Artikel

Tips Cerdas dalam Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

2020-03-19 00:00:00 2194

Butuh pinjaman jaminan BPKB motor? Simak dahulu ulasan berikut ini agar Anda lebih bijak dalam mengajukan pinjaman. 

Ketika Anda menghadapi kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana cepat cair, mengajukan pinjaman menjadi alternatif solusi yang bisa diambil. Pinjaman jaminan BPKB motor menjadi alternatif yang sering dipilih sebagai solusi keuangan dan kebutuhan yang semakin meningkat. 

Terlebih lagi, sekarang banyak lembaga keuangan atau fintech yang menawarkan kemudahan dengan jasa pinjaman online. Sehingga para calon peminjam bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dalam hitungan hari, bahkan jam.

Nah, sebelum Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor, pahami dahulu tips berikut ini agar Anda bisa lebih cermat dalam mengajukan pinjaman. 

Alasan Mengapa BPKB Motor Sering Dijadikan Jaminan Pinjaman

  • Banyaknya Jumlah Jasa Pinjaman

Dengan meningkatnya permintaan pinjaman dengan jaminan, penyedia jasa pinjaman pun semakin banyak. Contohnya, Anda pernah mendapat iklan pinjaman melalui sms atau pop-up ads di internet, bukan? Dengan iming-iming kemudahan dan bunga rendah, banyak orang yang tidak ragu untuk menjaminkan kendaraan mereka kepada lembaga keuangan tersebut untuk solusi masalah keuangan mereka yang mendesak.

Walaupun mungkin Anda tergiur dengan kemudahan dan fitur yang ditawarkan, sebaiknya selalu crosscheck keamanan lembaga keuangan yang Anda tuju untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  • Proses yang Cepat

Salah satu alasan mengapa BPKB motor sering dijadikan pilihan adalah karena prosedur dan prosesnya yang lebih cepat dibandingkan produk pinjaman lainnya. Hanya dalam hitungan hari, bahkan jam, dana sudah bisa langsung dicairkan. Cocok bagi mereka yang membutuhkan sejumlah dana dalam waktu singkat. 

  • Jumlah Pinjaman yang Didapat

Banyaknya jumlah pemilik motor di Indonesia membuat orang-orang mudah mengajukan pinjaman dengan aset berharga yang mereka miliki. Walaupun nilai asetnya tidak sebesar jaminan BPKB mobil atau sertifikat rumah, nilai pinjaman yang didapat juga lumayan besar. Umumnya, dana pinjaman yang didapat bisa bernilai 60 hingga 70% nilai kendaraan tersebut.

3 Tips Pengajuan Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor

  • Mengajukan Pinjaman Hanya untuk Kebutuhan Mendesak

Apabila Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, Anda harus ingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk mengangsur pinjaman tersebut sampai lunas. Untuk menghindari risiko kredit macet, pastikan bahwa Anda telah menyisihkan sejumlah dana untuk membayar cicilan per bulannya. Oleh karena itu, pastikan juga Anda mengajukan pinjaman hanya untuk kebutuhan yang benar-benar krusial atau untuk sesuatu yang produktif. 

  • Tepat Waktu Dalam Membayar

Seperti yang telah disebutkan dalam poin pertama, jika Anda mengajukan pinjaman, maka Anda juga harus bertanggung jawab untuk melunasi pinjaman tersebut. Usahakan untuk selalu membayar tepat waktu. Dengan begitu, Anda bisa menghindari denda sehingga pengeluaran Anda tidak semakin besar. Selain itu, skor kredit Anda pun tetap terjaga dan Anda terhindar dari masuk blacklist BI checking. 

  • Memilih Lembaga Keuangan yang Terpercaya

Yang terakhir, pastikan bahwa Anda mengecek kredibilitas lembaga keuangan yang Anda tuju. Lembaga keuangan yang terpercaya harus terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika proses transaksi berlangsung, ada sanksi dan hukum yang berlaku. 

Mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor sah-sah saja apabila Anda mampu bertanggung jawab dalam mengelola dana pinjaman dan membayarnya. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda lebih bijak dalam mengajukan pinjaman, ya. 

Sumber: