Gaya Hidup

Tips Ngirit di Kantor, Hilangkan Gengsi Bawa Bekal!

Admin BFI
22 September 2023
1379
Tips Ngirit di Kantor, Hilangkan Gengsi Bawa Bekal!

Banyak orang sering kali tidak menyadari sebanyak apa pengeluaran mereka ketika berada di lingkungan kantor. Kurangnya kesadaran ini menjadi penyebab utama borosnya pengeluaran di tempat kerja. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa ada banyak cara untuk menghemat uang di kantor. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi lebih irit dan hemat dalam pengeluaran Anda saat berada di tempat kerja.

 

1. Tips Hemat di Kantor

1.1 Coba Moda Transportasi Umum

Operasional menuju kantor tidak jarang mahal, apalagi jika Anda memakai transportasi pribadi. Penghematan uang di kantor dapat dimulai dari perjalanannya menuju ke kantornya. Terdapat banyak alternatif untuk bepergian ke kantor untuk tetap efisien dan irit. Yaitu mencoba moda moda transportasi umum.

 

Moda transportasi umum seperti bus, KRL, atau MRT dapat menjadi solusi yang baik untuk mengurangi pengeluaran transportasi. Cari tahu rute yang paling efisien dan hemat biaya untuk mencapai kantor Anda. Mungkin ada kartu langganan atau diskon khusus yang dapat membantu menghemat lebih banyak uang.

 

Selain menghemat pengeluaran, dengan transportasi umum, Anda juga sudah berperan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga lingkungan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba moda transportasi umum sebagai alternatif yang cerdas dan berkelanjutan untuk perjalananmu.

 

Baca Juga: Zodiak Ini Paling Pintar Mengelola Uang, Zodiak Kamu Termasuk?

 

1.2 Jangan Ikut-Ikutan Teman

Tidak ikut-ikutan teman dalam pengeluaran di kantor bisa menjadi strategi bijak untuk mengontrol anggaran pribadi. Terkadang, tekanan sosial dari rekan kerja untuk mengikuti gaya hidup mereka bisa membuat kita melampaui batas anggaran yang telah ditetapkan. Misalnya, menghindari makan siang di luar dengan rekan kerja setiap hari bisa menjadi langkah yang cerdas. Sebaliknya, membawa bekal dari rumah atau memilih opsi makanan yang lebih terjangkau di kantor dapat membantu menghemat uang secara signifikan. Selain itu, ini juga dapat membantu kita tetap fokus pada tujuan keuangan pribadi yang lebih penting.

 

Memiliki kontrol atas pengeluaran di kantor dan tidak terpengaruh oleh teman-teman sekerja adalah langkah yang tepat menuju keuangan yang lebih sehat. Hal ini memungkinkan kita untuk mengalokasikan uang kita dengan bijak dan mendukung tujuan keuangan jangka panjang kita, tanpa tergoda oleh tekanan sosial untuk mengikuti tren pengeluaran yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi finansial kita.

 

1.3 Jangan Gengsi Bawa Bekal

Untuk menghemat uang di kantor, jangan merasa gengsi untuk membawa bekal sendiri. Jika perlu, Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk meminjam kotak bekal dari kerabat atau saudara agar lebih mudah dalam menyimpan dan membawa makanan dari rumah. Ini adalah kebiasaan yang membuat Anda jauh lebih hemat. Hal ini dikarenakan makan di luar kantor bisa menjadi pengeluaran yang signifikan seiring berjalannya waktu. Dengan membawa bekal, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga dapat lebih mengendalikan makanan yang Anda konsumsi. Bekal juga tentu lebih sehat dan sesuai dengan preferensi makanan Anda.

 

Selain itu, ini juga membantu dalam mencapai tujuan keuanganmu dengan lebih efisien. Jadi, jangan ragu untuk membawa bekal ke kantor dan mengambil kotak bekal dari kerabat atau saudara jika itu memudahkanmu dalam mengatur makanan sehari-hari.

 

2. Manfaat Bawa Bekal

2.1 Lebih Hemat

Salah satu manfaat utama membawa bekal ke kantor adalah hematnya biaya makanan. Memakan makanan di luar setiap hari, terutama jika pesan online atau membeli makanan di kantin kantor, dapat membebani anggaran bulanan dengan cepat. Ketika Anda membawa bekal dari rumah, Anda dapat mengontrol biaya makanan dengan lebih baik. Hal ini juga membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang Anda, karena penghematan yang Anda dapatkan dari membawa bekal bisa diinvestasikan atau dialokasikan untuk tujuan keuangan lainnya.

 

Selain itu, jika Anda meminjam kotak bekal dari kerabat atau saudara, Anda juga dapat menghemat uang yang biasanya dibelanjakan untuk membeli kotak bekal. Jadi, membawa bekal bukan hanya menghemat biaya makanan sehari-hari, tetapi juga mengurangi pengeluaran tambahan yang terkait dengan kotak bekal. Dengan demikian, kebiasaan ini dapat membantu meningkatkan efisiensi pengeluaran dan mengarahkan lebih banyak uang ke dalam tabungan atau investasi.

 

Baca Juga: Simak Tips Sehat & Bahagia dengan Budget Hemat!

 

2.2 Meminimalisir Penggunaan Bahan Tidak Sehat

Selain aspek keuangan, membawa bekal juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Ketika Anda memasak makanan sendiri untuk dibawa ke kantor, Anda memiliki kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan. Ini membuat Anda dapat memilih bahan-bahan yang lebih sehat dan mengurangi penggunaan bahan-bahan tidak sehat seperti garam berlebih, gula tambahan, atau minyak berlebihan yang sering ditemukan di makanan cepat saji atau restoran.

 

Pengendalian asupan gizi ini juga membantu dalam menjaga berat badan dan kesehatan umum. Jika Anda memiliki untuk diet atau memiliki alergi makanan, membawa bekal memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, manfaat kesehatan dari membawa bekal tidak hanya berdampak positif pada tubuh Anda saat ini, tetapi juga pada kesehatan jangka panjangmu.

 

2.3 Dapat Berkreasi Sendiri

Membawa bekal ke kantor juga memberikan kesempatan luar biasa untuk berkreasi dalam menyusun hidangan. Ini adalah momen kreatif di mana Anda dapat mencoba resep baru dan menggali kemampuan kuliner Anda. Dengan membawa bekal, Anda memiliki kendali penuh atas apa yang Anda makan, dan ini membuka pintu bagi eksplorasi berbagai jenis makanan. Anda dapat menciptakan hidangan yang sesuai dengan selera pribadi, mengintegrasikan makanan-makanan sehat, dan bahkan mencoba masakan dari berbagai budaya. Hal ini tidak hanya membuat makanan lebih menarik, tetapi juga memberikan kesenangan tambahan dalam pengalaman makan sehari-hari.

 

Selain itu, berkreativitas dalam menyusun bekal juga dapat meningkatkan apresiasimu terhadap proses memasak dan makanan secara keseluruhan. Ini adalah kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang nutrisi, bahan-bahan makanan, dan teknik memasak yang berbeda. Semakin sering Anda membawa bekal, semakin terampil Anda dalam memasak, dan ini bisa menjadi keahlian yang berguna sepanjang hidup. Jadi, membawa bekal bukan hanya tentang menghemat uang, tetapi juga tentang mengeksplorasi dunia kuliner dan meningkatkan kemampuan masakmu.

 

2.4 Mengasah Kemampuan Masak

Selain itu, membawa bekal juga menginspirasi untuk mencoba resep baru dan teknik memasak yang berbeda. Anda dapat menggali berbagai masakan dari seluruh dunia, yang tidak hanya akan membuat makananmu lebih menarik tetapi juga akan meningkatkan kreativitas kuliner Anda. Anda dapat melihat inspirasi resep dengan meminjam buku resep Ibu Anda atau melihat resep online.

 

Dengan berlatih memasak secara teratur, kemampuan memasakmu akan semakin terasah dan meningkat seiring waktu. Ini adalah investasi dalam keterampilan yang akan memberimu keuntungan seumur hidup dan memungkinkanmu untuk meraih hasil yang lebih baik dalam perencanaan menu sehari-hari. Jadi, membawa bekal bukan hanya untuk menghemat uang, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan memasak yang berharga.

 

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Bulanan, Bikin Akhir Bulan Bahagia

 

Nah, Sobat BFI, seperti yang telah dibahas sebelumnya, tidak perlu menjadi boros di kantor. Anda dapat mengeluarkan kreativitas Anda dan membuat masakan sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang berharga dalam mengelola keuangan dan berhemat.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup