Gaya Hidup

Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah

Admin BFI
8 August 2023
2995
Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah

Udara segar di dalam rumah adalah aspek penting yang seringkali diabaikan. Banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, sehingga kualitas udara dalam rumah dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa udara segar di rumah begitu penting dan bagaimana memastikan kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan menyegarkan di dalam rumah.

Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah

1. Menjaga Udara Rumah Tetap Segar

Udara yang segar dan sehat di dalam rumah sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Udara yang tercemar dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi mata, hidung tersumbat, alergi, dan bahkan masalah pernapasan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga udara di dalam rumah tetap segar dan sehat:

1.1 Ventilasi yang Baik:

Pastikan rumah Anda memiliki sistem ventilasi yang baik. Ventilasi yang efisien memungkinkan udara segar dari luar masuk ke dalam rumah dan udara kotor keluar. Buka jendela secara teratur untuk memberikan sirkulasi udara yang alami. Pemasangan exhaust fan di area seperti dapur dan kamar mandi juga dapat membantu mengurangi kelembapan dan bau yang tidak diinginkan.

1.2 Gunakan Pembersih Udara:

Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih udara atau air purifier di rumah Anda. Alat ini dapat membantu menghilangkan partikel-partikel kecil, seperti debu, serbuk sari, dan polutan lainnya dari udara di dalam ruangan. Pastikan Anda memilih pembersih udara yang sesuai dengan kebutuhan ruang dan perangkat yang memiliki filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) untuk hasil yang lebih efektif.

1.3 Tanaman dalam Ruangan:

Penggunaan tanaman dalam ruangan tidak hanya memberikan sentuhan dekoratif pada rumah, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara. Tanaman seperti pohon karet, krisan, lidah buaya, dan palem adalah beberapa contoh tanaman yang secara alami membersihkan udara dengan menyerap zat-zat berbahaya dan melepaskan oksigen,

1.4 Hindari Merokok di Dalam Rumah:

Jika Anda atau anggota keluarga merokok, upayakan untuk tidak merokok di dalam rumah. Asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan polusi udara di dalam ruangan dan berdampak buruk pada kesehatan penghuni rumah, terutama pada anak-anak dan orang dewasa yang sensitif.

1.5 Jaga Kebersihan Rumah:

Membersihkan rumah secara rutin dapat membantu menjaga kualitas udara di dalamnya. Bersihkan debu secara teratur dengan menggunakan kain lembab atau alat pembersih yang dapat menangkap debu. Selain itu, bersihkan juga sarang debu dan tungau yang sering berkembang biak di tempat-tempat tersembunyi seperti bawah tempat tidur atau di sudut-sudut ruangan.

1.6 Batasi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya:

Penggunaan bahan kimia berbahaya seperti pembersih berbasis ammonia atau klorin harus dibatasi. Bahan kimia ini dapat mengeluarkan gas berbahaya ke udara yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan iritasi kulit. Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih rumah yang lebih ramah lingkungan atau yang berbahan dasar alami.

1.7 Jaga Kelembapan Udara:

Pastikan tingkat kelembapan udara di dalam rumah tetap seimbang. Kelembapan yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit kering dan masalah pernapasan, sedangkan kelembapan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan tungau. Penggunaan humidifier atau dehumidifier dapat membantu mengatur kelembapan udara sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga udara di dalam rumah tetap segar dan sehat, menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan mendukung kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain hal diatas kita juga bisa memproduksi udara dengan kualitas yang lebih baik melalui tanaman yang bias kita kelola.  Karena tanaman memiliki kemampuan alami untuk menyerap gas berbahaya dan zat kimia dari udara dan mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Beberapa tanaman juga dapat menyerap partikel-partikel debu dan mengurangi kadar zat-zat beracun seperti formaldehida, benzene, dan trichloroethylene yang dapat berasal dari cat, furnitur, dan produk pembersih rumah tangga.

2. Bebeberapa tanaman yang direkomendasikan untuk membantu menjaga kualitas udara di dalam rumah Anda:

2.1 Aloe Vera (Aloe barbadensis miller):

Selain khasiatnya untuk merawat luka dan mengurangi iritasi kulit, Aloe Vera juga dapat membantu menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara di dalam ruangan.

2.2 Spider Plant (Chlorophytum comosum):

Tanaman ini adalah salah satu tanaman pembersih udara paling populer. Spider plant dapat menghilangkan formaldehida dan xylene serta partikel debu dari udara.

2.3 Snake Plant atau Lidah Buaya (Sansevieria trifasciata):

Seperti spider plant, tanaman ini juga sangat efektif dalam menghilangkan formaldehida. Yang menarik dari snake plant adalah kemampuannya untuk melepaskan oksigen di malam hari, sehingga cocok diletakkan di kamar tidur.

2.4 Rubber Plant (Ficus elastica):

Rubber plant adalah pembersih udara yang efisien dan juga mudah dirawat. Tanaman ini dapat membantu menghilangkan formaldehida dan amonia dari udara.

2.5 Peace Lily (Spathiphyllum):

Tanaman yang indah ini membantu menghilangkan ammonia, benzene, dan formaldehida. Perlu diingat bahwa bagi beberapa orang, kontak kulit dengan daun peace lily bisa menyebabkan iritasi, jadi pastikan untuk menangani dengan hati-hati.

2.6 Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii):

Tanaman ini sangat efektif dalam menghilangkan formaldehida dan benzene dari udara. Selain itu, bamboo palm adalah tanaman yang indah untuk dekorasi rumah.

2.7 Lavender (Lavandula):

Selain aromanya yang menyenangkan, lavender dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Lavender juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

2.8 Boston Fern (Nephrolepis exaltata):

Tanaman ini membantu menghilangkan formaldehida dan xylene dari udara. Namun, Boston fern membutuhkan perawatan lebih, seperti kelembaban dan sinar matahari yang cukup.

2.9 Gerbera Daisy (Gerbera jamesonii):

anaman bunga ini membantu membersihkan udara dari trichloroethylene dan benzene. Selain itu, dengan berbagai warna yang cerah, gerbera daisy akan menambah keindahan ruangan Anda.

2.10 Pothos (Epipremnum aureum):

Pothos adalah tanaman yang tahan lama dan mudah dirawat. Tanaman ini efektif dalam menghilangkan formaldehida dan benzene serta memperbaiki kualitas udara di rumah.

Jumlah tanaman yang Anda butuhkan untuk mempengaruhi kualitas udara di rumah Anda tergantung pada ukuran rumah dan tingkat polusi udara dalam ruangan. Satu tanaman per 9-10 meter persegi sudah dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan. Selain itu, jangan lupa untuk memberi tanaman Anda perawatan yang cukup, seperti penyiraman dan paparan sinar matahari yang sesuai.

Dengan menanam tanaman pembersih udara di rumah Anda, Anda tidak hanya meningkatkan kualitas udara, tetapi juga menambah sentuhan hijau yang menyegarkan dan menghiasi rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk menciptakan lingkungan rumah yang lebih sehat dan menyenangkan.

Baca JugaCantik alami dari bahan alami

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup