Informasi Umum

Mengenal Faktur Kendaraan Bermotor dan 7 Fungsinya

Admin BFI
10 January 2023
109491
Mengenal Faktur Kendaraan Bermotor dan 7 Fungsinya

Faktur kendaraan bermotor adalah bukti pembelian resmi yang diperoleh ketika Anda membeli sebuah kendaraan. Meskipun terlihat sederhana dan umumnya hanya selembar kertas, namun nyatanya selebaran ini punya fungsi yang esensial.

Lalu, apa itu sebenarnya faktur kendaraan bermotor dan hal penting lainnya yang wajib kita ketahui? Simak baik-baik artikel berikut ini, ya!

 

1. Apa Itu Faktur Kendaraan Bermotor?

Faktur kendaraan bermotor adalah dokumen resmi atau bukti sah pembelian kendaraan bermotor. Di dalamnya berisikan sejumlah informasi penting mulai dari nama pembeli, toko atau dealer motor, harga beli, nomor mesin dan nomor rangka, serta informasi penting lainnya.

Faktur ini dapat Anda peroleh pada saat Anda selesai melakukan pembelian dan dibuat secara resmi oleh pihak penjual atau dealer motor. Umumnya, dokumen ini diberikan bersamaan dengan dokumen penting lainnya seperti BPKB dan STNK. Selain pihak pembeli, pihak penjual juga menyimpan salinan faktur dari kendaraan bermotor yang dijual.

2. 7 Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor

Selain berfungsi sebagai bukti sah pembelian, faktur kendaraan bermotor memiliki fungsi lainnya. Diantaranya yakni sebagai penambah bukti legalitas, persyaratan administrasi untuk mendaftar asuransi kendaraan, bukti sudah membayar pajak, dan masih banyak lagi. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

2.1. Bukti Sah Kepemilikan Kendaraan Bermotor

Faktur merupakan bukti pembelian yang valid karena dikeluarkan langsung oleh pihak dealer. Faktur juga dapat digunakan sebagai persyaratan administrasi untuk mengurus BPKB dan STNK. Selain itu, keberadaan faktur kendaran bermotor turut diakui oleh pihak berwenang seperti kepolisian.

2.2. Penambah Bukti Legalitas

Faktur kendaraan bermotor digunakan sebagai salah satu bukti legalitas kepemilikan kendaraan selain dari dokumen resmi seperti STNK dan BPKB. Jadi, sebelum Anda berencana untuk membeli kendaraan bekas, pastikan pihak penjual memiliki faktur pembelian yang asli.

2.3. Bukan Sebagai Persyaratan Balik Nama Kendaraan

Jangan sampai keliru, meskipun faktur dijadikan sebagai salah satu persyaratan mengurus BPKB dan STNK, nyatanya pada saat melakukan balik nama kendaraan faktur tidak dijadikan sebagai salah satu persyaratan administrasi. Ini bisa terjadi karena proses balik nama menyertakan BPKB sebagai dokumen pelengkap.

 

Baca Juga: Baru Beli Motor Bekas? Begini Cara Mudah dan Syarat Balik Nama Motor

 

2.4. Persyaratan Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Keempat, faktur kendaraan bermotor berfungsi sebagai salah satu syarat pengajuan kredit mobil bekas. Pasalnya, faktur yang ada dapat dijadikan sebagai tolak ukur peluang diterimanya aplikasi pengajuan Anda. Pihak kreditur bisa memastikan keamanan Anda saat bertransaksi.

 

Baca Juga: Manfaat Mengajukan Kredit Multiguna Jaminan BPKB Mobil

 

2.5. Bukti Sudah Membayar Pajak

Tahukah Anda jika faktur kendaraan bermotor dapat dijadikan dasar menghitung pajak kendaraan yang harus dibayar? Sebab, informasi yang tercatat di dalamnya memuat harga jual kendaraan, sehingga pajak yang harus dibayarkan dapat dihitung dengan mudah melalui faktur tersebut.

 

Baca Juga: Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Terbaru, Bisa Darimana Saja!

 

2.6. Dokumen Penting Untuk Pengajuan Pindah Alamat atau Mutasi Kendaraan

Saat Anda berencana untuk pindah domisili atau membeli kendaraan bekas dari daerah lain, tentunya Anda perlu melakukan mutasi kendaraan. Adanya perpindahan alamat ini membutuhkan sejumlah dokumen persyaratan, salah satunya yakni faktur kendaraan bermotor.

Dokumen ini diperlukan sebagai bukti sah bahwa kendaraan tersebut memang milik Anda karena di dalamnya memuat informasi penting terkait kendaraan Anda, seperti plat nomor, nomor rangka dan mesin, merk, model, tahun pembuatan, dan sebagainya.

Tanpa adanya faktur tersebut, permintaan Anda untuk mutasi kendaraan terancam tidak dapat diproses lebih lanjut oleh instansi berwenang.

 

Baca Juga: Biaya Mutasi Mobil di Tahun 2022 dan Cara Mudah Mengurusnya

 

2.7. Sebagai Penentu Premi Asuransi

Sebelum pengajuan asuransi kendaran disetujui, pihak asuransi akan mengecek keaslian faktur kendaraan untuk menentukan premi asuransi kendaraan bermotor.

Fungsi Faktur Kendaraan Bermotor Untuk Kendaraan Bekas

Kepemilikan faktur kendaraan bermotor sangatlah krusial. Dengan adanya faktur ini pihak penjual dapat memastikan keamanan dalam bertransaksi. Selain itu, dengan adanya faktur ini Anda dapat menjual kembali kendaraan yang ada dengan lebih mudah, sehingga calon pembeli percaya bahwa kendaraan tersebut legal dan bukan barang curian.

3. Cara Mengurus Faktur Kendaraan Bermotor Jika Hilang

Jika faktur kendaraan bermotor yang Anda miliki hilang, jangan khawatir ataupun panik karena Anda bisa mendapatkan faktur yang baru. Syaratnya yakni pastikan STNK dan BPKB Anda asli. Setelah itu Anda bisa menggunakan jasa pengurusan faktur terpercaya atau mengurusnya secara mandiri ke ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

Jasa pengurusan faktur yang legal telah bekerjasama dengan pihak kepolisian. Adapun tarif yang harus Anda bayar berkisar antara 300 ribu sampai dengan 800 ribu.

faktur kendaraan bermotor

Image Source: Freepik/fromkazanwithlove

Cara Mengurus Faktur Kendaraan yang Hilang Ke ATMP

  • Hubungi ATPM terdekat di domisili Anda.

  • Siapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP, fotokopi STNK, dan fotokopi surat keterangan hilang dari kepolisian.

  • Isi formulir permohonan dan membayar biaya pembuatan faktur yang baru

  • Tunggu hingga proses pembuatan faktur yang baru selesai. Nantinya Anda akan dihubungi melalui telepon saat faktur siap diambil.

  • Ambil faktur yang sudah jadi dan bawa ke Samsat untuk melakukan proses mutasi kendaraan (jika Anda berencana untuk pindah domisili atau menjualnya keluar daerah).

Sobat BFI, demikian bahasan seputar faktur kendaraan bermotor dan hal krusial lainnya. Mengingat fungsinya yang sangat penting, pastikan untuk menjaganya sebaik mungkin. Jangan sampai hilang ataupun rusak.

Punya kendaraan tidak terpakai? Jadikan jaminan di BFI Finance!

Prosesnya aman, mudah, dan sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa ajukan pinjaman untuk modal usaha, biaya pendidikan, dan kebutuhan lainnya. Cari tahu informasi lengkapnya di bawah ini.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Kategori : Informasi Umum