Syariah

Estimasi Rincian Biaya Masuk Pesantren di Indonesia, Tertarik?

Admin BFI
3 May 2024
1313
Estimasi Rincian Biaya Masuk Pesantren di Indonesia, Tertarik?

Salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang sudah ada sejak lama adalah Pesantren. Di Pesantren, siswa (yang disebut santri) tinggal bersama di sebuah asrama. Proses belajar mengajar sendiri di bawah bimbingan guru yang dikenal ‘Ustadz’ atau ‘Kyai’. Tidak heran jika selain sekolah, Pesantren menjadi tempat pilihan orang tua bagi buah hatinya untuk mengenyam pendidikan.

 

Walau begitu, biaya menjadi pertimbangan bagi para orang tua yang tertarik menempatkan buah hatinya di Pesantren. Simak artikel ini untuk mengetahui rincian biaya masuk Pesantren di Indonesia.

 

 

1. Apa Itu Pondok Pesantren?

Sebelum mengetahui rincian biaya masuk Pesantren, Anda perlu mengetahui definisi lengkap mengenai Pesantren. Adapun Pesantren terdiri dari dua, yaitu Pondok Pesantren tradisional dan Pondok Pesantren modern.

 

1.1 Pondok Pesantren Tradisional

Pondok Pesantren tradisional merupakan pesantren yang berusaha mempertahankan pengajaran kitab klasik sebagai inti dari pendidikan yang mereka ajarkan. Disini, tradisi masa lalu sangat dipertahankan. Pesantren tradisional mempertahankan pendidikan yang berfokus dalam ajaran agama Islam. Mereka menekankan tentang pembacaan, pemahaman, serta penghafalan Al-Qur’an, Hadis, Fiqh, dan Tafsir. Biasanya, pesantren tradisional didirikan di daerah yang jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, kehidupan para santri di dalam pesantren tradisional lebih berfokus pada ajaran agama.

 

1.2 Pondok Pesantren Modern

Pondok Pesantren modern merupakan pesantren yang menerima hal-hal baru yang dinilai ‘baik’, namun tetap berusaha mempertahankan tradisi lama. Di pesantren modern ini, agama tetap menjadi fokus utama ajaran. Walau begitu, santri diajarkan dengan kurikulum yang mencakup pelajaran-pelajaran yang dipelajari di sekolah umum seperti Sains, Ilmu Sosial, dan Matematika. Biasanya, lokasi  pesantren modern lebih terbuka dan terintegrasi dengan masyarakat. Santri juga dilibatkan dalam kegiatan sosial serta pengabdian masyarakat.

 

2. Keuntungan Memilih Pesantren Sebagai Tempat Pendidikan

Memilih pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak memiliki banyak keuntungan yang tak ternilai. Berikut beberapa di antaranya:

 

2.1 Lingkungan Pertemanan Lebih Bagus dan Positif

Pesantren umumnya memiliki lingkungan pertemanan yang lebih positif dan terarah dibandingkan sekolah umum. Santri dikelilingi oleh teman-teman yang memiliki tujuan dan nilai-nilai yang sama, yaitu menimba ilmu agama dan meningkatkan kualitas diri. Hal ini menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan berkembang, jauh dari pengaruh negatif yang mungkin ditemui di luar pesantren.

 

2.2 Kurikulum Edukasi Umum dan Agama Seimbang

Pesantren menawarkan kurikulum yang seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agama. Santri tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan umum seperti matematika, sains, dan bahasa, tetapi juga mendalami ilmu agama Islam secara mendalam, seperti Al-Quran, Hadist, dan fiqih. Keseimbangan ini membantu santri untuk menjadi individu yang cerdas, berilmu, dan berakhlak mulia.

 

2.3 Kualitas Pendidikan Karakter Lebih Menjanjikan

Pesantren terkenal dengan penekanannya pada pendidikan karakter. Santri diajarkan nilai-nilai moral dan etika Islam, seperti disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kerjasama. Nilai-nilai ini ditanamkan melalui berbagai kegiatan dan pembelajaran, seperti shalat berjamaah, mengaji bersama, dan kerja bakti. Hal ini membantu santri untuk menjadi pribadi yang tangguh, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan hidup.

 

2.4 Mengasah Kemampuan Berbahasa Asing

Banyak pesantren yang menawarkan program pembelajaran bahasa asing, seperti bahasa Arab dan Inggris. Santri diajarkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa asing dengan baik dan benar. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi santri di masa depan, terutama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja di bidang internasional.

 

2.5 Kesempatan Menjadi Hafiz Al-Quran

Bagi santri yang memiliki minat dan bakat dalam menghafal Al-Quran, pesantren menyediakan program tahfidz Al-Quran yang dibimbing oleh ustadz dan ustadzah yang berpengalaman. Program ini memungkinkan santri untuk menghafal Al-Quran secara lengkap dalam waktu yang relatif singkat, biasanya 3-6 tahun. Menjadi hafiz Al-Quran merupakan sebuah prestasi yang membanggakan dan memiliki nilai pahala yang besar di sisi Allah SWT.

 

3. Kisaran Rincian Biaya Pesantren di Indonesia

rincian biaya masuk pesantren

Image Source: Freepik

Setelah mengetahui apa itu Pesantren dan apa saja keuntungan jika memasuki anak-anak ke Pesantren, Anda perlu mengetahui estimasi rincian biaya masuk Pesantren. Adapun rincian biaya masuk Pesantren Tradisional dan Modern memiliki harga yang berbeda-beda.

 

3.1 Rincian Biaya Masuk Pesantren Tradisional

Jika Anda tertarik memasukkan buah hati Anda ke Pesantren tradisional, berikut estimasi rincian biaya masuk Pesantren tersebut:

  1. Estimasi uang pangkal (biaya masuk) pesantren tradisional sekitar kurang dari Rp 5 juta
  2. SPP tiap bulan sekitar Rp 1 juta atau di bawahnya
  3. Biaya boarding bulanan sekitar kurang dari Rp 1 juta
  4. Biaya ekstrakurikuler dan aktivitas lain, nominal bergantung pengelola pesantren.

Tentunya pesantren tradisional memiliki biaya masuk pesantren yang murah dibandingkan pesantren modern. Hal ini dikarenakan pengelolaan yang tradisional dan pemanfaatan tenaga dari warga lokal. Jika Anda tertarik untuk menyekolahkan buah hati Anda di pesantren dengan biaya yang terjangkau, Pesantren tradisional dapat menjadi pilihan Anda.

 

3.2 Rincian Biaya Masuk Pesantren Modern

1. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo

Pondok Pesantren (Ponpres) Gontor sudah ada dan berkembang sejak abad ke-18. Pendidikan formal disini terdiri dari lembaga pendidikan yang dikhususkan untuk santri putra tingkat menengah (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah) dan lembaga pendidikan khusus santri putri tingkat menengah (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah). Alamat dari Ponpres ini adalah Putra I, Gontor 1, Gontor, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63472. Sedangkan rincian biaya masuk pesantren ini adalah Rp 7 juta.

 

2. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Ponpres Tebuireng adalah pesantren terbesar di daerah Jombang. Pesantren ini didirikan oleh ulama besar KH Hasyim Asy’aroe secara langsung, yang juga merupakan pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Adapun alamat lengkap dari Pesantren ini adalah Jl. Irian Jaya No. 10, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471. Sedangkan rincian biaya masuk pesantren ini adalah Rp 12.120.000.

 

3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Ponpres Langitan berlokasi di Jawa Timur. Pesantren ini merupakan salah satu ponpres terbaik sekaligus tertua di Jawa Timur. Adapun sistem pembelajaran disini membawa suatu kebahagiaan. Alamat lengkap dari ponpres ini adalah Jl. Langitan, Slawe, Widang, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62383. Adapun rincian biaya masuk Pesantren ini adalah sekitar Rp 600 - 700 ribu untuk biaya pendaftarannya.

 

4. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Ponpres Sidogiri memiliki ribuan santri putra dan putri disini. Pesantren ini menjadi salah satu ponpres terbaik di Jawa Timur selain Langitan. Adapun ponpres ini menerapkan sistem pendidikan madrasah yaitu tipe A dan tipe B. Lokasi lengkap Ponpres ini adalah RT.02/RW.02, Sidogiri, Kec. Kraton, Pasuruan, Jawa Timur 67101. Sedangkan rincian biaya masuk Pesantren ini adalah sekitar Rp 2.300.000 untuk biaya pendaftarannya.

 

5. Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Sumenep

Ponpres Al Amien Prenduan sudah ada sejak tahun 1952. Ponpres ini menyediakan pendidikan formal dari mulai anak usia dini hingga Madrasah Aliyah (MA). Adapun kurikulum di Ponpres ini sama dengan sekolah negeri sebagaimana ditetapkan oleh Departemen agama dan pendidikan nasional. Ponpres ini berlokasi di Desa Mornangka Jalan Raya Sumenep-Pamekasan Pragaan Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Madura, Pragaan Laok, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69465. Sedangkan rincian biaya masuk pesantren ini adalah sekitar Rp 3.000.000.

 

6. Pondok Pesantren La Tansa, Banten

Ponpres La Tansa menerapkan penerapan pendidikan Islam modern dengan memadukan pelajaran agama Islam dan pelajaran seperti sekolah-sekolah pada umumnya. Saat ini, Pesantren La tansa menjadi salah satu Ponpres favorit di Provinsi Banten. Selain sistem pendidikannya yang dianggap bagus, Ponpres ini juga terkenal dengan alam sekitar yang sangat indah. Adapun alamat lengkap dari Ponpres ini adalah: Kampung Parakansantri, Banjar Irigasi, Kec. Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten 42372. Adapun rincian biaya masuk Pesantren ini adalah Rp 500.000 untuk biaya pendaftarannya.

 

7. Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Tangerang

Ponpres Daar El-Qolam mengkolaborasikan kurikulum pesantren dan sekolah yang berlangsung selama 6 tahun, atau setara dengan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Ponpres ini memiliki fasilitas yang lengkap, hingga studio musik, wisma, lab bahasa, dan lapangan olahraga. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, rincian biaya masuk Pesantren ini adalah: biaya masuk Rp 24 - Rp 32 juta dengan biaya masuk pesantren  per bulan Rp 1.200.000 - Rp 2.500.000. Adapun alamat lengkap Ponpres ini adalah: Jl. Raya Serang, Pasir Gintung, Kec. Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten 15610.

 

8. Pondok Pesantren Al-Ihya 'Ulumaddin, Cilacap

Ponpres Al-Ihya ‘Ulumaddin sudah ada sejak tahun 1952 dan didirikan oleh KH. Badaei Hanafi. Sekarang, Ponpres ini sudah diamanatkan untuk putranya. Di Ponpres ini, terdapat program awal bidang hortikultura, yaitu penanaman sayuran kebutuhan utama pondok seperti kangkung, kacang panjang, cabai, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga program KSTM Berkah Mandiri yang berkembang pada pembuatan pupuk organik, penanaman padi, ternak ayam, dan perikanan. Rincian biaya masuk pesantren ini adalah Rp 1.550.000.

 

9. Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta

Jika Anda tinggal di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya namun tidak ingin terlalu berjauhan dengan buah hati Anda, tidak ada salahnya mencoba Ponpres Pesantren Darunnajah. Ponpres ini berdiri sejak tahun 1974 oleh KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya. Ponpres ini menawarkan fasilitas lengkap, dari mulai kamar full AC, kamar mandi dalam, fasilitas olahraga, hingga kolam renang. Rincian biaya masuk pesantren ini adalah Rp 21 juta untuk jenjang MTS dan Rp 22 juta untuk jenjang aliyah, dengan biaya masuk pesantren per bulan sekitar Rp 1,3. Adapun Ponpres ini telah memiliki 20 cabang dan 66 satuan pendidikan. Walau begitu, alamat lengkap untuk Ponpres di daerah Jakarta adalah: Jl. Ulujami Raya No.86, RT.1/RW.7, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250.

 

4. Syarat Umum Masuk Pesantren

Setelah mengetahui rincian biaya masuk pesantren, penting untuk mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan masuk pondok pesantren. Adapun proses penerimaan santri di pesantren umumnya memiliki beberapa tahapan, yaitu:

 

4.1 Melengkapi Dokumen Administrasi

Calon santri diwajibkan untuk melengkapi beberapa dokumen administrasi, seperti:

  1. Akta Kelahiran
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Ijazah terakhir (jika ada)
  4. Rapor terakhir (jika ada)
  5. Pas foto terbaru
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Surat izin dari orang tua/wali

 

4.2 Ujian Masuk

Beberapa pesantren mengadakan ujian masuk untuk menilai kemampuan akademik dan potensi calon santri. Ujian ini biasanya meliputi tes tertulis dan tes lisan dalam berbagai bidang, seperti matematika, sains, bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan Al-Quran.

 

4.3 Wawancara

Calon santri dan orang tua/wali biasanya akan diwawancarai oleh pihak pesantren untuk mengetahui motivasi, tujuan, dan kesiapan calon santri dalam mengikuti pendidikan di pesantren. Wawancara ini juga menjadi kesempatan bagi calon santri untuk mengenal lebih dalam tentang visi, misi, dan program-program yang ditawarkan oleh pesantren.

 

4.4 Membayar Biaya Pendaftaran

Calon santri diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan oleh pihak pesantren. Biaya ini biasanya digunakan untuk menutupi biaya administrasi dan keperluan lainnya.

 

Penting untuk dicatat bahwa persyaratan dan proses penerimaan santri di setiap pesantren dapat berbeda-beda. Calon santri dan orang tua/wali perlu mencari informasi detail mengenai persyaratan dan proses penerimaan di pesantren yang ingin dituju.

 

Sobat BFI, demikianlah pengertian mengenai Pondok Pesantren dan rincian biaya masuk Pesantren yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik memasukkan buah hati Anda dalam Pesantren namun belum memiliki dana yang cukup, BFI Finance siap membantu Anda. Dalam program My Hajat, Anda dapat menjaminkan BPKB Mobil Anda untuk biaya masuk anak Anda ke Pesantren, loh!

 

Untuk informasi lebih lanjut seputar My Hajat dan produk-produk pembiayaan Syariah lainnya di BFI Finance, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Kategori : Syariah