Bisnis

Tips Buka Franchise Mie Gacoan: Estimasi Biaya dan Cara Daftarnya

Admin BFI
14 March 2024
2630
Tips Buka Franchise Mie Gacoan: Estimasi Biaya dan Cara Daftarnya

Akhir-akhir ini, Mie Gacoan sedang marak oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya, tempat makan ini menawarkan menu yang unik, yakni mi goreng peda dengan tingkat kepedasan yang diukur dalam bentuk level serta beberapa side dish yang menarik. Ditambah dengan harga yang sangat murah, menjadikan bisnis ini jarang sepi pengunjung.

Itulah yang membuat franchise Mie Gacoan menjadi pembicaraan yang hangat. Pasalnya, dengan modal yang murah Anda dapat membeli franchise Mie Gacoan yang tidak pernah sepi pengunjung. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, terutama bisnis franchise Mie Gacoan, berikut estimasi biaya dan cara Anda mendaftar.

 

 

1. Sekilas Mengenai Mie Gacoan

Sebelum menyiapkan dana untuk biaya franchise Mie Gacoan, Anda harus mengetahui tentang restoran ini dan apa yang ingin mereka capai.

1.1 Tentang Mie Gacoan

Mie Gacoan merupakan merek dagang dari jaringan restoran mie pedas terkemuka di Indonesia, yang merupakan bagian dari anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi. Berdiri sejak awal tahun 2016, saat ini merek Mie Gacoan telah berkembang menjadi pemimpin pasar, terutama di provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Bali, dan sedang mengambil langkah kuat untuk meluaskan cakupan menjadi merek nomor 1 secara nasional. Adapun franchise Mie Gacoan sudah ada di banyak daerah seperti Jakarta, Jogja, Surabaya, Bandung, dan lain-lain.

Dengan konsep yang modern dan harga yang terjangkau, Mie Gacoan telah meraih pengakuan yang luar biasa di setiap pasar di mana layanannya tersedia, melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulannya. Oleh karena itu, Mie Gacoan  akan terus memprioritaskan inovasi agar bisnis tersebut tetap relevan dan menjadi pilihan utama bagi para pelanggan setia mereka.

Adapun nama Mie Gacoan mengambil inspirasi dari istilah "Gaco," yang bermakna sebagai jagoan atau andalan dalam bahasa Jawa. Oleh karena itu, tidak heran apabila Mie Gacoan telah menjadi destinasi bersantap yang digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama di kalangan mahasiswa, pelajar, dan keluarga. Dengan suasana restoran yang menarik, trendy, dan nyaman, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas, membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan selalu ingin kembali lagi.

1.2 Visi dan Misi

Visi: Menjadi brand F&B retail terbaik dan terbesar dengan standar pelayanan, produk, dan kebersihan bertaraf internasional

 

Misi:

1. Menyediakan produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau untuk customer kelas menengah

2. Menciptakan customer experience yang terbaik dan berkelanjutan

3. Membawa nama Indonesia ke dalam peta F&B dunia

1.3 Pemilik Brand Mie Gacoan

Pemilik brand Mie Gacoan bernama Anton Kurniawan. Tidak banyak informasi mengenainya, namun kesuksesan Mie Gacoan tidak terlepas dari peran Anton sebagai pendiri dan CEO dari PT Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan). Dengan kreativitasnya dalam branding dan pemasaran dan desain kemasan yang menarik, Ia berhasil memikat konsumen untuk tertarik dan makan di Mie Gacoan.

Nama Harris Kristanto juga tak asing dikenal sebagai pemilik brand Mie Gacoan. Walau begitu, Harris saat ini menjabat sebagai Human Resources Director di Mie Gacoan sejak tahun 2017 dan telah menegaskan bahwa Ia bukan merupakan pemilik dari Mie Gacoan.

 

2. Kelebihan Franchise Mie Gacoan

Tentunya, franchise Mie Gacoan memiliki banyak kelebihan. Selain omset Mie Gacoan per hari yang dianggap menjanjikan, berikut kelebihan-kelebihan lain jika Anda memutuskan untuk franchise Mie Gacoan:

 

Baca Juga: Franchise Mixue: Harga, Syarat Lengkap, dan Cara Daftar

 

2.1 Brand Ternama

Usaha Mie Gacoan dan franchise Mie Gacoan sudah berdiri sejak tahun 2016 dan naik daun dari 2019 hingga saat ini. Dengan begitu, jika Anda memutuskan untuk membuka franchise Mie Gacoan, Anda tidak perlu berpikir keras untuk melakukan promosi usaha franchise ini.

2.2 Mudah di Dapat

Franchise Mie Gacoan sudah tersebar di berbagai lokasi. Seperti Bandung, Bali, Malang, hingga Yogyakarta. Tidak dapat dipungkiri, hal ini memperlihatkan bahwa franchise Mie Gacoan bukanlah usaha abal-abal dan sudah banyak peminatnya. Produk yang ditawarkan juga sudah diminati oleh banyak masyarakat sehingga tidak perlu khawatir akan rasanya.

2.3 Rasa Berbeda

dimsum franchise mie gacoan

Image Source: prolegal.id

 

Mie Gacoan menjadi inovasi dari varian-varian mie yang ada di Indonesia. Pasalnya, Mie Gacoan menawarkan mie dengan rasa pedas yang berbeda. Dengan level kepedasan yang dapat diatur sesuai selera, Mie Gacoan menawarkan rasa yang gurih, asin, hingga manis. Tidak hanya mie, side dish dan minuman di restoran ini juga tidak kalah unik dan enak. Hal ini dapat menjadi keuntungan jika Anda memutuskan untuk membuka franchise Mie Gacoan.

2.4 Tempat Nyaman

Mie Gacoan menawarkan tempat yang luas dan cocok untuk nongkrong. Hal ini yang membuat banyak pelajar dan mahasiswa yang sering datang dan menjadi pelanggan setia dari franchise Mie Gacoan ini.

2.5 Harga Terjangkau

Alasan utama franchise Mie Gacoan digandrungi banyak masyarakat adalah karena harganya yang terjangkau, ramah di kantong masyarakat, dan porsi yang banyak. Adapun harga mulai dari Rp 8 ribu dimana Anda sudah mendapatkan mie pedas dengan level sesuai selera Anda dengan taburan ayam dan pangsit daging ayam.

 

3. Biaya Franchise Mie Gacoan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara daftar franchise Mie Gacoan, ada baiknya memperhitungkan terlebih dahulu estimasi biaya franchise Mie Gacoan. Dengan begitu, Anda dapat lebih mempersiapkan diri. Dilansir dari Hops Id, berikut estimasi biaya franchise Mie Gacoan yang dapat Anda siapkan:

3.1 Biaya Investasi

Estimasi: Rp 550 juta - Rp 650 juta dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sewa tempat: Rp 100 juta s/d Rp 200 juta per tahun menyesuaikan lokasi. Diharuskan memiliki lahan atau tempat yang strategis
  2. Biaya franchise:+- Rp 125 juta
  3. Renovasi bangunan: Rp 100 juta menyesuaikan kondisi bangunan
  4. Peralatan dapur (alat masak, kompor, dan lain-lain): Rp 105 juta
  5. Perlengkapan lain (kasir, kursi, meja, dan lain-lain): +- Rp 120 juta

3.2 Biaya Bahan Baku per bulan

Estimasi: Rp 81 juta dengan rincian sebagai berikut:

  1. Bahan makanan: Rp 1.5 juta x 30 hari = Rp 45 juta
  2. Bahan minuman: Rp 800 ribu x 30 hari = Rp 24 juta
  3. Bumbu-bumbu: Rp 400 ribu x 30 hari = Rp 12 juta

Total modal bahan baku 1 bulan: Rp 45 juta + Rp 24 juta + Rp 12 juta = Rp 81 juta

3.3 Biaya Operasional 1 bulan

Estimasi: Rp 43 juta dengan rincian sebagai berikut:

  1. Gaji karyawan: Rp 3 juta x 10 orang = Rp 30 juta
  2. Sewa tempat: Rp 10 juta
  3. Listrik, Air, dan Gas: Rp 3 juta

3.4 Estimasi Keuntungan

Rumus Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya

  1. Pendapatan diasumsikan Rp 300 porsi sehari

Diambil dari harga rata-rata per porsi = Rp 15.000 (mie + minum)

300 porsi x Rp 15.000 x 30 hari = Rp 135.000.000

  1. Total Biaya (Bahan Baku + Biaya Operasional)

Rp 81.000.000 + Rp 43.000.000 = Rp 124.000.000

Keuntungan per Bulan: Rp 135.000.000 - Rp 124.000.000 = Rp 11.000.000/bulan

 

4. Cara Daftar dan Tips Buka Franchise Mie Gacoan

Jika Anda tertarik setelah membahas tentang keuntungan Mie Gacoan dan biaya untuk franchise Mie Gacoan, berikut cara mengajukan franchise Mie Gacoan dan tips membuka franchise Mie Gacoan:

4.1 Cara Daftar Franchise Mie Gacoan

1. Berkunjung ke situs resmi Mie Gacoan di www.miegacoan.com.

2. Klik menu "Contact" yang terletak di pojok kanan atas halaman.

3. Isi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

4. Tunggu konfirmasi dari tim Mie Gacoan.

Setelah pendaftaran, Anda akan dihubungi oleh tim Mie Gacoan untuk proses verifikasi dan wawancara.

 

Jika Anda berhasil melewati seleksi, Anda akan diminta untuk membayar biaya franchise awal dan biaya pelatihan. Setelah semua persyaratan terpenuhi, Anda akan secara resmi menjadi mitra Mie Gacoan. Selanjutnya, Anda dapat mempersiapkan gerai Mie Gacoan Anda.

4.2 Tips Buka Franchise Mie Gacoan

Berikut adalah beberapa panduan untuk membuka franchise Mie Gacoan:

1. Pemilihan Lokasi yang Strategis:

Pilihlah lokasi yang strategis untuk mempermudah mencapai pelanggan potensial.

2. Ketersediaan Modal yang Cukup:

Pastikan bahwa modal yang kamu miliki mencukupi, sehingga dapat menjalankan operasional bisnis dengan lancar.

3. Melakukan Riset Pasar:

Lakukan riset pasar secara menyeluruh untuk memahami peluang dan tantangan bisnis di wilayah tempat kamu berencana membuka gerai.

4. Partisipasi dalam Pelatihan Mie Gacoan:

Ikutilah pelatihan yang disediakan oleh tim Mie Gacoan, karena hal ini akan membantu kamu memahami cara efektif mengelola gerai Mie Gacoan.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan pembukaan franchise Mie Gacoan dapat berjalan dengan sukses dan efisien.

 

5. Cara Dapat Modal Usaha Franchise

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pengajuan pinjaman untuk modal usaha semakin mudah dan cepat. Dengan adanya modal usaha, Anda dapat membayar terlebih dahulu biaya-biaya yang perlu dibayar untuk franchise Mie Gacoan seperti biaya operasional bulanan, gaji karyawan, maupun peralatan dan perlengkapan bisnis. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminjam modal dari berbagai sumber. Adapun tipe-tipe pinjaman yang dapat Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:

 

Baca Juga: Franchise Alfamart: Peluang Usaha, Cara Daftar, dan Keuntungannya

 

5.1 Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA, yang merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, adalah suatu produk pembiayaan yang disediakan oleh lembaga perbankan untuk nasabah yang berkeinginan mengajukan pinjaman tanpa perlu menyajikan jaminan. Daya tarik utama dari KTA terletak pada kemudahan proses pengajuan pinjaman, menjadikannya diminati oleh banyak peminjam.

Calon peminjam dapat mengajukan pinjaman tanpa memberikan jaminan atau agunan kepada pemberi pinjaman, yang dalam hal ini adalah Bank. Pemberi pinjaman akan menilai kelayakan kredit calon peminjam melalui riwayat kredit calon peminjam, yang mencakup penggunaan kartu kredit, kredit mobil atau motor, KPR, atau pinjaman daring. Secara umum, bank umumnya menetapkan batas maksimal KTA sekitar Rp 200 hingga 300 juta. Salah satu keuntungan utama KTA adalah bahwa bank seringkali menawarkan tingkat bunga yang rendah dan cicilan tetap setiap bulannya.

5.2 Pinjaman Online

Pinjaman online (pinjol) saat ini sedang naik daun. Untuk mengajukan pembiayaan di Pinjaman online tergolong mudah karena tidak membutuhkan persyaratan yang kompleks dan tanpa jaminan. Maka dari itu, jenis pembiayaan ini mulai digemari oleh masyarakat karena kemudahannya. Biasanya metode pembiayaan pinjaman online ini tidak mengharuskan syarat jaminan asset. Sehingga, tergolong lebih mudah dibandingkan pengajuan pembiayaan yang membutuhkan jaminan.

Persyaratan pengajuan termasuk melampirkan KTP, NPWP, dan slip gaji asli. Jika mendaftar menggunakan aplikasi, umumnya akan diminta untuk menyertakan foto selfie bersama KTP. Calon debitur diwajibkan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.

5.3 Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pembiayaan modal usaha ini ditujukan khusus bagi pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Syaratnya mencakup operasional usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan (persyaratan dapat berbeda tiap pemberi pinjaman). Permohonan dapat diajukan di beberapa bank pemerintah yang telah menjalin kerjasama. Secara umum, tingkat suku bunga yang ditawarkan berkisar rendah, mulai dari 10% hingga 15% per tahun.

Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) perorangan melibatkan persyaratan administrasi seperti KTP, KK, dan surat izin usaha. Selain itu, calon debitur diharuskan telah mengoperasikan usahanya selama minimal 6 bulan dan tidak sedang menerima kredit produktif dari perbankan maupun program kredit dari pemerintah.

5.4 Koperasi

Anda juga dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha melalui Koperasi Simpan Pinjam. Mengingat asas Koperasi adalah kekeluargaan, Anda harus menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam tersebut jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Keunggulan yang ada pada sistem Koperasi Simpan Pinjam ini adalah terdapat pembagian Sisa Hasil Usaha. Setiap terdapat sisa dana akan dibagi secara merata kepada anggotanya.

Umumnya, syarat pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, formular pengajuan pinjaman dana, fotokopi PBB atau rekening listrik.

5.5 Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan Multiguna merupakan bentuk pembiayaan yang diperuntukkan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan oleh debitur, baik untuk pemakaian pribadi, konsumsi, maupun kebutuhan bisnis, dengan cara memberikan jaminan berupa aset kepada pemberi pinjaman. Jenis aset yang umumnya digunakan mencakup BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

Keunggulan dalam mengajukan pinjaman melalui pembiayaan multiguna antara lain adalah:

  1. Plafon pinjaman yang besar
  2. Tenor pembayaran yang panjang
  3. Jumlah dana yang diperoleh lebih signifikan

 

Salah satu perusahaan pembiayaan multiguna yang terpercaya adalah BFI Finance. BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk keperluan Anda. Ajukan pembiayaan di BFI Finance, dengan proses yang cepat dan mudah. BFI Finance menyediakan pembiayaan konvensional kredit dengan jaminan yang dapat menjadi solusi Anda.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis