Syariah

10 Tips Memilih Travel Umroh yang Perlu Anda Ketahui

Admin BFI
22 April 2024
1648
10 Tips Memilih Travel Umroh yang Perlu Anda Ketahui

Umroh telah menjadi salah satu ibadah yang sangat berarti untuk umat Islam. Hampir semua muslim ingin menunaikan ibadah ini. Hal ini terbukti dari jemaah umroh yang tiap tahun semakin banyak. Menyadari tingginya minat umroh di Indonesia, banyak travel umroh berlomba-lomba menawarkan paket menarik. Paket-paket tersebut dirancang menyesuaikan kondisi finansial masyarakat yang ingin menunaikan ibadah ini.

Namun, dengan banyaknya travel umroh, Anda perlu berhati-hati memilih travel umroh yang membawa Anda ke Baitullah. Simak tips memilih travel umroh yang perlu Anda ketahui agar tidak salah pilih!

 

 

1. 10 Tips Memilih Travel Umroh dengan Tepat

1.1 Pilih Travel Umroh Resmi dan Berizin

Ini merupakan tips memilih travel umroh yang utama agar Anda tidak terkena tipu. Pastikan travel umroh memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Hal ini menandakan bahwa travel tersebut telah memenuhi standar dan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Periksa  juga apakah agen travel tersebut terafiliasi dengan asosiasi resmi perjalanan umroh, karena hal ini juga dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap kualitas dan keamanan perjalanan.

1.2 Periksa Track Record Travel Umroh

Cari tahu reputasi dan rekam jejak travel umroh melalui testimoni, ulasan online, atau pengalaman orang lain yang pernah menggunakan jasa travel tersebut menjadi tips memilih travel umroh yang kedua. Jika bisa, minta referensi langsung dari agen travel untuk menghubungi beberapa pelanggan sebelumnya guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman mereka.

1.3 Tinjau Fasilitas dan Layanan

Tips memilih travel umroh yang berikutnya adalah tinjau fasilitas yang disediakan. Perhatikan fasilitas dan layanan yang ditawarkan, seperti maskapai penerbangan, akomodasi di Mekah dan Madinah, konsumsi, visa, dan pendampingan selama perjalanan. Selidiki juga apakah travel tersebut menyediakan layanan tambahan seperti ziarah ke tempat-tempat bersejarah atau dukungan medis selama perjalanan untuk memastikan kenyamanan dan kebutuhan Anda terpenuhi.

1.4 Cek Akomodasi yang Ditawarkan

Pastikan akomodasi di Mekah dan Madinah terletak di lokasi strategis, nyaman, dan sesuai dengan standar yang Anda harapkan. Ini menjadi tips memilih travel umroh agar Anda merasa aman dan nyaman selama perjalanan. Selain itu, pastikan bahwa akomodasi tersebut memenuhi kebutuhan khusus Anda, seperti fasilitas aksesibilitas untuk lansia atau keluarga dengan anak kecil.

1.5 Cek Kualifikasi Pembimbing Umroh

Pengecekan kualifikasi pembimbing umroh menjadi tips memilih travel umroh yang selanjutnya. Pastikan pembimbing umroh memiliki kualifikasi yang mumpuni, seperti memiliki sertifikasi dan berpengalaman dalam membimbing ibadah umroh. Anda juga dapat menanyakan kepada agen travel tentang program pelatihan atau persiapan khusus yang diberikan kepada pembimbing mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat memberikan bimbingan yang berkualitas.

1.6 Jadwal Keberangkatan dan Itinerary yang Jelas

Perhatikan jadwal keberangkatan yang pasti dan itinerary perjalanan yang detail, termasuk informasi mengenai kegiatan ibadah dan wisata religi. Pastikan bahwa jadwal tersebut memungkinkan waktu yang cukup untuk ibadah, istirahat, dan aktivitas lainnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi Anda. Ini menjadi tips memilih travel umroh yang penting agar Anda dapat menyesuaikan diri Anda dengan jadwal dan mempersiapkan barang-barang agar tidak kurang.

1.7 Periksa Kembali Kontrak serta Syarat dan Ketentuan

Pahami dengan seksama isi kontrak, termasuk hak dan kewajiban Anda dan travel umroh, sebelum menandatanganinya. Pastikan untuk memeriksa semua detail terkait pembayaran, pembatalan, dan tanggung jawab pihak travel dan Anda sebagai calon jamaah agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Ini menjadi tips memilih travel umroh yang penting agar terhindar dari penipuan atau kerugian.

1.8 Bandingkan dengan Travel Umroh Lain

Membandingkan travel yang Anda akan pilih dengan travel-travel lain menjadi tips memilih travel umroh yang selanjutnya. Lakukan perbandingan dengan beberapa travel umroh lain dalam hal harga, fasilitas, layanan, dan reputasi untuk mendapatkan pilihan terbaik. Buat daftar perbandingan yang mencakup berbagai aspek penting seperti kualitas akomodasi, pilihan maskapai, dan tingkat kepuasan pelanggan untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

1.9 Konsultasi ke Kerabat atau Orang yang Berpengalaman

Mintalah rekomendasi dan saran dari kerabat atau orang yang pernah menggunakan jasa travel umroh untuk mendapatkan informasi dan masukan yang bermanfaat. Mereka dapat memberikan wawasan berharga berdasarkan pengalaman langsung mereka dan membantu Anda memilih travel umroh yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Memilih travel umroh yang direkomendasikan juga merupakan tips memilih travel umroh yang dapat meminimalisir penipuan.

1.10 Jangan Tergiur dengan Paket Umroh Murah

Hati-hati terhadap tawaran paket umroh yang jauh di bawah harga pasaran menjadi tips memilih travel umroh yang selanjutnya,  Khawatirnya, terdapat kualitas layanan yang tidak memadai atau bahkan penipuan. Sebagai langkah pencegahan, lakukan riset mendalam mengenai travel tersebut, termasuk melihat testimoni dari pelanggan sebelumnya dan memastikan keabsahan izin dan reputasi mereka sebelum membuat keputusan. Keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan umroh tidak boleh dikorbankan demi harga yang lebih murah. Waspadalah terhadap travel yang menawarkan paket ibadah umroh dengan harga murah hingga tidak masuk akal.

Selain itu, Anda harus melakukan riset mengenai harga-harga travel umroh. Jangan sampai Anda memilih travel yang jauh lebih murah dibanding harga pasar, karena ada kemungkinan travel umroh tersebut merupakan penipuan. Anda juga perlu mengetahui tentang jenis-jenis paket umroh agar tidak tergiur dengan harga di bawah pasaran.

 

Baca Juga: 8 Perbedaan Haji dan Umroh yang Wajib Anda Ketahui

 

2. Jenis Paket Umroh

Setelah mengetahui tentang tips memilih travel umroh yang aman dan terpercaya, Anda perlu mengetahui jenis-jenis paket umroh. Berikut beberapa jenis paket umroh beserta perkiraan biayanya:

2.1  Umroh Reguler

Paket umum ini menyajikan fasilitas standar. Biasanya, paket ini termasuk penerbangan, hotel bintang 4, transportasi, dan perlengkapan umroh.

Biaya: Rp 20-25 juta per orang.

Durasi: 9-13 hari.

Keberangkatan: Setelah kuota minimal 25 orang terpenuhi.

2.2 Umroh Plus

Paket ini biasanya untuk perjalanan bersama keluarga atau kelompok kecil. Fasilitas yang mereka sajikan sama dengan paket reguler, namun dengan tambahan:

Hotel bintang 5 di dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Biaya: Rp 28-35 juta per orang.

2.3 Umroh VIP (Plus City Tour)

Paket umroh VIP merupakan paket lengkap dengan tambahan wisata religi di Turki atau Dubai. Fasilitas yang mereka siapkan berupa:

Fasilitas paket umroh plus.

Paket wisata religi di Turki atau Dubai.

Biaya: Rp 37-40 juta per orang.

Tips memilih travel umroh dengan baik

Tips Memilih Travel Umroh dengan Baik. Image Source: Freepik

3. Tips Memilih Paket Umroh

Memilih paket umroh yang tepat merupakan kunci utama untuk perjalanan ibadah yang aman, nyaman, dan sesuai dengan harapan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih paket umroh:

3.1 Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Tentukan budget yang Anda miliki untuk perjalanan umroh. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih paket umroh dengan kisaran harga yang sesuai. Namun, penting untuk diingat bahwa harga yang rendah tidak selalu menjamin kualitas yang baik, oleh karena itu, lakukan penelitian menyeluruh terhadap paket yang ditawarkan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

3.2 Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertimbangkan kebutuhan Anda dalam perjalanan umroh, seperti jenis akomodasi, fasilitas, dan layanan yang diinginkan. Misalnya, jika Anda memiliki preferensi khusus terkait akomodasi atau memerlukan layanan khusus seperti makanan halal atau fasilitas aksesibilitas, pastikan untuk memilih paket yang memenuhi kebutuhan tersebut. Seiring dengan itu, pertimbangkan juga apakah Anda menginginkan paket yang mencakup ziarah ke tempat-tempat bersejarah tertentu atau preferensi lain yang dapat mempengaruhi pilihan Anda.

3.3 Menentukan Durasi yang Tepat

Memilih paket umroh tak hanya soal budget dan fasilitas, tapi juga durasi perjalanan. Lamanya waktu di Tanah Suci bisa memengaruhi pengalaman Anda dalam menjalankan ibadah umroh. Pertimbangkan beberapa hal seperti cuti kerja atau sekolah dan kebugaran fisik Anda.  Oleh karena itu, penting untuk memilih paket umroh dengan durasi yang sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki waktu terbatas, pilihlah paket umroh dengan durasi singkat, seperti 9-12 hari. Paket ini fokus pada ibadah umroh dan mengunjungi tempat-tempat penting di Mekah dan Madinah. Jika Anda ingin lebih leluasa dalam beribadah dan wisata religi, pilihlah paket umroh dengan durasi yang lebih panjang, seperti 13-15 hari. Paket ini memungkinkan Anda untuk mengunjungi lebih banyak tempat suci dan wisata religi di luar Mekah dan Madinah.

3.4 Konsultasi dengan Travel Umroh Terpercaya

Memilih paket umroh bisa menjadi hal yang membingungkan. Ada banyak pilihan paket dengan berbagai fasilitas dan harga yang ditawarkan. Konsultasikan dengan travel umroh terpercaya untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang terbaik.

Travel umroh yang berpengalaman akan membantu Anda memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Mereka akan menjelaskan detail mengenai fasilitas dan layanan yang termasuk dalam paket, serta membantu Anda dalam proses pengurusan dokumen dan visa.

 

4. Cara Cek Legalitas Travel Umroh

4.1 Akses Laman https://simpu.kemenag.go.id/

Buka situs web Sistem Informasi Penyelenggara Ibadah Umroh (SIMPU) Kementerian Agama Republik Indonesia di https://simpu.kemenag.go.id/. Website ini menyediakan informasi resmi dan terverifikasi mengenai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di seluruh Indonesia.

4.2 Pilih Menu PPIU

Pada halaman utama SIMPU, temukan dan pilih menu "PPIU". Menu ini akan mengarahkan Anda ke halaman daftar PPIU yang terdaftar dan memiliki izin resmi dari Kementerian Agama.

4.3 Masukkan Kata Kunci

Di halaman daftar PPIU, Anda dapat mencari travel umroh yang ingin Anda cek legalitasnya dengan memasukkan beberapa informasi, seperti:

  1. Nama Travel Umroh: Masukkan nama lengkap travel umroh yang ingin Anda periksa.
  2. Nomor Izin PPIU: Masukkan nomor izin PPIU yang dimiliki travel umroh (jika Anda mengetahuinya).
  3. Alamat Travel Umroh: Masukkan alamat kantor travel umroh.

Anda dapat menggunakan salah satu atau kombinasi dari informasi di atas untuk mempersempit pencarian.

4.4 Klik ‘Cari PPIU’

Setelah memasukkan informasi yang diinginkan, klik tombol "Cari PPIU" untuk menampilkan hasil pencarian. Sistem akan menampilkan daftar PPIU yang sesuai dengan informasi yang Anda masukkan.

Pada hasil pencarian, Anda akan melihat informasi lengkap mengenai PPIU, seperti:

  1. Nama PPIU
  2. Nomor Izin PPIU
  3. Alamat Kantor
  4. Tanggal Berdiri
  5. Status Izin (Aktif/Dicabut)
  6. Kategori PPIU (BPIH/Non BPIH)
  7. Website dan Email
  8. Nomor Telepon

Pastikan travel umroh yang Anda pilih terdaftar di SIMPU dengan status izin "Aktif". Anda juga dapat melihat informasi detail mengenai PPIU dengan mengklik nama PPIU pada daftar hasil pencarian.

 

Jika Anda masih ragu, hubungi langsung Kementerian Agama atau kantor wilayah Kementerian Agama di daerah Anda untuk mendapatkan konfirmasi dan informasi lebih lanjut.

 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan legalitas dan kredibilitas travel umroh sebelum mendaftarkan diri untuk perjalanan ibadah umroh yang aman dan terpercaya. Jika Anda tertarik untuk melakukan ibadah umroh dengan menggunakan aset yang Anda miliki, BFI Finance dapat membantu Anda. Dalam program My Hajat, Anda dapat menjaminkan BPKB Mobil Anda untuk melangsungkan ibadah umroh.

Untuk informasi lebih lanjut seputar My Hajat dan produk-produk pembiayaan Syariah lainnya di BFI Finance, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

 

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Kategori : Syariah