Artikel

Memilih Pinjaman Proses Cepat Terpercaya

2021-11-05 00:00:00 286

Aktivitas pinjaman proses cepat dalam beberapa tahun terakhir ini sangatlah pesat. Banyak masyarakat yang tergiur untuk melakukannya karena jaminan cepat dan terpercaya. Fenomena inilah yang kemudian memicu kehadiran agen pinjaman yang tidak bertanggung jawab yang hanya mengambil keuntungan dari para peminjam.

Lantas, bagaimana cara cepat mengenali layanan pinjaman proses cepat terbaik yang sudah pasti aman dan bisa diandalkan?

Agar tidak mengalami kejadian buruk ketika mengajukan pinjaman, kita perlu mengetahui ciri-ciri layanan pinjaman terpercaya. Simak ulasan tentang kriteria pemberi pinjaman yang bisa diandalkan berikut ini:

pinjaman cepat

Bunga yang Dipatok Wajar

Meminjam baik secara online atau tidak tentunya dibebani dengan bunga. Bagi yang suka meminjam uang di bank, pasti sudah mengetahui jika bank hanya mematok bunga sekitar 0.7-2% saja untuk hitungan bulan. 

Jadi, ketika ada debitur yang menawarkan pinjaman dengan persentase bunga yang tinggi bahkan sampai 2% per hari maka sebaiknya berpikir ulang untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Terdaftar Dalam OJK

Langkah kedua, selalu pastikan jika agen debitur yang hendak Anda akses layanannya telah memiliki izin atau terdaftar secara jelas dalam Badan Otoritas Jasa Keuangan.

Mengingat, untuk menjadi bagian dari keluarga OJK dibutuhkan syarat dan ketentuan yang rumit. Jika debitur sudah mengantongi izin maka debitur tersebut sudah pasti bisa dipercaya dan legal secara hukum.

Identitas yang Jelas

Sebuah lembaga pinjaman terpercaya tidak hanya terdaftar di Badan OJK tapi turut memiliki kantor dan website yang jelas. Sebelum Anda mengajukan pinjaman, tidak ada salahnya untuk mengetahui profil debitur termasuk mengetahui lokasi kantor mereka.

Bila menemukan fakta yang membingungkan termasuk tidak ada akses ke kantor debitur, tidak menutup kemungkinan jika penyedia pinjaman tersebut palsu. 

Layanan Nasabah Aktif dan Responsif

Syarat yang harus dipenuhi oleh setiap penyedia pinjaman adalah pelayanan yang aktif dan responsif dari customer service. Keberadaan CS akan menjadi jembatan yang menghubungkan antara debitur dengan kreditur. 

Kreditur bebas bertanya tentang produk pinjaman termasuk fasilitas apa saja yang diperolehnya ketika mengajukan sebuah pinjaman.

Transparan Dalam Peminjaman

Seorang debitur yang terpercaya dan aman tidak akan ragu untuk memaparkan secara gamblang bagaimana sistem peminjaman yang ditawarkannya. Ketika Anda masuk ke halaman situsnya, terpampang beragam informasi menarik termasuk tentang suku bunga, batas pelunasan dan tenor cicilan. 

Informasi ini memang sudah sepantasnya hadir di ruang lingkup situs pinjaman, prosedurnya telah ditetapkan sejak lama oleh OJK. Tentu saja guna mengedukasi masyarakat akan transparansi dan amannya mengajukan pinjaman. 

Bila secara kebetulan agen pinjaman tidak transparan, bahkan tidak mampu menjawab semua pertanyaan yang Anda ajukan, ada baiknya mencari penyedia lainnya. 

Itulah beberapa kriteria atau karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh agen pinjaman. Agar Anda tidak terjebak dengan layanan pinjaman palsu, pastikan untuk mengajukan pinjaman proses cepat di BFI Finance yang telah terjamin kredibilitasnya. 

Sumber: