Informasi Umum

Jenis Bus di Indonesia: Berdasarkan Kapasitas, Fasilitas, Rute, dan Operator

Admin BFI
14 June 2024
715
Jenis Bus di Indonesia: Berdasarkan Kapasitas, Fasilitas, Rute, dan Operator

Transportasi bus di Indonesia sangat beragam dan memainkan peran penting dalam mobilitas masyarakat. Bus digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari perjalanan dalam kota hingga perjalanan antar provinsi. Adapun bus merupakan kendaraan bermotor angkutan umum yang besar, beroda empat atau lebih dan dapat memuat banyak penumpang.

 

Seiring berjalannya waktu, banyak jenis bus yang ada di Tanah Air. Bus yang beredar pun banyak yang semakin apik dan mewah. Lalu, apa sajakah jenis bus yang ada Indonesia? Simak selengkapnya pada artikel BFI Finance kali ini.

 

 

1. Jenis Bus Berdasarkan Kapasitas

Kapasitas bus di Indonesia berdasarkan kapasitas dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, dari big bus atau bus besar yang berkapasitas besar hingga medium bus yang lebih kecil.

 

1.1 Big Bus

Big bus adalah jenis bus besar yang mampu mengangkut banyak penumpang dalam satu perjalanan. Berikut adalah beberapa jenis big bus:

 

1.1.1 Bus Normal Deck

Bus normal deck adalah jenis bus yang memiliki dek atau lantai tunggal. Ini adalah tipe bus yang paling umum digunakan di Indonesia untuk berbagai rute jarak jauh maupun dekat. Kapasitasnya biasanya antara 40 hingga 60 penumpang.

 

1.1.2 Bus Double Decker

Bus double decker memiliki dua lantai atau dek, sehingga mampu menampung lebih banyak penumpang dibandingkan bus normal deck. Jenis bus ini biasanya digunakan untuk rute jarak jauh dan menawarkan pemandangan yang lebih baik bagi penumpang di dek atas. Kapasitas bus double decker bisa mencapai 70 hingga 80 penumpang.

 

1.1.3 Bus High Decker

Bus high decker memiliki dek yang lebih tinggi dari biasanya, memberikan lebih banyak ruang bagasi di bawah dek penumpang. Ini membuat jenis bus ini memiliki tinggi bus yang lebih tinggi, yaitu sekitar 3,4 hingga 3,5 meter. Jenis bus ini populer untuk perjalanan antar kota karena kapasitas bagasinya yang besar dan kenyamanan tambahan bagi penumpang. Kapasitasnya sekitar 45 hingga 55 penumpang.

 

1.1.4 Bus Ultra High Decker

Bus ultra high decker memiliki dek yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada high decker. Tinggi bus ini dapat mencapai 4 meter. Jenis bus ini menawarkan kenyamanan maksimal dengan ruang kabin yang luas dan seringkali dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti kursi yang bisa direbahkan sepenuhnya. Kapasitasnya bisa mencapai 50 hingga 60 penumpang.

 

1.1.5 Bus Super High Decker

Bus ini biasanya digunakan untuk layanan eksklusif dengan fasilitas premium, seperti tempat duduk yang bisa diubah menjadi tempat tidur. Dengan interior mewah dan tinggi bus hingga 3,9 meter, bus ini memiliki bagasi yang besar dan mengutamakan kenyamanan penumpang.

 

1.1.6 Bus High Decker Double Glass

Bus high decker double glass memiliki dua lapis kaca pada dek yang lebih tinggi. Ini memberikan pemandangan yang lebih luas dan meningkatkan kenyamanan penumpang dengan pencahayaan alami yang lebih baik. Tipe bus ini merupakan hasil pengembangan dari super high decker. Desain yang dibuat pun futuristik.

 

1.2 Medium Bus

Medium bus adalah jenis bus dengan kapasitas sedang, ideal untuk rute yang tidak memerlukan kapasitas besar namun tetap membutuhkan kenyamanan dan efisiensi.

 

1.2.1 Micro Bus

Micro bus adalah jenis bus dengan kapasitas lebih kecil, biasanya mampu menampung sekitar 20 hingga 30 penumpang. Jenis bus ini cocok untuk rute dalam kota atau antar kota dengan jarak pendek. Micro bus dikenal dengan kemampuan manuvernya dan kesesuaiannya untuk kelompok kecil atau layanan khusus.

 

1.2.2 Mini Van

Mini van adalah kendaraan yang lebih kecil dari micro bus, sering digunakan untuk perjalanan kelompok kecil atau sebagai shuttle di dalam kota. Kapasitasnya biasanya sekitar 7 hingga 15 penumpang. Mini bus biasa digunakan untuk transportasi pribadi, perjalanan keluarga, atau tamasya kelompok kecil. Mini van dikenal karena kenyamanan, kemudahan, dan fleksibilitasnya untuk kelompok kecil seperti keluarga.

 

1.2.3 Bus Listrik

Bus listrik adalah inovasi terbaru dalam transportasi bus yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber daya. Jenis bus ini ramah lingkungan dan semakin populer di kota-kota besar untuk mengurangi polusi udara. Kapasitas bus listrik bervariasi, tetapi umumnya mampu menampung antara 25 hingga 50 penumpang.

 

2. Jenis Bus Berdasarkan Fasilitas

Bus di Indonesia juga dapat dikategorikan berdasarkan fasilitas yang ditawarkan, dari yang paling dasar hingga yang paling mewah.

 

2.1 Bus Ekonomi

Bus ekonomi adalah jenis bus yang menawarkan fasilitas dasar dengan harga tiket yang terjangkau. Biasanya dilengkapi dengan kursi standar dan fasilitas minimal seperti kipas angin atau AC. Kapasitasnya berkisar antara 40 hingga 60 penumpang. Bus ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk perjalanan sehari-hari.

 

2.2 Bus VIP

Bus VIP menawarkan fasilitas yang lebih baik dibandingkan bus ekonomi, termasuk kursi yang lebih nyaman, AC, dan hiburan di dalam bus seperti TV atau pemutar musik. Kapasitas bus VIP biasanya antara 30 hingga 50 penumpang. Bus ini cocok untuk penumpang yang menginginkan kenyamanan lebih selama perjalanan.

 

2.3 Bus Executive

Bus executive adalah jenis bus dengan fasilitas premium, termasuk kursi yang bisa direbahkan, ruang kaki yang luas, layanan makanan dan minuman, serta hiburan pribadi. Kapasitasnya biasanya antara 20 hingga 40 penumpang. Jenis bus ini sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan tingkat kenyamanan tinggi.

 

3. Jenis Bus Berdasarkan Rute

Rute perjalanan bus juga menjadi salah satu faktor penting dalam klasifikasi bus di Indonesia.

 

3.1 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)

Bus AKAP adalah bus yang melayani rute antar kota yang berada di provinsi yang berbeda. Rute ini biasanya panjang dan membutuhkan waktu perjalanan yang lama. Bus AKAP seringkali dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk memastikan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Kapasitas bus AKAP bervariasi tergantung jenis bus yang digunakan, tetapi umumnya antara 40 hingga 60 penumpang.

 

3.2 Bus Antar Kota Antar Kabupaten (AKAB)

Bus AKAB melayani rute antar kota yang berada dalam satu provinsi tetapi di kabupaten yang berbeda. Jenis bus ini umumnya digunakan oleh penumpang yang melakukan perjalanan dengan jarak sedang. Kapasitasnya biasanya antara 30 hingga 50 penumpang.

 

3.3 Bus Dalam Kota

Bus dalam kota adalah bus yang melayani rute di dalam satu kota atau area metropolitan. Jenis bus ini biasanya memiliki frekuensi keberangkatan yang tinggi dan berfungsi sebagai transportasi umum utama di kota-kota besar. Kapasitas bus dalam kota bervariasi, tetapi umumnya antara 30 hingga 50 penumpang.

 

4. Jenis Bus Berdasarkan Operator

Operator bus di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, termasuk perusahaan milik pemerintah dan swasta.

 

4.1 Bus BUMN dan BUMD

Bus yang dioperasikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meliputi perusahaan-perusahaan seperti Damri dan Transjakarta. Biasanya, operator bus BUMN memiliki layanan yang terjamin.

 

4.1.1 Damri

Damri adalah salah satu operator bus tertua dan terbesar di Indonesia, yang menyediakan layanan bus untuk berbagai rute termasuk dalam kota, antar kota, dan antar provinsi. Damri juga mengoperasikan bus bandara di beberapa kota besar. Kapasitas bus Damri bervariasi tergantung jenis rute yang dilayani, tetapi umumnya antara 40 hingga 60 penumpang.

 

4.1.2 Transjakarta

jenis bus

Image Source: Freepik

Transjakarta adalah sistem bus rapid transit (BRT) yang beroperasi di Jakarta. Transjakarta sendiri dikelola oleh pemerintah daerah dan menyediakan layanan bus dalam kota dengan jalur khusus yang memungkinkan perjalanan lebih cepat dan efisien. Kapasitas bus Transjakarta biasanya antara 80 hingga 100 penumpang, mengingat bus ini dirancang untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar dengan cepat.

 

4.2 Bus Swasta

Selain operator BUMN, banyak perusahaan swasta yang mengoperasikan layanan bus di Indonesia. Operator bus swasta sering kali menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari bus ekonomi hingga bus executive, untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang berbeda.

 

4.2.1 Operator Swasta

Beberapa operator bus swasta terkenal di Indonesia antara lain:

  1. PO Haryanto: Terkenal dengan layanan AKAP yang menghubungkan berbagai kota di Jawa dan Sumatra. Kapasitas bus PO Haryanto biasanya antara 40 hingga 60 penumpang.
  2. Rosalia Indah: Menyediakan layanan bus executive dengan fasilitas lengkap. Kapasitas bus Rosalia Indah berkisar antara 30 hingga 50 penumpang.
  3. Lorena: Dikenal dengan jaringan luasnya yang mencakup banyak kota besar di Indonesia. Kapasitas bus Lorena umumnya antara 40 hingga 60 penumpang.

 

Jenis bus di Indonesia sangat bervariasi, baik dari segi kapasitas, fasilitas, rute, maupun operator. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, penumpang dapat memilih jenis bus yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

 

Saat ini, BFI Finance menyediakan pembiayaan untuk pembelian unit bus dengan jenis-jenis tertentu di wilayah Sulawesi dan Jawa. Jika Anda ingin mengajukan pembiayaan bus untuk berbagai keperluan, BFI Finance menjadi jawaban Anda.  BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB mobil, BPKB motor, dan sertifikat rumah atau ruko untuk keperluan Anda. Dengan bunga yang kompetitif , BFI Finance menawarkan pencairan dana hingga 80% dari nilai kendaraan Anda. Yuk, ajukan pembiayaan Anda sekarang di BFI Finance!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum