Artikel

Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 6 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok!

2022-08-04 00:00:00 274
Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 6 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok!

Akhir-akhir ini, TikTok menjadi sebuah aplikasi video yang tengah digandrungi orang-orang, termasuk di Indonesia.

Konten kreator yang bermunculan pun banyak; mulai dari remaja hingga selebriti. Nah, apabila Anda juga termasuk orang-orang yang senang membuat video dengan aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk meraih keuntungan, lho.

Simak cara mendapatkan uang dari TikTok ala BFI Finance berikut ini!

 

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Memang, aplikasi ini berbeda dari platform lainnya. Tidak seperti Youtube yang penggunanya bisa memasang iklan atau adsense, di aplikasi ini, penggunanya bebas membuat konten tanpa tercampur iklan. Lalu, bagaimana caranya meraup keuntungan uang dari TikTok?

1. Menjadi Konten Kreator TikTok

Menjadi konten kreator adalah salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang dapat Anda tempuh. Jika Anda ingin menghasilkan uang dengan cara  ini,  ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Upload Konten Bersponsor

  • Marketing Afiliasi

  • Brand Ambassador

  • Membuka endorsement dan sejenisnya

2. Menjual Barang atau Jasa

Jika Anda memiliki pengikut yang cukup banyak, Anda dapat menjalankan cara mendapatkan uang dari TikTok yang kedua! Yaitu menjual barang atau jasa melalui TikTok bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini.

Caranya yaitu dengan menjual menchandise yang berkaitan dengan Anda maupun barang-barang yang tengah diminati banyak orang (kekinian).

 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Terbaik dalam 7 Langkah!

 

3. Memanfaatkan Fasilitas Siaran Langsung (Live Streaming) dan Mendapatkan Virtual Gift

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang ketiga ini cukup mudah dilakukan. Anda hanyaperlu meluangkan waktu dan memulai live streaming sesuai dengan tema pilihan Anda.

Virtual gift yang Anda peroleh nantinya bisa ditukarkan menjadi uang tunai dan bisa digunakan untuk apa saja.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini agar penonton merasa nyaman dengan Live Streaming  yang tengah berlangsung.

  • Memilih waktu yang tepat pada saat kebanyakan followers sedang online

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil

  • Gunakan tagar atau hashtag supaya menarik lebih banyak penonton

  • Pastikan urusan teknis aman, terhindar dari gangguan sekitar yang mungkin terjadi selama live streaming berlangsung

4. Beriklan Melalui TikTok Ads

Sama halnya dengan platform sosial media yang lain, TikTok juga menyediakan fitur iklan atau ads yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda maupun monetisasi akun.

Melalui fitur ini Anda bisa menarget lebih banyak audiens untuk menonton konten Anda dan tentunya mereka yang melihat sangat berpotensi untuk menjadi bagian dari followers Anda.

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini memang memakan cukup banyak biaya. Meskipun begitu, jika Anda cukup jeli melihat peluang yang ada, bukannya tidak mungkin akun TikTok Anda semakin ramai dan terkenal.

5. Posting Konten Bersponsor

Bagi Anda pemilik akun TikTok dengan jumlah followers  yang besar, cara yang satu ini bisa menjadi ladang cuan yang menjanjikan!

Hal yang perlu Anda lakukan untuk menerapkan cara ini yaitu bekerja sama dengan brand atau pun toko online tertentu untuk mempromosikan produk mereka. Istilah lainnya adalah Anda membuka Paid Promote atau Paid Partnership.

6. Promosi Musik

Suka membuat musik atau menciptakan lagu? TikTok dapat menjadi sarana bermusik yang menghasilkan uang!

Caranya yaitu dengan mempromosikan musik buatan Anda melalui video singkat yang diuploa ke Tiktok. Jangan lupa untuk sertakan link pembelian musik yang Anda rekam.

Jika beruntung Anda bisa bertemu salah satu produser musik dari label terkenal. Yang terpenting, terus berkarya dan tetap optimis!

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Image Source: Unsplash/Collabstr

Kiat Sukses Menjadi Konten Kreator TikTok

Tertarik untuk mendapatkan uang dari TikTok dan ingin menjadi terkenal? Menjadi konten kreator TikTok dapat menjadi pilihannya!

Bagaimana caranya? Simak empat kiat sukses berikut ini!

1. Membuat Konten yang Menarik Secara Rutin

Untuk menarik orang-orang menonton video Anda, yang Anda harus lakukan adalah membuat konten yang menarik dengan jadwal yang rutin. Anda bisa bertanya kepada teman-teman dan audiens Anda mengenai konten yang up-to-date dan video yang mereka suka. Anda bisa menelusuri lagu, challenge dan video yang sedang tren di berbagai platform social media atau explore. 

Dengan memiliki banyak referensi konten, Anda bisa meraih audiens yang lebih luas dan meningkatkan jumlah likes. Bukan tidak mungkin video Anda menjadi viral dan mendapatkan tawaran endorse atau sponsor. 

2. Sambungkan Akun Youtube dan Instagram 

Apabila Anda memiliki akun Youtube dan Instagram, Anda bisa menyambungkannya (sync) dengan akun TikTok Anda. Hal ini untuk meningkatkan jangkauan audiens TikTok Anda yang lebih luas.

Caranya adalah dengan klik edit profil di TikTok, lalu menambahkan opsi YouTube dan Instagram. Dengan ini, video yang Anda upload di TikTok juga akan ter-upload di akun YouTube dan Instagram Anda. 

3. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag atau tagar juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan jumlah views dan likes dan termasuk ke dalam salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok.

Dengan mencantumkan hashtag, video Anda berkesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Anda bisa menyantumkan tagar bertuliskan judul lagu atau challenge yang ada di video Anda.

4. Collab dengan Influencer

Jika Anda memiliki kenalan influencer, Anda bisa mengajak orang tersebut untuk ikut serta dalam video yang Anda buat. Hal ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan jumlah viewers dan likes, serta menjangkau audiens atau followers yang lebih luas.

Jika jumlah pengikut dan audiens Anda sudah banyak, Anda berpotensi mendapatkan tawaran endorse atau sponsor. Nah, Anda bisa menetapkan biaya endorse dan mendapat keuntungan ekstra. 

Sobat BFI, itulah informasi mengenai Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 10 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok! Semoga bisa menginspirasi Anda, ya! Jika Anda membutuhkan pinjaman dana cepat cair, jangan ragu untuk memilih produk BFI sebagai solusi keuangan Anda.

Nikmati beragam keuntungan dengan mengajukan pinjaman sesuai dengan pilihan Anda!

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Informasi selengkapnya terkait pinjaman maupun pertanyaan lebih lanjut dapat Anda akses melalui laman berikut ini.

Dapatkan informasi menarik lainnya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Sumber: