Artikel

Tips Bijak! 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik dan Benar

2022-03-25 00:00:00 3790
Tips Bijak! 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik dan Benar

Penggunaan kartu kredit yang tidak sewajarnya akan menimbulkan beberapa efek negatif bagi kondisi keuangan kita. Kartu kredit memang menawarkan berbagai program yang menarik dalam berbelanja atau memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Namun, jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang dan tidak dapat mengontrol perilaku konsumtif, maka penggunaan kartu kredit tersebut akan semakin menambah beban hutang Anda. Maka dari itu, tim BFI Finance kali ini memberikan tujuh tips bagiamana cara menggunakan kartu kredit yang baik dan benar, agar terhindar dari gagal bayar. Dengan pembayaran tagihan kartu kredit yang lancar, maka akan memengaruhi juga secara positif skor kredit yang Anda miliki.

 

7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Secara Bijak

1. Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak yang pertama yaitu pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bank menawarkan berbagai pilihan jenis kartu kredit yang dapat Anda gunakan dengan kemampuan dan kebutuhan. Jika Anda merasa kepemilikan kartu kredit lebih diperuntukkan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, maka pilihlah kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan merchant penyedia kebutuhan sehari-hari atau supermarket. Jika Anda menggunakan kartu kredit lebih untuk keperluan travelling, maka pilihlah penyedia kartu kredit yang menawarkan program menarik dengan pihak jasa akomodasi dan travelling.

Setelah Anda menentukan preferensi kegunaan kartu kredit Anda, selanjutnya Anda dapat menentukan limit kredit. Limit kredit pada akhirnya akan ditentukan oleh pihak bank sesuai dengan pendapatan dan pengeluran rutin yang Anda miliki. Penggunaan limit kredit yang sesuai juga dibutuhkan agar penggunaan kartu kredit Anda tidak melebihi dari pendapatan per bulan yang Anda terima. Maka, manfaatkanlah limit kredit secara bijak. Jangan tergoda untuk menaikkan limit kredit jika perencanaan keuangan Anda belum matang.

2. Perhatikan Biaya yang Muncul dan Fasilitas yang Ditawarkan

Setelah Anda mereview jenis kebutuhan dalam penggunaan kartu kredit, selanjutnya Anda dapat mempertimbangkan biaya-biaya yang muncul dalam penggunaan kartu kredit. Biaya yang muncul dalam kartu kredit terdiri dari biaya biaya tahunan, biaya keterlambatan pembayaran tagihan, biaya bunga, biaya over limit, dan lain-lain. Pastikan Anda mengetahui besaran presentase setiap biaya yang muncul dalam kartu kredit. Saat ini beberapa penyedia kartu kredit telah menawarkan cicilan bunga 0%, sehingga dapat meringankan cicilan per bulan penggunanya.

3. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan Kartu Kredit

Berhemat adalah cara menggunakan kartu kredit secara baik dan benar yang ketiga. Berhemat kali ini memiliki artian dapat memanfaatkan promo yang diadakan oleh penyedia kartu kredit. Gunakan promo-promo tersebut agar untuk menekan biaya pengeluaran per bulan Anda. Promo tersebut dapat berupa potongan sekian persen ketika berbelanja di supermarket, makan di restaurant, biaya travel, menginap di hotel, dan dengan merchant lainnya yang sudah bekerja sama dengan penyedia kartu kredit. Atau bisa juga dengan mendapatkan point yang bisa ditukarkan dengan manfaat tertentu.

4. Membayar Tagihan Kartu Kredit Dengan Tepat Waktu

Seperti halnya KPR dan kredit kepemilikan mobil, kartu kredit juga memiliki aturan untuk membayar tagihan secara tepat waktu. Jika pengguna terlambat dalam membayar tagihannya, nantinya akan dikenakan biaya denda dan bunga yang membuat tagihan per bulannya semakin besar. Jika pengguna terlambat membayar tagihannya, juga akan memperburuk skor kredit atau SLIK di OJK. Jika calon debitur memiliki riwayat pembayaran yang kurang lancar, akan memengaruhi approval dalam mengajukan pinjaman di Lembaga keuangan lainnya. Maka dari itu, selalu bayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu ya!

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak

Menggunakan Kartu Kredit. Source: Unsplash/Mark OFlynn

5. Membayar Tagihan Kartu Kredit Secara Penuh

Selain membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu, cara menggunakan kartu kredit yang benar adalah dengan membayar tagihan secara penuh. Penyedia kartu kredit biasanya memberikan pembayaran minimum sebesar 10% dari total tagihan per bulannya. Namun, hal ini akan memberikan kebiasaan “gali lubang tutup lubang” jika pengguna tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Membayar tagihan per bulan secara penuh berarti Anda paham dan bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit.

6. Hindari Menarik Uang Melalui Kartu Kredit

Fitur lain yang dapat dimanfaatkan dari kartu kredit yaitu menarik uang seperti halnya penggunaan kartu debit. Namun, penggunaannya memang tidak sepopuler dengan kartu debit. Sejatinya, menarik uang dari kartu kredit adalah sama saja dengan mengambil pinjaman dari bank. Lain halnya, jika pengguna mengambil uang dari kartu debit, karena pengguna mendapatkan uang tersebut dari tabungan yang telah dikumpulkan sejak lama. Fokuskanlah penggunaan kartu kredit untuk sarana memudahkan dalam berbelanja dan menambah asset, bukan menjadi sumber uang cash.

7. Batasi Kepemilikan Kartu Kredit Maksimal 2 Buah

Meskipun tidak ada batasan mengenai jumlah maksimal kartu kredit yang dimiliki. Namun, disarankan bagi Anda untuk tidak memiliki dan menggunakan kartu kredit lebih dari 2 buah. Jika Anda tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, maka dikhawatirkan akan menambah hutang yang memiliki resiko tidak terbayar. Mengingat juga, biaya-biaya seperti biaya tahunan, biaya bunga juga, dan biaya lainnya akan bertambah seiring dengan jumlah kartu kredit yang dimilikinya. Dengan membatasi kepemilikan kartu kredit secukupnya dan cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, tentunya akan mengurangi perilaku konsumtif.

 

Itulah ketujuh tips mengenai cara menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar. Kuncinya adalah terletak pada perencanaan keuangan yang baik dan bagaimana cara Anda mengontrol hasrat untuk berbebelanja. Jika Anda mengelola penggunaan kartu kredit dengan benar, niscaya hidup Anda juga tidak terbebani oleh kapan dan darimana harus membayar hutang dengan tepat waktu.

Selain mendapatkan pinjaman melalui kartu kredit, Anda juga dapat mendapatkan pinjaman melalui BFI Finance. BFI Finance menyediakan pinjaman untuk keperluan modal usaha, investasi, maupun konsumtif. Anda cukup menjaminkan BPKB Mobil, Motor, atau Sertifikat Rumah, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman dana dengan bunga yang rendah dan proses approval yang cepat. Anda juga bisa mendapatkan pinjaman mulai dari jutaan hingga ratusan juga rupiah tergantung pada asset yang Anda jaminkan. Yuk, ajukan segera pembiayaan Anda melalui BFI Finance! Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

BFI Finance, Solusi Segala Kebutuhan Finansial Anda!

Sumber: