Pinjaman

Bolehkah Ajukan Pinjaman Untuk Kebutuhan Darurat?

Admin BFI
19 August 2021
2674
Bolehkah Ajukan Pinjaman Untuk Kebutuhan Darurat?

Keadaan darurat memang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Tentunya, semua orang tidak mau mengalami hal ini. Namun untuk mengatasi hal tersebut, tentunya Anda membutuhkan dana darurat yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak. Dana darurat bisa didapat dari mana saja; baik dari tabungan maupun memilih opsi ajukan pinjaman yang bisa diperoleh dalam waktu singkat. 

Memiliki dana darurat memang penting untuk digunakan ketika kebutuhan mendesak. Sayangnya, terkadang dana darurat yang telah dipersiapkan pun tidak cukup sehingga Anda mau tak mau harus mencari dana tambahan. Sehingga pinjaman uang online langsung cair pun diambil sebagai solusi sementara untuk menambah kekurangan dana. Bentuk pinjaman uang pun bermacam-macam; diantaranya adalah pinjaman tanpa jaminan (KTA), pinjaman dengan jaminan dan kartu kredit. 

Walaupun Anda dalam posisi terdesak dan membutuhkan dana tambahan, sebaiknya Anda jangan gegabah dan asal mengajukan pinjaman darurat. 

Ada berbagai hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum ajukan pinjaman cepat untuk kebutuhan darurat. Apa sajakah?

 

ajukan pinjaman online

Kemampuan Membayar

Walaupun Anda membutuhkan pinjaman dana, namun Anda juga harus memperhitungkan kemampuan membayar Anda. Dikhawatirkan bahwa masalah keuangan Anda bertambah apabila Anda mengajukan pinjaman yang Anda sendiri tidak mampu membayarnya. Jangan sampai juga Anda terjebak hutang yang menumpuk karena bunga yang semakin membesar. 

Idealnya, Anda harus mengajukan pinjaman dengan jumlah tidak lebih dari 30% dari pendapatan bulanan Anda. Pastikan untuk memperhitungkan dengan seksama, terutama jika Anda menjaminkan aset berharga Anda seperti BPKB kendaraan atau sertifikat rumah. Tentunya, Anda tidak mau sampai kehilangan aset tersebut, bukan?

Produk Pinjaman dan Tingkat Bunga

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah tingkat bunga. Mirip dengan poin pertama, pastikan untuk memilih produk pinjaman yang tingkat suku bunganya sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Pastikan juga untuk membandingkan bunga antar lembaga keuangan yang berbeda dan memilih bunga yang paling rendah. Umumnya, tingkat suku bunga untuk produk pinjaman dengan jaminan lebih rendah dibandingkan KTA. 

Alternatif Lembaga Keuangan

Yang terakhir, pastikan juga Anda memilih lembaga keuangan yang aman dan terpercaya untuk mendapatkan dana pinjaman. Anda bisa mengecek kredibilitas lembaga keuangan tujuan Anda melalui situs resmi OJK. Pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda. 

Mengajukan pinjaman boleh saja digunakan sebagai solusi sementara. Namun, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan dengan matang. 

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana, BFI Finance siap mengatasi masalah keuangan Anda. Yuk, ajukan pinjaman cepat dan terpercaya dengan bunga rendah di BFI Finance. 

Kategori : Pinjaman