Artikel

Jadi Lebih Baik, Intip 11 Rekomendasi Buku Self Improvement Ini

2022-07-08 00:00:00 1149
Jadi Lebih Baik, Intip 11 Rekomendasi Buku Self Improvement Ini

Self improvement atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pengembangan diri merupakan suatu strategi yang dilakukan untuk mengembangkan diri kita menjadi individu yang lebih baik. Pengembangan diri ini dapat berupa pencarian jati diri, menggali potensi dalam diri, serta meningkatkan kualitas diri. Salah satu cara asyik yang dapat Anda lakukan yaitu dengan cara membaca buku self improvement. 

Pada artikel kali ini, tim BFI berhasil mengkurasi 11 rekomendasi buku self improvement yang dapat dijadikan referensi untuk Anda dalam membantu hidup yang lebih baik. Mulai dari financial literacy, mindfulness, decluttering, dan masih banyak lagi.

 

11 Rekomendasi Buku Self Improvement ala BFI Finance

The Psychology of Money

Salah satu rekomendasi buku self improvement terpopuler masa kini. Secara singkat, buku ini membahas salah satu topik terpenting dalam aspek kehidupan kita, yaitu mengenai manajemen keuangan.

Dikemas melalui 19 cerita pendek, buku ini menyuguhkan kita tentang beragam cerita tentang bagaimana orang-orang cenderung memiliki pikiran yang aneh terhadap uang. Misalnya, banyak orang berpendapat bahwa kita cenderung menilai kekayaan berdasarkan apa yang kita lihat dengan. Artinya, kita cenderung mengandalkan tampilan luar untuk menakar keberhasilan finansial seseorang.

Untuk Anda yang memiliki kesulitan dalam mengatur keuangan, buku ini sangat layak untuk dibaca. Selain bisa mengubah pola pikir kita terhadap uang, banyak hal menarik lainnya yang dapat digali melalui buku ini.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Tepat

 

Filosofi Teras

Filosofi teras, sesuai dengan judulnya rekomendasi buku self improvement yang satu ini membahas mengenai filsafat. Namun tidak perlu khawatir, bahasan filsafat yang ada di buku ini dikemas dengan sangat baik dan ringan untuk dibaca. Bahkan menggunakan bahasa gaul!

Dalam buku ini, sang penulis Henry Manampiring memaparakan tentang bagaimana kita dapat menerapkan stoikisme dalam kehidupan sehari-hari. Stoikisme merupakan sebuah mahzab filsafat yang dapat menjadi solusi terhadap beragam emosi negatif. Misalnya, stress, overthinking, amarah, dan lain sebagainya. Secara singkat, mahzab ini mengajak kita untuk berfokus pada apa yang dapat kita kendalikan dan lebih menikmati hidup.

Bersifat aplikatif, isi yang ada dalam buku ini dapat dengan mudah kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi milenial dan gen-z masa kini. 

Secret Divine of Love: A Spiritual Journey Into The Heart of Islam

Lebih dikenal dengan judul singkat Secret Divine of Love, buku ini merupakan buku pengembangan diri islami yang ditulis oleh A. Helwa penulis asal California. Helwa menerangkan bagaimana Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam yang Maha Kasih menciptakan manusia, memeliharanya dengan sangat lembut, dan menempatkannya di tempat yang sangat tinggi.

Jauh dari bahasan siksa kubur maupun azab, rekomendasi buku self improvement ini berisikan kisah isnpiratif, hadist, ayat-ayat Al-Quran, puisi Rumi, psikologi, hafiz, serta sains yang dibahas dengan narasi yang mudah dipahami.

Disusun menggunakan pendekatan rasional seperti pembuktian ilmiah, meditasi terbimbing, serta latihan praktis, buku ini mampu mengajak pembacanya membedakan dan mengatasi berbagai macam kritik batin negatif yang terdapat di dalam diri kita.

Buku ini sangat cocok untuk seseorang yang hatinya begitu rindu dengan Allah SWT, merasa putus asa, merasa bahwa diri sendiri tidak pernah cukup atau sempurna, dan ingin kembali memeluk agama Islam dengan erat.

How to Win Friends and Influence People

Merasa kesulitan untuk berkomunikasi atau menjalin hubungan dengan orang di sekitar maupun orang baru? Buku berikut ini layak untuk dicoba!

Salah satu buku top tier dalam genre buku Self Improvement. Buku ini terbit pada tahun 1936 dengan isi yang masih sangat relevan dengan situasi saat ini.

Ditulis berdasarkan kisah nyata serta kejadian-kejadian yang dialami oleh penulis, 

Rekomendasi buku self improvement ini mengajarkan kita bagaimana menerapkan teknik fundamental dan sederhana dalam berhubungan dengan orang lain, memahami perspektif orang lain, memimpin dan mempengaruhi orang lain, membuat orang lain suka dengan kita, membuat impresi awal yang bagus, dan cara membuat penolakan secara efektif.

Tidak seperti buku self improvement pada umumnya yang hanya memiliki daftar isi, dalam buku ini terdapat arahan oleh penulis bagaimana kita dapat menerapkan isi yang ada di dalamnya dengan baik. Hal ini terlihat jelas melalui sembilan saran yang ada di lembar awal. 9 saran itu diantaranya:

  • Saran pertama dan yang terpenting yaitu mengembangkan hasrat yang kuat untuk benar-benar mempelajari prinsip-prinsip dalam buku ini.

  • Saran berikutnya lebih bersifat teknis seperti mengulang setiap bab sebanyak dua kali, menggarisbawahi gagasan penting, memeriksa kemajuan setiap minggu dan lain sebagainya.

7 Habits of Highly Effective People

Merasa terjebak dengan pola dan kebiasaan sehari-hari yang itu-itu saja? Buku berikut ini dapat menjadi acuan Anda untuk keluar dari kebiasaan lama dan mengubah hidup menjadi lebih baik. 

Buku ini pertama kali dirilis pada tahun 1989 dan berhasil terjual lebih dari 15 juta kopi dan telah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa di seluruh dunia. 

Sesuai dengan judul yang tertera, isi yang ada dalam buku ini membahas 7 poin utama kebiasaan yang dianggap penulis akan sangat membawa pengaruh besar bagi kehidupan jika diterapkan dengan baik. Mengubah pandangan dan kebiasaan kita selama ini.

Kelebihan lainnya dari buku ini adalah susunan bahasa yang mudah dipahami dan serta isi buku yang rapih.

The Life-Changing Magic of Tidying Up

Tahukah Anda salah satu penghambat produktivitas sehari-hari kita yaitu benda di sekeliling kita?

Pasalnya, barang-barang yang ada menuntut perhatian serta waktu yang kita miliki. Sebagai contoh, barang yang kita miliki harus dirawat dan dibersihkan sesering mungkin. Jika Anda kerap kali merasa gelisah akan keberadaan barang-barang dan berencana untuk hidup minimalis atau living to the fullest, buku ini wajib Anda baca!

Dalam buku karya Marie Kondo atau akrab disapa Konmari ini Anda akan disuguhkan perspektif baru mengenai seni beres-beres, awareness terhadap kepemilikan barang-barang, berbenah secara positif, menyimpan secara efektif, keberanian dalam menghadapi setiap sudut tak tertata; seperti kamar, ruang kerja, dan lainnya.

Terdapat 5 bab menarik dalam buku ini

  • Kenapa Kita Tidak Bisa Menjaga Kerapian Rumah?

  • Membuang Sampai Tuntas Terlebih Dahulu

  • Berbenah Berdasarkan Kategori Ajaibnya Bukan Main

  • Mencerahkan Hidup dengan Menyimpan secara Apik

  • Keajaiban Berbenah Mengubah Hidup Anda secara Dramatis

Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah

Belakangan ini demam Korea merajalela di mana-mana, mulai dari musik, makanan, sampai dengan buku. Salah satu rekomendasi buku self improvement asal korea yang layak dicoba yaitu buku dari penulis Geul Bae Woo berjudul ‘Aku Bukannya Menyerah Hanya Sedang Lelah’. Buku ini membahas mengenai bagaimana bentuk kepedulian dan penghargaan terhadap diri sendiri.

Sangat pas dibaca tatkala Anda sedang jenuh atau ingin menenangkan diri. Melalui setiap halamannya penulis akan mengajak pembaca untuk merenungkan dan mengatasi fase hampir menyerah. Tidak hanya itu, buku ini juga akan membantu kita merasa lebih baik setelah dikecewakan oleh ekspektasi sendiri.

Love for Imperfect Things

Ditulis oleh seorang biksu ternama, buku ini akan mengajarkan kita tentang mencintai dan kebijaksanaan spiritual. Mencintai diri sendiri, orang lain, dan keadaan di sekitar, dengan menerima segala kekurangan dan ketidaksempurnaannya.

Selain itu, buku ini juga membantu pembaca untuk memahami arti penting dari menerapkan mindfulness, serta beristirahat di dunia yang sibuk, menikmati setiap waktu yang terlewati. Setelah membaca buku ini Anda akan mendapatkan ketenangan batin, terdorong untuk lebih semangat, dan menjadi pribadi yang bijaksana dalam segala hal.

Rekomendasi buku self improvement terbaik

Image Source: Pexels/cottonbro

The Comfort Book

Sesuai dengan judulnya comfort, buku ini dapat membantu siapa saja untuk merasa lebih tenang dan menemukan kenyamanan dalam diri sendiri. Membuat kita tersadar bahwa menemukan kenyamanan bisa datang dari manapun, bahkan hal kecil sekalipun.

Buku ini juga membantu para pembaca untuk menemukan harapan baru dan mencari jalan hidup yang lebih bermakna. Ketika sedang lelah ataupun kesepian, membaca untaian kata di dalam buku ini bisa mengalirkan perasaan yang lebih tenang. Tidak hanya itu, melalui rekomendasi buku self improvement ini kita akan kembali disadarkan betapa berharganya diri kita dan betapa pentingnya kehidupan yang sedang kita jalani saat ini.

Rusak Saja Buku Ini

Buku ini merupakan salah satu rekomendasi buku self improvement anti-mainstream yang layak untuk Anda coba!

Sengaja dibuat sebagai penyalur emosi agar tidak mengendap dalam diri sendiri atau justru berpotensi untuk merusak kesehatan mental, buku ini berisikan instruksi-instruksi unik dan nyeleneh. 

Misalnya perintah untuk menginjak buku dengan sepatu, meneteskan kopi ke buku, menyobeknya, menggulingkan buku dari bukit, sampai dengan menguburnya. Ada juga perintah untuk menanam kacang dan kita diharuskan untuk mencatat bagaimana perkembangannya dari hari ke-hari.

Tentunya melalui instruksi yang berbeda pada tiap lembarnya dapat membuat kita merasa terhibur dan meringankan beban pikiran.

Atomic Habits

Buku dengan bahasan tips sukses membangun kebiasaan baru yang dimulai dari langkah kecil sesuai dengan judulnya Atomic. Bahasan utama dalam buku ini yaitu mengenai kebiasaan-kebiasaan, pengambilan keputusan, dan juga perbaikan berkelanjutan. Di mana penulis menekankan kepada pembaca bahwa keputusan-keputusan yang kita pilih saat ini adalah sebuah hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu.

Bukan hanya omongan semata, buku ini berisikan tips-tips yang sangat praktikal dan dapat dengan mudah kita terapkan perlahan-lahan karena tips yang ada memungkinkan kita untuk mengubah kebiasaan dari hal yang paling kecil.

Rich Dad, Poor Dad

Buku ini mengajak kita memahami uang dan kekayaan dari persepktif yang berbeda, literasi keuangan yang tidak kita peroleh di sekolah formal.

Di dalamnya terdapat beberapa bahasan pokok, antara lain mencapai kebebasan finansial, pembahasan mengenai investasi, membedakan antara aset dengan liabilitas., mencoba memulai investasi, mempunyai usaha sampingan selain pekerjaan utama, belajar memaknai setiap kejadian, pentingnya mempelajari keuangan, sales, dan marketing. Belajar menentukan kapan ingin memperoleh kebebasan finansial.

Solusi Keuangan Anda

Punya keinginan untuk mewujudkan bisnis Anda namun terkendala akan modal? Butuh biaya untuk pendidikan anak? Apapun kebutuhannya, Anda dapat mengajukan pinjaman ke BFI Finance.

BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang sudah terverifikasi oleh OJK. Kami siap membantu Anda memperoleh pinjaman dengan berbagai keuntungan. Diantaranya yaitu:

Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Sobat BFI, itu dia 11 rekomendasi buku self improvement yang dapat meningkatkan kualitas diri kita. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi menarik lainnya Anda dapat mengunjungi laman Blog BFI. Salam sukses! 

Sumber: