Gaya Hidup

Tips dan Daftar Belanja Bulanan Hemat Agar Pos Keuangan Tetap Terjaga

Admin BFI
8 October 2022
19406
Tips dan Daftar Belanja Bulanan Hemat Agar Pos Keuangan Tetap Terjaga

Siapa yang sudah waktunya pergi berbelanja bulanan lagi? Kali ini, BFI Finance akan memberikan tips supaya uang belanja bulanan Anda tetap aman. Tentunya, Anda harus mengelola keuangan dengan cara yang tepat.  

Tahukah Anda, bahwa porsi belanja kebutuhan makanan sehari-hari umumnya sekitar 40% dari pendapatan bulanan Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kiat-kiat berbelanja bulanan yang baik agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga. Mulai dari membuat daftar belanja, membandingkan harga, hingga berbelanja sekaligus banyak. 

Apa saja yang bisa Anda lakukan agar bisa berbelanja bulanan lebih hemat? Yuk, simak tips ala BFI Finance Indonesia berikut, supaya lebih hemat belanja bulanan di pasar maupun supermarket!

 

Tips Belanja Bulanan Hemat ala BFI Finance

1. Membuat Daftar Belanja

Apakah Anda sudah melakukan tips berikut? Jika belum, yuk, lakukan sekarang! Cara sederhana ini terbukti bisa membuat Anda belanja lebih hemat. Anda bisa berbelanja sesuai dengan daftar yang dibuat dan menghindari berbelanja barang atau makanan yang tidak diperlukan. 

Selain itu, Anda juga bisa mengatur anggaran belanja dan mengetahui berapa jumlah uang yang dikeluarkan untuk belanja bulanan di bulan ini. 

Utamakan untuk membeli barang-barang primer, seperti perlengkapan mandi atau bahan masakan. 

2. Sesuaikan Barang Dengan Keuangan

Selanjutnya, pastikan Anda membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah barang-barang seperti beras, bumbu dapur, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli bahan makanan berkualitas super atau barang impor yang harganya jauh lebih mahal. Yang terpenting, anggaran belanja harus tetap terjaga sesuai dengan yang telah direncanakan. 

3. Berbelanja Banyak Sekaligus

Sejak awal adanya pandemi, disarankan agar Anda berbelanja dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini bisa membuat Anda lebih hemat dalam belanja bulanan. Umumnya, harga barang dalam jumlah lusinan atau kodi lebih hemat dibanding dengan harga ecer. 

Membeli buah atau sayuran dalam bentuk utuh juga salah satu trik agar Anda lebih hemat. Harganya biasanya lebih murah dibandingkan dengan buah atau sayuran yang sudah diiris kecil-kecil. 

Melakukan hal ini juga akan mencegah Anda sering-sering pergi keluar, dan menghindari Anda dari resiko tertular virus corona. 

4. Cermat Melihat Harga dan Waktu Belanja

Yang terakhir, pastikan bahwa Anda cermat dalam membandingkan dan melihat harga. Jangan ragu juga untuk memanfaatkan promo member atau berbelanja ketika diskon. Anda bisa mengecek website atau sosial media supermarket yang Anda tuju secara berkala. 

Selain melihat harga, Anda juga harus melihat waktu belanja yang tepat. Berbelanja pada akhir pekan bisa membuat Anda lebih fokus untuk memilih produk yang benar-benar dibutuhkan. 

tips belanja bulanan hemat

Tips Belanja Bulanan Hemat. Image Source: Unsplash/Maria Lin Kim

List Belanja Bulanan Hemat ala BFI Finance

Setelah mengetahui bagaimana tips berbelanja bulanan dengan hemat, berikut adalah list belanja bulanan yang telah dibedakan berdasarkan jenisnya dan dapat Anda jadikan pedoman agar tidak ada list belanja yang terlewat terbeli.

1. Bahan Pokok Makanan

Daftar belanja bulanan yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok makanan seperti beras, mie instan, telur, daging-dagingan, sayur, buah, susu, dan lainnya.

Untuk membeli beras, Anda dapat memilih untuk membeli kiloan atau per 5 kilogram sesuai dengan kebutuhan harian Anda dan anggota keluarga. Simpan beras dalam wadah yang tertutup dan tidak lembab agar terhindar dari serangan kutu beras dan tidak berbau.

Mie instan adalah bahan makanan alternatif sebagai pengganti nasi jika terasa bosan. Sehingga, disarankan membeli persediaan mie instan secukupnya saja. Untuk kebutuhan daging-dagingan, Anda dapat memvariasikan antara olahan daging ayam, sapi, atau jenis daging lainnya. Yang terpenting adalah cara penyimpanan dagingnya pada temperatur yang dingin agar dapat bertahan lama dengan kualitas yang baik.

Sementara itu, produk sayur-sayuran adalah produk yang tidak tahan lama atau mudah layu. Beberapa jenis sayuran jika ditempatkan tidak pada mesin pendingin, kualitas kesegaran dan nutrisinya akan menurun kualitas. Dalam kasus ini, untuk menyiasatinya Anda mungkin perlu membeli sayur-sayuran pada saat hari H akan memasak atau seminggu sekali agar tetap terjaga kualitas kesegarannya. Selain sayur-sayuran, item yang perlu Anda perhatikan kualitas kesegarannya adalah buah-buahan.

Membeli frozen food seperti nugget, bakso, atau bahkan frozen vegetable juga dapat menjadi alternatif pengganti bahan makanan pokok selain daging-dagingan dan nasi jika Anda memiliki waktu yang tidak banyak untuk mempersiapkan menu makanan.

2. Keperluan Dapur

Daftar belanja bulanan kedua yang perlu Anda beli adalah beragam keperluan dapur seperti gula, garam, minyak, bawang-bawangan, bumbu instan, dan lain sebagainya.

Belilah keperluan dapur secukupnya dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini dilakukan agar Anda tidak perlu terlalu sering berkunjung ke supermarket atau warung untuk membeli keperluan dapur. Beberapa bumbu dapur ada yang tidak dapat disimpan pada temperatur yang dingin. Sehingga, pisahkan keperluan dapur yang dapat disimpan di kulkas dan mana yang tidak. Agar lebih rapi, Anda dapat memisahkan berbagai bumbu dapur menggunakan food container.

Bagi Anda yang jarang memasak setiap bulannya, Anda dapat memilih alternatif untuk menggunakan katering untuk memenuhi kebutuhan makanan harian Anda. Alokasikan dana belanja bulanan Anda untuk menggunakan layanan katering yang sudah terjamin kualitasnya.

3. Kebutuhan Kebersihan Rumah

Kebersihan rumah harus tetap terjaga. Maka dari itu, list belanja bulanan seperti cairan pembersih lantai, detergen, dan conditioner tidak boleh dilupakan. Anda dapat memilih untuk membeli berbagai cairan pembersih dengan kemasan botol maupun sachet sesuai dengan kebutuhan. Mengganti kain pel atau sapu juga juga tidak ada salahnya jika secara fungsi sudah tidak maksimal.

4. Perlengkapan Mandi

Selain kebutuhan kebersihan rumah, daftar belanja bulanan yang perlu Anda masukkan kedalam list adalah perlengkapan mandi yang mencakup sabun, shampoo, pasta gigi, sabun muka, dan lain sebagainya. Bahkan, jika Anda dapat berhemat, kebutuhan perlengkapan mandi biasanya akan bertahan lebih dari 1 bulan, tergantung dari intensitas pemakaian Anda.

5. Vitamin dan Obat-obatan Pribadi

List kebutuhan belanja bulanan yang tidak kalah penting yaitu vitamin dan obat-obatan pribadi. Kita harus selalu dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, mulailah dengan membeli vitamin seperti vitamin C dan suplemen makanan. Sebagai pertolongan pertama terhadap serangan penyakit, ada baiknya Anda menyetok obat-obatan pribadi obat flu, sakit kepala, batuk, maag, diare, betadine, dan lain sebagainya.

6. Kosmetik atau Perlengkapan Kecantikan

Berbelanja kebutuhan kosmetik atau kecantikan sebenarnya merupakan kebutuhan sekunder, yang artinya tidak menjadi kebutuhan wajib dalam list belanja bulanan Anda. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda dapat membelanjakan uang Anda untuk keperluan kosmetik ini seperti untuk membeli pelembab wajah, serum wajah, dan kebutuhan skincare lainnya.

7. Lainnya

List kebutuhan belanja bulanan terakhir yang dapat menjadi alternatif yaitu berbelanja camilan, makanan hewan peliharaan jika Anda memilikinya, kebutuhan pelengkap barang elektronik seperti batu baterai, dan kebutuhan sekunder lainnya.

 

Nah itulah berbagai tips dalam berbelanja bulanan secara hemat dan daftar list belanja bulanan yang dapat menjadi inspirasi bagi Sobat BFI. Semoga artikel kali ini membantu ya! Yuk, atur pengeluaran Anda lebih cermat dan selamat berbelanja!

 

Kategori : Gaya Hidup