Pinjaman

Tips Aman Ajukan Kredit Jaminan Sertifikat Rumah

Admin BFI
27 July 2022
4804
Tips Aman Ajukan Kredit Jaminan Sertifikat Rumah

Kredit jaminan sertifikat rumah dapat menjadi solusi bagi Sobat BFI yang membutuhkan dana atau modal usaha dalam jumlah yang cukup besar. Mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah memang memilki pencairan dana yang lebih besar dibandingkan dengan jaminan lainnya seperti BPKB Mobil atau Motor. Namun, untuk dapat menikmati keuntungan tersebut tentunya terdapat beberapa persyaratan yang wajib terpenuhi, semisal dari segi profil rumah dan calon debitur. Seperti apa ya tips aman dalam mengajukan kredit jaminan sertifikat rumah dan memiliki potensi approval yang lebih tinggi? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini ya!

 

4 Tips Aman Mengajukan Kredit Jaminan Sertifikat Rumah

1. Perhatikan Lokasi Rumah

Umumnya, bagi perusahaan pembiayaan maupun lembaga keuangan lainnya dalam menilai kelayakan kredit jaminan sertifikat rumah, terdapat beberapa persyaratan lokasi rumah yang harus terpenuhi seperti:

  • Rumah tersebut masih aktif dihuni oleh calon debitur
  • Berlokasi di cluster, komplek atau pemukiman
  • Tidak berada di area gang atau jalan sempit yang hanya bisa dilewati oleh 1 mobil
  • Tidak dekat dengan fasilitas umum, Menara sutet, atau pemakaman
  • Status rumah tidak sedang dalam proses jual kepada pihak ketiga
  • Bersertifikat SHM/SGB atas nama sendiri, keluarga, dan pasangan.
  • Khusus pengajuan melalui BFI Finance, saat ini kami hanya melayani pengajuan di area tertentu seperti di Jabodetabek, Sidoarjo, dan Surabaya.

Jika persyaratan diatas semuanya terpenuhi, besar kemungkinan untuk pengajuan kredit jaminan sertifikat rumah Anda dapat diterima. Tentunya dengan tidak melupakan faktor-faktor lainnya yang harus terpenuhi.

2. Perhatikan dengan Cermat Persyaratan yang Diperlukan

Selain persyaratan khusus profil rumah yang Anda jaminkan, cermati juga beberapa persyaratan administratif dan non-administratif lainnya yang diperlukan seperti:

  • Usia calon debitur 21 hingga 60 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Karyawan dengan status karyawan tetap minimal 2 tahun dan/atau wiraswasta yang telah memiliki usaha berjalan selama minimal 2 tahun.
  • Jenis usaha dan profesi tidak melanggar ketentuan hukum di Indonesia.

Selain itu, pastikan Debt Service Ratio (DSR) atau rasio hutang Anda dengan penghasilan masih dalam batas yang dianjurkan ya. Jangan sampai rasio hutang Anda lebih besar dibandingkan dengan penghasilan untuk menghindari pengajuan kredit Anda ditolak.

Tips aman ajukan kredit jaminan sertifikat rumah

Tips aman ajukan kredit jaminan sertifikat rumah. Image Source: Unsplash

3. Pengajuan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Kredit jaminan sertifikat rumah memiliki nilai pembiayaan paling tinggi diantara pinjaman dengan jaminan lainnya seperti jaminan bpkb mobil atau jaminan bpkb motor. Pengajuan pinjaman dengan sertifikat rumah Anda melalui BFI Finance dapat dibiayai mulai dari Rp 70.000.000 dengan tenor minimal 1 tahun. Dengan besarnya pencairan dana tersebut, Anda diharapkan dapat lebih cermat dan bijak dalam menentukan besarnya dana yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman. Tentunya pengajuan pinjaman tersebut harus diselaraskan dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Jangan sampai pengajuan pembiayaan Anda justru memberatkan dan berpotensi timbul kredit macet.

4. Ajukan Melalui Lembaga Keuangan yang Terpercaya

Tips aman yang terakhir adalah pastikan pengajuan pembiayaan Anda melalui perusahaan pembiayaan atau Lembaga keuangan yang terpercaya dan telah mendapat izin resmi dari OJK, seperti BFI Finance. Tips yang satu ini perlu sangat diperhatikan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya aset jaminan Anda atau dimanfaatkan untuk kasus penggelapan dana. BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK serta telah membantu ribuan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya melalui pengajuan kredit pembiayaan. Saat ini, BFI Finance telah memiliki 228 cabang dan 118 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan segala jenis pembiayaan sesuai dengan kebutuhan melalui BFI Finance.

 

Itulah keempat tips aman dalam mengajukan kredit jaminan sertifikat rumah. Semoga Sobat BFI mendapatkan gambaran yang lebih jelas ya mengenai persyaratan pengajuan pembiayaan melalui sertifikat rumah. Dan kabar baiknya, “Promo Juli Kejutan Berkali-kali”masih berlangsung hingga 31 Juli 2022! Sobat BFI masih berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 1.500.000 setiap pengajuan pinjaman melalui website dengan jaminan sertifikat rumah! Isi dengan lengkap data diri Anda melalui tautan berikut ini. Jangan ragu untuk kunjungi cabang atau gerai BFI Finance terdekat dari lokasi Anda atau hubungi customer service kami untuk bertanya seputar produk yang kami tawarkan. Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

#SelaluAdaJalan Bersama BFI Finance. Stay safe and healthy!

 

Kategori : Pinjaman