Informasi Umum

Ini Kisaran Biaya Sekolah Pilot di Indonesia, Tertarik?

Admin BFI
24 April 2024
1609
Ini Kisaran Biaya Sekolah Pilot di Indonesia, Tertarik?

Menjadi pilot merupakan salah satu cita-cita yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Profesi ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar, yaitu menerbangkan dan mendaratkan pesawat terbang dengan selamat. Hal ini tentunya bukan hal yang mudah dilakukan, dan membutuhkan pelatihan intensif dan pendidikan khusus.

 

Oleh karena itu, terdapat sekolah pilot yang melatih calon-calon pilot untuk dapat menjalankan tugas mereka dengan profesional dan kompeten. Namun pertanyaan selanjutnya adalah, berapa kisaran biaya sekolah pilot di Indonesia? Bagaimana syarat masuk umum menjadi pilot di Indonesia? Simak selengkapnya di artikel BFI Finance berikut ini.

 

 

1. Jenis-Jenis Lisensi Pilot

Sebelum mengetahui estimasi biaya sekolah pilot, penting untuk mengetahui jenis-jenis lisensi pilot. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui sekolah pilot apa yang dapat Anda ambil berdasarkan ketertarikan Anda:

 

1.1 Private Pilot License (PPL)

Pemegang lisensi pilot PPL hanya boleh menerbangkan pesawat menggunakan mesin tunggal untuk kepentingan pribadi (non komersial). Adapun penerbangan yang dilakukan oleh pemegang lisensi ini hanya boleh melaksanakan penerbangan di siang hari.

 

1.2 Commercial Pilot License (CPL)

Pemegang lisensi pilot CPL diberikan kepada pilot untuk dapat menerbangkan pesawat komersial serta membawa penumpang. Walau begitu, pemegang lisensi ini memiliki keterbatasan apabila belum memiliki kualifikasi selanjutnya, yaitu Instrument Rating (IR).

 

1.3 Instrument Rating (IR)

Pemegang lisensi IR berperan sebagai pelengkap lisensi CPL. Lisensi ini diperlukan agar pilot dapat menerbangkan pesawat lebih handal baik di siang maupun di malam hari. Pemilik lisensi ini juga mendapatkan kepercayaan dalam menghadapi kondisi cuaca tertentu di udara.

 

1.4 Multi Engine (ME)

Pemegang lisensi ME diperlukan untuk menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

 

1.5 Airline Transport Pilot License (ATPL)

Pemegang lisensi ATPL menjadi jenis lisensi yang memberikan pilot kesempatan untuk menjadi kapten pesawat dalam operasi maskapai penerbangan. Tentunya, lisensi ini memerlukan jam terbang yang lebih tinggi dengan syarat-syarat ketat lain.

 

2. Kisaran Biaya Sekolah Pilot di Indonesia

2.1 Bali International Flight Academy

Berdomisili di Bali, sekolah pilot ini menyediakan kelas dengan lisensi Private Pilot License (PPL) hingga Airline Transport Pilot License (ATPL). Adapun estimasi biaya sekolah pilot ini adalah Rp 985 juta dengan durasi 12 bulan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya kuliah, buku, biaya terbang serta biaya ujian. Tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mencicil biaya ini hingga 5 tahun.

 

2.2 Bandung Pilot Academy

Sekolah pilot yang berdomisili di Bandung ini menyediakan program PPL, CPL, IR, dan ME yang berlangsung selama 1-5 bulan. Adapun estimasi biaya sekolah pilot Bandung Pilot Academy adalah Rp 850 juta sudah termasuk biaya teori, praktik, dan biaya peralatan. Biaya tersebut juga termasuk asrama selama pendidikan.

 

2.3 Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug ini berlokasi di daerah Legok, Kabupaten Tangerang. Politeknik ini diawasi langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan termasuk kedalam perguruan tinggi negeri. Hal ini yang membuat sekolah pilot Politeknik Penerbangan Indonesia Curug diminati oleh banyak pelamar. Adapun biaya sekolah pilot ini termasuk terjangkau dan merupakan salah satu biaya sekolah pilot termurah di Indonesia, yaitu Rp 93 juta per tahun dan dapat diangsur selama 4 tahun.

 

2.4 Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

Selain Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (APPI) adalah perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Adapun program studi yang ada dalam sekolah pilot ini adalah Diploma III (D3) Penerbang Sayap Tetap dengan biaya sekolah pilot mulai dari Rp 60 juta hingga Rp 824 juta, D3 Operasi Pesawat Udara dengan biaya sekolah pilot mulai dari Rp 41 juta hingga Rp 172 juta, serta Program Non Diploma Penerbang Sayap Tetap dengan biaya sekolah pilot mulai dari Rp 98 juta hingga Rp 728 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya kuliah, praktik terbang, buku dan modul, seragam, asrama, dan makan yang dapat diangsur dalam 12 kali cicilan.

 

2.5 Dirgantara Pilot School

Dirgantara Pilot School yang berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat memiliki bandar udara pribadi yang terletak di Bandara Wiriadinata. Ini menjadi keunggulan dari sekolah pilot Dirgantara. Adapun biaya sekolah pilot Dirgantara adalah Rp 850 juta dengan durasi maksimal 18 bulan dan dapat dicicil hingga 15 kali. Lisensi yang didapatkan dari sekolah pilot ini adalah PPL, CPL, dan IR. Keuntungan lain dari Dirgantara Pilot School adalah terdapat program beasiswa penuh, beasiswa parsial, dan beasiswa prestasi.

 

2.6 Aero Flyer Institute

Berlokasi di Tangerang, Aero Flyer Institute menawarkan program lisensi PPL dengan biaya sekolah pilot mulai dari Rp 298 juta, paket lisensi PPL, CPL, dan IR dengan biaya mulai dari Rp 548 juta, dan paket lisensi PPL, CPL, IR, dan ME dengan biaya mulai dari Rp 892 juta. Adapun rincian biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran, buku, dan biaya-biaya lain.

 

2.7 Deraya Flying School

Sekolah pilot ini berlokasi di Jakarta, tepatnya di daerah Cililitan, Jakarta Timur. Adapun sekolah pilot Deraya Flying School adalah salah satu sekolah pilot swasta tertua di Indonesia. Biayanya sekolah pilot ini pun beragam, yaitu: paket pendidikan tiga lisensi yaitu PPL, CPL, dan IR dengan biaya sekitar Rp 855 juta dan paket pendidikan empat lisensi yaitu PPL, CPL, IR, dan MER dengan biaya sekitar Rp 1 miliar. Biaya tersebut belum termasuk biaya hidup, namun sudah termasuk ground school, flight training, serta biaya ujian.

 

2.8 Genesa Flight Academy

Berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, Genesa Flight Academy memiliki berbagai program pelatihan pilot, termasuk PPL, CPL, dan IR. Adapun rincian biaya sekolah pilot ini adalah: PPL dengan biaya Rp 380 juta dengan durasi 4-5 bulan, CPL sekitar Rp 645 juta dengan durasi 6-7 bulan, serta program lisensi IR sekitar Rp 752 juta dengan masa pendidikan 7-8 bulan.

 

2.9 Perkasa Flight School

Sekolah pilot ini berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Terdapat lisensi pilot PPL, CPL, IR, ME pada sekolah pilot ini. Adapun biaya sekolah pilot ini dimulai dari Rp 916 juta dengan durasi pendidikan 18 bulan. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran sebesar Rp 10 juta.

 

2.10 Alfa Flying School

Alfa Flying School yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat menawarkan sekolah pilot dengan lisensi PPL, CPL, dan IR. Estimasi biaya sekolah pilot ini adalah sekitar Rp 700 juta (PPL), Rp 1,2 miliar (CPL), dan Rp 400 juta (IR) belum termasuk biaya pendaftaran, yaitu Rp 9 juta. Adapun biaya sekolah pilot Alfa Flying School dapat diangsur dalam beberapa kali pembayaran serta memiliki program beasiswa prestasi.

 

2.11 Flybest Flight Academy

Berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, sekolah pilot ini menjadi salah satu pilihan utama untuk menjadi pilot profesional. Sekolah ini menawarkan program pelatihan berkualitas dengan lisensi PPL, CPL, IR, MER & ATP/MCC + Jet Intro. Biaya sekolah pilot ini pun kurang lebih Rp 1 miliar selama 18 bulan. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran (Rp 2,1 juta), akomodasi, transportasi, laundry, dan meals selama flight training Batam atau Tanjung Pinang

 

2.12 Nusa Flying Institute

Nusa Flying Institute berlokasi Indonesia bagian timur tepatnya di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Sekolah ini menawarkan lisensi pilot PPL, CPL,dan  IR. Adapun biaya sekolah pilot ini adalah Rp 827 juta dengan durasi 18 bulan. Biaya tersebut sudah termasuk asrama selama masa pendidikan .

 

3. Tips Memilih Sekolah Pilot di Indonesia

biaya sekolah pilot

Image Source: Freepik

 

Memilih sekolah pilot yang tepat merupakan langkah penting bagi calon pilot untuk memulai karir mereka di dunia penerbangan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih sekolah pilot yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda:

 

3.1 Cek Lisensi Apa Saja yang Ditawarkan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lisensi yang ditawarkan oleh sekolah pilot. Pastikan sekolah pilot memiliki lisensi yang diakui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Lisensi ini menandakan bahwa sekolah pilot telah memenuhi standar kualitas dan keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, perhatikan juga jenis lisensi yang ditawarkan.

 

3.2 Cek Berapa Jam Terbang yang Akan Didapat

Jumlah jam terbang merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas pendidikan pilot. Semakin banyak jam terbang yang didapat, semakin baik pula kemampuan dan pengalaman pilot dalam menerbangkan pesawat. Pastikan sekolah pilot yang Anda pilih menyediakan program pendidikan dengan jumlah jam terbang yang cukup untuk memenuhi persyaratan lisensi pilot yang Anda inginkan.

 

Perhatikan juga rincian jam terbang yang akan Anda dapatkan, seperti berapa jam terbang untuk teori, berapa jam terbang untuk simulator, dan berapa jam terbang untuk penerbangan nyata. Perhatikan juga berapa lama sekolah pilot Anda. Pastikan program pendidikan pilot yang Anda pilih seimbang antara teori dan praktik.

 

3.3 Cek Penggunaan Bahasa Pembelajaran

Seorang pilot harus dapat menguasai kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan baik. Setidaknya pilot dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris secara pasif yang baik. Karena nantinya pilot akan berkomunikasi dengan pihak Air Traffic Controller (ATC) menggunakan bahasa inggris. Maka dari itu, carilah sekolah pilot yang dalam pembelajarannya menggunakan bahasa inggris selain bahasa utama, bahasa Indonesia.

 

4. Syarat Umum Sekolah Pilot di Indonesia

Memilih sekolah pilot yang tepat merupakan langkah awal yang penting bagi calon pilot untuk memulai karir di dunia penerbangan. Selain memilih sekolah pilot yang berkualitas, calon pilot juga harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah pilot. Berikut beberapa syarat sekolah pilot yang umum di Indonesia:

 

4.1 Usia Minimal 17 Tahun dan Telah Lulus SMA

Calon pilot harus berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar ke sekolah pilot. Calon pilot juga harus telah lulus SMA atau sederajat dengan nilai yang baik. Hal ini dikarenakan materi pelajaran di sekolah pilot cukup kompleks dan membutuhkan pemahaman yang kuat tentang matematika, fisika, dan bahasa Inggris.

 

4.2 Tinggi Minimal 160 cm

Calon pilot harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Tinggi badan ini diperlukan untuk memastikan bahwa pilot dapat menjangkau semua kontrol pesawat dengan mudah dan nyaman.

 

4.3 Lulus Tes Kesehatan (MEDEX)

Calon pilot harus lulus tes kesehatan yang dilakukan oleh dokter penerbangan yang terdaftar di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Tes kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon pilot memiliki kesehatan fisik dan mental yang prima untuk dapat menerbangkan pesawat dengan aman.

 

4.4 TOEIC Minimal 400

Calon pilot harus memiliki skor TOEIC (Test of English for International Communication) minimal 400. TOEIC merupakan tes bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi bahasa Inggris dalam konteks bisnis dan pekerjaan. Skor TOEIC 400 menunjukkan bahwa calon pilot memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup untuk memahami komunikasi penerbangan dan dokumen-dokumen terkait.

 

4.5 Lulus Tes Aptitude (Tes Bakat Terbang)

Calon pilot harus lulus tes aptitude atau tes bakat terbang. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan calon pilot dalam hal koordinasi tangan-mata, kemampuan spasial, dan kemampuan pemecahan masalah.

 

4.6 Lulus Tes Akademik

Beberapa sekolah pilot memiliki tes akademik tambahan yang harus dilalui oleh calon pilot. Tes akademik ini biasanya mengukur kemampuan calon pilot dalam matematika, fisika, dan bahasa Inggris.

 

4.7 Lulus Psikotes

Calon pilot harus lulus psikotes yang dilakukan oleh psikolog yang terdaftar di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Psikotes ini bertujuan untuk mengukur stabilitas emosi, kemampuan adaptasi, dan motivasi calon pilot.

 

Sobat BFI, berikut merupakan estimasi biaya dan syarat-syarat umum sekolah pilot yang ada di Indonesia. Melihat estimasi biaya, tentunya sekolah pilot membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, BFI Finance hadir sebagai perusahaan pembiayaan tepercaya yang dapat membantu mewujudkan kebutuhan Anda.

 

BFI Finance sendiri merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk berbagai keperluan Anda.

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum