Gaya Hidup

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Manajemen Waktu dan Hal Penting Lainnya

Admin BFI
9 March 2023
5774
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Manajemen Waktu dan Hal Penting Lainnya

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, terbatas, dan karenanya waktu tidak dapat diperbaharui. Maka dari itu manajemen waktu sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas, mencapai tujuan, meningkatkan kualitas hidup, sampai dengan mengurangi stres akibat manajemen waktu yang buruk.

Sobat BFI, sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengatur waktu yang baik? Mari kita bahas selengkapnya di uraian berikut ini.

 

1. Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah sebuah keterampilan dalam mengelola dan merencanakan penggunaan waktu secara efektif dan efisien. 

Kita tentu tahu jika semua orang di muka bumi ini memiliki jumlah waktu yang sama. Namun, tidak semua orang dapat memanfaatkannya dengan baik akibat satu atau dua hal lainnya.

Secara umum, manajemen waktu sangat berguna untuk memudahkan Anda dalam menentukan skala prioritas di tengah berbagai kesibukan dan tujuan yang ingin dicapai.

1.1. Pengertian Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

1. James T. McCay

"Manajemen waktu adalah suatu usaha untuk mengorganisir dan menggunakan waktu yang tersedia secara efektif, sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan sedikit atau tanpa kegiatan yang berlebihan."

2. Peter F. Drucker

"Manajemen waktu adalah seni dan keterampilan mengelola waktu yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Manajemen waktu melibatkan pengelolaan aktivitas, prioritas, dan tujuan dengan cara yang efektif dan efisien."

3. Stephen Covey

"Manajemen waktu bukanlah tentang bagaimana kita memanipulasi waktu, tetapi tentang bagaimana kita memanipulasi diri kita sendiri dalam menghadapi tugas dan prioritas."

4. Brian Tracy

"Manajemen waktu adalah kemampuan untuk menentukan tugas-tugas yang paling penting dan kemudian mengorganisir waktu dan sumber daya secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut."

5. M. K. Saleem

"Manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu yang tersedia secara efektif dan efisien dalam mengelola kegiatan dan tugas-tugas yang penting bagi pencapaian tujuan."

Dari pengertian para ahli di atas dapat disimpulkan jika manajemen waktu adalah sebuah seni mengelola waktu secara efektif untuk mencapai keseimbangan dalam hidup yang mana akan membantu kita untuk mencapai berbagai tujuan yang ingin dicapai.

2. Karakteristik Waktu

Dilansir dari simplicable.com, waktu memiliki beberapa karakteristik unik seperti berikut ini.

2.1. Absolute (Mutlak)

Waktu mutlak merupakan salah satu gagasan yang menegaskan jika waktu yang ada di seluruh alam semesta bersifat konstan bagi seluruh pengamat. Hal ini sesuai dengan sistem fisika yang dikemukakan oleh ilmuwan bernama Sir Isaac Newton yang kemudian dikenal dengan hukum newton.

2.2. Irreversible (Tidak Pernah Kembali / Terulang)

Irreversible atau irreversibilitas merupakan karakteristik waktu berikutnya dimana waktu bergerak ke depan dan tidak bisa kembali ke masa lalu. Dengan kata lain kita tidak dapat mengulang kembali waktu yang telah berlalu.

2.3. Required (Dibutuhkan)

Waktu adalah sesuatu yang dibutuhkan atau dapat dimaknai sebagai salah satu persyaratan penting agar suatu hal bisa terjadi. Tanpa adanya waktu, mustahil sesuatu dapat terjadi secara sekejap, semuanya membutuhkan waktu dan tidak terjadi begitu saja.

2.4. Measurable (Dapat Dihitung / Diukur)

Waktu memiliki sifat measurable yang artinya dapat dihitung dengan satuan detik, sebagaimana waktu kerap kali dijadikan acuan dalam banyak kegiatan sehari-hari.

2.5. Involuntary (Tidak Disengaja)

Waktu berjalan tanpa disengaja dan akan terus bergulir meskipun kita ingin waktu tersebut dapat berhenti ataupun kembali.

infografis manajemen waktu

Infografis Manajemen Waktu | Source: Aset Digital BFI Finance

3. Manfaat Manajemen Waktu yang Baik

Kepiawaian seseorang dalam manajemen waktu yang efektif dan efisien dapat mendatangkan banyak manfaat, baik itu secara pribadi maupun profesional. Manfaat yang didapat dari manajemen waktu yang baik adalah sebagai berikut.

3.1. Menjadikan Seseorang Lebih Rapi dan Teratur

Dengan menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin, segala kegiatan yang Anda lakukan dapat lebih rapi dan teratur.

3.2. Meningkatkan Produktivitas

Dengan manajemen waktu yang baik, Anda dapat memaksimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan tugas-tugas penting dan mendesak. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada produktivitas dalam bekerja dan menyelesaikan kegiatan sehari-hari.

3.3. Meningkatkan Disiplinitas

Manajemen waktu mengajarkan Anda untuk memprioritaskan tugas yang harus Anda selesaikan sesuai dengan tingkat urgensinya. Dengan begitu, Anda akan lebih disiplin dalam menghargai waktu.

3.4. Mengurangi Stress dan Cemas

Manajemen waktu yang baik dapat membantu Anda untuk menghindari pemborosan waktu dan menyelesaikan tugas dengan cara yang lebih teratur dan tertata, mengurangi stres.

3.5. Membangun Citra Positif

Manajemen waktu yang baik juga dapat meningkatkan reputasi seseorang di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan efektif, seseorang dapat memperoleh reputasi yang baik sebagai orang yang dapat diandalkan dan berkualitas tinggi.

4. Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Manajemen waktu yang buruk dapat berdampak buruk pada kehidupan kita. Berikut ini dampak yang paling umum ditemui saat seseorang tidak dapat mengelola waktunya dengan baik.

4.1. Penundaan Aktivitas

Orang yang tidak pandai dalam mengatur waktu cenderung senang menunda-nunda berbagai aktivitas yang perlu diselesaikan. Alhasil, banyak tugas atau kegiatan yang tidak diselesaikan dengan baik.

4.2. Kurangnya Jam Tidur

Manajemen waktu yang buruk dapat berdampak pada kurangnya jam tidur yang Anda miliki. Pasalnya, ketika ada kegiatan atau tugas yang tidak selesai di waktu yang telah ditentukan, hal tersebut akan berefek pada pengurangan jam tidur yang Anda miliki.

4.3. Tidak Tepat Waktu

Sering mengundur-undur waktu dan menunda berbagai hal penting membuat Anda tidak tepat waktu dalam mengerjakan berbagai hal. Alhasil, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam waktu 30 menit justru berubah menjadi 50 menit sampai dengan satu jam.

4.4. Tergesa-Gesa

Seringkali merasa tergesa-gesa akibat mengerjakan segala sesuatunya mepet waktu atau mepet deadline? Bisa jadi manajemen waktu yang ada tidak dimanage dengan baik.

4.5. Kurang Terorganisir

Lalai dalam mengatur waktu dapat merugikan Anda khususnya dalam urusan keteraturan. Berbagai hal yang Anda jalani menjadi kurang terorganisir dan terkesan tidak rapi. Ini bisa terjadi karena waktu yang ada banyak tertunda untuk melakukan kegiatan lain yang kurang bermanfaat.

4.6. Mood

Tahukah Anda jika salah satu penyebab mood berubah menjadi kurang baik dapat terjadi dikarenakan manajemen waktu yang kurang baik? Itulah sebabnya mereka yang mampu mengatur waktunya sedemikian rupa cenderung memiliki mood yang lebih stabil dan siap menghadapi hari-hari dengan lebih semangat.

5. 6 Tips Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu yang baik dan efektif bisa diraih dengan cara membiasakan diri untuk disiplin dalam menyusun dan mengerjakan sesuatu. Berikut ini tips manajemen waktu yang bisa Anda praktekan sendiri.

manajemen waktu

Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

5.1. Susun Rencana

Tips mengatur waktu yang pertama adalah menyusun rencana. Susunan yang ada ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur timeline kegiatan yang perlu diprioritaskan sekaligus menjadi list tujuan-tujuan yang perlu dicapai dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

5.2. Buat Skala Prioritas

Setelah Anda menuliskan apa saja yang menjadi acuan Anda, selanjutnya buatlah skala prioritas dari masing-masing rencana yang ada. Kelompokan rencana tersebut sesuai dengan target penyelesaiannya lalu atur kapan sebaiknya untuk diselesaikan.

5.3. Motivasi Diri Sendiri

Ada kalanya kita merasa tidak percaya diri dengan berbagai rencana yang telah disusun sedemikian rupa atau bisa jadi di tengah jalan menjadi kurang bersemangat.

Apa yang Anda rasakan tersebut tidaklah salah dan merupakan sesuatu yang normal dialami oleh semua orang. Namun, Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan memotivasi diri sendiri agar skala prioritas yang Anda buat bisa tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan rutin berolahraga, melakukan meditasi, makan-makanan sehat dan kaya akan gizi, serta menyempatkan waktu untuk melakukan hobi atau apapun yang Anda sukai.

Anda juga bisa berbicara dengan orang terdekat dan meminta dukungan dari mereka. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang membawa energi positif serta mendukung Anda untuk jadi pribadi yang lebih baik.

5.4. Manfaatkan Tools Manajemen Waktu

Saat ini sudah banyak sekali tools manajemen waktu yang bisa Anda unduh secara gratis dan membantu Anda dalam mengatur berbagai kegiatan sehari-hari. Manfaatkan tools tersebut sebaik mungkin agar Anda tetap berada di jalur yang sesuai.

5.5. Kuasai Manajemen Stres

Selain motivasi dari dalam sendiri serta dukungan orang yang Anda sayangi, stres menjadi salah satu faktor pemicu terganggunya berbagai rencana yang Anda buat. Oleh karenanya, untuk mempermudah Anda dalam mencapai tujuan utama pastikan Anda menguasai manajemen stres yang baik.

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam mengelola stres yang ada, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya agar kualitas hidup Anda menjadi lebih baik.

 

Baca Juga: Metode Konmari: Seni Beres-Beres Yang Baik Untuk Kesehatan Mental

 

5.6. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Tips mengelola waktu yang penting berikutnya adalah rutin melakukan evaluasi dari waktu ke waktu. Dengan mengevaluasi cara Anda mengerjakan berbagai tugas dan membagi waktu yang ada, Anda dapat melihat secara lebih dekat bagian mana yang sekiranya penting untuk Anda perbaiki sembari mengatur strategi kedepannya untuk efisiensi waktu.

Jangan sampai kehilangan kesempatan yang ada, manfaatkan pinjaman dana cepat cair dengan pencairan hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan hanya di BFI Finance! Solusi tepat untuk wujudkan impian Anda.

Temukan promo menarik dan informasi lebih lanjut terkait pembiayaan di tautan berikut ini.

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Temukan artikel inspiratif lainnya hanya di BFl Blog. Artikel terbaru setiap Senin-Jumat!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup