Gaya Hidup

11 Penyebab Motor Mati Mendadak Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Admin BFI
15 March 2023
301589
11 Penyebab Motor Mati Mendadak Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Motor mati secara tiba-tiba atau yang lebih lumrah disebuh dengan motor mogok, tentu bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Ada banyak hal yang menjadi penyebab motor mati mendadak. Mulai dari kehabisan bahan bakar, overheat, sampai dengan tidak melakukan service rutin.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi pada motor Anda dan bagaimana mengatasinya jika sewaktu-waktu hal ini menimpa Anda atau orang terdekat, mari simak uraian di bawah ini.

 

1. 10 Penyebab Motor Mati Mendadak dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab motor mati mendadak dapat terjadi karena berbagai faktor. Manakala hal ini terjadi, kebanyakan dari kita akan dilanda rasa cemas, bingung, atau bahkan panik. Oleh karenanya, mengenali berbagai penyebab motor mati mendadak sangat penting untuk Anda ketahui sebagai langkah preventif.

1.1. Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab motor mati mendadak yang pertama dan paling sering dialami oleh orang-orang adalah kehabisan bahan bakar. Seperti yang kita ketahui,  bahan bakar adalah komponen penting pada motor. Tanpa adanya bahan bakar yang cukup tentu mesin yang ada tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Solusinya, Anda perlu mencari pom bensin terdekat untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan level tangki yang aman. Pastikan untuk tidak membiarkan hal ini terulang kembali demi menjaga performa mesin tetap baik.

1.2. Mesin Motor Terlalu Panas (Overheat)

Penyebab motor mati mendadak kedua yakni mesin motor terlalu panas atau overheat. Hal ini dapat terjadi ketika kipas pendingin mati, oli pada mesin mengalami kebocoran atau tersumbat, serta penggunaan mesin yang terlalu lama. Alhasil, mesin tidak dapat bekerja seperti biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengistirahatkan motor Anda untuk beberapa saat dan lakukan perawatan rutin pada sistem pendingin serta menjaga suhu mesin tetap stabil. Pastikan pula untuk rutin melakukan service motor secara berkala untuk menghindari adanya kebocoran pada radiator.

1.3. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai Anjuran

Setiap jenis kendaraan memiliki spesifikasi khusus yang diperuntukan untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi prima, termasuk diantaranya aturan pengisian bahan bakar.

Pengisian bahan bakar yang tidak semestinya dengan oktan yang terlalu rendah dapat mengakibatkan penyumbatan pada klep yang berujung terjadinya kerusakan mesin dan menjadi penyebab motor mati mendadak.

1.4. Filter Udara Kotor

Filter udara harus rutin dibersihkan untuk menghindari penyumbatan pada mesin. Pasalnya, filter udara memiliki fungsi yang cukup krusial, yakni sebagai penyaring debu dan kotoran agar tidak bercampur dengan bahan bakar.

Ketika debu yang menempel pada filter udara terlalu banyak dan bertumpuk, tarikan gas akan terasa lebih berat dan berpotensi menjadi penyebab mesin motor mati mendadak.

1.5. Pemasangan Klep yang Kurang Tepat

Selain kesesuaian dalam pemilihan bahan bakar, Anda juga perlu waspada terkait pemasangan klep yang kurang tepat. Misalnya klep yang ada dipasang terlalu rapat dan tidak ada celah sama sekali.

Hal tersebut sontak akan membuat mesin menjadi cepat panas dan akhirnya mati secara mendadak. Oleh karenanya, Anda harus memahami kerenggangan yang dibutuhkan untuk pemasangan klep agar mesin motor dapat bekerja dengan baik.

1.6. Busi Kotor

Busi motor yang kotor dapat menjadi penyebab motor mati mendadak yang ditandai dengan suara pada motor terdengar seperti ‘brebet’ lalu tak lama kemudian motor akan mati mendadak. Ciri lain dari busi yang kotor adalah kemunculan percikan api berwarna merah. Jika sudah begini, Anda harus segera menggantinya dengan busi yang baru.

1.7. Kabel Busi Bermasalah

Selain busi kotor, kabel busi yang bermasalah turut menjadi penyebab motor mati mendadak berikutnya. Sebab, kabel yang bermasalah akan mengeluarkan percikan listrik yang membuat arus listrik pada motor menghilang, sehingga busi tidak mau menyala dan pembakaran pun akan terhenti. Jika sudah begini, motor Anda harus segera diservis untuk dapat kembali berfungsi normal.

1.8. Main Jet Mampet

Main jet adalah komponen kecil pada motor yang berfungsi sebagai pintu keluar bensin dari mangkuk karburator atau bagian penampungan bensin. Ketika main jet mampet, otomatis bensin yang ada tidak dapat disalurkan dengan baik dan mengakibatkan motor Anda mati secara mendadak. 

1.9. Oli Mesin Habis

Penyebab Motor Mati Mendadak

Image Source: Freepik/Odua

Jangan pernah menggap sepele betapa pentingnya mengganti oli mesin secara rutin. Oli berfungsi sebagai pelumas mesin dari gesekan antar komponen motor dan membuat mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Kehabisan oli dapat membuat gesekan antara mesin menjadi lebih besar, sehingga mesin motor Anda bekerja lebih keras dan mudah panas. Mesin yang terlalu panas menjadi penyebab motor mati mendadak.

Jika hal ini terjadi pada Anda karena lupa mengganti oli atau oli mesin sudah kering, segera bawa motor Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan penggantian oli serta pengecekan mesin lainnya.

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Bengkel Motor: Tips, Estimasi Modal, dan Keuntungan

 

1.10. Tidak Melakukan Service Rutin

Sobat BFI, service rutin adalah salah satu kewajiban yang harus Anda lakukan untuk menjaga performa motor Anda tetap berfungsi dengan baik dan terjaga.

Service rutin sebaiknya dilakukan dua bulan sekali. Dengan melakukan service secara rutin, mesin motor Anda akan terkontrol dengan baik. Komponen motor Anda akan dibersihkan mulai dari ventilasi udara, busi, main jet, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Mau Servis Motor? Ini Rincian Biaya Servis Motor yang Harus Disiapkan

 

Itulah informasi mengenai 11 Penyebab Motor Mati Mendadak Paling Umum dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami alasan motor Anda mati secara tiba-tiba dan cara mengatasinya.

Butuh pinjaman dana cepat untuk berbagai jenis keperluan termasuk modal usaha? Ajukan pinjaman di BFI Finance saja!

Prosesnya aman, mudah, dan sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa ajukan pinjaman dengan pilihan jaminan yang bisa disesuaikan. 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup