Informasi Umum

Hidup Hemat untuk Kaum Milenial, Gimana Tuh?

Admin BFI
24 October 2023
1029
Hidup Hemat untuk Kaum Milenial, Gimana Tuh?

Generasi milenial sering diidentifikasikan dengan pengeluaran besar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apakah memang harus selalu menghabiskan banyak uang untuk hidup bahagia dan memenuhi keinginan? Artikel ini akan membahas tips hidup hemat untuk kaum milenial, beserta daftar biaya yang dapat mereka kurangi.

 

Baca Juga: Panas! Ini Tips Tampil Oke Meski Cuaca Terik

 

1. Tips Hidup Hemat untuk Generasi Milenial

1.1 Budgeting (Penganggaran)

Salah satu langkah pertama menuju hidup hemat adalah membuat anggaran atau budget. Ini adalah alat yang kuat yang membantu seseorang melihat di mana uang mereka benar-benar pergi. Pada dasarnya, anggaran adalah rencana pengeluaran yang memungkinkan Anda mengelola uang Anda lebih efektif. Dengan membuat anggaran yang rinci, Anda akan tahu berapa banyak uang yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, dan berapa yang dapat Anda alokasikan untuk hiburan atau tabungan.

 

Anggaran adalah seperti peta jalan keuangan Anda. Ini membantu Anda melihat gambaran besar tentang bagaimana uang Anda mengalir. Mulailah dengan mencatat semua sumber pendapatan Anda, seperti gaji, bonus, atau penghasilan sampingan. Kemudian, buat daftar semua pengeluaran Anda, termasuk tagihan bulanan, belanja bahan makanan, hiburan, dan utang. Dengan melihat anggaran Anda, Anda dapat mengidentifikasi area di mana Anda dapat menghemat lebih banyak uang.

 

1.2 Teori 50-30-20

Pendekatan 50-30-20 adalah salah satu metode yang baik untuk mengatur keuangan Anda. Dalam teori ini, 50% pendapatan Anda dialokasikan untuk kebutuhan pokok, seperti sewa, makanan, dan tagihan bulanan. Kemudian, 30% digunakan untuk keinginan dan hiburan, seperti makan di luar, berbelanja, atau liburan. Sisa 20% adalah untuk menabung dan membayar utang.

 

Dengan mengikuti aturan 50-30-20, Anda memastikan bahwa sebagian besar pendapatan Anda digunakan untuk kebutuhan penting Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menjaga keuangan Anda stabil dan menghindari pengeluaran yang berlebihan pada barang-barang yang mungkin tidak begitu penting.

 

1.3 Membeli Barang Berkualitas

Menghemat uang bukan berarti membeli barang-barang murahan yang cepat rusak. Terkadang, berinvestasi dalam barang berkualitas adalah langkah yang lebih cerdas. Misalnya, membeli sepatu yang tahan lama mungkin lebih ekonomis dalam jangka panjang dibandingkan dengan sering mengganti sepatu murahan yang mudah rusak.

 

Investasi dalam barang berkualitas berarti Anda tidak perlu mengganti barang tersebut terlalu sering. Ini menghemat uang Anda dalam jangka panjang, dan Anda akan memiliki barang yang tahan lama dan dapat diandalkan. Selain itu, barang berkualitas seringkali disertai dengan garansi atau layanan purna jual yang lebih baik.

 

1.4 Ada Skala Prioritas

Kaum milenial sering dihadapkan pada pilihan antara menghabiskan uang untuk barang-barang mahal atau pengalaman. Untuk hidup hemat, pertimbangkan apa yang benar-benar penting bagi Anda. Jika bepergian adalah keinginan terbesar, maka mengurangi pengeluaran untuk barang-barang materi dan beralih ke pengalaman mungkin adalah pilihan yang bijak.

 

Saat menilai pengeluaran, tanyakan pada diri sendiri apakah itu akan membawa kebahagiaan jangka panjang. Apakah barang tersebut akan terus digunakan atau malah berakhir sebagai barang yang mengumpulkan debu? Dengan mengutamakan pengeluaran Anda, Anda dapat memastikan bahwa uang Anda digunakan untuk hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup Anda.

 

Baca Juga: Mengulik Fesyen ala Princess Diana, Bikin Netizen di Zaman Itu Tercengang

 

1.5 Mencatat Pemasukkan dan Pengeluaran

Melacak pemasukkan dan pengeluaran adalah langkah penting dalam hidup hemat. Dengan mengelola catatan, Anda dapat melihat pola pengeluaran Anda dan menilai apakah ada peluang untuk menghemat lebih banyak. Banyak aplikasi dan perangkat lunak yang tersedia untuk membantu Anda melakukan ini dengan mudah.

 

Mencatat pemasukkan dan pengeluaran memungkinkan Anda untuk memiliki visibilitas penuh atas uang Anda. Anda dapat mengidentifikasi tren pengeluaran, seperti bulan di mana Anda menghabiskan lebih banyak dari biasanya. Ini memungkinkan Anda untuk membuat perubahan dalam anggaran Anda dan menghemat uang dengan lebih baik.

 

1.6 Menjual Barang yang Tidak Diperlukan

Milenial sering mengumpulkan barang-barang yang tidak mereka gunakan. Daripada membiarkan barang tersebut mengumpulkan debu, pertimbangkan untuk menjualnya. Penjualan barang bekas bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan.

 

Salah satu manfaat besar dari menjual barang yang tidak diperlukan adalah membersihkan rumah Anda dari kekacauan yang tidak perlu. Selain itu, uang yang Anda peroleh dari penjualan ini bisa diarahkan ke tabungan atau digunakan untuk membayar utang Anda. Platforms online seperti marketplace dan situs lelang adalah tempat yang bagus untuk memulai proses penjualan barang bekas.

 

1.7 Investasi

Meskipun dapat tampak kontra intuitif, berinvestasi adalah bagian penting dari hidup hemat. Dengan berinvestasi, Anda dapat menghasilkan pendapatan pasif yang dapat membantu keuangan Anda di masa depan. Selain tabungan reguler, pertimbangkan untuk berinvestasi di saham, obligasi, atau properti.

 

Investasi adalah cara cerdas untuk mengembangkan uang Anda. Selain tabungan tradisional, dana investasi dapat memberikan pertumbuhan kekayaan jangka panjang. Meskipun investasi memiliki risiko, banyak jenis investasi yang dapat Anda sesuaikan dengan profil risiko Anda, sehingga Anda dapat mengendalikan risiko seiring dengan pertumbuhan keuangan Anda.

 

2. Biaya yang Dapat Dikurangi oleh Milenial

2.1 Rokok

Merokok adalah kebiasaan yang mahal dan tidak sehat. Kaum milenial yang merokok akan menemukan bahwa penghematan yang signifikan dapat diperoleh dengan berhenti merokok. Ini tidak hanya akan meningkatkan kesehatan Anda, tetapi juga menghemat uang. Rokok adalah salah satu pengeluaran yang paling memakan biaya dalam jangka panjang, dengan harga per bungkus yang terus naik. Selain itu, biaya kesehatan jangka panjang yang terkait dengan merokok, seperti perawatan medis dan obat-obatan, dapat menjadi beban finansial yang berat.

 

Berhenti merokok bukan hanya langkah positif untuk keuangan pribadi Anda, tetapi juga untuk kesehatan Anda. Ada berbagai program dan dukungan yang tersedia untuk membantu Anda berhenti merokok, termasuk aplikasi ponsel dan kelompok dukungan lokal. Selain menghemat uang, Anda juga akan merasakan manfaat langsung dari peningkatan kesehatan.

 

2.2 TV Kabel

Dalam era digital, TV kabel mungkin menjadi salah satu biaya yang dapat dihilangkan. Streaming online telah menjadi pilihan yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk menonton hiburan. Dengan membatalkan langganan TV kabel, Anda dapat menghemat sejumlah uang yang signifikan setiap bulan. Beberapa platform streaming, seperti Netflix, Hulu, atau Amazon Prime Video, menawarkan berbagai pilihan konten dengan biaya langganan yang lebih rendah dibandingkan dengan TV kabel tradisional.

 

Penting untuk menilai apa yang Anda benar-benar tonton dan apakah Anda memerlukan semua saluran yang disediakan oleh TV kabel. Banyak program dan acara televisi juga tersedia secara online atau melalui layanan streaming, sehingga Anda mungkin tidak akan melewatkan hiburan favorit Anda. Selain menghemat uang, membatalkan TV kabel juga memungkinkan Anda menyesuaikan tontonan Anda dengan keinginan dan jadwal Anda.

 

2.3 Biaya Administrasi Bank

Menggunakan layanan perbankan dengan biaya administrasi bulanan dapat menjadi tambahan pengeluaran yang tak terduga. Banyak bank menawarkan rekening tanpa biaya bulanan, yang dapat membantu menghemat uang Anda. Pilihan ini biasanya ditemukan dalam rekening tabungan atau rekening giro online. Dengan berpindah ke rekening tanpa biaya, Anda dapat menghindari biaya yang seharusnya tidak perlu.

 

Selain biaya administrasi bulanan, perhatikan juga biaya lain yang terkait dengan rekening bank Anda, seperti biaya penarikan tunai dari ATM yang bukan milik bank Anda. Memilih bank yang menawarkan berbagai layanan dengan biaya minimal atau tanpa biaya dapat membantu menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

 

2.4 Makan Siang Kantor

Membeli makan siang di luar setiap hari bisa sangat mahal. Memasak makanan di rumah dan membawanya ke kantor bisa menjadi cara yang lebih hemat. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak kendali atas apa yang Anda makan dan mengelola diet Anda dengan lebih baik. Membawa bekal dari rumah juga memungkinkan Anda untuk mengatur porsi dan jenis makanan yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

 

Untuk menghemat lebih banyak uang, Anda dapat memasak makanan ekstra saat memasak makan malam di rumah dan membawanya sebagai bekal untuk makan siang. Ini juga merupakan pilihan yang lebih sehat, karena Anda dapat memilih bahan-bahan berkualitas dan mengurangi asupan makanan cepat saji yang seringkali kurang sehat.

 

Baca Juga: Lagi Patah Hati? Ini yang Harus Anda Lakukan Agar Tak Larut dalam Sedih

 

2.5 Ngopi di Kafe

Ngopi di kafe adalah kebiasaan yang populer di kalangan milenial. Tapi, biaya minuman kopi di luar bisa cepat menumpuk. Memasak kopi Anda sendiri di rumah dan membawanya dalam termos dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Selain itu, Anda juga mengurangi limbah kemasan kopi sekali pakai.

 

Investasi dalam peralatan pembuat kopi yang baik untuk digunakan di rumah, seperti mesin espresso atau french press, dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan. Anda akan melihat penghematan yang signifikan dalam waktu singkat, dan Anda masih dapat menikmati kopi berkualitas di kenyamanan rumah Anda. Selain itu, memasak kopi sendiri juga memberi Anda kesempatan untuk menguji berbagai biji kopi dan menciptakan minuman yang sesuai dengan selera Anda. Dengan menghindari kafe, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga berkontribusi pada upaya pengurangan limbah plastik.

 

Dengan menerapkan tips hidup hemat dan mengurangi biaya yang tidak perlu, kaum milenial dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan merencanakan masa depan yang lebih stabil. Hidup hemat bukan berarti mengorbankan kebahagiaan, tetapi tentang membuat pilihan yang cerdas dalam pengeluaran dan mengejar tujuan keuangan jangka panjang. Dengan disiplin dan kesadaran finansial, generasi milenial dapat membangun pondasi keuangan yang kokoh untuk masa depan mereka.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Kategori : Informasi Umum