Gaya Hidup

Panas! Ini Tips Tampil Oke Meski Cuaca Terik

Admin BFI
23 October 2023
2281
Panas! Ini Tips Tampil Oke Meski Cuaca Terik

Akhir-akhir ini, suhu udara di Indonesia sedang meningkat secara drastis. Bahkan, suhu di Indonesia telah mencapai 38 derajat di ruangan terbuka. Hal ini tentu mengganggu aktivitas, terutama bagi mereka yang harus beraktivitas di luar untuk bekerja.

 

Cuaca panas atau terik bisa menjadi tantangan bagi siapa pun. Teriknya matahari dapat membuat merasa lelah, lemas, dan kurang bersemangat. Namun, cuaca ini tidak harus menghambat penampilan dan kesehatan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan berbagai tips yang dapat membantu Anda tetap tampil oke dan menjaga kesehatan Anda saat cuaca sedang terik.

 

Baca Juga: Pengeluaran Kecil yang Berdampak Besar Bagi Keuangan, Bisa Dipangkas?

 

1. Outfit Saat Cuaca Terik

Pilihan pakaian yang tepat adalah langkah awal untuk tetap nyaman dan tampil menawan saat cuaca panas. Berikut beberapa tips tentang cara memilih outfit yang sesuai:

 

1.1 Pakaian Longgar

Saat cuaca panas, pakaian yang longgar akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat di tubuh Anda, terutama yang terbuat dari bahan yang ringan dan bernapas seperti katun atau linen. Pakaian yang longgar juga memungkinkan kulit Anda untuk bernapas dan mencegah keringat yang berlebihan.

 

1.2 Hindari Pakaian dengan Bahan Berikut

Beberapa jenis bahan pakaian dapat membuat Anda merasa lebih panas saat cuaca terik. Hindari pakaian yang terbuat dari polyester, nilon, atau sutra karena bahan-bahan ini cenderung menahan panas dan keringat. Jika Anda ingin tetap sejuk, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun, linen, atau rayon.

 

1.3 Pilih Warna Cerah

Warna pakaian juga dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat cuaca panas. Warna cerah seperti putih, kuning muda, atau pastel cenderung menyerap lebih sedikit panas dibandingkan dengan warna gelap. Oleh karena itu, pilihlah pakaian dengan warna cerah untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap rendah.

 

1.4 Meminimalisir Penggunaan Aksesoris

Meskipun aksesoris seperti kalung, gelang, dan anting-anting dapat menambah gaya Anda, penggunaan berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih panas. Pilihlah aksesoris yang sederhana dan ringan. Contohnya, kenakan gelang karet alih-alih gelang berat berbahan logam. Ini akan membantu Anda tetap nyaman tanpa mengorbankan penampilan.

 

1.5 Kenakan Kacamata Hitam atau Topi

Sinar matahari yang terik dapat merusak mata Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu, topi dengan tepi lebar dapat membantu melindungi wajah Anda dari paparan langsung matahari, sehingga Anda tetap sejuk dan terlindungi.

 

Baca Juga: Mengenal Zodiak, dan Bagaimana 12 Zodiak Berelasi dengan Pasangannya. Kalau Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

 

2. Tips Tetap Sehat saat Cuaca Terik

Selain penampilan yang oke, menjaga kesehatan tubuh Anda juga sangat penting saat cuaca panas. Ditambah dengan panas yang berlebih dapat menyebabkan heatstroke, yang merupakan kondisi serius. Gejala heatstroke meliputi pusing, mual, muntah, kulit kemerahan dan panas, denyut nadi cepat, dan kebingungan. Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami tanda-tanda ini, segeralah mencari bantuan medis.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap sehat saat cuaca terik:

 

2.1 Keluar di Jam yang Tidak Terik

Saat cuaca sedang sangat panas, hindari keluar rumah pada jam-jam terpanas, biasanya antara pukul 10 pagi hingga 3 sore. Ini adalah waktu ketika sinar matahari paling kuat dan berpotensi merusak kulit Anda serta meningkatkan risiko dehidrasi dan panas dalam.

 

2.2 Banyak Minum Air Putih

Penting untuk tetap terhidrasi saat cuaca panas. Minumlah air putih secara teratur untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, bawa botol air minum bersama Anda dan selalu siap mengisi ulang. Hindari minuman beralkohol dan berkafein karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

 

Dehidrasi adalah risiko yang serius saat cuaca panas, dan dapat menyebabkan gejala seperti pusing, kelelahan, atau bahkan heatstroke. Jadi, pastikan Anda selalu membawa botol air minum bersama Anda saat beraktivitas di luar ruangan dan minumlah secara teratur. Jika Anda merasa haus, jangan ragu untuk minum air lebih banyak. Dengan menjaga diri terhidrasi, Anda dapat menjalani hari dengan lebih nyaman meskipun cuaca sedang terik.

 

2.3 Pakai Sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda saat cuaca terik. Sinar UV matahari dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. Pilih tabir surya dengan SPF yang tinggi dan gunakan secara teratur, terutama jika Anda berada di luar ruangan.

 

2.4 Meminimalisir Aktivitas Luar Ruangan

Jika suhu sangat tinggi, sebaiknya meminimalisir aktivitas luar ruangan Anda, terutama yang memerlukan banyak energi fisik. Cobalah untuk tetap di dalam ruangan yang ber-AC atau berjemur di tempat yang teduh. Jika Anda perlu beraktivitas di luar, jangan lupa untuk istirahat dan minum air secara teratur.

 

2.5 Gunakan Kipas Angin Portable

Selain menjaga diri Anda tetap hidrasi dan melindungi kulit Anda dari sinar UV, penting juga untuk mencari cara tambahan untuk merasa lebih nyaman saat cuaca terik. Salah satu solusi yang efektif adalah menggunakan kipas angin portable. Kipas angin ini adalah cara yang bagus untuk membantu mendinginkan diri Anda, terutama jika Anda berada di tempat yang tidak memiliki AC.

 

Kipas angin portable dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar Anda, sehingga suhu tubuh Anda akan terasa lebih nyaman. Anda dapat membawanya ke mana saja, baik itu saat berjalan-jalan di taman, piknik, atau bahkan hanya duduk di teras rumah Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjalani aktivitas outdoor Anda tanpa harus merasa kepanasan.

 

Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah

2.6 Mandi Dingin atau Pakai Handuk Basah

Saat suhu udara meningkat, rasa panas bisa menjadi sangat mengganggu. Untuk merasa segar dan mendinginkan diri, pertimbangkan untuk mandi dingin atau menggunakan handuk basah. Mandi dingin dapat memberikan sensasi sejuk yang menyegarkan, sementara mengompres handuk basah ke tubuh Anda juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda dengan cepat.

 

Jika Anda tidak memiliki akses ke kamar mandi, Anda dapat membawa handuk basah ke mana saja. Tempatkan handuk basah di leher Anda atau di area tubuh lain yang terasa panas. Ini adalah cara instan untuk merasa lebih baik saat cuaca terik. Pastikan Anda selalu membawa handuk bersih dan kering untuk menghindari risiko infeksi atau iritasi pada kulit.

 

2.7 Gunakan Peralatan Pendingin Udara

Jika Anda berada di dalam rumah atau kantor, memanfaatkan peralatan pendingin udara seperti AC atau kipas angin besar adalah cara yang sangat efektif untuk menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman. AC dapat menjaga suhu ruangan pada level yang nyaman, sementara kipas angin besar dapat membantu sirkulasi udara di seluruh ruangan.

 

Dengan menjaga suhu dalam ruangan tetap sejuk, Anda akan merasa lebih baik saat bekerja atau beristirahat. Ini juga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari, sehingga Anda dapat terbangun dengan perasaan segar pada pagi hari. Pastikan Anda mengatur suhu AC sesuai dengan preferensi Anda, dan jangan lupa matikan peralatan ketika tidak digunakan untuk menghemat energi.

 

2.8 Konsumsi Makanan Ringan dan Sehat

Saat cuaca panas, makanan berat cenderung membuat Anda merasa lebih panas dan lelah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan sehat. Buah-buahan segar seperti semangka, melon, atau apel sangat cocok untuk menghilangkan dahaga dan memberikan energi.

 

Selain itu, salad dengan sayuran segar dan dressing ringan juga merupakan pilihan makanan yang baik saat cuaca terik. Makanan seperti ini tidak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, tetapi juga membantu menjaga suhu tubuh Anda tetap stabil. Hindari makanan pedas atau berlemak berat, karena jenis makanan ini dapat meningkatkan rasa panas dalam tubuh Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

 

Baca Juga: Ini Sederet Keuntungan LDR, Bisa Hemat Budget Juga

 

2.9 Hindari Alkohol dan Minuman Berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang akan membuat Anda merasa lebih panas dan lelah. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi minuman seperti kopi, teh, atau alkohol saat cuaca sedang terik. Sebaliknya, minumlah lebih banyak air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menjalani musim panas dengan nyaman dan aman. Jangan biarkan cuaca panas mengganggu aktivitas Anda; sebaliknya, nikmatilah dengan penampilan yang oke dan kesehatan yang terjaga.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup