Artikel

7 Rekomendasi Buku Self Healing Terbaik 2022, Bikin Tentram Jiwa!

2022-07-20 00:00:00 472
7 Rekomendasi Buku Self Healing Terbaik 2022, Bikin Tentram Jiwa!

Padatnya jadwal kegiatan serta tuntutan sosial, kadang kala bisa membuat pikiran kita menjadi kewalahan. Berawal dari sana pikiran negatif pun akhirnya bermunculan satu persatu. Mulai dari perasaan cemas, merasa tidak berharga, dan hal buruk lainnya yang terlintas begitu saja.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan membaca buku bertema Self Healing. Buku dengan tema ini dapat membantu kita untuk menyadarkan diri dan memperoleh pandangan baru terhadap hal yang kita pikirkan.

Kira-kira buku self healing apa saja yang cocok dibaca pada tahun 2022 ini? Simak 10 rekomendasi buku self healing di bawah! 

 

Apa Itu Self Healing?

Topik Self Healing belakangan ini ramai dibicarakan di mana-mana. Ada yang bilang bahwa self healing adalah kegiatan berpergian ke suatu tempat demi menangkan pikiran, semacam berlibur untuk meredakan stress. Ada juga yang bilang self healing adalah kegiatan berdiam sejenak Sebenarnya, apa itu Self Healing?

Self Healing adalah sebuah proses penyembuhan luka batin tanpa obat. Proses ini dilakukan dengan cara melepaskan emosi terpendam maupun energi negatif yang ada pada tubuh dan pikiran kita.

Dari proses ini kita akan memperoleh beberapa keuntungan yang baik untuk diri sendiri. Antara lain kita dapat lebih memahami diri sendiri, menghindari pikiran-pikiran negatif, dan menerima kekurangan maupun kelebihan yang ada dalam diri.

Selain pergi ke suatu tempat, self healing dapat dilakukan dengan cara membaca buku. Buku ini nantinya akan membantu Anda secara perlahan untuk mengeluarkan pikiran berlebih lewat untaian kata yang ada di dalamnya.

7 Rekomendasi Buku Self Healing

Di bawah ini adalah 7 rekomendasi buku self healing yang dapat Anda pilih untuk membantu memulihkan jiwa, menenangkan pikiran.

1. Coping with Depression: Jangan Mau Kalah dari Depresi! - J. Maurus

Buku Self Healing 1

Sebagaimana dengan penyakit lain, penyakit mental juga sangat beragam jenisnya. Salah satu diantaranya yaitu depresi. Buku ini hadir untuk membantu para pembaca memahami apa itu depresi dan bagaimana cara mengatasinya lewat studi kasus yang disajikan oleh penulis.

Menekankan kekuatan cinta dalam kesembuhan mental, isi yanga ada pada buku ini terbagi ke dalam 12 bab menarik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 12 bab tersebut diantaranya:

  • Dunia yang Keras

  • Waktu dan Gejala Depresi

  • Pemicu Depresi

  • Suka Duka Dalam Keluarga

  • Krisis di Kalangan Pekerja

  • Kesedihan Cinta

  • Orang-Orang Tanpa Tujuan

  • Kompleks Harlequin

  • Menuju Pemahaman Hidup yang Dewasa

  • Bersikap Baik Kepada Teman

  • Cara Mengatasi Depresi

  • Semangat Hidup

Di samping itu buku ini ditulis langsung oleh seorang pakar psikologi, sehingga penjelasan yang ada dibahas secara mendetail dengan pendekatan ilmiah dan beragam literatur pendukung.

2. What’s So Wrong About Your Self Healing - Ardhi Mohamad

Buku Self Healing 2

Terkesan serius dengan cover bukunya yang hitam dan penuh dengan tulisan, buku ini berisikan pembahasan terkait masalah-masalah yang kerap menghantui orang dewasa. Masalah tersebut banyak bersumber dari pengalaman masa kecil yang kurang menyenangkan dan pola asuh yang salah.

Tidak hanya membahas mengenai isu yang sedang tren, parenting dan self healing. Buku ini juga memaparkan alasan mengapa seseorang bisa menjadi seperti sekarang dan cara apa yang dapat ditempuh untuk memperbaikinya. Menariknya lagi, buku ini dilengkapi dengan beragam ilustrasi unik yang membuat siapa saja tidak akan merasa bosan untuk membacanya. 

3. Merawat Luka Batin - dr. Jiemi Ardian, Sp. KJ

Buku Self Healing 3

Ditulis langsung oleh seorang psikiater terkenal bernama dr. Jiemi, buku ini membantu kita untuk merawat maupun menyikapi luka batin yang kita miliki. Seperti halnya sakit fisik, luka batin juga perlu dirawat sebaik mungkin agar luka yang ada tidak meninggalkan bekas yang mungkin akan berefek ke depannya. Karena pada dasarnya merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan merawat kebugaran tubuh.

Buku ini sangat ringan untuk dibaca, rasanya seperti sedang berbicara pada sahabat sendiri dan diberi pelukan hangat manakala hujan badai tengah menerpa.

4. Yang Belum Usai: Kenapa Manusia Punya Luka Batin - pijarpsikologi

Buku Self Healing 4

Sebagaimana buku self healing sebelumnya, buku ini juga mengusung tema yang sama yaitu mengenai luka batin. Pada buku ini Anda akan diajak mengenal jenis-jenis luka batin lengkap dengan contohnya.

Melalui buku ini, Anda juga akan belajar menangani luka batin yang ada dan bagaimana luka tersebut dapat tertangani dengan baik tanpa meninggalkan bekas luka yang berpotensi menjadi boomerang di kemudian hari.

5. Si Kecil Yang Terluka Dalam Tubuh Orang Dewasa - Patresia Kirnandita

Buku Self Healing 5

Luka batin erat kaitannya dengan Inner Child yang terluka. Itulah yang menjadi bahasan utama pada buku ini di mana penulis menceritakan secara detail terkait luka batinnya semasakecil yang membetuk kepribadian di masa dewasa.

Berangkat dari sana, sang penulis juga memaparkan beragam cara lewat pendekatan psikologi untuk menangani luka-luka tersebut. Membaca buku ini rasanya seperti diajak melihat kembali kenangan lama di masa kecil sekaligus perasaan hangat dipeluk oleh diri sendiri. Begitu mengharukan.

6. The Book You Wish Your Parent Had Read (and Your Children Will be Glad That You Did) - Philippa Perry

Buku Self Healing 6

Saat membesarkan seorang anak, disadari maupun tidak biasanya orangtua akan cenderung mengadaptasi pola asuh yang sama sebagaimana orangtua mereka terdahulu. Dan tanpa disadari, pola asuh tersebut sebetulnya pernah melukai mereka semasa kecil. Hal inilah yang harus diwaspadai.

Lewat buku self healing ini penulis mengajak para pembaca tidak hanya untuk memahami pentingnya parenting tapi juga kewajiban kita sebagai orangtua untuk menyebuhkan luka batin. Karena jika luka batin tersebut masih ada bukan tidak mungkin kesalahan yang sama dan trauma sebelumnya akan ikut terjadi kepada anak Anda.

7. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Buku Self Improvement 7

Tidak semua yang ada di hidup ini dapat diatur sedemikian rupa sesuai kehendak kita. Lewat buku filosofi teras, kita diajarkan untuk menikmati hidup dan berfokus pada apa yang bisa kita kontrol karena dengan begitu kebahagiaan akan turut menyertai kita. Hal ini sejalan dengan filsafat yunani kuno mengenai stoa.

Meskipun buku ini membahas mengenai filsafat, isi yang ada di dalamnya justru sangat mudah dicerna dan dekat dengan permasalahan di kehidupan kita sehari-hari. Di samping itu, penulis juga memaparkan banyak hal praktis yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari agar terbebas dari rasa cemas dan pikiran berlebih. Buku ini sangat cocok untuk dibaca siapa saja yang membutuhkan ketenangan dalam hidupnya.

 

Baca Juga: Jadi Lebih Baik, Intip 11 Rekomendasi Buku Self Improvement Ini!

 

Apa Saja Manfaat Membaca Buku Self Healing?

Membaca buku self healing memiliki segudang manfaat. Diantara semua manfaat yang ada, setidaknya terdapat 5 manfaat paling menonjol.

Buku Self Improvement

Image Source: Pexels/Clay Banks

1. Memperkaya Sudut Pandang

Buku self healing ditulis dengan tujuan untuk menyadarkan para pembaca terkait sudut pandang dan pikiran tertentu yang muncul di saat kita sedang terjatuh. Misalnya pikiran buruk seperti ‘tidak ada satupun orang yang akan mempercayai kita’ atau bisa juga ‘saya tidak akan mampu melakukannya’. Dengan membaca buku self healing pikiran-pikiran tersebut dapat kita singkirkan lewat pandangan baru yang lebih positif.

2. Tubuh dan Pikiran Menjadi Lebih Rileks

Emosi negatif memicu reaksi tubuh yang kurang baik. Misalnya jantung berdebar lebih cepat, otot-otot menjadi lebih tegang, asam lambung meningkat dan lain sebagainya. Dengan membaca buku self healing Anda akan merasakan ketenangan yang membuat tubuh serta pikiran lebih rileks.

3. Terhindar Dari Hal Negatif

Saat stress melanda kita cenderung bertindak gegabah dan tanpa sadar hal yang kita lakukan dapat berakibat fatal atau justru membahayakan keselamatan jiwa. Dengan membaca buku self healing pikiran-pikiran negatif tersebut akan pergi menjauh.

4. Mempertajam Daya Ingat

Sudah bukan lagi rahasia umum jika membaca dapat mempertajam daya ingat. Hal ini dikarenakan dengan membaca kita menerima informasi baru dan mengaktifkan sel di dalam otak kita untuk merekam apa yang kita baca.

5. Menambah Kosa Kata Baru

Sama halnya dengan belajar, saat membaca buku kita akan disuguhkan beragam informasi menarik. Informasi tersebut tentunya menambah pengetahuan kita mengenai suatu hal, dari sinilah kita akan memperoleh kosa kata baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin banyak pula kosa kata serta pengetahuan yang kita peroleh.

Sobat BFI, itulah 7 rekomendasi buku self healing. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berdamai dengan diri sendiri. Semua buku tersebut dapat didapatkan di toko online maupun offline, pastikan untuk membeli buku original, ya!

Pinjaman Mudah dan Cepat

Butuh dana cepat cair dengan proses yang mudah tanpa berbelit-belit? BFI Finance siap membantu!

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan meminjam melalui BFI Finance, Anda akan memperoleh beragam keuntungan seperti berikut ini

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Informasi selengkapnya terkait pinjaman maupun pertanyaan lebih lanjut dapat Anda akses melalui laman berikut ini.

 

Ikuti terus artikel kami mengenai bisnis, gaya hidup, informasi umum, dan sebagainya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Sumber: