Artikel

Cicilan Tanpa Kartu Kredit? Ini Jenis Pinjaman yang Bisa Anda Pilih

2022-08-08 00:00:00 1140
Cicilan Tanpa Kartu Kredit? Ini Jenis Pinjaman yang Bisa Anda Pilih

Saat ini, ada banyak layanan jasa keuangan yang menyediakan pinjaman untuk berbagai keperluan, mulai dari pinjaman modal usaha, pinjaman tambahan modal, pinjaman dan darurat, dan lain sebagainya. Pinjaman tersebut biasanya dikembalikan dalam bentuk cicilan setiap bulan dengan jangka waktu atau tenor tertentu. Apakah pinjaman yang cara pembayarannya dengan cara dicicil selalu berbentuk kartu kredit? Jawabannya tidak. Sebelum membaca informasi mengenai cicilan tanpa kartu kredit, simak informasi ini terlebih dahulu. 

 

Pengertian Pinjaman 

Pinjaman merupakan dana yang disediakan oleh beberapa lembaga pinjaman keuangan (dapat berupa bank atau perusahaan pembiayaan) dengan memberikan bunga pada masa pinjaman atau tenor tertentu yang sudah disepekati antara peminjam/Debitur dan pemberi pinjaman/Kreditur. Tidak semua pinjaman uang atau dana berasal dari bank lho, Sobat BFI! Ada berbagai pinjaman yang bisa Anda pilih sebagai pilihan untuk mencukupi kebutuhan atau mengatasi masalah keuangan berikut ini.

6 Jenis Cicilan Tanpa Kartu Kredit

1. Kredit Tanpa Agunan 

Jenis cicilan tanpa kartu kredit yang pertama yaitu Kredit Tanpa Agunan. Sesuai dengan penamaannya, kredit tanpa agunan adalah pinjaman yang tidak memerlukan jaminan atau agunan saat proses pengajuannya. KTA sendiri adalah produk yang ditawarkan dari bank dengan manfaat untuk modal usaha hingga kebutuhan konsumtif.

Untuk jenisnya, KTA dibagi menjadi 2 yaitu KTA Reguler dan KTA Payroll. KTA reguler diperuntukan untuk masyarakat umum tanpa harus menjadi nasabah dari bank yang menyediakannya. Sebaliknya, KTA payroll adalah KTA yang dikhususkan untuk karyawan dari suatu perusahaan yang menggunakan sistem payroll atau penggajian dari bank yang bersangkutan. KTA jenis ini memiliki jumlah pencairan yang lebih besar dan cepat karena kreditur/bank percaya jika debitur dapat melunasinya selama masih menjadi karyawan di perusahaan tersebut. 

Walaupun prosesnya cukup mudah, tidak membutuhkan agunan, biaya administrasi ringan, dan pengajuannya yang fleksibel, saat mengajukan KTA Anda harus memiliki penghasilan dan profesi yang cukup stabil dan perlu memiliki kartu kredit sebelumnya. selain itu, bunga yang ditawarkan relatif besar dan terbatas pada limit pinjaman.  

2. Pinjaman Online 

Jenis cicilan tanpa kartu kredit berikutnya adalah pinjaman online. Hampir sama dengan KTA, pinjaman online atau pinjol tidak memerlukan agunan atau jaminan saat proses pengajuan pinjaman. Pinjaman online sendiri disediakan oleh lembaga keuangan yang berbasis internet. Hal ini memudahkan para konsumennya untuk melakukan pinjaman tanpa harus datang atau antre ke lembaga keuangan tersebut. 

Saat pengajuan pinjaman online, Anda wajib memilih pinjaman online yang legal, yang artinya proses bisnisnya terdaftar dan diawasi oleh OJK. Apabila Anda meminjam uang di pinjaman ilegal, dampak buruk bisa menghantui, mulai dari bunga yang tinggi, denda yang tidak transparan, penagihan tidak sesuai ketentuan dan etika, serta penyalahgunaan data pribadi. 

3. Paylater 

Selanjutnya, paylater. Paylater adalah sebuah istilah yang merujuk pada transaksi pembelian suatu barang atau jasa. Paylater yang ada di Indonesia difasilitasi oleh beberapa lembaga jasa keuangan seperti Peer to Peer Lending, lembaga pembiayaan, atau bank. Prinsip yang digunakan dalam jenis cicilan tanpa kartu kredit ini adalah beli barang atau jasa sekarang, bayarnya di bulan selanjutnya. Saat ini, paylater juga memiliki jangka waktu pijaman atau tenor yang beragam, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Ada banyak contoh paylater di Indonesia dan kebanyakan tersedia di e-commerce

4. Kredit Usaha Rakyat 

Jenis pinjaman selanjutnya adalah Kredit Usaha Rakyat. Pinjaman ini disediakan oleh bank milik pemerintah dengan tujuan memberikan modal usaha kepada pelaku UMKM. Pinjaman ini memiliki limit yang cukup besar. KUR sendiri ada yang menggunakan jaminan ataupun tidak. Namun, tidak semua bank menawarkan KUR tanpa jaminan. Rata-rata KUR menawarkan pinjaman dengan jaminan yang harus diserahkan kepada bank mengingat limit pinjaman yang disediakan bank juga cukup besar. 

5. Tempat Gadai 

Jenis pinjaman yang selanjutnya adalah tempat gadai. Sesuai dengan namanya, pinjaman ini mengharuskan para konsumennya menggadaikan aset atau barang yang dimiliki. Tempat gadai sendiri ada yang berasal dari tempat swasta ataupun milik Kementrian BUMN seperti Pegadaian. Keduanya biasanya menerima aset atau barang yang memiliki nilai misalnya perhiasan, alat elektronik, kendaraan, surat berharga, dan alat produksi seperti mesin dan sebagainya. 

6. Kredit Multiguna 

Jenis cicilan tanpa kartu kredit yang terakhir adalah kredit multiguna. Saat mengajukan pinjaman ini, Anda perlu menyiapkan aset atau jaminan seperti kendaraan dalam bentuk BPKB dan juga sertifikat kepemilikan rumah. Walaupun memerlukan jaminan, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan limit yang cukup besar dengan tenor atau masa pinjaman yang cukup panjang. 

 

Cicilan tanpa kartu kredit

Jenis Cicilan Tanpa Kartu Kredit. Image Source: Unsplash/Jonas Leupe

Pembayaran Pinjaman 

Keenam jenis pinjaman di atas dapat menjadi solusi untuk Anda yang sedang membutuhkan dana darurat, modal usaha, pendidikan, sampai kebutuhan konsumtif. Proses pengembalian uangnya dapat dicicil dalam waktu tertentu sesuai kesepakatan. Saat mengajukan pinjaman, Anda dapat melihat estimasi cicilan setiap bulannya sesuai tenor yang dipilih. Semakin panjang tenor, maka semakin sedikit cicilan yang dibayarkan. Namun, selama periode tersebut Anda juga harus membayar bunga dan denda jika terjadi keterlambatan saat membayar angsuran. 

Itulah informasi mengenai informasi jenis pinjaman dengan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit yang bisa Anda coba. 

Salah satu pinjaman yang dapat dikembalikan melalui cicilan tanpa kartu kredit adalah pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah di BFI Finance. Anda bisa mendapatkan pencairan dana tunai namun tetap bisa menggunakan aset yang dijaminkan. Selain itu, ada promo #PastiMerdeka spesial di bulan Agustus ini, Anda bisa mendapatkan total cashback uang tunai hingga Rp 77 juta! Berikut syarat dan ketentuannya : 

  1. Promo berlaku untuk konsumen yang mengajuan pinjaman periode 1 Agustus - 30 September 2022 melalui website BFI Finance di bfi.co.id atau produk.bfi.co.id 
  2. Anda berkesempatan mendapatkan cashback uang tunai jika mengajukan pinjaman jaminan BPKB kendaraan di periode promo dan berhasil pencairan maksimal tanggal 7 Oktober 2022. Sedangkan untuk produk pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, cashback akan diberikan pada konsumen yang mengajukan pinjaman di periode promo dan berhasil pencairan maksimal tanggal 15 Oktober 2022. 
  3. Promo tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.
  4. Untuk informasi lebih jelas, silakan kunjungi akun media sosial resmi BFI Finance

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah Anda hanya di BFI Finance. Dijamin prosesnya mudah, cepat, dan terpercaya. Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

#SelaluAdaJalan bersama BFI Finance.

Sumber: