Bisnis

Usaha Franchise: Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

Admin BFI
5 July 2023
19190
Usaha Franchise: Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

Tertarik untuk memulai bisnis franchise namun belum memiliki pengalaman sama sekali atau tidak ingin bersusah payah memulainya dari nol? Jangan khawatir, usaha franchise adalah pilihan yang tepat!

Lantas, apa saja yang perlu kita ketahui mengenai jenis usaha ini? Mari kita kupas tuntas di uraian berikut!

 

1. Apa Itu Usaha Franchise?

Usaha franchise adalah usaha yang menjalankan sistem kerjasama antara pemilik merek (franchisor) dengan pihak yang menggunakan merek (franchisee) dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Singkatnya, Anda bisa menjalankan usaha dengan menggunakan merek yang sudah terkenal dan memiliki pelanggan setia.

1.2 Kelebihan Usaha Franchise

Usaha franchise memiliki banyak kelebihan. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Tidak repot membuat konsep usaha, produk, atau strategi pemasaran dari awal, semuanya sudah disiapkan oleh franchisor.

  • Anda bisa memanfaatkan reputasi dan jaringan yang sudah dimiliki oleh franchisor, sehingga lebih mudah menarik pelanggan.

  • Memperoleh bimbingan dan dukungan dari franchisor dalam hal operasional, manajemen, pelatihan, dan lain sebagainya.

  • Mengurangi risiko kegagalan usaha, karena sudah terbukti berhasil di pasaran.

1.3 Kekurangan Usaha Franchise

Meskipun usaha franchise punya sederet kelebihan yang sangat menguntungkan untuk Anda, tidak ada salahnya jika Anda memahami apa saja kekurangan yang ada pada bisnis jenis ini.

  • Anda harus membayar sejumlah biaya kepada franchisor, seperti franchise fee (biaya awal untuk membeli hak usaha), royalty fee (biaya bulanan atau persentase dari omzet), dan biaya lainnya sesuai perjanjian.

  • Wajib mengikuti aturan dan standar yang ditetapkan oleh franchisor, sehingga kurang fleksibel dalam mengembangkan usaha.

  • Bersaing dengan franchise lain yang menjalankan usaha dengan merek yang sama di wilayah yang sama atau berdekatan.

1.4 Istilah yang Berkaitan dengan Usaha Franchise

Sampai sini mungkin Anda sudah cukup paham mengenai usaha franchise dan tertarik untuk terjun ke dalamnya. Namun, pastikan Anda memahami beberapa istilah berikut yang seringkali kita jumpai dalam dunia franchise.

  • Franchise: sistem kerjasama antara dua pihak, yaitu franchisor dan franchisee, dalam menjalankan usaha dengan menggunakan merek tertentu.

  • Franchisor: pihak yang memiliki hak atas merek dan memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan merek tersebut dalam menjalankan usaha.

  • Franchisee: pihak yang menggunakan merek dari franchisor dengan membayar sejumlah biaya tertentu dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh franchisor.

  • Franchise fee: biaya awal yang harus dibayar oleh franchisee kepada franchisor untuk membeli hak usaha.

  • Royalty fee: biaya bulanan atau persentase dari omzet yang harus dibayar oleh franchisee kepada franchisor sebagai imbalan atas penggunaan merek.

2. Regulasi Usaha Franchise

Pemerintah mengatur jelas terkait kebijakan usaha franchise. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 mengenai waralaba. Adapun aturan lainnya yang turut mendukung kebijakan ini yaitu:

  • Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 mengenai Merek

  • Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 mengenai Paten

  • Peraturan menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 31/M-DAG/PER/8?20018 mengenai Penyelenggaraan Waralaba

  • Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 mengenai Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba

3. Daftar Usaha Franchise Paling Menjanjikan di Tahun 2023

Sobat BFI, jika Anda sedang mencari peluang usaha franchise, berikut ini adalah daftar franchise terpopuler yang menawarkan keuntungan menjanjikan di tahun 2023.

usaha franchise

Image Source: Pexels/Amina Filkins

3.1. Franchise Minuman Kekinian

Usaha yang satu ini memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan. Pasalnya, minuman kekinian banyak digemari oleh generasi muda dengan berbagai varian yang menarik. Mulai dari boba, cheese tea, minuman dengan bahan utama kopi atau teh, dan lain sebagainya. 

Beberapa contoh franchise minuman kekinian yang populer di antaranya yaitu Chatime, Kopi Kenangan, Gulu Gulu, dan masih banyak lagi.

3.2. Franchise Mixue

Seperti halnya dengan minuman kekinian, mixue adalah salah satu jenis franchise F&B dengan penggemar yang cukup banyak. Saking banyaknya penikmat minuman berbahan dasar es krim yang dicampur dengan topping ini, franchise mixue memiliki cabang yang sangat banyak di berbagai kota di seluruh Indonesia.

 

Baca Juga: Franchise Mixue: Harga, Syarat Lengkap, dan Cara Daftar

 

3.3. Franchise Martabak

Siapa yang tidak kenal martabak? Kudapan dengan adonan tipis ini digemari oleh berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Rasanya nikmat dengan berbagai pilihan rasa yang bisa disesuaikan sesuai selera, harga martabak cenderung terjangkau oleh banyak orang. Anda dapat memilih usaha martabak sebagai salah satu pilihan usaha franchise.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia Peluang Usaha Martabak dan Estimasi Keuntungannya

 

3.4. Korean Street Food

Demam budaya korea nampaknya sudah cukup merata di Indonesia. Berbagai hal tentang korea banyak disukai oleh orang-orang, tanpa terkecuali makanannya! Anda dapat menjual makanan khas Korea yang biasa dijual di pinggir jalan, seperti tteokbokki, odeng, kimbap, dan lain-lain. Makanan ini sangat diminati oleh para penggemar K-pop dan K-drama yang ingin merasakan sensasi kuliner Korea.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 15 Ide Usaha Korean Street Food Modal Kecil!

 

3.5. Franchise Dimsum

Usaha ini menawarkan makanan khas Cina yang berupa kukusan atau gorengan yang berisi daging, sayuran, atau seafood. Dimsum sangat cocok untuk sarapan atau camilan di sela-sela waktu. Beberapa contoh franchise dimsum yang sukses adalah Dimsum Inc, Dimsum Go!, dan lain-lain.

 

Baca Juga: 6 Tips Memulai Usaha Dimsum beserta Rincian Modalnya, Dijamin Untung!

 

3.6. Franchise Toast

Toast adalah roti kekinian yang belakangan ini sedang naik daun dan hangat jadi perbincangan dimana-mana, apalagi bagi kaula muda. Dengan banyaknya peminat toast yang ada, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha franchise toast baik itu secara mandiri maupun bergabung ke franchise.

 

Baca Juga: 16 Ide Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Tertarik Untuk Mencoba?

 

3.7. Franchise Dessert

Makanan penutup yang manis dan segar, seperti es krim, pudding, cake, brownies, dan lain-lain. Dessert sangat disukai oleh banyak orang sebagai pelepas penat atau penghibur hati.

3.8. Franchise Tahu Crispy

Usaha tahu crispy adalah salah satu usaha rumahan yang kini banyak beralih ke franchise camilan di berbagai kota. Alasannya karena peminat tahu crispy sangatlah banyak.

Tidak sedikit juga mereka yang menjadikan makanan ini sebagai comfort food karena memiliki citarasa yang gurih, enak, mudah didapat, dan tentunya punya harga yang terjangkau. Tahu crispy sangat pas untuk dimakan sebagai lauk atau cemilan.

 

Baca Juga: Untung Penjualan Tinggi dari Usaha Tahu Crispy

 

3.9. Franchise Alfamart / Minimarket

Alfamart atau minimarket sejenisnya adalah toko swalayan yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau. Kehadiran mereka sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena mudah dijangkau dan lengkap. Anda bisa memilih usaha franchise berikut jika tertarik dengan bisnis ritel.

 

Baca Juga: Franchise Alfamart: Peluang Usaha, Cara Daftar, dan Keuntungannya

 

3.10. Franchise Laundry

Franchise laundry adalah bisnis yang selalu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang mencari jasa laundry yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Dengan membuka usaha laundry di lokasi yang strategis seperti daerah perkantoran dan daerah mahasiswa, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan bahkan berpotensi untuk dijadikan pemasukan tetap.

Tidak perlu khawatir dalam menjalankan usaha laundry karena franchise laundry menawarkan kemudahan dalam memulai usaha, termasuk penyediaan alat dan barang, pelatihan, sampai dengan pemasaran. Keuntungan lainnya yakni memungkinkan Anda untuk bekerjasama dengan hotel, restoran, dan lain sebagainya yang mampu menambah pendapatan Anda. Menarik bukan?

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

3.11. Franchise Toko Baju / Fashion

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka toko pakaian namun tidak ingin repot-repot memulai segala sesuatunya dari nol, Anda bisa memilih franchise yang sudah memiliki nama dan dikenal baik oleh masyarakat luas. Dengan begitu akan lebih mudah buat Anda untuk menarik minat konsumen dan mencapai penjualan tinggi.

Kelebihan lainnya dari franchise toko baju yakni adanya dukungan dalam hal desain produk, manajemen stok, dan strategi pemasaran yang sudah teruji keberhasilannya.

 

Baca Juga: Bisnis Thrift Shop : Sebuah Oportunitas Bisnis dari Pakaian Bekas

 

3.12. Franchise Skincare / Perawatan Kecantikan

Ide usaha franchise non makanan berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bisnis skincare! Bisnis yang satu ini belakangan sangat marak dimana-mana dan mampu mendatangkan keuntungan yang fantastis.

Tak heran, banyak para pemain bisnis lama maupun baru berlomba-lomba untuk masuk ke dalam industri ini. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalamnya, Anda tidak perlu khawatir atau memusingkan banyak hal.

Cukup dengan memilih brand yang berkualitas dan sudah memiliki nama yang tenar, Anda bisa memulai bisnis franchise dengan mudah. Yang terpenting, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait brand tersebut, mulai dari keamanan produk, permintaan pasar, serta popularitasnya.

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Skincare Bagi Pemula dan Rekomendasi Produknya

 

3.13. Franchise Pet Shop

Usaha petshop kini semakin populer dan banyak dilirik oleh para pebisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha petshop namun kebingungan untuk memulainya dari mana serta mengurus manajemen yang ada, Anda bisa bergabung ke usaha franchise petshop.

Dengan bergabung ke dalam franchise memungkinkan Anda untuk memenuhi usaha Anda berjalan dengan lancar, mulai dari menjual makanan hewan, peralatan, mainan, dan layanan grooming.

 

Baca Juga: Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

 

3.14. Franchise SPBU Mini

Hampir seluruh warga negara Indonesia memiliki kendaraan. Baik itu kendaraan pribadi maupun golongan. Membuka franchise SPBU bisa menjadi salah satu terobosan yang tepat dalam memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Sebab, permintaan akan bahan bakar terutama untuk kendaraan akan terus meningkat dan bisa dipastikan bisnis ini tidak akan pernah sepi peminat selama harga dan kualitas bahan bakar yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan yang beredar di masyarakat.

Di samping itu, sebagaimana dengan usaha franchise pada umumnya Anda akan memperoleh dukungan penuh dari franchisor terkait pemasaran, persediaan, dan manajemen operasional.

 

Baca Juga: 7 Ide Usaha Franchise Non Makanan Terlaris Tahun 2023

 

3.15. Franchise Ekspedisi

Dengan adanya peningkatan kebutuhan pengiriman barang dan paket, Anda dapat memanfaatkan permintaan yang tinggi ini untuk menghasilkan pendapatan stabil dengan memulai usaha ekspedisi. 

Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah terpercaya dan mampu memberikan dukungan dalam menjalankan operasi harian. Anda bisa membandingkan ekspedisi satu dengan yang lainnya sebelum mantap memilih satu franchise jasa ekspedisi. Beberapa contoh franchise ekspedisi yang terpercaya adalah JNE, TIKI, J&T Express, dan lain-lain.

 

Baca Juga: Prospek Usaha Ekspedisi dan Tips Memulainya Bagi Pemula

 

4. Tips Memilih Usaha Franchise Bagi Pemula

setelah mengetahui beberapa daftar usaha franchise paling menjanjikan di tahun 2023, Anda mungkin tertarik untuk mencoba salah satunya. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha ini, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah pilih.

usaha franchise

Image Source: Pexels/Sam Lion

4.1. Pilih Usaha Sesuai Minat dan Passion

Jangan hanya tergiur oleh omzet atau keuntungan yang ditawarkan oleh franchisor. Pastikan Anda memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang usaha yang Anda pilih. Jangan sampai Anda merasa tidak semangat dan berhenti di tengah jalan, terlebih modal yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

 

Baca juga: Tips Usaha Rumahan Sukses Bagi Usaha Pemula

 

4.2. Lakukan Riset Pasar Terkait Usaha yang Anda Minati

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang usaha tersebut, seperti produk atau layanan yang ditawarkan, target pasar, pesaing, peluang pertumbuhan, dan lain-lain. Anda bisa mencari informasi dari internet, media sosial, majalah bisnis, atau langsung mengunjungi outlet-outlet franchisee yang sudah beroperasi.

 

Baca juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Cara Melakukannya

 

4.3. Bandingkan Beberapa Usaha Franchise yang Ada

Setelah mendapatkan berbagai informasi tentang usaha franchise yang Anda minati, Anda bisa membandingkan beberapa pilihan yang ada berdasarkan beberapa aspek, seperti biaya waralaba, royalty fee, lokasi usaha, fasilitas yang diberikan oleh franchisor, reputasi merek, testimoni franchisee, dan lain-lain. Pilihlah franchise yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

4.4. Pelajari Dokumen Penawaran Secara Teliti

Dokumen penawaran waralaba (offer document) adalah dokumen resmi yang berisi informasi lengkap dan akurat tentang usaha yang ditawarkan oleh franchisor kepada calon franchisee.

Dokumen ini harus dibaca dan dipahami dengan baik oleh calon franchisee sebelum menandatangani perjanjian waralaba (franchise agreement). Dokumen ini biasanya berisi visi misi franchisor, profil perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, biaya waralaba, royalty fee, hak dan kewajiban franchisor dan franchisee, dan lain-lain.

4.5. Ikuti Proses Seleksi dan Pelatihan yang Ada

Setelah menyetujui dokumen penawaran waralaba, Anda harus mengikuti proses seleksi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh franchisor.

Proses seleksi bertujuan untuk menilai kelayakan Anda sebagai calon franchisee, sedangkan proses pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha franchise. Anda harus mengikuti proses ini dengan serius dan antusias agar bisa lolos seleksi dan siap beroperasi.

4.6. Siapkan Modal Usaha yang Cukup

Modal usaha adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha. Anda harus mempersiapkan modal usaha yang cukup untuk membayar biaya waralaba, menyewa atau membeli lokasi usaha, membeli peralatan atau perlengkapan usaha, membayar gaji karyawan, dan lain-lain.

 

baca juga: Tips Usaha; Tanda Anda Butuh Pinjaman Modal Usaha

 

Anda bisa mencari modal usaha dari tabungan pribadi, pinjaman keluarga atau teman, maupun perusahaan pembiayaan.

5. Cara Mudah Dapatkan Modal Usaha 

Sobat BFI, itulah pembahasan mengenai usaha franchise. Jika Anda kesulitan mencari modal usaha untuk menjalankan usaha tersebut, jangan khawatir. Ada cara mudah untuk mendapatkan modal usaha  yakni dengan mengajukan pembiayaan dengan jaminan di BFI Finance.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis