Informasi Umum

Sambut Bulan Suci, Ini 12 Hikmah Puasa Ramadhan

Admin BFI
8 March 2024
1881
Sambut Bulan Suci, Ini 12 Hikmah Puasa Ramadhan

Menyambut bulan suci Ramadhan 2024, umat muslim wajib untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa sendiri merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Sejatinya banyak hikmah puasa Ramadhan yang dapat Anda ambil dari berbagai sisi. Adapun hikmah puasa Ramadhan yang paling umum untuk umat islam adalah memperbanyak amal serta membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa.

 

 

1. 12 Hikmah Puasa Ramadhan

Terdapat banyak sekali hikmah puasa Ramadhan yang dapat Anda rasakan. Oleh karena itu, berikut beberapa hikmah puasa Ramadhan.

1.1 Bentuk Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Pada hakikatnya, hikmah puasa Ramadhan yang paling utama adalah untuk mencapai tingkat ketaqwaan yang sebenarnya kepada Allah SWT. Hal ini terdapat dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

 

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. ” (Al-Baqarah: 183)

 

Puasa dengan ketaqwaan akan menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap agama yang tinggi. Hal ini tentu akan membantu seseorang menumbuhkan ketahanan mereka, secara jasmani dan rohani. Hikmah puasa Ramadhan yang satu ini adalah hikmah utama, karena dengan taqwa, manusia dapat berlatih menghadapi berbagai kesulitan atau cobaan hidup yang akan diberikan oleh Allah SWT.

 

Baca Juga: Tips Puasa Sehat dan Lancar Selama Bulan Ramadhan

 

1.2 Melatih Kedisiplinan

Hikmah puasa Ramadhan yang kedua adalah untuk melatih kedisiplinan seseorang. Seperti yang kita ketahui, puasa memiliki aturan dimana sejak azan subuh (mulai fajar) hingga azan maghrib (matahari tenggelam), orang yang melaksanakan ibadah puasa harus menahan diri dari makanan dan minuman. Jika Anda melaksanakan puasa, Anda melaksanakan aturan tersebut dengan disiplin. Dengan begitu, hikmah puasa Ramadhan yaitu kedisiplinan, terutama disiplin waktu dapat terlaksana dengan baik.

 

1.3 Melatih Kesabaran

Selain makan dan minum, berpuasa juga harus bersabar, menahan emosi, dan hawa nafsu. Ini yang menjadi hikmah puasa Ramadhan selanjutnya. Hal ini terdapat dalam hadits Rasulullah SAW yang bersabda:

 

"Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa." (HR Bukhari dan Muslim).

 

1.4 Bersyukur Terhadap Nikmat Allah SWT

Dengan berpuasa, Anda akan merasakan kelaparan dan kehausan, namun tidak dapat mengobati perasaan tersebut. Hal ini membuat Anda bersyukur atas nikmat makanan dan minuman yang sudah dicukupkan oleh Allah SWT setiap harinya selama ini. Terkadang, kita sebagai manusia suka lupa bahwa makanan dan minuman, yang merupakan kebutuhan sehari-hari kita, juga merupakan karunia dari Allah SWT. Sedangkan banyak orang diluar sana yang tidak setiap hari bisa mengonsumsi makanan dan minuman. Jadi, hikmah puasa Ramadhan selanjutnya adalah belajar bersyukur terhadap nikmat Allah SWT selama ini.

 

1.5 Ladang Amal

Hikmah puasa Ramadhan yang disenangi oleh orang banyak adalah menjadi ladang amal bagi orang-orang yang melaksanakannya. Sunnah seperti membaca Al-Qur’an, berdoa ketika berpuasa, hingga sahur menjadi amalan tersendiri untuk kita. Ditambah dengan adanya kesungguhan dan keimanan, sehingga amal ibadah dilaksanakan dengan khusyuk. Bahkan, dipercaya bahwa amalan-amalan baik yang dilakukan saat bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

 

1.6 Menghapus Dosa di Masa Lalu

Ibadah puasa dipercaya bisa membersihkan hati dan jiwa dari segala perilaku tidak baik. Hal ini yang menjadi hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya, karena dengan puasa, kita dianggap membersihkan hati dan jiwa kita. Hal ini disebabkan karena tingkat keimanan kita yang tingga dan mengharapkan ridha dari Allah SWT. Niscaya, segala dosa di masa lalu diampuni oleh Allah SWT. Hal ini didukung oleh hadits dimana Rasulullah SAW bersabda:

 

“Siapa yang puasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan ridha Allah akan diampuni segala dosanya yang lalu.” (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)

 

Selain itu, bulan suci Ramadhan menjadi bulan dimana manusia tersadar akan segala kesalahan dan dosa-dosa di masa lalu. Hal ini akan membuat mereka berdoa dan bertaubat kepada Allah SWT. Hal ini dilandaskan dengan ketaqwaan manusia terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW.

 

1.7 Mendapatkan Syafaat Al-Qur’an

12 hikmah puasa ramadhan

Diturunkannya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan menjadi petunjuk besar kepada manusia. Bagi mereka yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an di bulan Ramadhan mendapatkan ganjaran yang besar, yang merupakan syafaat Al-Qur’an di hari kiamat nanti. Ini menjadi hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya, dimana dengan membaca Al-Qur’an, pahala tiap huruf akan dilipatgandakan.

 

Baca Juga: 12 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan, Wajib Dicoba!

 

1.8 Melemahkan Godaan Setan

Hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya adalah melemahkan godaan setan. Dipercaya bahwa pembuluh darah seseorang ketika puasa akan mengecil. Inilah yang dipercaya dapat menyempitkan pergerakan setan yang berjalan dalam aliran darah seseorang. Hal ini terdapat dalam hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

 

Sesungguhnya setan berjalan dalam diri manusia melalui aliran darah." (HR Bukhari dan Muslim)

 

1.9 Mengendalikan Hawa Nafsu

Ketika seseorang dapat mengontrol dan menahan dorongan hawa nafsu, hal tersebut dianggap sebagai kemajuan dalam membentuk akhlak dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran Islam.

 

Hawa nafsu, yang selalu mendorong individu menuju tindakan yang bertentangan dengan syariat, menjadi fokus dalam pembinaan moral. Islam, sebagai panduan hidup, mengajarkan umatnya untuk berhati-hati dan menjaga diri agar tidak terpengaruh oleh desakan hawa nafsu yang berpotensi merusak martabat dan integritas pribadi. Dengan demikian, hikmah puasa Ramadhan yang berikutnya adalah  mengontrol dorongan hawa nafsu selama puasa Ramadhan menjadi suatu bentuk latihan spiritual yang mendukung pengembangan akhlak yang baik sesuai dengan nilai-nilai Islam.

 

1.10 Pembentukan Karakter

Hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya adalah pembentukan karakter. Dimana puasa Ramadhan membuat karakter Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan puasa, Anda dituntut untuk mengendalikan hawa nafsu, emosi, serta bersikap jujur, bertanggung jawab, dan mudah memaafkan. Ini tentu memperbaiki karakter seseorang, mengingatkan bahwa karakter tersebut selalu disenangi oleh Allah SWT dan membawa dampak yang baik kepada orang sekitar.

 

1.11 Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam segi kesehatan, hikmah puasa Ramadhan adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut dikarenakan tubuh mendapatkan asupan saat sahur dan berbuka. Adapun metabolisme dianggap lebih baik karena terdapat pelepasan hormon adiponektin. Hormon tersebut membuat sel organ dan otot tubuh agar dapat lebih banyak menyerap nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang diserap, maka semakin baik juga tubuh melaksanakan fungsinya.

 

1.12 Mengendalikan Nafsu Makan

Hikmah puasa Ramadhan yang terakhir adalah puasa dapat mengendalikan nafsu makan agar kembali normal. Pada individu yang mengalami obesitas, tubuh mengalami kesulitan dalam mengendalikan hormon pemicu rasa lapar. Dengan demikian, penderita obesitas cenderung untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

 

Dengan menjalani puasa secara teratur, tubuh secara otomatis akan mengatur kembali produksi hormon yang memicu rasa lapar, melepaskannya hanya pada saat-saat ketika tubuh benar-benar membutuhkan asupan makanan. Hal ini bertujuan untuk membantu individu yang mengalami obesitas dalam mengontrol pola makan mereka.

 

Itulah beberapa hikmah puasa Ramadhan yang dapat dilaksanakan oleh umat muslim. Di bulan yang suci ini, diharapkan umat muslim memaksimalkan ibadah puasa dan melaksanakan ibadah-ibadah yang Inshaa Allah diberikan rahmat kepada Allah SWT.

Kategori : Informasi Umum