Strategis

Didirikannya sebuah café adalah sebagai alternatif tempat berkumpul atau hanya sebagai tempat relaksasi sejenak. Maka dari itu, pemilihan tempat yang tepat menjadi prioritas utama. Pemilihan tempat yang tepat dapat dipertimbangkan dari aspek keramaian,  kemudahan akses jalan, dan keamanan. Jika Anda menargetkan café sebagai tempat hangout, pilihlah lokasi yang ramai dan mudah diakses, sehingga kemungkinan café Anda terlihat dan dikunjungi pelanggan semakin besar.

Penentuan lokasi café juga harus disesuaikan dengan target customer Anda. Jika Anda mendirikan café dengan menu terjangkau untuk mahasiswa, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus. Atau jika Anda menargetkan customer secara umum, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan titik ramai di kota tersebut.  

3. Buat Menu yang Lezat dan Orisinil

Salah satu kesuksesan dari suatu café datang dari menu makanannya yang lezat dan orisinil. Jika Anda memiliki resep autentik cobalah untuk dipasarkan secara luas dan jadikan resep tersebut sebagai menu utama dalam usaha café Anda.

Sediakan menu café yang lengkap mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Sajikan juga menu yang dapat disantap oleh kelompok besar (lebih dari 4 orang). Untuk sajian minuman, sesuaikan dengan target customer Anda. Jika Anda mengusung konsep café family friendly, sajikan menu minuman yang beragam yang dapat dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa.

4. Buat Desain Interior dan Eksterior Café yang Menarik

Setelah menentukan menu yang akan Anda sajikan, selanjutnya Anda dapat menentukan desain interior dan eksterior café. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan tema awal usaha café Anda. Pemilihan desain interior dan eksterior penting untuk diperhatikan karena dapat menjadi spot foto yang instagramable bagi customer. Berikut desain café yang dapat Anda pilih:

  • Industrial style
  • Desain dengan interior kayu
  • Desain monokrom
  • Dekorasi semen unfurnished
  • Vintage style
  • Organic style
  • Penggunaan batu bata ekspos
  • Desain dengan material logam dan kayu
  • Modern style
  • Dan lain-lain.

Anda dapat menggunakan jasa arsitek dan desain interior untuk menetukan desain bangunan dan interior yang paling tepat.

5. Pilih Supplier Terbaik

Langkah kelima dalam menjalankan usaha café yaitu dengan memilih supplier terbaik untuk pembuatan menu makanan dan perlengkapan café. Dalam memilih supplier bahan makanan, pilihlah supplier yang menyediakan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Karena memerlukan pengolahan setiap harinya, maka dari itu kesegaran bahan baku makanan juga harus menjadi prioritas utama. Anda juga dapat bernegosiasi dengan supplier, mengenai termin pembayaran yang tepat. Apakah dilakukan setiap 2 minggu atau bulanan.

Selanjutnya, dalam pemilihan furniture penunjang desain interior, pilihlah furniture yang cocok dengan konsep utama usaha café Anda. Anda dapat memilih supplier furniture dari luar kota jika menawarkan kualitas dan desain yang lebih baik.

6. Maksimalkan Keterlibatan Sendiri Dalam Kegiatan Operasional

Dalam beberapa aspek, keterlibatan owner dalam operasional usaha café juga diperlukan. Jika Anda pemilik sekaligus orang yang bertanggung jawab pada bagian produksi makanan, ada baiknya untuk terlibat secara penuh atau mengecek secara berkala untuk menjaga kualitas resep makanan tersebut. Sebagai owner, Anda juga dapat membantu dalam melayani customer seperti bertanggungjawab pada pembayaran di kasir dan melakukan pembukuan.

Untuk mempercayakan kepada orang lain dalam kegiatan operasional café juga tidak ada salahnya. Jika Anda memiliki budget lebih, merekrut karyawan yang ditugaskan sebagai manager café, pelayanan, dan koki dapat Anda pertimbangkan.

7. Buat Strategi Marketing yang Menarik dan Tepat Sasaran

Jika seluruh kebutuhan dalam menjalankan usaha café sudah terpenuhi, selanjutnya buatlah strategi marketing yang tepat sasaran. Usaha café cenderung memiliki customer dengan usia muda yang cukup banyak, sehingga pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi dapat Anda gunakan. Anda dapat memperkenalkan brand Anda melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram agar lebih dikenal oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas promosi lainnya melalui media sosial seperti aktivitas giveaway, memperkenalkan menu terbaru, atau menginformasikan promosi  dengan potongan harga spesial.

Anda juga dapat mendaftarkan usaha café Anda melalui fitur Google My Business, sehingga ketika orang mencari brand Anda melalui Google, brand café Anda akan muncul yang memuat lokasi usaha, kontak yang dapat dihubungi, review, dan foto dari pelanggan.

Usaha café juga identik dengan pemberian potongan harga khusus pada hari-hari besar seperti hari kemerdekaan, bulan Ramadhan, Natal, dan lain sebagainya. Sehingga, manfaatkan momen-momen tertentu untuk dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

8. Gunakan Networking yang Ada

Yang tidak kalah penting yaitu tetap manfaatkan networking yang Anda miliki untuk dapat memaksimalkan kunjungan pelanggan ke café Anda. Rekan-rekan bisnis Anda misalnya, dapat menggunakan café Anda sebagai tempat meeting atau hanya sebagai tempat meluangkan waktu bersama dengan keluarga saja. Melalui networking, usaha café Anda juga memiliki kemungkinan untuk mendapatkan orderan dalam jumlah besar seperti pada momen arisan, perayaan ulang tahun, dan lain sebagainya.c

9. Berikan Layanan yang Terbaik Kepada Pelanggan

Karena usaha café tidak melulu mengenai  jual beli  produk makanan, maka selalu perhatikan bagaimana cara merespon pelanggan dengan baik dan benar. Layani dengan ramah dan penuh senyum ketika Anda menerima dan mengantarkan orderan dari pelanggan.

Terima segala masukan dan kritikan membangun dari pelanggan agar usaha café Anda lebih baik. Dengan pelayanan yang baik, tentunya pelanggan akan semakin nyaman dalam menikmati hidangan yang disajikan. Dan jika pelanggan memiliki kesan positif, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan merekomendasikan café Anda ke beberapa rekannya.

Usaha cafe

Tips Sukses Usaha Cafe. Image Source: Unsplash/Sabri Tuzcu

Kisaran Modal Usaha Café yang Dibutuhkan

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha café sederhana dan modern tentu berbeda. Perbedaannya terletak pada kebutuhan café tersebut mulai dari kapasitas pelanggan, pemilihan perlengkapan dan peralatan hingga biaya sewa per bulannya. Untuk modal usaha café sederhana paling tidak membutuhkan dana sebesar Rp 15.000.000, belum termasuk modal operasional bulanan. Sementara, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha café modern paling tidak menghabiskan biaya lebih dari Rp 30.000.000.

Kisaran modal selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kisaran Modal Usaha Café Sederhana

Modal Awal Café Sederhana

No. Item Kuantitas Harga/Kuantitas Total
1. Meja dan Kursi Pelanggan 4 Rp 800.000 Rp 3.200.000
2. Meja dan Kursi Kasir 1 Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
3. Etalase Display Akrilik 1 Rp 800.000 Rp 800.000
4. Lemari es khusus makanan 1 Rp 2.500.000 Rp 2.500.000
5. Kompor 2 Rp 250.000 Rp 500.000
6. Peralatan makan dan minum (Sendok, piring, gelas, dll)   Rp 500.000 Rp 500.000
7. Panci dan wajan 2 Rp 250.000 Rp 500.000
8. Blender 1 Rp 400.000 Rp 400.000
9. Belanja bahan makanan dan minuman   Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
10. Desain interior ruangan   Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
11. Hiasan ruangan   Rp 500.000 Rp 500.000
12. Lain-lain   Rp 500.000 Rp 500.000
  Total     Rp 14.400.000

Modal Operasional per Bulan

No. Jenis Biaya Kuantitas Biaya/Kuantitas Total
1. Biaya sewa tempat usaha 1 Bulan Rp 750.000 Rp 750.000
2. Gaji karyawan 2 Rp 1.500.000 Rp 3.000.000
3. LPG 12kg 1 Rp 187.000 Rp 187.000
4. Biaya listrik 1 Bulan  Rp 400.000 Rp 400.000
5. Biaya air 1 Bulan Rp 300.000 Rp 300.000
6. Belanja Bahan makanan daan minuman 1 Bulan Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
7. Biaya tidak terduga 1 Bulan Rp 300.000 Rp 300.000
  Total     Rp 5.937.000

Kisaran Modal Usaha Café Modern

Modal Awal Café Modern

No. Item Kuantitas Harga/Kuantitas Total
1. Meja dan Kursi Pelanggan 6 Rp 2.000.000 Rp 12.000.000
2. Meja dan Kursi Kasir 1 Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
3. Etalase Display Akrilik 2 Rp 800.000 RP 1.600.000
4. Lemari es khusus makanan 1 Rp 2.500.000 Rp 2.500.000
5. Kompor 2 Rp 250.000 Rp 500.000
6. Peralatan makan dan minum (Sendok, piring, gelas, dll)   Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
7. Panci dan wajan 3 Rp 250.000 Rp 750.000
8. Blender 2 Rp 400.000 Rp 800.000
9. Belanja bahan makanan dan minuman   Rp 3.000.000 Rp 3.000.000
10. Desain interior ruangan   Rp 10.000.000 Rp 10.000.000
11. Hiasan ruangan   Rp 5.000.000 Rp 5.000.000
12. Lain-lain   Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
  Total     Rp 40.150.000

Modal Operasional per Bulan

No. Jenis Biaya Kuantitas Biaya/Kuantitas Total
1. Biaya sewa tempat usaha 1 Bulan Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
2. Gaji karyawan 3 Rp 1.500.000 Rp 4.500.000
3. LPG 12kg 2 Rp 187.000 Rp 374.000
4. Biaya listrik 1 Bulan  Rp 600.000 Rp 600.000
5. Biaya air 1 Bulan Rp 400.000 Rp 400.000
6. Belanja Bahan makanan dan minuman 1 Bulan Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
7. Biaya entertainment 1 Bulan Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
7. Biaya tidak terduga 1 Bulan Rp 300.000 Rp 300.000
  Total     Rp 10.174.000

 

Kebutuhan diatas masih bisa disesuaikan misalnya dari segi jumlah karyawan, peralatan dapur, biaya dekorasi ruangan, dan lain-lain. Jika Anda memilih untuk merenovasi tempat usaha secara besar-besaran, maka modal yang dibutuhkan tentunya lebih besar. Secara keseluruhan, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha café memang tidak sedikit. Jika Anda memiliki dana tabungan khusus yang digunakan untuk berbisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakannya untuk keperluan menjalankan usaha café ini. Jika Anda membutuhkan dana lebih untuk menambah modal usaha, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui BFI Finance! BFI Finance menerima jaminan BPKB Mobil, Motor, dan Sertifikat Rumah sebagai agunannya. Jangan khawatir jika BPKB Kendaraan Anda belum balik nama dan pajak kendaraan mati, karena kami akan membantu hingga proses approval. Klik link dibawah ini untuk informasi selengkapnya.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Menjalankan suatu bisnis tidak hanya memerlukan modal usaha, melainkan butuh kekonsistenan dan sikap pantang menyerah! Semoga Anda dilancarkan dalam memulai bisnis Anda ya Sobat BFI. Semoga artikel kali ini membantu. BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda.

 

Sumber: