Gaya Hidup

Tips Puasa Sehat dan Lancar Selama Bulan Ramadhan

Admin BFI
23 March 2023
3406
Tips Puasa Sehat dan Lancar Selama Bulan Ramadhan

Menjaga kesehatan selama bulan puasa merupakan salah satu hal krusial yang tidak boleh Anda kesampingkan. Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui beberapa tips puasa berikut ini agar Anda dapat menjalankan ibada puasa dengan lancar dan sehat.

Selain itu, dengan mengikuti tips berpuasa Anda juga dapat menghindari efek samping yang mungkin terjadi selama berpuasa, seperti dehidrasi, letih, lesu, sakit kepala, dan lain sebagainya. Tanpa menunggu waktu lama, yuk, mari kita simak tips berikut ini!

 

6 Tips Puasa Sehat dan Lancar Selama Bulan Ramadhan

Terapkan 6 tips puasa berikut agar puasa Anda dapat berjalan dengan lancar, sehat, dan tetap produktif selama bulan ramadhan!

1. Menjaga Pola Makan

Tips puasa yang pertama adalah menjaga pola makan. Menjaga pola makan selama berpuasa penting untuk Anda perhatikan demi menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin, mineral dan karbohidrat komplek saat berbuka maupun saat sahur, tubuh Anda akan senantiasa sehat.

Hindari makanan dengan kandungan minyak yang tinggi, seperti gorengan dan sejenisnya. Dikutip dari laman resmi Kemenkes, makanan dengan kandungan minyak yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan kantuk di siang hari.

Selain itu, pastikan saat berbuka puasa Anda tidak langsung mengkonsumsi berbagai jenis makanan secara berlebihan. Sebab, kebiasaan buruk tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya obesitas dan serangan jantung.

2. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Tips puasa yang kedua yakni memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan pada tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan Anda, seperti terganggunya mood, sakit kepala, migrain, dehidrasi, sampai dengan sembelit.

Pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum 8 gelas air mineral per hari atau setara dengan 2-3 liter untuk ukuran orang dewasa. Jika Anda merasa minum 8 gelas sehari terasa berat, Anda dapat mengikuti tips di bawah ini.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa:

  • Minum 1 gelas air putih setelah bangun tidur

  • Minum 1 gelas air putih sebelum makan sahur

  • Minum 1 gelas air putih setelah makan sahur

  • Minum 1 gelas air putih saat berbuka puasa

  • Minum 1 gelas air putih saat makan berbuka puasa

  • Minum 1 gelas air putih setelah makan

  • Minum 1 gelas air putih setelah isya/tarawih

  • Minum 1 gelas air putih sebelum tidur

Dengan menerapkan jadwal di atas, kebutuhan cairan dalam tubuh akan tetap terpenuhi selama berpuasa. Selain air putih, Anda juga dapat mengkonsumsi cairan oralit dan menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi yang dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Menjaga pola tidur selama berpuasa sangat dianjurkan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga sekaligus menghindari rasa kantuk di siang hari. Oleh karenanya, upayakan untuk istirahat yang cukup dan hindari begadang untuk sesuatu yang kurang penting.

4. Lengkapi dengan Suplemen

Saat berpuasa, tubuh kita mungkin kekurangan sebagian nutrisi yang seharusnya terpenuhi akibat terjadinya perubahan pola makan. Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari, seperti mudah merasa letih, lesu, cepat mengantuk, sampai dengan gangguan konsentrasi.

Dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin, Anda dapat meminimalisir gangguan tersebut. Beberapa suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa adalah Vitamin C, Vitamin E, Omega-3, Asam Amino, dan Multivitamin.

5. Rutin Berolahraga

Selain keempat tips puasa sebelumnya, Anda juga tidak boleh melewatkan betapa pentingnya berolahraga selama berpuasa. Tidak harus lama, pastikan Anda melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap harinya. Beberapa aktivitas fisik yang bisa Anda coba adalah dengan berjalan kaki, jogging, yoga, dan olahraga ringan lainnya.

Hindari berolahraga di siang hari karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi pada tubuh. Sebagai alternatifnya, Anda dapat berolahraga di sore hari ataupun di pagi hari selepas ibadah sholat subuh.

6. Menjaga Silaturahmi dengan Orang Terdekat

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain di dalam hidupnya. Menjaga silaturahmi dengan orang terdekat merupakan salah satu tips puasa berikutnya yang dapat membantu puasa Anda tetap berjalan lancar.

Kelilingi diri Anda dengan mereka yang mampu membawa pengaruh positif pada diri Anda, termasuk dalam hal beribadah dan mendekatkan diri pada sang pencipta.

Selain itu, menghabiskan waktu dengan mereka yang memiliki energi positif terbukti dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit dan risiko kematian yang mengintai, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, infeksi saluran pernapasan, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan, Wajib Dicoba!

 

Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa

Menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa merupakan suatu kewajiban yang harus Anda lakukan agar ibadah yang dijalani dapat berjalan lancar sesuai harapan Anda.

Selain menerapkan enam tips puasa yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan adalah salah satu faktor yang membuat tubuh kita tetap sehat bugar. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam memilih asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini daftar makanan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi saat puasa.

tips puasa

Image Source: pexels/RODNAE Productions

1. Aneka Jenis Sayur

Sayuran terkenal akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin, Anda akan mendapatkan segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis sayuran yang bisa Anda pilih antara lain yaitu:

  • Brokoli

  • Wortel

  • Tomat

  • Selada

  • Bayam

  • Mentimun

2. Buah-Buahan Segar

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah segar. Beberapa jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan diantaranya yaitu:

  • Kurma

  • Apel

  • Pir

  • Jeruk

  • Semangka

3. Daging Tanpa Lemak

Kandungan protein pada daging sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selama berpuasa, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan terkenal kaya akan protein, serat, dan lemak sehat. Anda dapat mengkombinasikan beragam jenis kacang-kacangan untuk disajikan bersamaan dengan menu berbuka ataupun menu sahur. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat Anda jadikan pilihan diantaranya yaitu kacang almond, kacang tanah, dan kacang merah.

5. Karbohidrat Kompleks

Terakhir, Anda bisa melengkapi menu makanan selama berpuasa dengan mengonsumsi makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat komplek, seperti roti gandum, nasi merah, kentang, pasta, dan sejenisnya untuk memberikan tambahan energi selama beraktivitas sepanjang hari, sehingga Anda tidak akan mudah merasa lapar ataupun cepat letih.

Sobat BFI, demikian tips puasa yang bisa Anda terapkan agar tubuh senantiasa sehat dan lancar berpuasa selama bulan ramadhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, ya!

Bulan suci ramadhan menjadi salah satu momentum yang sangat pas untuk membuka usaha maupun mendapatkan pendapatan sampingan. Pasalnya, permintaan akan berbagai kebutuhan di bulan ini kian meningkat, seperti kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, ibadah, sampai dengan kebutuhan konsumtif. 

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan bisnis di bulan ramadhan. Ada berbagai usaha yang bisa Anda jalankan di bulan ini. Mulai dari usaha takjil, souvenir khas ramadhan, perlengkapan ibadah, hingga usaha online. Banyak sekali, bukan?

BFI Finance dapat mendukung Anda untuk mewujudkan impian memiliki bisnis pribadi dalam bentuk pembiayaan usaha bagi usaha kecil hingga menengah. Yuk, cari tahu lebih lanjut di tautan berikut ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Kategori : Gaya Hidup