Gaya Hidup

Gak Perlu Mahal, Ini Beberapa Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua

Admin BFI
25 September 2023
4670
Gak Perlu Mahal, Ini Beberapa Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua

Dalam kehidupan, tidak dapat dipungkiri bahwa orang tua memiliki peranan yang paling penting dalam hidup seorang anak. Mereka adalah tiang penopang, pelindung, dan pemberi kasih sayang yang selalu ada untuk Anda, seorang anak, sejak awal kehidupan Abda. Dengan segala pengorbanan, cinta, dan perhatian yang mereka berikan sepanjang hidup Anda, sebagai anak, sering merasa ingin melakukan segala yang terbaik untuk membalas kebaikan-kebaikan mereka.

 

Namun, ada pandangan yang perlu diingat, yaitu bahwa membalas kebaikan orang tua tidak selalu harus melibatkan budget yang besar. Terlebih lagi, seringkali mereka lebih menghargai penghargaan dan perhatian yang tulus daripada nilai materi. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membahagiakan orang tua Anda tanpa harus mengeluarkan banyak uang

 

Baca Juga: Kenali Sandwich Generation yang Berdampak pada Kesehatan Keuangan

 

1. Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua

1.1 Quality Time

Usia yang semakin tua membuat orang tua Anda semakin rapuh untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda sebagai anak meluangkan sedikit waktu Anda untuk quality time bersama mereka. Walau begitu, pastikan hal-hal yang kalian lakukan tetap dapat diikuti oleh mereka, mengingat usia mereka. Anda dan orang tua Anda dapat menonton film atau sekedar makan-makan di angkringan. Sesuaikan dengan budget dan apa yang mereka suka.

 

1.2 Hargai Opini Mereka

Pada dasarnya, orang tua sangat menginginkan anaknya mendengarkan mereka. Oleh karena itu, dengan menghargai opini mereka, mereka pasti akan merasa senang. Tetaplah bercerita mengenai apa keresahan atau kebingungan Anda. Mereka akan senang dilibatkan dan memberikan opini atau nasihat, dan mereka akan senang sekali jika Anda omongan mereka.

 

1.3 Luangkan Waktu Mengunjungi Mereka

Jika Anda sudah tinggal tidak bersama mereka, alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu Anda untuk mengunjungi mereka. Berkunjung tidak harus lama, bisa hanya 1-2 jam, tergantung seberapa waktu luang yang Anda dapatkan. Anda dapat mengunjungi mereka dengan membawa pasangan dan anak Anda, namun jika harus sendiri juga tidak masalah. Ini tentu akan membuat mereka bahagia. Pasangnya, mereka tetap merasa tidak dilupakan oleh Anda.

 

1.4 Tanyakan Kabar Mereka

Namun, jika Anda tidak dapat meluangkan waktu karena sibuk bekerja atau melakukan hal lain, Anda dapat menelpon dan menanyakan kabar mereka. Anda juga dapat bercerita dan memberikan kesempatan mereka untuk banyak bercerita. Ini tentu akan membuat mereka tidak merasa dilupakan oleh Anda. Anda juga terlihat tetap berusaha, walaupun tidak memiliki waktu.

 

1.5 Berikan Hadiah Sederhana

Walaupun hal ini seringkali tidak diminta oleh orang tua, namun mereka tetap akan merasa bahagia jika Anda memberikan hadiah kepada mereka. Bukan masalah nominal, namun memberikan hadiah menjadi tanda bahwa Anda mengingat dan mencintai mereka. Berikan hadiah yang sederhana dan dapat Anda beli. Tentunya, Ayah dan Ibu Anda memiliki preferensi yang berbeda dalam hadiah yang dapat membahagiakan mereka.

 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Anda Butuh Liburan dan 5 Rekomendasi Liburan Murah

 

2. Rekomendasi Hadiah untuk Ibu

2.1 Pakaian

Tentunya, wanita selalu senang mendapatkan pakaian baru, tanpa memandang usia mereka. Ketika Anda memutuskan untuk membelikan ibu Anda pakaian, Anda sedang memberikan kesempatan untuk membuatnya merasa istimewa dan dihargai. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah memilih pakaian dengan model yang sesuai dengan selera dan gaya pribadinya. Ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan preferensi dan keinginannya.

 

Selain itu, saat membeli pakaian, selalu bijak untuk sesuaikan dengan budget Anda. Anda akan terkejut dengan berbagai pilihan pakaian yang tersedia di online shop atau thrift shop yang memiliki harga yang terjangkau. Dengan mencari pakaian yang sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat memberikan hadiah yang spesial tanpa harus khawatir tentang beban keuangan.

 

2.2 Parfum

Sudah menjadi rahasia umum bahwa parfum sudah menjadi salah satu identitas wanita. Mereka akan merasa lebih percaya diri jika memakai parfum, terutama jika parfum tersebut mereka anggap sesuai dengan kepribadian mereka. Hal ini dapat Anda lakukan untuk membuat ibu Anda senang. Sesuaikan parfum yang Anda beli dengan budget dan selera Ibu Anda.

 

2.3 Peralatan Masak

Ibu-ibu sendiri identik dengan kata “memasak” dimana mereka sangat senang membuat makanan untuk keluarga, bahkan untuk Anda saat Anda masih tinggal bersama mereka. Membelikan peralatan masak tentu akan membuat Ibu Anda bahagia. Apalagi jika Ia sudah lama tidak membeli peralatan masak atau Ia harus meminjam alat masak kepada kerabat sebelumnya. Pasalnya, peralatan masak adalah investasi baginya karena dapat dipakai hingga 3-4 tahun kedepan

.

2.4 Kue Buatan Sendiri

Membuat kue bukan menjadi hal yang mahal jika Anda mau meluangkan waktu untuk membuatnya. Hadiah buatan sendiri tentu akan membuat Ibu Anda tersentuh karena Anda mau ‘capek-capek’ membuat untuk dirinya. Ini akan membuat mereka merasa spesial dan terus diingat. Sesuaikan kue yang Anda buat dengan apa yang Ibu Anda suka, dengan begitu Ia akan memakannya dengan lahap hingga habis.

 

Baca Juga: Tips Ngirit di Kantor, Hilangkan Gengsi Bawa Bekal!

 

3. Rekomendasi Hadiah untuk Ayah

3.1 Alat Pancing

Kegiatan memancing memang seringkali menjadi hobi bapak-bapak jika sudah tidak aktif dalam dunia pekerjaan. Banyak yang menganggap bahwa memancing dapat membuat mereka lebih tenang. Oleh karena itu, jika Bapak Anda menyukai kegiatan ini, membelikan alat pancing menjadi hal yang dapat Anda lakukan. Apalagi jika mereka belum memiliki alat pancing dan selalu meminjam alat pancing ke teman atau menyewa di tempat mancing.

 

3.2 Dompet

Dompet juga dapat menjadi alternatif Anda membelikan barang kepada Ayah Anda. Pada dasarnya, laki-laki cenderung pemilih mengenai dompet yang mereka pakai. Hal ini yang membuat mereka seringkali tidak mengganti dompet, padahal dompet yang mereka pakai sudah terbilang usang. Dengan mengetahui dompet apa yang Ayah Anda inginkan dan memberikan kepadanya, akan membuat Ia sangat senang. Mereka juga akan memakai dompet tersebut dengan jangka waktu yang panjang.

 

3.3 Jaket

Ketika Anda memilih memberikan jaket kepada ayah Anda, ini tidak hanya sekadar pemberian materi. Jaket memiliki simbolisme yang lebih dalam. Ini adalah tanda bahwa Anda peduli akan kesejahteraan dan kenyamanannya. Dalam cuaca yang dingin, jaket adalah perlindungan fisik yang dapat membantu menjaga ayah Anda tetap hangat. Ini adalah pesan bahwa Anda ingin melindunginya, seperti yang selama ini ia lakukan untuk Anda.

 

3.4 Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga juga dapat menjadi opsi hadiah untuk Ayah Anda, karena selain sebagai hadiah, ini juga merupakan simbol perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraannya. Hadiah ini akan mengingatkannya untuk menjaga kesehatan dengan pertambahan usia, mendorongnya untuk lebih aktif dan berolahraga secara teratur. Dengan memiliki sepatu olahraga baru, Ayah Anda akan merasa termotivasi dan bersemangat untuk merawat tubuhnya, menginspirasi Anda semua untuk hidup lebih sehat dan aktif bersama.

 

Baca Juga: Kunci Sukses Bangun Rumah Tangga, Siapa Atur Keuangan?

 

Pada dasarnya, Ayah dan Ibu Anda tidak mengharapkan perlakuan dan hadiah dari anak-anak mereka. Namun, memberikan mereka hadiah yang berarti adalah salah satu cara yang paling sederhana namun kuat untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan cinta Anda terhadap mereka. Hadiah-hadiah tersebut bukan hanya sekadar benda, tetapi juga simbol dari apresiasi Anda terhadap segala pengorbanan dan kasih sayang yang mereka berikan selama ini. Melalui setiap hadiah yang Anda berikan, Anda memberikan bukti nyata bahwa Anda peduli dan memperhatikan mereka.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup