Artikel

10 Ide Jualan Makanan Non Kolesterol Dengan Modal Minim

2022-07-01 00:00:00 1992
10 Ide Jualan Makanan Non Kolesterol Dengan Modal Minim

Makanan enak belum tentu sehat, begitu pun juga sebaliknya. Menjaga gaya hidup sehat dengan memilih menu makanan rendah kolesterol sangat penting untuk kita. Pasalnya, kolesterol tinggi bisa dialami oleh siapa saja. Tak terkecuali muda-mudi dan orang dewasa.

Fenomena ini menjadi salah satu alasan gaya hidup sehat banyak digandrungi. Dimulai dari maraknya selebriti maupun orang ternama yang berlomba-lomba untuk menerapkan gaya hidup sehat demi memperoleh tubuh ideal serta kualitas hidup yang lebih baik. Fakta ini dapat Anda jadikan peluang usaha makanan non kolesterol!

Sobat BFI, pada artikel berikut ini kami telah berhasil merangkum 10 ide jualan makanan non kolesterol yang bisa Anda coba! Modal yang dibutuhkan tidak harus jutaan dan bisa dijual secara online. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

 

Manfaat Hidup Sehat

Menurut Tracii Hanes, seorang praktisi kesehatan asal Amerika dalam acaranya yang berjudul Live Strong ia memaparkan bahwa hidup sehat memiliki manfaat yang sangat penting. Diantaranya yaitu:

1. Pikiran Lebih Sehat

Tubuh kita membutuhkan gizi serta nutrisi yang seimbang untuk mengoptimalkan fungsi tubuh dengan baik, khususnya untuk otak kita.

Dikutip dari American Journal of Psychiatry  Asupan yang berizi dapat membantu mencukupi nutrisi dalam otak sehingga otak lebih sehat dan tidak mudah depresi. Perlu kita ingat, beban pikiran berlebih dapat memicu stres maupun depresi dan berimbas pada penurunan daya tahan tubuh. 

2. Energi dan Stamina Melimpah

Menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga selama 30 menit per-hari dapat meningkatkan stamina dalam tubuh sebanyak 20%. Hal ini terjadi karena tubuh yang aktif bergerak mampu mengubah kalori menjadi energi sehingga memperkuat stamina yang kita miliki.

3. Mencegah Penyakit

Dilansir dari Mayo Clinic, berolahraga selama 30 menit perhari dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berimbas pada naiknya  imunitas dan menjadikan tubuh kita lebih bugar.

4. Menyehatkan Kulit

Gaya hidup sehat mendorong kita untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat dan vitamin seperti buah dan sayur. Jenis makanan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan proses pencernaan. Misalnya Vit C untuk menangkal radikal bebas, Vit A untuk kulit, mata, rambut dan kuku. Dengan terpenuhinya vitamin dalam tubuh maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat, terutama kulit. Itu lah mengapa banyak selebriti atau artis kenamaan yang menerapkan gaya hidup sehat memiliki kulit yang lebih cantik dan sehat.

Jenis Makanan Rendah Kolestrol

Makanan Non Kolesterol

Image Source: DetikCom

Seperti yang sudah kita ketahui, makanan tinggi serat dapat membantu menjaga kolestrol dalam tubuh. Sobat BFI, berikut ini merupakan jenis makanan yang disarakan untuk dikonsumsi.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan antioksidan yang dapat mengikat asam empedu dari kolesterol. Hal ini baik untuk tubuh sebab kolesterol yang ada dalam darah dapat terakumulasi dengan baik. Beberapa contoh sayuran hijau yang terbukti menurunkan kadar kolestrol yaitu bayam, argula, dan kangkung.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki fungsi penting dalam tubuh kita diantaranya yaitu sebagai zat pelarut kolestrol berlebih. Jenis kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi seperti kacang hitam dan kacang merah.

3. Oat

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi semangkuk oat untuk sarapan dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi? Bila Anda mengonsumsinya secara rutin tentu akan sangat baik dalam mengontrol kadar kolestrol yang ada. Anda dapat membuat varian oat yang dicampurkan dengan buah maupun sayuran sesuai selera Anda. Harga untuk 200gr oat pun terbilang sangat terjangkau!

4. Biji-Bijian

Biji-bijian memiliki fungsi yang sama seperti halnya oat, yaitu mampu untuk menyerap kadar kolestrol berlebih yang selanjutnya dikeluarkan melalui sistem pengeluaran. Tidak hanya itu, biji-bijian juga dapat menyehatkan jantung.

5. Ikan Tinggi Omega 3

Mengonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi setidaknya dua sampai empat kali seminggu dapat menurunkan kadar LDL (Low-Density Lipoprotein). Selain itu, manfaat lain dari mengonsumsi ikan tinggi omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menghindari rima jantung yang abnormal.

6. Buah-buahan

Pada dasarnya semua jenis buah-buahan kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, beberapa jenis buah berikut ini sangat disarankan untuk dikonsumsi demi menjaga kestabilan kolestrol dalam tubuh.

a. Pisang

Mengandung zat insulin penurun kadar kolestrol

b. Apel, Anggur, Stroberi, Buah Jeruk

Mengandung zat pektin, yaitu serat yang mampu menurunkan kadarr kolestrol

c. Alpukat

Kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolestrol dalam tubuh. Selain itu lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak tak jenuh.

d. Jambu Biji

Kandungan kalium yang ada pada jambu biji dapat menurunkan kadar kolestrol jahat serta menjaga tekanan darah.

7. Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut mampu menjaga kinerja jantung, menurunkan kadar kolestrol, serta menurunkan resipu hipertensi.

8. Produk Susu

Produk susu tertentu sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolestrol. Berikut ini beberapa jenis produk susu yang dapat Anda konsumsi.

  • Susu skim atau susu dengan kadar lemak rendah
  • Yoghurt dengan kadara lemak rendah
  • Susu mentega
  • Keju dengan kadar lemak rendah, kurang dari 30%

10 Ide Jualan Makanan Non Kolesterol

Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang memiliki kolestrol rendah. Berikut ini merupakan ide jualan makanan non kolesterol yang bisa Anda pilih. Mudah, kekinian, dan cukup dengan modal sedikit!

1. Salad Buah

Buah-buahan kaya akan vitamin yang dapat membantu menurunkan kolestrol serta menjaga keseimbangan tubuh. Anda dapat memilih salad buah sebagai salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan tidak harus banyak, bergantung pada berapa pcs yang akan Anda buat serta varian yang akan disediakan.

Modal yang ada nantinya akan dialokasikan untuk  membeli cup atau wadah salad, buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol seperti pisang, anggur, jeruk, stroberi, alpukat, jambu biji, dan lainnya.

2. Salad Sayur

Seperti halnya dengan salad buah, salad sayur juga belakangan ini cukup trending atau ramai peminat. Untuk memulai usaha ini tidak dibutuhkan modal yang banyak. Anda hanya perlu membeli perlengkapan untuk kebutuhan operasional seperti kemasan produk dan bahan pokok berupa sayur mayur segar dan bahan pembuat sauce salad seperti mayonaise, dan lain-lain.

3. Rujak Buah

Sekilas rujak buah dan salad buah hampir sama, pada kenyataannya kedua makanan ini cukup berbeda. Salah satu perbeedaannya yaitu sauce yang digunakan, salad buah cenderung bercita rasa segar, manis, dan sedikit kecut. Rasa yang dihasilkan ini berasal dari yoghurt serta campuran lainnya yang lazim ditemui pada salad buah. Sedangkan untuk rujak buah, cita rasa yang ada umumnya segar dan pedas karena bahan dasar sauce yang digunakan ialah cabai.

4. Katering Sehat

Berencana membuka usaha dari rumah dengan modal yang minim? Ide usaha yang satu ini patut dicoba! Anda bisa menjajakan katering sehat yang terdiri dari beberapa menu makanan sehat non kolestrol sesuai dengan pesanan atau varian yang ada sediakan. Artinya, Anda bisa membuka bisnis ini secara online lewat sistem pre-order. Bila Anda tertarik untuk mengetahui bisnis ini lebih dalam, silakan klik link berikut ini

5. Sushi

Sudah bukan rahasia lagi jika sushi merupakan salah satu makanan sehat dengan banyak penggemar. Sushi juga memiliki beragam varian yang banyak dipadukan dengan ikan, sayuran, juga buah-buahan. Karena makanan ini cukup populer, tidak akan sulit bagi Anda untuk menjajakannya.

6. Smoothies Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan andalan bagi mereka yang tengah melakukan diet dan menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Anda dapat mengkreasikan beragam buah dan biji-bijian untuk membuat Smoothies Oatmeal ini. Bahan dan alat yang dibutuhkan sangat sederhana dan ide usaha yang satu ini bisa dijalankan secara online.

7. Mie Sehat

Sayuran menjadi salah satu bahan pokok berikutnya yang dapat dijadikan ide usaha, salah satunya yaitu mie sehat! Sayuran jenis tertentu seperti bayam, cesin, wortel, dan lainnya dapat dijadikan bahan dasar untuk pembuatan mie. Warna mie yang ada pun akan terlihat menarik yang berasal dari warna alami sayuran. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk menambah warna makanan! Mie sehat buatan Anda dapat dijual dengan cara dipadukan dengan menu lainnya seperti ayam, ikan, dan lain-lain.

8. Pudding Buah

Sama halnya dengan oatmeal, puding buah merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kreatifitas kita. Anda dapat membuat pudding buah dengan beragam bentuk menarik atau rasa buah yang beragam. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak, di bawah satu juta-an.

9. Grilled Salmon with Asparagus

Salmon adalah satu ikan dengan omega 3 tinggi. Hanya menjual ikan salmon saja mungkin kurang menarik perhatian konsumen. Oleh karenanya Anda dapat membuat grilled salmon with asparagus, yaitu ikan salmon yang dimasak sedemikian rupa dengan cara dibakar lalu dipadukan dengan asparagus. 

10. Sup Bola-Bola Ayam

Ayam merupakan salah satu komoditi yang banyak diminati. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, namun banyak ide masakan yang dapat dibuat dengan bahan dasar ayam. Salah satunya tentu saja sup bola-bola ayam! Sup ini terdiri dari ayam dan sayur mayur segar yang dapat memenuhi asupan gizi harian.

Sobat BFI, itulah berbagai ide usaha makanan non kolesterol yang dapat Anda coba. Bila Anda sudah menentukan makanan mana yang hendak dijual, Anda dapat mengoptimalkan sosial media untuk menarget lebih banyak konsumen.

Tertarik untuk membuka usaha? BFI Finance solusinya! Kami siap membantu Anda untuk memperoleh modal usaha serta kebutuhan pinjaman. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui laman web di bawah ini:

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Dapatkan informasi menarik seputar keuangan, bisnis, pinjaman, dan lainnya di BFI Blog. Sampai ketemu lagi artikel kami selanjutnya. Salam bisnis!

Sumber: