Pinjaman

Serba Serbi Bulan Inklusi Keuangan Ala BFI Finance

Admin BFI
22 October 2021
2450
Serba Serbi Bulan Inklusi Keuangan Ala BFI Finance

Bulan Oktober adalah bulan dimana kita memperingati Bulan Inklusi Keuangan. Yuk,Yuk, pahami apa itu Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan dapatkan hadiah menarik dari BFI Finance! Tahukah Anda, memahami dan melakukan gerakan inklusi keuangan bisa membantu Anda terhindar dari penipuan dana, lho!

Teknologi digital yang semakin canggih kini banyak memberikan perubahan dan kemudahan dalam beberapa aspek kehidupan. Termasuk untuk urusan finansial. Namun, hal ini juga sayangnya diikuti oleh kejahatan yang semakin canggih. Salah satu kejahatan paling marak pasca disrupsi teknologi adalah kejahatan di bidang perbankan.

Untuk itulah, pemerintah cukup gencar dalam mengampanyekan inklusi keuangan. Tapi sebenarnya, apa itu inklusi keuangan? Apa arti inklusi keuangan bagi masyarakat? 

Apa Itu Inklusi Keuangan?

Inklusi keuangan adalah kondisi dimana seluruh masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami dunia finansial secara menyeluruh. Mulai dari lembaga keuangan resmi, penjamin simpanan, hingga penyedia layanan kredit offline dan online. Selain mengenali lembaganya, inklusi keuangan juga merupakan kondisi dimana seluruh masyarakat memahami kaidah dalam transaksi keuangan. Sehingga, mereka dapat terhindar dari kejahatan dalam dunia finansial seperti penipuan.

Selain itu, menurut CGAP-GPFI, arti inklusi keuangan adalah kondisi ketika masyarakat dalam usia produktif memiliki akses efektif ke layanan keuangan. Seperti kredit, tabungan, pinjaman, serta asuransi dari lembaga keuangan yang formal. Diharapkan dengan adanya inklusi keuangan, masyarakat dapat terhindar dari transaksi keuangan yang informal atau tidak aman (seperti lintah darat) yang dapat menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

 

Bulan Inklusi Keuangan

Apa yang Bisa Anda Lakukan?

Nah, ternyata, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berpartisipasi mewujudkan inklusi keuangan, lho! Dan menariknya lagi, cara simpel ini bisa Anda lakukan sehari-hari. 

Selain membantu mewujudkan keuangan yang inklusif, Anda juga bisa menambah literasi finansial dan membantu Anda dalam meraih banyak keuntungan finansial. 

Contoh yang paling simpelnya adalah menabung, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Anda bisa memilih berbagai macam produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti deposito, hingga tabungan pensiun. Tentunya, Anda sudah melakukan hal ini, bukan?

Tabungan investasi juga merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam mewujudkan inklusi keuangan. Salah satunya bentuk investasi adalah menabung saham atau emas. 

Selain bisa mendapatkan keuntungan di masa depan, produk tabungan investasi ini juga tahan terhadap inflasi dan dapat membantu Anda mewujudkan impian jangka panjang dengan return yang didapatkan. 

Selain itu, memilih layanan keuangan terpercaya juga termasuk bentuk partisipasi mewujudkan gerakan inklusi keuangan. Pilihlah lembaga keuangan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK seperti BFI Finance. 

Untuk mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan finansial di BIK. Spesial di Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini, BFI Finance mau bagi-bagi hadiah menarik nih! Dapatkan hadiah hingga 100 JUTA bagi Anda yang mengajukan pembiayaan mulai tanggal 6 Oktober – 4 November 2021.Selain bagi-bagi hadiah untuk pengajuan pembiayaan, BFI Finance juga akan mengadakan #BFIQuiz berhadiah. 

Yuk, ajukan pembiayaan terpercaya di BFI Finance dan pantau terus Instagram @BFIFinance, ya!

Kategori : Pinjaman