Bisnis

10 Cara Jualan di Instagram Paling Efektif

Admin BFI
12 December 2022
16766
10 Cara Jualan di Instagram Paling Efektif

Instagram adalah salah satu platform dengan pengguna terbanyak di dunia. Menempati urutan keempat sebagai sosial media terbesar, jumlah pengguna Instagram mencapai 2 milyar per tahun 2022.

Tak heran, banyak yang menggunakan platform ini sebagai peluang untuk berbisnis. Jika Anda hendak memulai bisnis di Instagram, simak cara jualan di Instagram berikut!

 

1. Mengapa Harus Berjualan di Instagram?

Instagram dinilai sebagai salah satu platform ideal untuk berjualan. Hal tersebut tentunya berdasarkan beberapa faktor menguntungkan berikut ini.

1.1. Platform dengan pengguna aktif terbanyak

Faktor yang pertama tentu saja jumlah pengguna aktif. Hal ini memungkinkan bisnis Anda mampu menjangkau lebih banyak audience, melancarkan strategi penjualan, dan meningkatkan brand awareness.

 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Penjualan Bisnis Online

 

1.2. Fitur hashtag dan tagging

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk memungkinkan para pelanggan menemukan produk yang dicari dan membantu penjual untuk mempromosikan produknya dengan mudah.

1.3. Pembelian secara langsung melalui aplikasi

Instagram terus mengupayakan berbagai pengembangan untuk memudahkan para penggunanya. Salah satunya yaitu fitur shop yang terletak di icon bagian bawah. Fitur ini memungkinkan siapa saja untuk melakukan transaksi jual beli dengan lebih mudah dan efisien.

1.4. Fitur ads yang mumpuni

Fitur ini membantu para penggunanya untuk menayangkan iklan berbayar di platform. Kelebihannya, fitur ads ini memiliki harga yang terjangkau, menargetkan target audience secara spesifik berdasarkan lokasi, usia, minat dan sebagainya. Dengan begitu Anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih baik.

Selain itu, fitur ini juga dapat membantu para penggunanya untuk mengukur kinerja iklan mereka, sehingga mereka mampu mengoptimalkan strategi pemasaran yang ada dari hasil yang telah diperoleh. Singkatnya, adanya fitur ads sangat membantu Anda untuk cara jualan di Instagram.

 

Baca Juga: Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 6 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok!

 

2. 10 Cara Jualan di Instagram Ala BFI

Agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa melimpah ruah dan brand Anda dikenal oleh khalayak umum, tentunya ada beberapa prosedur yang harus Anda jalankan agar kesuksesan dalam berbisnis bisa Anda capai. Berikut ini beberapa cara jualan di Instagram yang bisa Anda terapkan. Cara ini sangat berguna baik untuk pemula maupun mereka yang sudah lama berkecimpung di Instagram.

Cara Jualan di Instagram

Image Source: Pexels/gabrielle henderson

2.1. Ubah Profil Instagram Menjadi Profil Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam cara jualan di instagram yaitu menyiapkan akun instagram bisnis. Akun jenis ini berbeda dengan akun biasa atau akun pribadi.

Dengan mengubahnya menjadi profil bisnis, Anda bisa mendapatkan sederet fitur yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut antara lain yaitu insight overview yang meliputi impression, interaction, reach, followers growth, total followers.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengoptimalkan profil bisnis Anda adalah:

  • Foto profil. Gunakan foto yang berkaitan dengan brand atau niche Anda, misalnya logo atau foto perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah siapa saja yang melihatnya bisa mengenali bisnis Anda dengan mudah.

  • Bio yang sesuai. Sertakan deskripsi singkat mengenai bisnis Anda. Pastikan kata-kata yang dipilih mampu menjelaskan produk yang ditawarkan beserta unique selling point yang dimiliki oleh brand Anda.

  • Link pada bio. Kehadiran link atau URL pada profil instagram sangatlah krusial. Sebab, link tersebut bisa membantu pengunjung profil Anda untuk mengenal lebih dekat produk yang Anda tawarkan beserta promo tertentu yang mungkin Anda sematkan.

Bagi Anda yang belum tahu cara set-up profil biasa ke profil bisnis, berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan Anda sudah membuat akun instagram dengan username berupa nama brand atau niche produk yang akan dijual.

  • Login ke instagram, pilih profil Anda.

  • Klik garis 3 pada pojok kanan profil Anda.

  • Selanjutnya pilih Settings > Account > Switch to professional account.

2.2. Buat Konten yang Berkualitas, Up to Date, dan Menarik

Konten dapat ibaratkan sebagai bahan bakar dalam kesuksesan bisnis Anda, khususnya jika Anda memanfaatkan instagram sebagai media berjualan. Nah, untuk membuat konten yang menarik ada beberapa tips and trik yang bisa Anda coba seperti di bawah ini.

  • Pilih topik yang sesuai dengan niche brand Anda. Ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam membuat content planning sekaligus menjadi cara jualan di Instagram yang efektif.

  • Gunakan foto atau video berkualitas baik. Gunakan kamera berkualitas dengan sentuhan aplikasi editing untuk mempercantik foto Anda.

  • Buat judul dan tulisan yang ada pada gambar jelas dan informatif. Jangan diksi yang Anda pilih membingungkan atau justru memiliki interpretasi yang negatif.

  • Buat konten yang memungkinkan terjadinya interaksi dua belah pihak. Hal ini memungkinkan hubungan baik dengan audience dan membangun kepercayaan dengan pelanggan. Misalnya membuat giveaway, quiz, testimonial.

 

Baca Juga: Cara Jualan di TikTok Shop: 6 Langkah Mudah Untuk Pemula!

 

2.3. Sertakan Caption yang Menarik

Instagram adalah platform yang mengedepankan tampilan visual. Meskipun begitu, caption tetaplah dibutuhkan untuk memberikan informasi lebih lanjut terkait konten ataupun produk yang Anda jual. Selain untuk cara jualan di instagram, caption juga dapat digunakan sebagai Call to Action (CTA) yang mampu mengarahkan pembaca untuk mengikuti kemauan Anda. Misalnya untuk mengklik link pada bio profil bisnis Anda.

Menulis caption haruslah menarik dan mampu mempertahankan fokus pembaca. Berikut ini beberapa tips membuat caption instagram yang menarik:

  • Buat caption menarik yang membuat orang tertarik untuk membacanya. Caption yang menarik dapat berupa pertanyaan, kutipan, ataupun statemen yang mampu memancing rasa penasaran para pembaca.

  • Sertakan hashtag yang relevan untuk memudahkan audience menemukan konten Anda. Selain relevan dengan konten yang akan dipublish, Anda juga bisa menggunakan hashtag populer dengan user terbanyak selama masih relevan dengan niche bisnis Anda.

  • Hindari membuat caption terlalu panjang. Caption yang terlalu panjang dapat menghilangkan fokus pembaca dan membuat siapa saja yang melihatnya enggan untuk membacanya sampai tuntas. Buatlah caption yang singkat, padat, dan jelas.

  • Gunakan emoji untuk menambah kesan visual pada caption Anda. Penggunaan emoji pada caption dapat membuat caption Anda lebih menyenangkan untuk dibaca dan tidak membosankan.

  • Gunakan kalimat aktif saat menuliskan caption. Kalimat aktif mampu membuat caption Anda lebih hidup, segar, dan terdengar menarik.

2.4. Gunakan Hashtag

Cara jualan di Instagram yang keempat yaitu penggunaan hashtag. Hashtag atau tagar adalah komponen penting pada instagram yang memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang, sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal dan berpeluang mendapatkan pelanggan baru.

Menggunakan hashtag tidak bisa sembarangan. Gunakan hashtag secara cermat dengan memilih hashtag yang relevan dengan konten Anda. Selain itu, penggunaan hastag tidak boleh berlebihan, cukup gunakan 4 sampai 5 hashtag saja. Hashtag yang terlalu banyak akan membuat tampilan caption kurang menarik dan terlihat tidak profesional.

2.5. Optimalkan Penggunaan IG Stories & Reels

Selain feed instagram yang dapat Anda post seperti biasa, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti IG story dan Reels untuk cara jualan di Instagram yang kelima. Misalnya yaitu membuat IG Story mengenai produk Anda yang baru dirilis, konten promosi dengan sematan link, giveaway, dan konten yang mengundang banyak interaksi seperti Q&A.

Sedangkan untuk reels, Anda bisa mengupload konten yang tengah populer sekaligus mempromosikan produk yang Anda miliki. Konten reels yang populer biasanya menggunakan lagu tertentu dengan gerakan video yang sedang banyak dipakai oleh user instagram lainnya.

2.6. Jangan Lupa Manfaatkan Penggunaan URL/Tautan di Profil

Penyematan link pada profil tidak bisa disepelekan. Link yang terpasang pada bio akun Anda dapat menggiring banyak orang untuk mengunjungi website Anda maupun membeli produk. Anda dapat menggunakan link custom yang berisikan banyak link di dalam 1 link custom.

2.7. Coba Fitur Instagram Shopping

Selain mengajak calon pelanggan untuk berkenalan dengan brand Anda ataupun membeli produk ke link yang tertera, kini Anda juga bisa langsung berjualan di Instagram tanpa harus berpindah platform. Cukup dengan instagram shopping Anda bisa menawarkan produk berikut dengan harga dan details lainnya. Yang pasti, jangan lupa untuk mengubah akun Anda ke profil bisnis, ya!

2.8. Bekerjasama dengan Influencers/KOL

Salah satu cara jualan di Instagram yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas brand Anda adalah dengan cara bekerjasama dengan Influencers. Cara ini dinilai efektif karena influencers memiliki power yang berpengaruh dalam menarik minat orang-orang untuk mencoba suatu produk.

Pilihlah influencer yang memiliki persona selaras dengan brand Anda dan yang pasti sesuai dengan budget yang Anda miliki, dengan begitu sistem endorse bisa berjalan dengan baik.

 

Baca Juga: Apa Itu Endorse: Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

 

2.9. Buat Promosi Secara Berkala

Orang Indonesia sangat suka dengan promo seperti giveaway, buy 1 get 1, dan lain sebagainya. Selain dapat meningkatkan penjualan, metode ini juga mampu memperluas jangkauan audience Anda, alhasil akun Anda akan lebih aktif dikunjungi berbagai macam orang.

2.10. Lakukan Analisa Penjualan

Setelah menerapkan kesembilan cara jualan di Instagram, cara terakhir yang tidak boleh Anda lupakan yaitu melakukan analisa penjualan. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menganalisanya, yang terpenting adalah pastikan akun Instagram Anda merupakan akun bisnis, dan sudah mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

Berikutnya, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke akun instagram bisnis Anda, lalu klik insights.

  • Pada bagian insights Anda dapat melihat berbagai interaksi yang terjadi pada akun Anda mulai dari jumlah pengunjung, engagement, dan berbagai hal lainnya yang dilakukan oleh audiences Anda.

  • Setelah itu, buka bagian Shopping di halaman insights. Dari sini Anda dapat mengetahui produk mana yang mendapat banyak klik, penayangan teratas, maupun paling laris terjual.

  • Gunakan data-data tersebut untuk Anda jadikan bahan analisa dan pengambilan keputusan terhadap strategi selanjutnya.

  • Selain tools yang tersedia di Instagram, Anda juga bisa memanfaatkan tool tambahan seperti Google Analytic untuk memperoleh data yang lebih lengkap.

 

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator

 

3. Kesalahan Berbisnis di Instagram

Kesalahan dalam berbisnis dapat terjadi kapan saja dan tidak pandang bulu. Oleh karenanya penting bagi kita untuk menghindari berbagai kesalahan tersebut agar tidak gagal di tengah jalan dan beberapa cara jualan di Instagram yang sudah dicoba bisa berjalan maksimal. Dikutip dari Avrist.com, berikut kesalahan berbisnis di Instagram yang harus Anda hindari.

Cara Jualan di Instagram

Image Source: Unsplash/Collabstr

3.1. Rencana Bisnis Kurang Matang

Mengikuti tren yang ada memang penting dalam membangun bisnis. Namun, kesalahan yang umum dilakukan adalah hanya ikut-ikutan tren bisnis yang ada tanpa memiliki rencana bisnis yang matang. 

Berbisnis dimanapun, termasuk di Instagram, haruslah memiliki rencana bisnis yang matang. Hal ini meliputi visi dan misi usaha, deskripsi produk, target pasar, hingga strategi branding, marketing, dan operasionalnya. 

Sebelum menjalankan bisnis, buatlah rencana bisnis yang matang sebagai pedoman bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak kehilangan fokus dalam mengembangkan usaha, serta mampu menarik investor jika bisnis Anda semakin berkembang. 

 

Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Melakukannya

 

3.2. Strategi Branding Kurang Kuat

Memiliki strategi branding yang kuat merupakan hal yang penting ketika Anda menerapkan cara jualan di Instagram. Terutama jika Anda membangun bisnis dengan brand sendiri yang belum dikenal oleh orang banyak. Konsep branding disini meliputi nama, tagline, logo, serta harga yang sesuai dengan target pasar dan visi usaha Anda. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya hal ini sehingga bisnisnya gagal di tengah jalan. 

Bangunlah branding yang kuat dengan menciptakan konten yang sesuai dengan selera pasar Anda. Bagaimana cara membuat konten yang sesuai dan berkualitas? Anda bisa melakukan riset melalui online shop lain atau saingan Anda. Pelajari bagaimana cara mereka membuat konten yang sesuai dengan selera konsumen mereka. 

3.3. Modal Bisnis Terlalu Sedikit

Kesalahan bisnis di Instagram yang umum dilakukan para pebisnis adalah memulai dengan modal yang terlalu sedikit. Memang, menjalankan bisnis di Instagram membutuhkan modal yang minim. Namun, bukan berarti tidak membutuhkan modal sama sekali. 

Jika Anda sudah berbisnis di Instagram, maka Anda harus bersabar dan tidak mudah tergiur dengan keuntungan jangka pendek. Sehingga, dibutuhkan modal kurang lebih 1 tahun ke depan.

Sebaiknya, rencanakan sumber modal tambahan di samping tabungan pribadi. Jangan sampai ketika bisnis Anda sedang berkembang, modalnya malah kurang. Baik untuk kebutuhan stok barang maupun promosi. 

Bagaimana? Apakah sampai sini Anda sudah cukup paham tentang cara jualan di Instagram? Jika Anda ingin memulai berjualan di Instagram namun modal yang dimiliki masih kurang, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke BFI Finance.

 

BFI Finance is a company that provides multi-purpose loans with guarantees for motorbike bpkbcar bpkb, and house or shophouse certificates

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis