Gaya Hidup

Mengenal Istilah Frugal Living, Apa Bedanya dengan Pelit?

Admin BFI
19 September 2023
2397
Mengenal Istilah Frugal Living, Apa Bedanya dengan Pelit?

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah frugal living telah menjadi topik perbincangan yang populer dalam masyarakat. Gaya hidup ini dianggap dapat menjadi metode efektif untuk mencapai financial freedom atau mencapai stabilitas keuangan yang diinginkan dalam kondisi finansial tertentu. Namun, ada permasalahan yang sering muncul, yaitu kebingungan antara arti frugal living dengan konsep pelit.

 

Pemahaman yang benar adalah kunci untuk menghindari stereotip yang salah tentang frugal living. Fenomena ini seringkali terkait dengan perkembangan sosial media, yang kadang-kadang dapat menggambarkan frugal living tidak akurat. Oleh karena itu, penting untuk membedakan antara kedua konsep tersebut agar tidak salah kaprah.

 

1. Perbedaan Frugal Living dan Pelit

1.1 Definisi Frugal Living dan Pelit

Pada dasarnya, frugal living merupakan gaya hidup dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran. Istilah ini juga identik dengan hidup sederhana yang juga diiringi dengan pengelolaan uang yang bijaksana. Gaya hidup ini juga mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, sehingga orang yang melaksanakan gaya hidup ini cenderung untuk tidak membuang-buang uang mereka untuk hal-hal yang tidak perlu.

 

Sedangkan, pelit lebih mengacu kepada sikap enggan memberikan bantuan kepada orang lain. Sikap ini dianggap serakah, karena yang mereka pikirkan hanyalah kepentingan sendiri. Orang yang pelit tidak hanya enggan berbagi kepada orang lain, namun juga ke diri sendiri. Mereka cenderung malas mengeluarkan dana untuk keperluan-keperluan yang mereka anggap dapat menipiskan keuangan mereka. Padahal tidak jarang itu menjadi keperluan yang mereka butuhkan.

 

1.2 Bagaimana Mereka Membeli Barang

Seperti yang sudah dijelaskan, orang yang menerapkan gaya hidup frugal living bersedia untuk mengeluarkan uang untuk hal yang benar-benar mereka butuhkan. Sedangkan orang yang pelit tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun, bahkan ke hal yang sebenarnya mereka butuh.

 

Baca Juga: Mengenal Frugal Living, Konsep Hidup Hemat yang Bikin Cepat Kaya

 

Contohnya adalah membeli keperluan-keperluan yang dibutuhkan untuk diri sendiri, yaitu sabun dan shampo. Orang dengan gaya hidup frugal living akan membeli sabun dan shampo yang cocok untuk mereka. Walaupun harganya lebih mahal, tapi mereka tetap membelinya karena mereka merasa cocok dengan produk tersebut. Sedangkan orang yang pelit akan membeli sabun dan shampo dengan harga yang paling murah. Mereka tidak peduli apakah keduanya cocok, yang penting murah.

1.3 Berbagi kepada Sesama

Orang yang menjalani frugal living merencanakan anggaran untuk berbagi. Mereka dapat berbagi dengan mereka yang membutuhkan bantuan finansial, atau merayakan momen khusus bersama teman-teman mereka, seperti pernikahan, kelahiran anak, dan acara-acara lainnya.

 

Sedangkan orang yang pelit merasa bahwa Ia hanya boleh ‘bermewah-mewah’ dengan dirinya sendiri. Hal ini membuat mereka pada akhirnya tidak berbagi kepada mereka yang membutuhkan atau pada momen-momen khusus, yang mungkin hanya sekali seumur hidup.

 

2. Manfaat Frugal Living

Gaya hidup frugal living adalah pendekatan yang sangat relevan dan efektif bagi individu yang cenderung konsumtif. Orang-orang yang sering merasa tergoda untuk menghabiskan uang pada barang-barang atau layanan yang mungkin tidak benar-benar mereka butuhkan, akan menemukan banyak manfaat dalam menerapkan prinsip-prinsip frugal living dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan gaya hidup ini, pengeluaran akan lebih terencana sehingga pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan dapat diminimalisir. Lantas, apa manfaat jika Anda menerapkan frugal living dalam kehidupan Anda?

2.1 Meminimalisir Pengeluaran

Meminimalisir Pengeluaran adalah salah satu aspek penting dalam menerapkan gaya hidup ini. Dengan mengadopsi pola pengeluaran yang lebih hemat, Anda tidak hanya mengurangi risiko keuangan yang tidak stabil, tetapi juga dapat meningkatkan kapasitas Anda untuk menabung. Dengan lebih banyak uang yang tersimpan, Anda memiliki kesempatan untuk mengalokasikan dana tersebut ke dalam dana darurat, investasi, atau untuk merencanakan perjalanan masa depan yang lebih aman secara finansial.

 

Baca Juga: Tips dan Daftar Belanja Bulanan Hemat Agar Pos Keuangan Tetap Terjaga

 

2.2 Memantau Pengeluaran

Selain itu, melaksanakan gaya hidup ini juga membawa manfaat dalam merencanakan keuangan secara lebih spesifik. Anda akan terbiasa untuk memantau pengeluaran Anda, mencatat pengeluaran, dan mengidentifikasi pola-pola pengeluaran yang bisa dioptimalkan. Dengan begitu, pada akhir bulan, Anda dapat melakukan evaluasi mendalam terhadap pengeluaran Anda, mempertimbangkan kepentingan masing-masing, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola anggaran secara lebih efisien dan memastikan bahwa setiap rupiah yang Anda keluarkan memiliki tujuan yang jelas dan bernilai.

 

2.3 Membeli Barang Berkualitas

Seiring berjalannya waktu, penghematan yang Anda kumpulkan dari gaya hidup ini akan menjadi sebuah aset yang berharga. Tabungan yang Anda kumpulkan dengan teliti dapat memberikan Anda fleksibilitas finansial yang lebih besar. Anda tidak hanya akan mampu membeli barang-barang yang lebih berkualitas, tetapi juga memiliki kebebasan untuk memilih investasi yang cerdas atau mengejar impian jangka panjang Anda, seperti membeli rumah atau merencanakan masa pensiun yang lebih aman secara finansial. Dengan kata lain, mengadopsi gaya hidup yang hemat bukan hanya tentang membatasi diri dari pengeluaran, tetapi juga tentang memberikan diri Anda kesempatan untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan mengamankan masa depan finansial Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Tepat
 

 

2.4 Mencapai Financial Freedom

Menerapkan gaya hidup frugal living adalah langkah bijak menuju pencapaian target keuangan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sementara banyak orang mungkin memikirkan keuangan dalam jangka waktu 1-2 tahun, individu dengan gaya hidup ini cenderung melihat gambaran yang lebih luas, merencanakan hingga 10-20 tahun ke depan. Gaya hidup frugal living memberikan Anda alat untuk mencapai financial freedom dalam jangka waktu tertentu, memberikan makna pada peribahasa "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian."

 

Salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan adalah berinvestasi dalam bisnis. Dengan modal yang sudah Anda tabung, Anda dapat memulai atau mengembangkan usaha Anda sendiri. Ini adalah langkah yang bijak karena bisnis yang sukses dapat menghasilkan penghasilan yang berkelanjutan. Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda dapat tumbuh dan menjadi sumber pendapatan yang stabil.

 

Selain berbisnis, uang tabungan yang Anda kumpulkan juga dapat digunakan untuk tujuan-tujuan lain. Salah satunya adalah merencanakan perjalanan umroh yang mungkin selama ini Anda impikan. Atau Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk membeli rumah yang menjadi impian Anda. Keputusan seperti ini bisa memberikan kepuasan dan kebahagiaan yang mendalam.

 

Penting untuk diingat bahwa frugal living bukan tentang hidup dalam keterbatasan atau menahan diri dari kenikmatan hidup. Sebaliknya, ini adalah tentang mengelola uang Anda dengan bijak dan memprioritaskan keuangan masa depan Anda. Ini berarti Anda akan memilih berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki potensi pengembalian yang tinggi, daripada membelanjakan uang untuk keperluan sehari-hari yang mungkin hanya memberikan kepuasan sesaat.

 

Dengan melangsungkan gaya hidup tersebut secara konsisten, Anda membangun pondasi keuangan yang kokoh dan memberikan diri Anda peluang untuk mencapai impian-impian jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menikmati hasilnya ketika tabungan Anda tumbuh dan memberikan fleksibilitas serta kebebasan finansial yang Anda inginkan. Jadi, ingatlah bahwa frugal living adalah investasi dalam masa depan Anda yang lebih baik, yang akan memungkinkan Anda menikmati manfaatnya pada saat yang tepat.

 

Nah, itulah manfaat dari frugal living dan bedanya dengan istilah ‘pelit’. Dengan melangsungkan gaya hidup ini, Anda dapat lebih mengatur pengeluaran kamu tanpa menjadi pelit ke diri sendiri ataupun orang lain. Yuk Sobat BFI, menjadi lebih bijak dalam keuangan.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Kategori : Gaya Hidup