Informasi Umum

Rumah atau Apartemen? Ini Hal-Hal yang Dapat Anda Pertimbangkan

Admin BFI
9 October 2023
996
Rumah atau Apartemen? Ini Hal-Hal yang Dapat Anda Pertimbangkan

Akhir-akhir ini, apartemen sudah menjadi alternatif utama banyak orang untuk mencari tempat tinggal. Pasalnya, apartemen dianggap lebih sustain dan secara jarak dianggap dapat menjangkau wilayah perkotaan dibandingkan rumah. Namun yang menjadi pertanyaan, manakah tempat tinggal yang lebih ideal?

 

 

Pada dasarnya, baik rumah maupun apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan Anda dengan tempat tinggal yang akan Anda pilih.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Material Bangunan yang Bikin Rumah Terlihat Mewah

 

1. Pertimbangan Beli Rumah

1.1 Ada Kepemilikan Lahan

Keunggulan utama yang dimiliki oleh rumah jika dibandingkan dengan apartemen adalah kepemilikan lahan yang menyertainya. Ketika Anda membeli sebuah rumah, Anda tidak hanya membeli bangunan yang berdiri di atasnya, tetapi juga tanah di sekitarnya.

 

Kepemilikan lahan ini memiliki nilai signifikan karena tanah dan bangunan adalah jenis investasi yang cenderung nilainya tidak pernah menurun. Dalam jangka panjang, tanah dan properti dapat mengalami kenaikan nilai yang menguntungkan pemiliknya. Ini berarti bahwa memiliki sebuah rumah adalah investasi yang bisa memberikan keuntungan finansial yang berkelanjutan.

 

Selain itu, memiliki lahan sendiri juga memberikan Anda kebebasan untuk merancang, mengembangkan, dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda bisa memiliki taman yang luas, area bermain untuk anak-anak, atau bahkan membangun tambahan struktur seperti kolam renang atau gazebo jika lahan Anda memungkinkan. Ini adalah fleksibilitas yang tidak selalu dimiliki oleh pemilik apartemen yang harus berbagi fasilitas dengan penghuni lainnya.

 

1.2 Mudah Diperjualbelikan

Rumah memiliki likuiditas yang lebih baik daripada apartemen karena permintaan pasar yang lebih tinggi terhadapnya. Ini berarti bahwa ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah, kemungkinan besar Anda akan menemukan pembeli dengan cepat karena banyak orang mencari properti rumah.

 

Selain itu, rumah juga memberikan fleksibilitas tambahan dalam hal kepemilikan. Sertifikat rumah dapat digadaikan atau dijaminkan jika Anda membutuhkan dana tunai mendadak. Ini memberikan akses ke sumber dana yang bisa sangat berguna dalam situasi darurat atau untuk memanfaatkan peluang investasi lainnya.

 

Jadi, secara keseluruhan, rumah menawarkan likuiditas yang lebih baik dan fleksibilitas kepemilikan yang dapat menjadi nilai tambah dalam keputusan pembelian properti Anda. Ini membuat rumah menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin memiliki aset yang mudah dikelola dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan mereka.

 

1.3 Lingkungan Sosial Lebih Luas

Dengan tinggal di kawasan pemukiman tapak, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan tetangga sekitar Anda.

 

Di sisi lain, apartemen seringkali dikenal memiliki lingkungan sosial yang lebih tertutup dan individualis, yang membuat kesempatan untuk berinteraksi dengan tetangga menjadi lebih terbatas.

 

Jika Anda adalah seseorang yang menghargai interaksi sosial yang aktif dan ingin merasakan kehidupan komunitas yang lebih akrab, maka membeli rumah di kawasan pemukiman tapak mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai bagi Anda. Dalam lingkungan semacam ini, Anda cenderung memiliki lebih banyak peluang untuk berkenalan dengan tetangga, berpartisipasi dalam kegiatan komunitas, dan merasakan keterlibatan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari lingkungan tempat tinggal Anda. Hal ini dapat menciptakan rasa kebersamaan yang lebih kuat dan mendukung hubungan yang lebih erat antara sesama penduduk kawasan pemukiman.

 

1.4 Harga Mahal

Ketersediaan perumahan di pusat kota semakin berkurang, bahkan di beberapa daerah, perumahan di pusat kota sudah menjadi barang yang langka.

 

Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa di kawasan pusat kota, terutama yang memiliki lahan terbatas, biasanya lebih disukai untuk mengembangkan hunian vertikal seperti apartemen agar dapat memanfaatkan lahan yang terbatas dengan optimal.

 

Oleh karena itu, bagi mereka yang berusaha mencari rumah atau perumahan di pusat kota, mencari rumah bisa menjadi hal yang sulit. Apabila ada rumah yang tersedia di kota, harga properti biasanya cukup tinggi dan dapat mencapai tingkatan yang mahal. Ini karena permintaan yang tinggi dan keterbatasan lahan di pusat kota membuat harga properti menjadi mahal.

 

1.5 Banyak Tersedia di Pinggir Kota

Seiring dengan semakin berkurangnya lahan yang tersedia di pusat kota, pembangunan rumah tapak banyak yang beralih ke daerah pinggiran kota.

 

Namun, memiliki rumah di pinggiran kota berarti Anda harus bersiap untuk menempuh perjalanan lebih lama jika ingin mencapai berbagai tujuan. Jarak yang lebih jauh dari pusat kota bisa berdampak pada waktu perjalanan Anda ke tempat kerja, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat penting lainnya yang biasanya lebih mudah diakses jika tinggal di pusat kota. Meskipun begitu, banyak orang yang menganggap ini sebagai trade-off yang wajar untuk dapat memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan memiliki lebih banyak ruang di daerah pinggiran kota.

 

1.6 Banyak Renovasi

Rumah memiliki keunggulan tersendiri dalam hal renovasi, karena pemilik rumah memiliki kontrol penuh atas properti mereka. Ini berarti Anda memiliki kebebasan untuk mendesain ulang atau merenovasi rumah sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menambahkan ruangan baru, mengganti perabotan, atau bahkan melakukan perubahan besar dalam struktur rumah.

 

Di sisi lain, ketika Anda memiliki apartemen, proses renovasi menjadi lebih terbatas. Hal ini karena Anda perlu mendapatkan persetujuan dari pihak pengelola gedung atau asosiasi pemilik apartemen sebelum melakukan perubahan signifikan pada unit Anda. Proses ini bisa memakan waktu dan mungkin Anda akan mendapati beberapa batasan terkait apa yang dapat Anda lakukan.

 

Selain itu, perlu diingat bahwa biaya renovasi dapat bervariasi tergantung pada jenis properti yang Anda miliki. Renovasi rumah seringkali lebih fleksibel, tetapi bisa juga lebih mahal, terutama jika Anda merencanakan perubahan besar. Di sisi lain, renovasi apartemen mungkin lebih terbatas tetapi juga dapat lebih terjangkau dalam beberapa kasus.

 

Baca Juga: Mau Beli Rumah? Perhatikan Beberapa Hal ini Biar Gak Salah Pilih

 

2. Pertimbangan Beli Apartemen

2.1 Lokasi Strategis

Banyak apartemen yang dibangun di pusat kota, sehingga mereka menawarkan aksesibilitas yang sangat baik dan dikelilingi oleh berbagai fasilitas yang nyaman.

 

Karena alasan ini, mempertimbangkan investasi dalam bentuk apartemen adalah pilihan yang menjanjikan. Dengan berlokasi di pusat kota yang ramai, Anda memiliki peluang besar untuk menarik penyewa dan mendapatkan penghasilan yang stabil dari investasi apartemen Anda. Selain itu, akses mudah ke fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan transportasi juga dapat menjadi daya tarik bagi calon penyewa, menjadikan investasi ini semakin menarik.

 

2.2 Lebih Terjangkau

Harga apartemen cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan rumah di lokasi yang serupa. Pembeli apartemen juga tidak memiliki hak atas kepemilikan lahan tempat apartemen tersebut berdiri. Oleh karena itu, memilih untuk tinggal di apartemen bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang lebih terjangkau daripada membeli rumah di lokasi yang sama. Dengan biaya awal yang lebih rendah, seseorang dapat memiliki tempat tinggal yang nyaman dan akses ke berbagai fasilitas yang mungkin tidak akan terjangkau jika memilih rumah. Selain itu, faktor pemeliharaan dan perawatan yang lebih sederhana di apartemen juga bisa menjadi pertimbangan bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang sibuk.

 

2.3 Terdapat Banyak Fasilitas

Selain itu, jika Anda tinggal di apartemen, Anda mendapatkan fasilitas yang lengkap yang memfasilitasi berbagai aktivitas sehari-hari. Beberapa fasilitas yang disediakan di dalam apartemen meliputi jalur jogging untuk olahraga, kolam renang untuk berenang, area terbuka hijau untuk bersantai, toko kecil atau mini market untuk kebutuhan sehari-hari, kafe untuk bersantai sambil menikmati minuman, pusat ATM, dan banyak lagi. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada penghuni apartemen sehingga mereka dapat menikmati berbagai aktivitas dan memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus pergi jauh dari tempat tinggal. Dengan begitu, tinggal di apartemen dapat memberikan gaya hidup yang lebih nyaman dan terkoneksi dengan berbagai fasilitas yang ada di sekitarnya.

 

2.4 Lebih Aman

Secara umum, apartemen dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, seperti pengawasan CCTV, penggunaan access card, penggunaan smart door lock di setiap unit, dan adanya petugas keamanan yang siap berjaga selama 24 jam penuh. Sistem keamanan yang komprehensif ini memberikan rasa aman dan nyaman kepada penghuni apartemen, sehingga mereka dapat tinggal dengan lebih tenang.

 

Dalam mempertimbangkan tempat tinggal, aspek keamanan tentunya menjadi hal yang sangat penting. Apartemen dengan sistem keamanan yang terpercaya seringkali dianggap sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa opsi perumahan lainnya. Dengan adanya sistem keamanan yang handal, penghuni apartemen dapat merasa lebih terlindungi dan merasa bahwa properti mereka adalah tempat yang aman untuk tinggal.

 

2.5 Biaya Maintenance Tinggi

Tidak seperti rumah yang memerlukan perawatan secara pribadi, pengelolaan dan pemeliharaan apartemen umumnya dilakukan oleh manajemen apartemen itu sendiri. Biaya-biaya ini cenderung cukup besar dan harus Anda pertimbangkan dengan serius saat Anda memutuskan antara tinggal di apartemen atau rumah.

 

Mengelola dan merawat apartemen memang dapat memudahkan penghuni, namun hal ini juga memerlukan pembayaran bulanan yang signifikan. Ini adalah faktor yang penting untuk dipertimbangkan ketika Anda membuat keputusan tentang jenis tempat tinggal yang akan Anda pilih. Dengan memperhitungkan biaya-biaya ini secara teliti, Anda dapat membuat keputusan yang bijak tentang tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

 

2.6 Ruang Bersosialisasi Terbatas

Walaupun banyak apartemen saat ini menyediakan fasilitas ruang bersama untuk berinteraksi sosial, tetapi tetap dapat dianggap bahwa suasana di sana lebih tertutup. Lingkungan apartemen umumnya tidak sebebas lingkungan sosial perumahan.

 

Karena alasan ini, apartemen dapat menjadi pilihan yang lebih sesuai bagi mereka yang menghargai privasi lebih dari pada interaksi sosial yang sering terjadi di perumahan. Ini adalah pertimbangan penting ketika Anda memilih di antara apartemen dan rumah, terutama jika Anda memiliki preferensi tertentu terkait tingkat privasi yang Anda inginkan dalam lingkungan tempat tinggal Anda.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Material Bangunan yang Bikin Rumah Terlihat Mewah

 

Sobat BFI, berikut merupakan hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin membeli tempat tinggal. Baik rumah maupun apartemen, sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum