Bisnis

Modal Kecil Untung Besar, Ide Usaha Jajanan Rumahan Ini Bisa Anda Coba

Admin BFI
31 March 2022
50350
Modal Kecil Untung Besar, Ide Usaha Jajanan Rumahan Ini Bisa Anda Coba

Membuka usaha di bidang makanan menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menguntungkan. Selain karena keuntungan yang didapat bisa 2x lipat, bisnis makanan juga sangat diminati mengingat makan menjadi kebutuhan orang banyak. Bukan hanya itu, menurut penelitian, ide usaha makanan akan mengalami kenaikan sekitar 10,8% sampai tahun 2025. Teruntuk Anda yang bekerja sebagai ibu rumah tangga atau ingin memiliki usaha sampingan, berikut adalah beberapa ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar. 


Ide Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil 

Seblak 

usaha jajanan rumahan modal kecil - seblak

Image source : Kumparan

Hampir kebanyakan orang menyukai makanan khas Sunda satu ini. Ya, Seblak! Makanan yang dipopulerkan dari Kota Bandung ini memiliki cita rasa yang cenderung gurih dan pedas. Komposisi di dalam seblak meliputi kerupuk yang direbus dengan pelengkap seperti telur, ceker, bakso, cuangki, mie, sayuran, makaroni, dan lain sebagainya. Agar rasanya lebih nikmat, makanan ini diberi tambahan rempah seperti kencur, bawang merah dan putih, cabai, kemiri, dan bumbu penyedap. Karena rasanya yang sedap dan pedas, makanan ini banyak digemari oleh beberapa kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. 

Peluang bisnis ini bisa Anda jalankan sebagai mata pencaharian atau usaha sampingan mengingat modal yang dikeluarkan sangat minim karena bahan baku murah dan mudah ditemukan, dapat dilakukan sendiri tanpa membutuhkan bantuan karyawan, dan target pasar yang besar. Estimasi modal yang dibutuhkan tidak sampai dengan Rp 5 Juta. Anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp 2-3 juta. 

Sotang (Sosis Kentang) 

Berikutnya adalah berjualan sosis kentang atau lebih dikenal dengan sotang. Jajanan rumahan ini memiliki bahan dasar utama berupa sosis yang dibalut dengan adonan perekat serta kentang untuk menutupi semua bagian sosis. Semakin nikmat karena diguyur oleh aneka saus dan mayonaise yang memperkaya cita rasanya. Hotang bisa menjadi ide usaha jajanan rumahan karena banyak masyarakat menyukai jajanan bercita rasa enak dengan porsi yang cukup mengenyangkan. Sotang juga memiliki target pasar yang luas terutama di wilayah pemukiman warga dan kawasan perkotaan. 

Anda bisa memulai usaha jajanan rumahan ini secara mandiri atau menjadi mitra waralaba sosis kentang. Untuk memulai usaha ini, Anda cukup mengeluarkan modal sekitar Rp 3 juta dan mendapatkan keuntungan mencapai Rp 6 juta setiap bulannya. 

Pisang Nugget 

Camilan yang satu ini mulai tren dan booming setelah diperkenalkan oleh salah satu anak presiden Indonesia yang membuka bisnis ini. Dikarenakan rasanya yang renyah, manis, dan nikmat, beberapa penggiat usaha mulai mencoba peruntungan ini. Salah satunya adalah Novan seorang anak muda yang menggeluti usaha pisang nugget melalui sosial media. Dilansir dari detikfinance, Novan mengaku hanya memulai bisnis ini dengan modal Rp 800 ribu hingga mendapat untung sekitar Rp 15 juta setiap bulan. 

Usaha jajanan rumahan ini bisa Anda coba di rumah dengan menggunakan strategi pemasaran online. Agar lebih berkembang dan tidak tertinggal dengan produk baru, Anda bisa melakukan inovasi pada produk pisang nugget yang dijual. 

Singkong Keju 

Makanan dengan bahan dasar singkong ini juga bisa menjadi solusi mendapatkan penghasilan tambahan. Singkong keju sendiri adalah camilan yang dibuat dari singkong yang digoreng dan diberi bumbu pelengkap seperti bubuk rasa cabai, barbeque, dan lainnya. Agar semakin gurih, camilan ini diberi keju parut di atasnya. Singkong keju merupakan jenis usaha jajanan rumahan yang bisa menghasilkan keuntungan besar mengingat bahan baku utamanya yang terbilang cukup murah. Selain itu, waktu kedaluwarsa singkong juga terbilang lama dan tahan digunakan dalam waktu yang lama. 

Risol Mayo 

Jenis gorengan yang satu ini juga menjadi camilan favorit kebanyakan orang. Risol mayo merupakan jajanan berbahan dasar tepung yang dibuat menjadi kulit lalu diisi dengan sosis, daging ham, serta mayonaise di dalamnya. Untuk menambah tekstur, kulit risol mayo dilapisi lagi dengan tepung roti agar lebih renyah. Karena rasa yang enak dan tekstur garing di luar dan lembut di dalam, membuat makanan yang satu ini tinggi permintaan. Risol mayo dijual mulai dari Rp 3 ribu sampai Rp 20 ribu (menggunakan isian daging premium dan bahan berkualitas). Anda bisa mencoba memulai usaha jajanan rumahan ini mengingat pembuatannya cukup mudah dan bisa dilakukan dari rumah serta tinggi peminat. 

Makaroni Telor 

usaha jajanan rumahan modal kecil - maklor

Image source : Youtube

Untuk Anda yang memiliki tempat tinggal di sekitar sekolah, usaha jajanan rumahan ini cocok untuk dicoba. Makaroni telor merupakan jajanan yang tebuat dari makaroni yang dimasak menggunakan sedikit minyak lalu diberi cairan telur dadar. Setelah sedikit mengering, makaroni telor diberi bumbu penyedap dan bumbu varian rasa agar lebih gurih. Jika Anda berniat membuka usaha jajanan rumahan ini di rumah, Anda tidak perlu membutuhkan modal gerobak, melainkan modal berupa bahan baku makaroni dan bumbu saja yang hanya memakan sekitar Rp 200 ribu saja. Dari berjualan ini, Anda bisa mendapatkan untung sekitar Rp 100- 200 ribu setiap harinya. 

Gorengan 

Walaupun dapat dibuat sendiri dari rumah, berjualan gorengan juga bisa menjadi ide berjualan karena harganya yang murah, permintaan tinggi, dan hampir semua kalangan menyukainya. Ada beberapa jenis gorengan yang bisa Anda jual dan banyak dicari mulai dari bakwan, tahu isi, tempe goreng, cireng, dan pisang goreng. Berjualan gorengan juga dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. 

Jasuke (Jagung Susu Keju) 

Biasanya, jajanan ini ditemui di area pasar malam saja. Untuk memanfaatkan kesempatan, Anda bisa berjualan JASUKE atau jagung susu keju dari rumah. Camilan ini berbahan dasar jagung manis yang direbus dan sudah dipipil lalu diberi keju, susu, mentega, serta saus sebagai pilihan. Rasanya yang gurih, manis, dan pedas membuat camilan ini laku dan banyak dicari. 

Aneka Frozen Food 

usaha jajanan rumahan modal kecil - gorengan

Siapa yang tidak tahu dan suka dengan makanan atau gorengan seperti bakso, otak-otak, nugget, sosis, dan lain sebagainya? Nah, ide usaha jajanan rumahan ini bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Agar berjalan lancar, sebaiknya lakukan bisnis ini di area pemukiman yang terdapat banyak anak kecil atau sekitar lingkungan sekolah. 

Salad Buah 

Buatnya mudah, bisa dilakukan dari rumah, ide jajanan rumahan salad buah bisa jadi solusinya. Walaupun memerlukan modal yang cukup besar dibanding jajanan lainnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar juga dari penjualan salad buah. Usaha jajanan ini cocok dijalankan di masa pandemi seperti sekarang mengingat banyak orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat untuk memperkuat imunitas tubuh. 

Dalgona Coffee

Anda juga bisa menjual dalgona coffee di rumah untuk menambah penghasilan. Sebagian orang memilih untuk membelinya dikarenakan proses pembuatannya memakan waktu. Oleh karena itu, kesempatan ini dapat Anda gunakan untuk berjualan es dalgona coffee. Anda juga dapat berinovasi dengan membuat dalgona matcha, cokelat, dan lain sebagainya. 

Kopi Susu Kekinian 

Ide usaha jajanan selanjutnya adalah kopi susu kekinian. Hal ini bisa menjadi peluang karena kopi susu kekinian menjadi menu minuman yang paling banyak ditawarkan di beberapa tempat makan dan menjadi lifestyle sebagian orang, Walaupun kini sudah banyak brand atau merek ternama yang menjual kopi susu kekinian, Anda bisa mensiasatinya dengan menjual kopi susu dengan rasa nikmat namun harga di bawah pasaran. 

Boba 

Selain minuman kopi kekinian, membuka usaha boba juga bisa jadi alternatif usaha jajanan rumahan yang dapat mendatangkan keuntungan. Rasanya yang manis, membuat beberapa orang menyukai dan berpotensi membeli boba untuk menghilangkan dahaga atau sekadar dijadikan camilan. 

Donat 

usaha jajanan rumahan modal kecil - donat

Bukan hanya kue ulang tahun, donat kini juga menjadi alternatif hadiah yang dapat diberikan ke seseorang dalam perayaan tertentu. Bukan hanya saat perayaan, donat juga bisa dijadikan camilan ataupun makanan sarapan sebelum pergi ke kantor atau sekolah. Jadi, usaha ini cocok dijalankan bagi Anda yang ingin mencoba berjualan dari rumah. 

Croffle 

croffle

Yang terakhir adalah croffle. Croffle sendiri adalah camilan yang berasal dari croissant dan dicetak dalam mesin pencetak waffle. Untuk menabah cita rasa, croffle diberi dipping topping berupa selai dengan aneka rasa. Ide bisnis ini cocok dilakukan sebagai sampingan karena Anda dapat membeli adonan croissant di luar dan hanya membutuhkan usaha memanggangnya dengan mesin cetak waffle. Namun, camilan ini termasuk camilan yang viral dan berpotensi sewaktu-waktu menurun omsetnya karena minat konsumen ikut menurun. Anda bisa mensiasatinya dengan berinovasi seperti mengisi croffle dengan isian daging, sayur, dan bumbu lainnya. 


Itulah 15 ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa Anda coba dari rumah. Untuk Anda yang membutuhkan dana pinjaman, Anda bisa menjadikan BFI Finance sebagai solusinya. Anda dapat menjaminkan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah untuk mengatasi masalah keuangan. Pinjaman di BFI Finance memiliki bunga cicilan rendah, tenor yang panjang, dan pastinya terpercaya. Klik link berikut untuk pengajuan pinjaman. 

Kategori : Bisnis