Artikel

Mengenal Kaizen, Filosofi Jepang yang Berdampak Pada Perubahan Berkelanjutan

2022-04-26 00:00:00 272
Mengenal Kaizen, Filosofi Jepang yang Berdampak Pada Perubahan Berkelanjutan

Setiap orang yang menjalani kehidupan tentu menginginkan sesuatu yang lebih baik dalam hidupnya, baik dari sisi finansial, kesehatan, pikiran, sikap, dan perilaku. Jika Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik, yuk simak ulasan mengenai Kaizen berikut ini. 

 

Pengertian Kaizen 

Mungkin istilah ini terdengar asing untuk sebagian orang. Lalu, sebenarnya apa itu Kaizen? Kaizen sendiri merupakan salah satu filosifi Jepang yang dikembangkan pada tahun 1950. Kaizen berasal dari kata Kai dan Zen yang masing-masing artinya adalah perbaikan dan bagus. Secara istilah kaizen diartikan sebagai perbaikan yang berkelanjutan. 

Filosofi ini kemudian menjadi strategi untuk membuat sebuah perubahan di lingkungan kerja guna meningkatkan kemajuan dan perkembangan perusahaan. Jika diimplementasikan dalam budaya kerja, filosofi ini dapat memberikan dampak berikut : 

  • Komunikasi yang searah dan sejalan dengan tujuan pada suatu organisasi 

  • Dapat menjadi media berpikir kritis, inovatif, dan kreatif, serta praktis untuk memecahkan suatu masalah 

  • Meningkatkan kepedulian dan kesadaran selama proses berlangsung

Cara Menerapkan Kaizen 

Kaizen adalah

Dengan manfaat yang baik untuk perkembangan diri, berikut cara menerapkan kaizen menurut Lucidchart. 

Menganalisa Performa Saat Ini 

Untuk menciptakan perbaikan yang terus-menerus. Anda wajib menganalisa performa diri atau tim saat ini. Dengan adanya analisis performa, Anda bisa menentukan strategi yang perlu diperbaiki. Untuk menganalisa performa di sebuah perusahaan, Anda dapat menggunakan performa appraisal saat menganalisis. 

Pikirkan Hal Kecil 

Beikutnya adalah memikirkan hal dasar atau hal yang paling kecil. Ide-ide kecil pun terkadang dapat memberikan dampak yang besar untuk jangka waktu yang panjang. Dari pemikiran hal kecil tersebut, Anda akan terdorong memikirkan tujuan, risiko, dan cara menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Ketika Anda penasaran untuk memecahkan masalah tersebut, Anda akan berusaha semaksimal mungkin menemukan jawabannya yang secara tidak langsung membuat diri menjadi lebih produktif. 

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung 

Lingkungan yang saling mendukung juga diperlukan untuk menerapkan filosofi kaizen. Adanya dukungan dari lingkungan atau organisasi tentunya akan menciptakan perbaikan dan kondisi yang lebih baik lagi. Anda dapat bertukar pendapat terkait tujuan yang ingin dicapai. 

Tidak Perlu Terpaku pada Kesempurnaan 

Selanjutnya adalah tidak perlu terpaku dengan kesempurnaan karena pada dasarnya kaizen diterapkan untuk memperbaiki sesuatu agar dapat berjalan sesuai tujuan dan efektif bukan menyempurnakan sebuah sistem. Semua akan menjadi lebih sempurna ketika dilakukan perbaikan secara berkelanjutan. 

Terima Kesuksesan 

Untuk meningkatkan semangat dalam perbaikan, Anda bisa merayakan keberhasilan sekecil apapun usaha yang dilakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat termotivasi untuk meningkatkan pengalaman, bisnis, dan pencapaian lainnya. 

Gunakan Metode Lain 

Selain menggunakan filosofi kaizen, Anda bisa mencari cara dengan metode lainnya guna melakukan peningkatan perbaikan. Ada berbagai jenis metode proyek manajemen lain yang bsa digunakan, salah satunya adalah SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely). 

Apakah Bisa Filosofi Ini Diterapkan dalam Perusahaan? 

Kaizen adalah

Filosofi ini tentunya sangat memungkinkan diterapkan dalam suatu perusahaan. Filosofi kaizen ini juga memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan seperti di bawah ini. 

Terhindar dari Pemborosan 

Jika suatu perusahaan mengalami peningkatan terus-menerus, maka dapat dikatakan bisins yang dijalankan juga semakin baik dan efektif. Perusahaan dapat melakukan efisiensi budget dan juga kinerja menjadi lebih baik sehingga terhindar dari pemborosan. 

Mampu Beradaptasi dengan Cepat 

Manfaat selanjutnya dari menerapkan kaizen adalah mampu beradaptasi dengan cepat. Sebagai contoh, perusahaan rintisan atau startup biasanya dapat dengan cepat mengubah model bisnis untuk mengikuti perkembangan dan mempertahankan eksistensinya. Saat melakukan perubahan dengan cepat, para karyawannya pun dituntut untuk beradaptasi dengan cepat dengan metode yang baru. Hal inilah yang dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan cepat. 

Dapat Meningkatkan Kualitas Produk 

Tak bisa dihindari bahwa perbaikan yang terus-menerus dapat meningkatkan kualitas dari suatu hal, misalnya kualitas produk, sumber daya, proses, dan lain sebagainya. Penerapan kaizen dijadikan acuan untuk membuat proses dan elemen di dalam perusahaan menjadi lebih baik. 

Membantu Menghadapi Ketidaksiapan 

Perbaikan dapat dikatakan sebagai hal yang menantang. Dalam prosesnya, Anda bisa dihadapkan pada ketidakpastian yang ada di depan mata Anda. Sehingga, jika terbiasa melakukan perbaikan, maka Anda juga akan mampu menghadapi ketidakpastikan. 

Dapat Mengetahui Karyawan yang Berpotensi 

Yang terakhir adalah dapat mengetahui karyawan yang berpotensi. Ketika melakukan perbaikan, maka karyawan akan dituntut berpikir dan beradaptasi lebih cepat sehingga perusahaan dapat melihat karyawan yang mampu beradaptasi, berpikir serta merespon kejadian dengan cepat. Dengan begitu, karyawan seperti ini dapat dikembangkan untuk perbaikan sumber daya ke depannya. 

 

Demikian informasi mengenai kaizen dari BFI Finance. Selain memberikan dampak yang baik bagi perusahaan, penerapan kaizen juga sangat memungkinkan diterapkan pada kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kinerja dari pekerjaan atau aktivitas sehari-hari Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat, untuk Anda yang ingin melihat informasi mengenai keuangan, lifestyle, pinjaman, hingga inspirasi bisnis, Anda dapat mengunjungi situs berikut ini.

Sumber: